Harga Ikan Louhan Terbaru Bulan Ini

0
70
Ikan Louhan Red Dragon

Zonaikan.com – Harga ikan louhan semakin harinya sudah semakin menggila, apalagi kepopuleran sang ikan membuat banyak orang ingin memilikinya. Ikan louhan sendiri terkenal akan bentuk tubuhnya yang terbilang sangat unik dan menarik.

Selain itu, ikan louhan juga mempunyai beragam warna yang cerah dan terlihat cantik.
Jika ukuran jenong yang dimilikinya semakin besar maka harga ikan louhan juga akan semakin mahal.

Akan tetapi, juga sudah terlalu besar, harganya bisa mengalami penurunan. Hal ini karena ukuran jenong yang memiliki ukuran terlalu besar akan nampak kurang bagus jika dipandang mata dan menjadi pertanda bahwa ikan louhan tersebut umurnya sudah tua.

Nah, jika anda tertarik untuk membeli ikan louhan maka anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri ikan louhan yang memiliki kualitas terbaik.

Ciri-Ciri Ikan Louhan yang Berkualitas

Apakah anda ingin memiliki ikan louhan yang cantik dan dalam kondisi sehat? Jika iya maka penting sekali untuk mengetahui ciri-ciri ikan louhan berkualitas.

Tujuannya adalah supaya ikan yang anda beli nantinya tidak langsung jatuh sakit atau bahkan tiba-tiba menjadi mati.

Ikan Louhan

Ini penting untuk diperhatikan karena di luar sana banyak sekali penjual ikan louhan yang nakal. Berikut ini adalah beberapa ciri ikan hias louhan yang memiliki kualitas bagus:

1. Memiliki Warna Cerah

Ikan louhan yang memiliki warna cerah menandakan bahwa ikan tersebut dalam kondisi sehat dan tidak mengalami sakit apapun. Inilah cara yang paling mudah dilakukan untuk dapat mengetahui apakah louhan tersebut memiliki kualitas baik.

2. Memiliki Pola Sisik yang Rapi

Selanjutnya bisa anda lihat pada bagian sisiknya, ikan louhan yang memiliki sisik rapi menandakan bahwa ikan tersebut dalam kondisi sehat dan tidak mengalami cacat sama sekali.

Namun jika sisik yang dimilikinya banyak yang rontok ataupun tidak beraturan maka berarti ikan louhan sedang terkena penyakit atau kemungkinan besar timbul gejala akan terserang penyakit.

3. Sirip Bagian Atas dan Bawah Seimbang

Bagus atau tidaknya kualitas ikan louhan bisa dilihat dari bagian siripnya, jika ikan louhan memiliki sirip yang tidak seimbang antara bagian atas dan bawah maka bisa dipastikan bahwa ikan tersebut sedang bermasalah dengan pertumbuhan sehingga kurang cocok jika dipelihara.

4. Memiliki Warna Mata yang Cerah dengan Pandangan Tajam

Cara yang satu ini juga sangat efektif untuk digunakan apakah louhan sedang dalam kondisi sehat atau tidak, sebab jika ikan louhan sedang sakit maka matanya akan terlihat sayu dengan pandangan yang tidak tajam.

5. Jenong Ikan Louhan Proporsional

Untuk masalah jenong sudah menjadi hal utama yang penting untuk diperhatikan, sebab bagus atau tidaknya ikan louhan bisa dilihat dengan mudah dari jenongnya.

Perhatikan secara detail bagaimana bentuk jenong ikan louhan tersebut, jangan sampai nampak adanya luka atau memiliki bentuk yang lebih besar sebelah.

Jika anda sudah mengetahui bagaimana ciri-ciri ikan louhan berkualitas, berikut ini kami akan berikan informasi kepada anda mengenai harga ikan louhan yang umum dipasaran.

Untuk selengkapnya, silahkan anda perhatikan ulasan di bawah ini.
Berbagai Jenis Ikan Louhan Populer

1. Ikan Louhan Kamfa

Ikan Louhan KamfaIkan louhan kamfa merupakan salah satu jenis ikan louhan yang paling populer. Jenis ini berasal dari Indonesia dan juga Singapur. Namun sekarang ini sudah berkembang dengan pesat karena para peternak terus membudidayakan jenis louhan ini.

Ciri khas yang dimiliki oleh ikan louhan kamfa adalah warnanya yang terlihat merah merona ditambah dengan adanya corak dengan bintik warna putih yang menyelimuti hampir seluruh bagian tubuhnya. Disamping itu, juga nampak adanya bercak hitam di bagian tengah tubuhnya yang nampak cantik.

Louhan kamfa juga biasa disebut sebagai louhan mutiara karena memiliki warna yang terlihat sangat mencolok dan menyala. Inilah yang membuat harga ikan louhan kamfa di pasaran menjadi sangat mahal.

Sekarang ini, ikan louhan kamfa di pasaran dijual dengan harga sekitar Rp 3.500.000 untuk pe ekornya. Harga ini merupakan harga standar, bisa jadi harganya akan menjadi semakin mahal lagi.

Kenaikan harga yang semakin mahal pada umumnya dipengaruhi oleh warna dan jenong yang dimiliki oleh ikan louhan kamfa itu sendiri. Sedangkan untuk ikan louhan kamfa yang masih anakan biasanya dijual seharga Rp 800.000 lebih.

2. Ikan Louhan Cencu

Ikan Louhan CencuJika dibandingkan dengan louhan kamfa, jenis louhan cencu ini memiliki warna yang lebih beragam. Perpaduan warna yang dimiliki oleh ikan louhan cencu adalah warna merah, putih, kuning sampai cokelat.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Louhan Cencu

Sementara untuk masalah harga masih jauh lebih murah daripada ikan louhan kamfa. Ikan louhan cencu yang sudah dewasa biasanya dibanderol dengan harga Rp 750.000 per ekornya. Namun jika masih anakan biasanya hanya dijual dengan harga Rp 150.000 saja.

3. Ikan Louhan Bonsai

Ikan Louhan BonsaiSesuai namanya, ikan louhan bonsai adalah jenis louhan yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil. Meski demikian, untuk masalah kecantikan ikan louhan bonsai ini tidak kalah saing dengan jenis ikan louhan pada umumnya.

Ikan louhan bonsai banyak diburu oleh pecinta ikan hias untuk menghiasi akuarium. Untuk masalah harga, louhan bonsai yang sudah dewasa umumnya dijual dengan harga Rp 800.000 per ekornya. Namun untuk yang masih anakan dijual sekitar Rp 250.000 an.

4. Ikan Louhan Golden Base

Ikan Golden BaseIkan louhan golden base memiliki warna tubuh yang lebih dominan kuning, dan untuk warna jenongnya sendiri juga kuning agak kemerahan. Perbedaan antara ikan louhan golden base dengan jenis louhan lainnya adalah ikan ini tidak mempunyai corak dengan warna hitam sama sekali.

Untuk harganya sendiri, ikan louhan golden base memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan louhan lainnya. Jika sudah mencapai ukuran dewasa biasanya dijual dengan harga Rp 1.800.000, teapi untuk yang masih anakan hanya dijual seharga Rp 400.000 an saja per ekornya.

5. Ikan Louhan Golden Red

Ikan Louhan Golden RedIkan louhan golden red merupakan salah satu jenis ikan louhan yang paling populer di Indonesia dan menjadi jenis louhan dengan harga termahal. Ciri khas yang dimiliki oleh ikan louhan ini adalah adanya warna merah keemasan di bagian ujung kepala sampai bagian ekornya.

Ciri khas tersebutlah yang membuat golden red terlihat sangat mempesona dan memikat hati siapapun yang telah melihatnya. Ikan louhan golden red yang mencapai ukuran dewasa dibanderol seharga Rp 3.0000.000, namun jika masih anakan biasanya dijual sekitar Rp 600.000 untuk per ekornya.

6. Ikan Louhan Rainbow King

Ikan Louhan King RainbowSesuai namanya, ikan louhan rainbow king mempunyai beragam kombinasi warna layaknya pelangi. Kombinasi warna ini terdiri dari 5 macam warna yang berbeda sehingga membuatnya terlihat semakin cantik.

Karena memiliki keistimewaan pada warnanya, maka tak heran jika harga ikan louhan rainbow king ini juga sangat fantastis. Bahkan harganya bisa mencapai lebih dari Rp 3.000.000 sedangkan untuk yang masih anakan sekitar Rp 600.000.

7. Ikan Louhan Super Red Dragon (SRD)

Ikan Louhan Red DragonIkan louhan super red dragon atau yang biasa disebut dengan louhan SRD ini merupakan salah satu jenis louhan yang berasal dari Thailand. Super red dragon adlah hasil perkawinan silang dari louhan cencu dengan ikan chicild.

