Daftar Harga Ikan Kerapu Juni 2021

0
126
Ikan Kerapu Kertang

Zonaikan.com – Harga ikan kerapu, Ikan kerapu adalah salah satu jenis ikan yang banyak dijumpai di perairan air laut dangkal dan juga muara sungai. Jenis ikan yang satu ini juga merupakan ikan konsumsi dan digemari oleh masyarakat luas.

Hal ini karena ikan kerapu memiliki tekstur daging yang cukup empuk dengan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Maka tak heran jika kerapu di pasaran sekarang ini dijual dengan harga cukup mahal.

Bahkan banyak juga nelayan yang membudidayakan ikan ini karena banyak sekali peminatnya dan harganya tergolong sangat tinggi. Ikan kerapu adalah ikan predator yang mempunyai gigi cukup tajam dengan jumlah yang lumayan banyak.

Bagian rongga mulut ikan kerapu juga sangat lebar. Bagi anda yang sering mancing di laut tentunya sering mendapat ikan kerapu, dan pastinya anda sudah paham dengan karakteristik tubuhnya.

Jenis – Jenis Ikan Kerapu

Berikut ini kami akan memberikan beberapa info mengenai berbagai jenis ikan kerapu yang paling populer di Indonesia, diantaranya:

1. Ikan Kerapu Tikus

Harga Ikan Kerapu TikusIkan kerapu tikus memiliki ciri-ciri khusus yang berwarna abu-abu keputihan ditambah dengan adanya bintik-bintik kecil berwarna hitam. Sesuai namanya, ikan kerapu ini memiliki bentuk kepala yang hampir menyerupai kepala tikus.

Sekarang ini jenis kerapu tikus sudah sangat sulit untuk ditemukan dan bahkan bisa dibilang hampir punah. Inilah yang membuat kebanyakan orang berlomba-lomba untuk membudidayakan jenis kerapu ini.

Harga ikan kerapu tikus di pasaran bisa dibilang juga sangat mahal, untuk per kilogramnya bisa mencapai lebih dari Rp 420.000.

2. Ikan Kerapu Kertang

Harga Ikan Kerapu KertangUkuran ikan kerapu kertang ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis ikan kerapu yang lainnya. Dimana ukuran tubuhnya kurang lebih mencapai 1,5 meter dan bahkan bisa lebih. Sedangkan untuk bobotnya bisa mencapai sekitar 100 kg.

Ciri khas yang dimiliki oleh ikan kerapu kertang terletak pada bagian tubuhnya yang secara menyeluruh hampir berwarna hitam dengan adanya perpaduan bintik putih polkadot yang juga merata di bagian kulitnya.

Ikan kerapu kertang ini memiliki harga yang terbilang cukup murah, yaitu hanya mencapai Rp 170.000 untuk per kilonya. Jika ukuran kan semakin besar, maka harganya sudah pasti akan lebih mahal.

3. Ikan Kerapu Lumpur

Ikan Kerapu LumpurSama seperti namanya, ikan kerapu lumpur biasa dihidup di perairan yang mengandung lumpur. Namun meski demikian ikan ini juga banyak dijumpai di berbagai perairan dangkal atau terumbu karang.

Bagi anda yang memiliki hobi memancing tentu sudah sering mendapat ikan kerapu lumpur ini. Hal ini karena ikan kerapu lumpur paling mudah didapatkan di sekitar muara sungai ataupun di pertemuan antara ikan air laut dengan air sungai.

Ikan kerapu lumpur untuk satu kilogramnya dijual dengan harga yang cukup murah. Ikan kerapu ini memang sangat cepat sekali pertumbuhannya, tak heran jika para pemancing seringkali mendapatkan ikan kerapu yang memiliki ukuran cukup besar.

Harga ikan kerapu dalam satu kilo di pasaran hanya dijual sekitar Rp 150.000 an aja.

4. Ikan Kerapu Macan

Ikan Kerapu MacanIkan kerapu macan adalah salah satu jenis ikan kerapu yang memiliki nama latin Epinephelus fuscoguttaus. Corak yang dimiliki jenis kerapu ini sangat menyeramkan seperti halnya macan.

Coraknya adalah gabungan dari warna coklat dan abu-abu ditambah dengan adanya bintik-bintik kecil yang berwarna orange.

Dilihat dari gambarnya saja sudah bisa disimpulkan bahwa jenis kerapu yang satu sangat ganas. Ikan kerapu ini biasa dihup di sekitar terumbu karang, bagian warna kulitnya hampir menyerupai terumbu karang sehingga akan memudahkannya untuk mencari mangsa.

