Harga Ikan Hias Air Laut

Harga Ikan Hias Air Laut –  Halo para pecinta ikan hias…. Anda semua pasti setuju kalau ikan hias air laut merupakan ikan hias tercantik di dunia. Bagaimana tidak hal ini karena 60% ikan yang ada di dunia berada di lautan.

Harga Ikan Hias Air Laut

Ikan air laut lebih memiliki warna yang cantik dan bentuk yang unik. Dan ada kurang lebih ribuan jenis ikan air laut yang tersebar di seluruh dunia.

Banyak diantara jenis ikan ini yang memiliki warna dan bentuk yang unik, sehingga membuat siapa saja yang melihatnya pasti ingin meminangny untuk di jadikan hewan peliharaan di rumah.

Ikan Hias Air Laut Termahal

Meski memiliki banyak jenis namun ikan hias air laut ini memiliki harga yang sangat mahal lho… ini tidak heran karena banyaknya perburuan dengan cara ilegal membuat ikan hias air laut menjadi langka bahkan ada juga yang sudah punah.

Para nelayan yang mencari ikan hias air laut sering menggunakan pukat harimau maupun bom air untuk menangkap ikan. Ini mengakibatkan ikan hias air laut yang masih kecil mati dan juga merusak terumbu karang sebagai tempat berlindung ikan.

Faktor lain yang membuat ikan hias air laut menjadi langka juga disebabkan oleh kerusakan ekosistem yang diakibatkan oleh pemanasan gelobal dan sampah yang mengotori lautan..

Badan organisasi dunia yang melindungi hewan WWF (World Wide Fund) mulai memperhatikan tentang masalah besar ini, dan mulai tahun 2005 mereka mulai bersosialisai untuk belajar membudidayakan ikan hias air laut. Sekarang sudah banyak orang yang mulai membudidayakan ikan hias air laut untuk menjaga kelangsungan hidup dan sebagai ajang bisinis yang menguntungkan.

Tentunya hal ini membuat senang para pencinta ikan hias air laut yang ingin memeliharanya dirumah. Tentunya Anda penasaran sebenarnya seberapa mahal ikan hias air laut ini. Berikut daftar harga ikan hias air laut semua jenis dan tercantik di dunia :

Harga Ikan Hias Air Laut Termahal

  1. Lion Fish

Untuk ikan hias air laut yang pertama sebagai ikan hias air laut termahal yang mudah di pelihara adalah “Lion Fish”. Ikan yang terkenal dengan warna tubuh bergaris dan menyerupai bulu leher singa ini memenag sangat cantik, tetapi dibalik kecantikannya ikan jenis ini memiliki racun yang sangat berbahaya.

Letak racun ini terdapat di ujung sirip durinya. Ikan ini hampir bisa ditemukan diseluruh dunia dan banyak ditemukan di terumbu karang.

Untuk Harga Ikan Hias Air Laut jenis ini dibandrol kisaran $ 600 atau sekitar Rp 8.200.000/ekor. Lumayan mahal bukan, malah menurut saya sangatlah mahal untuk satu ekor ikan hias.

  1. Candy Basslet Fish

Mungkin banyak yang belum mengenal tentang jenis ikan satu ini. Ikan Candy Basslet memiliki ukuran kecil dengan corak warna yang beragam. Ikan ini juga sangat sulit di temukan kerena sering bersembunyi di balik terumbu karang. Di Indonesia sendiri masih sangat jarang para nelayan dan pemburu ikan hias air laut yang menemukan ikan jenis ini.

Ikan Candy Basslet banyak ditemukan di laut Karibia, di sepanjang lepas pantai Curacao dekat negara Venzuela. Tetapi jika kita tertarik untuk membeli ikan jenis ini kita tidak usah jauh-jauh pergi ke pantai Curacao.

Sekarang para pembudidaya sudah mulai membudidayakan ikan jenis ini. Harga Ikan Hias Air Laut jenis ini dijual kisaran harga $ 1.000 atau sekitar Rp 13.500.000/ekor. Sangatlah cocok jika memiliki julukan sebagai ikan hias air laut termahal di dunia.

  1. Clarion Angel Fish

Untuk Ikan hias air laut termahal di dunia yang bisa dipelihara selanjutnya adalah ikan Clarion Angel. Ikan jenis ini hanya bisa ditemukan di Clarion Angel, nama salah satu pulau terindah di lepas pantai Pasifik Meksiko, bagian dari Kepulauan Revillagigedo. Ikan yang terkenal dengan warna kuning serta garis biru ini memang sekarang sudah jarang sekali ditemukan di tempat aslinya.

Ikan ini terasuk ikan yang langka dan membuat ikan Clarion Angel memiliki harga yang mahal. Harga Ikan Hias Air Laut jenis ini bisa dibandrol sekitar  $ 2.500 dan jika dirupiahkan sekitar Rp 33.800.000/ekor. Ngeri kan?

  1. Wrought Iron Butterfly Fish

Seperti namanya ikan ini masih satu keluarga dengan jenis ikan Butterfly (Kupu-kupu) yang banyak ditemukan di Indonesia. Bedanya ikan  ini hanya bisa ditemuka di perairan sekitar pantai Jepang. Ikan yang terkenal dengan bentuk unik dan memiliki warna hitam keabu-abuan seperti iron (Besi) serta warna kuning diujung sirip ekorya ini memang sangat digemari oleh pecinta ikan hias air laut di Jepang.

Ikan ini juga sudah dibudidayakan oleh Pemerintah Jepang. Soal harga, ikan yang masuk kedalam jenis ikan hias air laut termahal di dunia yang mudah di pelihara. Harga Ikan Hias Air Laut jenis ini bisa dibandrol sekitar $ 2.700 atau jika dirupiahkan sekitar Rp 37.000.000/ekor.

