Fakta Menarik tentang Blitar yang Dijuluki Kota Koi

0
141

Zonaikan.com – Terletak di barat daya Surabaya dan Malang, Blitar merupakan salah satu daerah di Jawa Timur. Status pemerintahannya adalah pemerintahan kota, tetapi wilayah Brital tidak sebesar kota pada umumnya.

Faktanya, Brital bukanlah kota kecil, tetapi juga bukan kota besar. Karena ukuran kotanya, Blitar merupakan wilayah terkecil kedua di Jawa Timur setelah Mojokerto.
Kota Patria disebut Brital.

Disunting dari istilah PETA (Pembela Tanah Air) yang diambil dari legenda Soedanco Soeprijadi yang memimpin pemberontakan PETA di Blitar pada masa penjajahan Belanda saat itu.

Kata ini juga berarti cinta tanah air. Ini juga berarti tertata dengan rapi, indah, dan aman. Oleh karena itu, ketika menyebut kata Patria, banyak orang yang teringat dengan semangat kobaran semangat para pejuang.

Masih banyak fakta menarik lainnya tentang Buritaru yang belum lama ini muak dengan gempa berkekuatan 6,2 skala richter. Berikut enam laporan dari berbagai sumber hingga Sabtu, 22 Mei 2021.

Penghasil Coklat Terbesar di Jawa Timur

Penghasil CoklatBlitar dikenal sebagai kota penghasil cokelat terbesar di Jawa Timur. Selain peran pokok, salah satu komunitas penghasil coklat yang menarik wisatawan adalah Kampung coklat.
Kampung coklat menawarkan perkebunan kakao yang berkembang pesat dan kaya.

Memang, desa juga bisa mengubah cokelat. Selain memanen cokelat secara langsung, Anda juga bisa membuat berbagai olahan dengan cokelat.

Dijuluki Kota Koi

Blitar Kota KoiIkan Koi di Blitar terkenal dengan warnanya yang cerah. Singkatnya, ikan ini dianggap sebagai simbol cinta dan persahabatan.

Ikan koi sudah menjadi makanan masyarakat Blitar sejak tahun 1980-an. Sebelumnya, benih ikan koi didatangkan dari Jepang oleh istri Soekarno. Ikan koi menjadi terkenal di sebagian wilayah Blitar karena masyarakat Blitar secara alami beradaptasi untuk memelihara ikan ini.

Punya Gunung Api Paling Aktif di Indonesia

Gunung KeludDi perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Gunung Kelud merupakan gunung berapi paling aktif di Indonesia dan telah meletus beberapa kali sejak abad ke-15. Letusannya saat itu sangat kuat, dan Kawah Keruto meletuskan lava es hingga 24 km ke hulu sungai.

Kemudian, pada tahun 2014, Gunung Kelud meletus lagi, yang mengejutkan banyak orang. Sekitar waktu itu, erupsi tersebut mengeluarkan abu di berbagai wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Makam Bung Karno

Makam Bung KarnoBlitar merupakan kota yang sangat bersejarah karena merupakan tempat peristirahatan terakhir Presiden Soekarno. Terakhir, Blitar dipasang di tempat destinasi untuk memperingati hari presiden pertama Indonesia.

Makam Bung karno ditandai dengan lempengan besar, monument kolom, dan lukisan dinding yang menggambarkan pencapaian semasa hidupnya. Ribuan peziarah datang ke makam ini setiap tahun sebagai penghormatan.

Batik Khas Blitar

Batik BlitarMotif Batik spesial Blitar dinamakan menjadi batik celoteh. Dalam bahasa Jawa, celoteh atau pitutur berarti petuah -petuah kehidupan yg implisit dalam setiap motif pada kain batik. Memerlukan saat yg relatif panjang pada menciptakan batik spesial Blitar.

Batik celoteh mendeskripsikan hewan & flora menjadi unsur utama. Beberapa unsur pada sana nantinya dipadukan sebagai akibatnya saling berkaitan & membangun sebuah alur cerita atau petuah.

Prosesi Siraman Gong Kyai Pradah

Siraman Gong Kyai PradahProsesi Siraman Gong Kyai Pradah atau Siraman Mbah Pradah merupakan upacara tradisional yg masih dilestarikan rakyat Blitar. Biasanya, prosesi ini diadakan setiap 12 Rabiul Awal pada Alun-Alun Lodoyo, Blitar, dipimpin Bupati Blitar & tokoh terkemuka lain.

Prosesi ini adalah rangkaian upacara memandikan Bende atau Gong Kyai Pradah yang sudah dikeramatkan semenjak usang sang rakyat Lodoyo. Sebelum siraman dilaksanakan, Camat Sutojayan, juru kunci Gong Kyai Pradah, bersama rombongan mengarak Gong Kyai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here