Harga jenis ikan kerapu yang satu ini di pasaran cukup murah, harganya hanya mencapai sekitar Rp 120.000 saja untuk per kilogramnya.

5. Ikan Kerapu Cantang

Ikan Kerapu CantangIkan kerapu cantang adalah hasil persilangan dari ikan kerapu kertang ikan kerapu macan. Persilangan tersebut menghasikan ikan kerapu yang memiliki bentuk tubuh mirip seperti kedua induknya.

Namun untuk masalah pertumbuan masih lebih baik dibandingkan induknya itu sendiri.Disamping itu, persilangan dari kedua indukan tersebut menghasilkan ikan kerapu yang mempunyai rasa enak dan gurih sehingga banyak sekali masyarakat yang menyukainya.

Hal ini kemudian membuat harga ikan kerapu cantang di pasaran menjadi sangat mahal. Harga ikan kerapu cantang ini di pasaran bisa mencapai kurang lebih Rp 300.000 untuk per kilogramnya. Meskipun harganya cukup mahal tetapi sesuai dengan rasa ikan yang akan didapatkan.

6. Ikan Kerapu Kustang

Ikan Kerapu KustangIkan kerapu kustang adalah jenis ikan kerapu yang merupakan hasil persilangan antara ikan kerapu kertang dan ikan kerapu tikus. Persilangan ini memberikan hasil yang cukup baik dengan keturunan yang juga bagus serta pertumbuhannya lumayan pesat.

Harga ikan kerapu kustang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis ikan kerapu yang sebelumnya. Ikan ini memiliki tekstur yang terbilang empuk dengan rasa gurih sehingga siapapun yang mencoba masakan kerapu ini sudah pasti akan merasa ketagihan.

Untuk satu kilogram ikan kerapu kustang di pasaran dijual dengan harga sekitar Rp 400.000. Sangat fantastis bukan? Setelah mengetahui informasi harganya bagi anda yang masih belum mencoba masakan ikan kerapu ini pasti akan penasaran bagaimana cita rasanya.

7. Ikan Kerapu Batu

Ikan Kerapu BatuCorak yang dimiliki oleh ikan kerapu batu tidak berbeda jauh dengan ikan kerapu tikus, hanya saja perbedaan kedua jenis kerapu tersebut terletak pada bagian kepala yang memiliki bentuk lebih besar.

Disamping itu, warna hitam pada jenis kerapu yang satu ini jauh lebih pekat dan dominan. Jenis kerapu yang satu ini juga selalu menjadi target buruan bagi para pemancin. Hal ini karena rasanya yang terbilang sangat enak dan gurih.

Untuk masalah harganya sendiri tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah, harga ikan kerapu di pasaran adalah sekitar Rp 250.000.

8. Ikan Kerapu Sunuk

Harga Ikan Kerapu SunukIkan kerapu sunuk ini juga sering disebut sebagai kerapu merah oleh sebagian masyarakat. Hal ini karena kerapu sunuk memiliki warna dasar merah dengan adanya bintik-bintik biru dengan warna biru di seluruh bagian tubuhnya.

Jenis kerapu yang satu ini termasuk spesies langka dan sangat sulit untuk dibudidayakan, inilah yang membuat harga ikan kerapu sunuk menjadi sangat mahal. Harganya kurang lebih sekitar Rp 375.00 untuk per kilonya.

9. Ikan Kerapu Batik

Ikan Kerapu BatikIkan kerapu batik mempunyai bagian tubuh yang didominasi oleh warna coklat ditambah dengan adanya bintik-bintik coklat yang hampir merata di seluruh bagian tubuhnya. Jenis ikan kerapu yang satu ini sudah mulai langka.

Hal ini karena penangkapan yang sudah dilakukan secara terus menerus dan juga diakibatkan oleh kerusakan alam. Bahkan di alam bebas juga tidak diimbangi dengan pelestariannya.

Meski demikian, ikan kerapu batik masih bisa untuk dibudidayakan di keramba dengan cukup mudah. Untuk masalah harga, ikan kerapu batik di pasaran dijual dengan harga kurang lebih mencapai Rp 200.000 per satu ekornya.

10. Ikan Kerapu Cantik

Ikan Kerapu CantikIkan kerapu cantik adalah spesies yang merupakan hasil persilangan antara jenis kerapu batik dengan kerapu macam. Untuk harganya sendiri tergolong cukup murah di pasaran.

Kerapu cantik umumnya dijual dengan harga Rp 150.000 untuk per kilogramnya dan jenis kerapu yang satu ini juga cukup mudah untuk didapatkan di dalam bebas.

Daftar Harga Ikan Kerapu Terbaru dan Terlengkap Tahun ini

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai daftar harga ikan kerapu per kg, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here