  1. Australian Flathead Perch Fish

Selanjutnya adalah ikan Australian Flathead Perch. Ikan ini sebagai jenis ikan hias air laut termahal di dunia. Ikan yang hanya bisa ditemukan di Negara tetangga kita (Australia) ini memang sangat unik. Dengan bentuk memanjang dan warna merah dengan garis-garis putih dan corak menyerupai mata dibagian ekor ini memang sangat unik.

Sayangnya untuk menemukan ikan jenis ini di habitat aslinya sangatlah sulit, karena ikan ini berukuran kecil dan hanya akan keluar dari terumbu karang pada saat mencari makan. Karena ini harganya jadi sangat mahal. Untuk Harga Ikan Hias Air Laut jenis Australian Flathead Perch Fish dibandrol berkisar harga $ 5.000 atau sekitar Rp 69.000.000/ekor.

  1. Neptune Grouper Fish

Ikan hias air laut yang memiliki harga fantastis selanjutnya adalah ikan jenis Neptune Grouper. Ikan ini hanya bisa ditemukan di perairan laut dalam di Samudra Pasifik. Ini yang membuat ikan Neptune Grouper sangat susah dicari, jika kita menemukan ikan jenis ini di perairan dangkal maka itu adalah ikan Neptune Grouper muda.

Ini karena ikan Neptune Grouper dewasa akan menghabisakan hidupnya di laut dalam. Ikan Neptune Grouper dewasa dan muda memiliki perbedaan pada warna dasarnaya. Ikan Neptune Grouper muda memiliki warna dominan kuning, sedangkan untuk dewasany memiliki waran dominan merah. Untuk masalah harga. Harga Ikan Hias Air Laut jenis ini dipasaran dibandrol dengan harga $ 6.000 atau sekitar Rp 81.000.000/ekor.

  1. Golden Basslet Fish

Ikan yang masih keluarga dengan Ikan Candy Basslet dan ikan kerapu ini hanya bisa ditemukan di perairan laut dalam samudra Pasifik dan Atlantik.

Ikan Golden Basslet ini memiliki harga yang sangat mahal keren untuk menangkap ikan ini dibutuhkan keahlian dan perangkap khusus. Hal ini karena Ikan ini jarang sekali keluar dari tempat persembunyiannya untuk menampakan keindahannya.

Warna ikan ini sangat cantik sehingga banyak orang mencarinya walupun langka dan perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga Ikan Hias Air Laut jenis termahal di dunia ini dibandrol dengan harga $ 8.000 atau jika dirupiahkan sekitar Rp 108.000.000/ekor.

  1. Bladefin Basslet Fish

Masih dengan keluarga jenis ikan Basslet,jenis ikan hias air laut tercantik dan termahal yang mudah di pelihara selanjutnya adalah ikan Bladefin Basslet.

Sama seperti jenis ikan Candy Bassalet, ikan Bladefin Basslet juga berasal dari perairan laut Karibia, di sepanjang lepas pantai Curacao dekat negara Venzuela. Bedanya ikan ini hidup di perairan laut dalam yang minim cahaya.

Yang membuat ikan Bladefin Basslet  memiliki harga mahal karena untuk menangkapanya saja dibutuhkan alat khusus dan canggih. Sampai saat ini belum ada yang bisa membudidayakan ikan jenis ini karena perawatannya yang rumit. Untuk masalah harga, Harga Ikan Hias Air Laut jenis ikan Bladefin Basslet  di jual $ 10.000 atau sekitar Rp 135.000.000/ekor.

  1. Peppermint Angel Fish

Selanjutnya adalah Ikan eksotik yaitu ikan Peppermint Angel. Ikan yang hanya bisa ditemukan di Samudra Pasifik ini sangatlah langka.

Ikan ini pertama kali di temukan oleh penyelam dari United States Living Reef  di Orlando pada tahun 2013. Yang membuat ikan ini memiliki harga yang super fantastik dan bisa dipelihara di rumah ini adalah sangat sulitnya menangkap ikan Peppermint Angel.

Dibutuhkan peralatan yang khusus dan canggih untuk menyalam dikedalaman laut Samudra Pasifik, Ya ikan ini hanya bisa ditemukan di perairan laut dalam. Untuk harga ikan Peppermint Angel  dijual sekiatr $ 30.000 jika dirupiahkan sekitar Rp 406.000.000/ekor.

  1. Polkadot Stingray

Jenis ikan terakhir yang memiliki gelar sebagai ikan hias air laut tercantik dan termahal yang mudah di pelihara adalah Polka dot Stingray.

ikan yang masih satu keluarga dengan ikan Pari Manta asal Indonesai ini memang memiliki harga yang sangat mahal. Ikan Polka dot Stingray ini memiliki keunikan genetik yang sangat langka.

Ikan yang berasal dari negara tetangga kita yaitu Taiwan ini sangat susah untuk dicari walaupun ikan ini hidup di sekitar pesisir pantai perpasir Taiwan.

Warna hitam yang dihiasi titik putih ini merukan ciri khas ikan Polka dot Stingray. Namun dibalik itu semua ikan ini memilik racun yang sangat berbahaya pada ekornya sama seperti jenis ikan pari lainnya. Untuk harga ikan satu ini dijual $ 100.000 atau jika saat ini kita rupiahkan sekitar Rp 1.350.000.000/ekor

Menarik bukan tentang 10 jenis ikan air laut termahal dan tercantik yang bisa kita pelihara di rumah? Semoga artikel diatas bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *