Hal Wajib Diketahui Perbedaan Ikan Dori Lokal Dan Ikan Dori Import

0
197

Hal Wajib Diketahui Perbedaan Ikan Dori Lokal Dan Ikan Dori Import

Hal Wajib Diketahui Perbedaan Ikan Dori Lokal Dan Ikan Dori Import

Saat ini ketikan kita menyebutkan kata ikan dori, mungkin sudah tidak asing lagi, namun disini Ikan dori yang dimaksud bukanlah seekor ikan yang memiliki warna biru, yang menjadi bintang dalam serial film animasi Finding Nemo ataupun Finding Dory. Tokoh ikan dori dalam animasi tersebut merupakan jenis ikan regal blue tang yang berhabitat hidup di laut.

Dan juga Dori di sini juga bukanlah seekor ikan john dory yang berhabitat hidup di laut. Akan tetapi, dori yang akan dibahas kali ini adalah suatu jenis ikan air tawar yang menurut penjelasan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia sebenarnya ikan dori ini sama dengan ikan patin (Pangasius).

Salah satu Manfaat ikan dori ini bagi kesehatan sempat menjadi perdebatan sendiri, beberapa tahun lalu. Karena Pasalnya, ikan dori yang banyak diimpor dari Vietnam ini telah terbukti mengandung zat-zat berbahaya, seperti zat kimia pemutih tripolifosfat jenis sodium tripolyphosphate (STTP) yang ternyata melebihi standar.

Berhati – hatilah dalam memilih ikan dori

Seperti halnya ikan berdaging putih yang sudah kita ketahui pada umumnya, ikan dori ini memiliki jumlah kalori yang cukup sedikit sehingga akan sangat cocok dijadikan menu diet bagi orang yang ingin menurunkan berat badan atau ingin memiliki badan ideal. Sebaliknya, jika ikan dori ini kaya akan protein dan lemak tak jenuh, dan juga ikan dori ini memiliki kandungan yang kaya akan asam lemak omega 3. Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, seperti yang terdapat pada ikan salmon atau makarel.

Saat ini, pihak dari KKP belum juga membuka kran impor ikan dori, terutama ikan dori yang berasal dari negara Vietnam. Jika Anda menemukan sebuah produk fillet ikan dori di pasaran, maka harus dipastikan ikan tersebut merupakan ikan dori lokal atau bisa disebut dengan ikan patin. Merupakan jenis ikan yang relatif lebih aman dikonsumsi.

Jika anda ingin mengetahui perbedaan ikan dori dan import maka anda harus memperhatikan penjelasan berikut ini. Salah satu cara untuk membedakan dori impor dan lokal adalah bisa dilihat dari warna daging pada ikannya. Karena Pada ikan dori impor, memiliki warna daging ikan yang terlihat sangat putih, sedangkan ikan dori lokal memiliki daging yang berwarna agak merah muda.

Untuk membedakan ikan dori lokal dengan ikan dori impor menjadi sangat penting agar Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari ikan dori bagi kesehatan anda, bukan sebaliknya. Jika sembarangan memilih ikan dori dipasaran, maka dapat memberikan resiko atau dampak buruk bagi anda dan keluarga anda. Jadi anda harus lebih jeli lagi ketika memilih ikan dori yang bagus dan sehat.

Selain itu, harga ikan dori impor justru memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding ikan dori lokal. Namun Bagi beberapa pedagang ikan yang menjual ikan dori impor wajib menyatakannya dalam label kemasannya. Karena memiliki harga ikan dori lebih murah, ini bisa juga menjadi patokan bagi anda yang ingin membeli ikan dori dipasaran, tetap usahakan membelilah dengan harga normal pada umumnya, jangan terpengaruh dengan harga yang lebih murah. Dan juga tetaplah untuk memilih ikan dori lokal, karena lebih aman dikonsumsi bagi anda dan keluarga anda. Serta anda tidak perlu lagi kawatir dengan resiko yang akan timbul jika anda mengkonsumsi ikan dori lokal.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here