Ciri khas yang dimiliki oleh louhan super red dragon adalah pada kepalanya yang mempunyai ukuran jauh berbeda dari ukuran tubuhnya. Hampir seluruh bagian tubuhnya memiliki warna merah merona dan lebih dominan pada kepalanya.

Ikan louhan super red dragon per ekor dijual dengan harga sekitar Rp 1.500.000. Namun jika memiliki corak warna dan jenong yang semakin bagus maka harganya juga akan semakin mahal. Dan untuk harga ikan louhan SRD anakan biasanya dijual dengan harga Rp 400.000 unuk per ekornya.

8. Ikan Louhan Super Red Synspilum (SRS)

Ikan Louhan SynspilumIkan louhan yang juga berasal dari Thailand ini sering mendapat julukan sebagai louhan kamfa versi Thailand. Ciri khas yang dimiliki oleh louhan super red synspilum adalah memiliki perpaduan warna merah dan orange yang terlihat sangat sempurna.

Bahkan ikan ini juga tidak mempunyai bintik seperti halnya jenis louhan lainnya.
Selain memiliki keindahan yang memukau, louhan ini juga banyak diminati karena mempunyai daya tahan tubuh yang sangat baik dari berbagai serangan penyakit. Hal ini tentu berbeda dengan jenis louhan lainnya.

Untuk masalah harganya sendiri masih berada di angka 2 jutaan, umumnya dijual dengan harga kurang lebih sekitar Rp 2.5000 untuk per ekornya. Sedangkan untuk yang masih anakan harga jualnya adalah Rp 400.000 per ekor.

9. Ikan Louhan Super Red Texas (SRT)

Ikan Louhan Super Red TexasMeskipun ikan louhan ini memiliki nama super red texas, namun aslinya berasal dari negara Thailand. Pemberian nama ini diberikan karena louhan super red texas merupakan hasil perkawinan silang dari ikan louhan golden red dengan texas chicild abu abu.

Hasil dari persilangan tersebut adalah kombinasi warna yang sangat cantik dari induknya, yakni warna merah merona yang dihasil oleh bintik putih, dimana warna ini merata di seluruh bagian tubuhnya.

Namun jenis louhan yang satu jauh berbeda dengan jenis louhan pada umumnya yang mempunyai jenong yang bisa tumbuh lebih besar, louhan SRT ini tidak bisa memiliki ukuran jenong yang lumayan besar meskipun usianya sudah dewasa.

Harga ikan louhan SRT yang beredar di pasaran adalah Rp 2.300.00 untuk per ekornya, sedangkan jika masih anakan sekitar Rp 600.000.

10. Ikan Louhan StromeIkan Louhan Strome

Mungkin nama ikan louhan strom ini masih terdengar sangat asing di kalangan masyrakat Indonesia. Hal ini karena louhan strom merupakan hasil pembudidayaan yang berhasil dilakukan oleh penggemar ikan hias di Thailand dan masih belum menyebar hingga menyeluruh.

Baca Juga : Inilah 10 Jenis Ikan Louhan Tercantik

Sekarang ini banyak sekali orang yang tertarik dengan keindahan ikan louhan strom dan ingin segera memiliki ikan hias yang cantik ini. Ikan louhan strom sendiri mempunyai 3 corak warna yang berbeda, yaitu warna merah, silver, dan biru.

Di pasaran umumnya ikan louhan strom dibanderol dengan harga kurang lebih Rp 2.500.000, namun jika masih anakan hanya dijual sekitar Rp 650.000.

11. Ikan Louhan Kamfamalau (Kamalu)

Ikan Louhan KamafaluIkan louhan ini juga berasal dari negara Thailand, namun corak warna yang dimiliki louhan kamalu ini cukup berbeda. Ciri khas yang dimiliki oleh ikan louhan kamalu adalah adanya warna merah dan merah muda.

Di bagian jenong sampai pertengan tubuhnya memiliki warna merah merah muda. Sedangkan di bagian tubuh belakang hingga ekor memiliki warna keputihan dan untuk bagian ujung ekornya mempunyai warna hitam.

Untuk masalah harganya sendiri bisa dibilang cukup rendah jika dibandingkan dengan jenis louhan lain. Ikan louhan kamalau dengan ukuran dewasa dibanderol dengan harga Rp 700.000 per ekor dan yang masih anakanya hanya sekitar Rp 150.000 per ekor.
Daftar Harga Ikan Louhan Terbaru dan Terlengkap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here