Fakta Unik Ikan Hias Arapaima

0
227

Fakta Unik Ikan Hias Arapaima

Fakta Unik Ikan Hias Arapaima

Fakta Unik Ikan Hias Arapaima – Ikan Arapaima ini akan sangat cocok untuk Anda pelihara terutama bagi Anda yang mengoleksi ikan hias air tawar. Meskipun sangat berbeda dengan ikan hias lainnya, ikan ini akan memberikan tantangan dan ke seruan tersendiri jika Anda memilih Arapaima ini sebagai salah satu ikan peliharaan Anda.

Untuk itu disini kita akan membahas lengkap tentang ikan yang satu ini. Anda wajib tahu informasi ini, terutama bagi Anda pecinta ikan buas sejenis Arapaima ini.

Dan pada artikel kali ini kami akan membahas tentang fakta – fakta unik yang dimiliki oleh ikan arapaima seperti rangkuman di bawah ini :

  1. Daging bisa di konsumsi

Meskipun ikan Arapaima tergolong dalam ikan hias yang agresif, siapa sangka ikan ini bisa di konsumsi karena daging yang dimilikinya sangat lezat. Oleh sebab itu, seperti penjelasan kami sebelumnya, ikan ini lebih sering di ekspor untuk dijual belikan. Kebanyakan bukan untuk dikoleksi atau di pelihara tetapi lebih cenderung dijadikan olahan masakan untuk di konsumsi. Jadi sangat disayangkan jika pertumbuhan dan perkembangbiakan ikan Arapaima ini harus terganggu karena manusia yang terus saja memburu ikan ini untuk di konsumsi.

  1. Terlindungi habitat asli

Ikan Arapaima memang memiliki kebiasaan untuk muncul di permukaan air, inilah yang menjadikan ikan sangat mudah untuk ditangkap. Meskipun berbahaya, tetapi manusia selalu punya cara untuk menangkap ikan ini. Apalagi di dukung permintaan pasar yang jumlahnya terus meningkat. Dan pemburuan ikan Arapaima ini juga sudah terjadi sejak abad 18 silam. Sehingga masyarakat menganggap perburuan ikan Arapaima ini sangat wajar dilakukan. Maka tak heran ikan Arapaima sekarang ini masuk dalam status hampir punah dan harus selalu di awasi serta dijaga di habitat aslinya. Dasar inilah yang membuat pemerintah Amerika menetapkan ikan Arapaima sebagai salah satu hewan yang wajib dilindungi dan tidak boleh ada lagi ditangkap atau diburu secara liar.

  1. Bertahan tanpa air

Kebiasaan lain yang dimiliki ikan Arapaima ialah kemampuannya untuk bertahan lebih dari 24 jam di permukaan darat tanpa adanya air. Ini disebabkan ikan Arapaima memiliki swim bladder atau orang lebih mengenalnya dengan kandung kemih. Fungsi swim bladder ini digunakan sebagai pengganti paru —paru agar ikan ini bisa bernapas. Mungkin dari senilai yang menyebabkan ikan ini untuk muncul di permukaan air, supaya ikan ini bisa mengeluarkan oksigen dan bernapas setiap 10 sampai 20 menit sekali. Maka tak heran ikan Arapaima bisa bertahan hidup jika berada di luar air seharian. Kemampuan ini adalah kelebihannya untuk bertahan hidup saat ikan Arapaima ini harus hidup di perairan yang memiliki kandungan oksigen sedikit.

 

Dan itu semua adalah Artikel tentang informasi seputar fakta – fakta unik Ikan Arapaima yang bisa Anda ketahui. Kesimpulannya meskipun ikan hias Arapaima ini tergolong hewan karnivora yang agresif dan cenderung membahayakan tapi banyak orang yang mengincar ikan ini untuk dikonsumsi, sehingga jumlah ikan ini saat ini sangat memperhatikan. Jadi jika Anda tertarik dengan ikan ini kami harap Anda bisa bijak untuk memilih memelihara ikan ini saja daripada mengkonsumsinya. Agar ikan Arapaima ini tidak terancam punah dan Anda bisa membantu untuk menjaga kelestarian ikan Arapaima ini. Sehingga anak cucu kita juga bisa me ihat ikan ini secara langsung, bukan melalui informasi buku, ataupun ensiklopedia saja.

Semoga Artikel kali ini bisa memberikan informasi baru secara lengkap tentang ikan Arapaima. Dan kami akan memberikan informasi mengenai jenis ikan lainnya dan info menarik seputar dunia ikan dilain waktu bagi Anda semua. Terima kasih. Semoga bermanfaat!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here