Daftar Pelabuhan Perikanan di Indonesia

0
85
Pelabuhan Perikanan Pantai-min

Zonaikan.com – Daftar Pelabuhan Perikanan di Indonesia. Profil Pelabuhan Perikanan yang ada di Indonesia. Sesuai dengan peraturan menteri kelautan & perikanan no: per.16/men/2006 mengenai pelabuhan perikanan, maka pelabuhan perikanan dibedakan dalam 4 kategori utama, yaitu:

PPN adalah Pelabuhan Perikanan Nusantara
PPS adalah Pelabuhan Perikanan Samudera
PPP adalah Pelabuhan Perikanan Pantai
PPI adalah Pangkalan Pendaratan Ikan

Daftar Pelabuhan Perikanan di Indonesia di atas dikategorikan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap pelabuhan dalam menangani kapal yang datang dan pergi serta posisi dan letak pelabuhan itu sendiri.

Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS)

Pelabuhan Perikanan Samudera atau PPS ini biasa disebut dengan pelabuhan kelas i, atau type a. Pelabuhan perikanan ini pada umumnya hanya melayani kapal perikanan dengan ukuran > 60 gt.Pelabuhan Perikanan Samudera-min

Pelabuhan ini mampu menampung hingga 100 buah kapal atau bahkan 600 gt sekaligus. Selain itu, pelabuhan ini juga melayani kapal ikan yang biasanya beroperasi di perairan internasional, zee, dan perairan lepas pantai.

Untuk jumlah ikan yang didaratkan kurang lebih mencapai 40.000 ton per tahun dan memberikan pelayanan secara khusus bagi ekspor. Bahkan juga sudah menyediakan tanah yang biasa digunakan untuk industri periknana.

Perum prasarana perikanan samudera merupakan suatu badan yang memiliki tanggung jawab secara penuh atas pelabuhan perikanan yang satu ini.

Perusahaan ini memiliki tujuan utama untuk:

  1. Meningkatkan penghasilan para nelayan dengan melalui penyediaan serta perbaikan sarana dan prasaran pelabuhan perikanan.
  2. Memajukan wiraswasta perikanan dan mendorong bisnis industri perikanan dan juga pemasaran hasil perikanan.
  3. Mengembangkan dan memperkenalkan teknologi yang merupakan hasil perikanan dan sistem rantai dingin dalam bidang perdagangan dan industri dalam perikanan.

Adapun daftar pelabuhan perikanan samudera (PPS) adalah sebagai berikut:

Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN)

Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) juga biasa disebut dengan pelabuhan perikanan kelas ii atau tipe b. Pelabuhan ini dibuat khusus untuk melayani kapal perikanan yang memiliki ukuran 15 sampai 16 ton.Pelabuhan Perikanan Nusantara-min

Pelabuhan perikanan ini bahkan juga melayani berbagai kapal ikan yang biasanya beroperasi di perairan nasional dan perairan zee Indonesia. Sedangkan untuk jumlah ikan yang didaratkan mencapai sekitar 40 sampai dengan 50 ton per hari atau sekitar 8000 sampai 15.000 ton per tahun.

Adapun daftar pelabuhan perikanan nusantara (PPN) adalah sebagai berikut:

Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP)

Daftar pelabuhan perikanan di Indonesia yang selanjutnya adalah PPP atau yang biaa disebut dengan pelabuhan kelas ii atau type C. Pelabuhan perikanan pantai dibuat secara khusus untuk melayani kapal perikanan yang memiliki ukuran mulai dari 5 sampai dengan 15 gt.Pelabuhan Perikanan Pantai-min

Pelabuhan ini mampu menampung hingga 50 kapal atau bahkan 500 gt sekaligus.
Pelabuhan perikanan pantai (PPP) hanya melayani kapal ikan yang biasanya beroperasi di perairan pantai. Adapun untuk jumlah ikan yang bisa didaratkan mencapai 15 sampai dengan 20 ton per hari atau sekitar 4.000 ton per tahun.

Selain daftar yang kami sampaikan di atas, berikut ini adalah contoh lain daftar pelabuhan perikanan di Indonesia:

Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap
Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan
Pelabuhan Perikanan Pantai Rembang
Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate
Pelabuhan Perikanan Pantai Banjarmasin
Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari
Pelabuhan Perikanan Pantai Pacitan
Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here