Dipercaya Sebagai Pembawa Kesejahteraan Dan Kebahagiaan,  Inilah Asal Usul Ikan Louhan

0
97

Dipercaya Sebagai Pembawa Kesejahteraan Dan Kebahagiaan,  Inilah Asal Usul Ikan Louhan

Asal Usul Ikan Louhan

Asal Usul Ikan Louhan – Sempat viral di tahun 2000an dan menjadi koleksi ikan dengan harga yang fantastis, membuat ikan Louhan menjadi incaran para kolektor ikan hias. Ikan ini terbilang unik karena memiliki bentuk dahi bulat yang tidak dimiliki oleh jenis ikan lainnya. Meskipun saat ini popularitasnya tak sebagus dulu, namun nyatanya masih ada beberapa jenis ikan Louhan yang berharga lumayan mahal.

Sebagai salah satu jenis ikan hias rupanya ikan Louhan juga dipercaya oleh beberapa orang dapat memberi peruntungan yang baik bagi pemiliknya. Untuk lebih jauhnya kami akan membahas asal usul dan mitos tersebut pada artikel kali ini. Sehingga Anda bisa mengenal lebih jauh tentang ikan Louhan yang unik ini.

Untuk mitos yang mengatakan bahwa ikan Louhan bisa memberi keberuntungan berawal dari kepercayaan warga di negara Tiongkok, China. Tidak hanya itu, rupanya mitos ini juga dipercaya oleh pecinta ikan hias di Taiwan. Mereka juga menganggap ikan Louhan sebagai ikan pembawa keberuntungan. Sehingga ikan ini dijuluki ikan Louhan yang memiliki arti sebagai dewa pelindung.

Sejarah penemuan ikan Louhan ini pertama kali ditemukan di salah satu negara di Asia, yaitu negara Malaysia. Tepatnya pada bagian barat negara tersebut. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri ikan Louhan baru dikenal sejak tahun 1993, dan itu pun langsung mendapatkan antusias yang baik dari kalangan pecinta ikan hias.

Selain bentuk dahi yang menonjol yang menjadi keunikannya, rupanya alasan ikan ini sangat cocok untuk ikan hias adalah warna pada sisinya yang sangat indah dan cerah. Bentuk dahinya yang menonjol inilah yang dipercaya sebagai sumber keberuntungan bagi pemilik ikan ini. Maka tak sedikit yang berlomba – lomba untuk memelihara ikan Louhan ini.

Dan memasuki tahun 1995 ada sebuah proses persilangan pada ikan Louhan yang menghasilkan jenis baru yang di beri nama five colours God of Fortune dan semakin membuat popularitasnya kian meninggi.

Dari hasil proses persilangan tersebut muncul beraneka jenis ikan Louhan yang dapat dibedakan melalui bentuk benjolan khas pada dahinya dan juga warna sisik pada tubuh ikan Louhan. Semakin unik bentuk menonjol pada dahi dan warna yang semakin indah membuat harga dari ikan Louhan ini juga bervariasi. Maka tak heran banyak yang mulai membudidayakan ikan Louhan ini dan menjadikannya sebagai ladang bisnis yang menjanjikan.

Karena walaupun harga ikan Louhan lumayan mahal di kelas ikan hias, namun tak mengurangi jumlah peminat ikan Louhan yang semakin hari seakan jarang menunjukkan tren yang negatif. Penyebabnya tak lain adalah ciri khas jidatnya yang menonjol yang dipercaya dapat memberikan keberuntungan serta warna sisiknya yang memukau.

Karena memiliki harga yang lumayan mahal ikan Louhan ini juga memiliki cara perawatan yang perlu diperhatikan. Mulai dari ukuran aquarium yang cukup besar sehingga akan memberikan ruang untuk ikan Louhan bisa bergerak di dalam air, pengecekan kondisi air yang rutin, melakukan Pembersihan aquarium dan filter serta pemberian pakan yang berkualitas. Biasanya, para penggiat ikan Louhan berpengalaman akan memberikan kombinasi makanan yang bervariasi untuk sang ikan, mulai dari pellet, cacing beku, hingga udang kecil segar.

Itulah informasi mengenai asal usul dan mitos ikan Louhan sebagai ikan pembawa kebahagiaan dan kesejahteraan untuk para pemiliknya. Semiga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here