Harga Ikan Oscar

0
741

Harga Ikan Oscar

Harga Ikan Oscar – Halo para pecinta ikan hias. Mungkin kita semua sudah tidak asing lagi dengan ikan hias satu ini. Iya…. bagi para pecinta dan penghobi ikan hias pastinya tidak asing dengan ikan oscar ini.

Harga Ikan Oscar

Meskipun ikan oscar ini tidak sepopuler ikan hias lain seperti cupang, mas koki, arwana dan lain-lain. Namun  Ikan oscar termasuk dalam ikan air tawar serta memiliki warna cantik.

Dan ikan oscar ini memiliki Karakteristik yang sangat agresif. Untuk asal dari ikan hias satu ini  adalah dari Sungai Amazon di Brazil.

Untuk ikan ikan oscar yang sudah dewasa bisa berukuran panjang 40 cm dan berat kira-kira 3 kg. Dan masa hidup dari ikan oscar sendiri bisa mencapai 10 hingga 14 tahun, terutama apabila diberi makan serta dirawat secara baik ikan oscar bisa hidup lebih lama.

Dengan ukuran besar serta sifat agresifnya ini, cara merawat ikan oscar akan membutuhkan akuarium besar dan tidak dicampur dengan ikan hias lainnya.

Selian itu harga dari ikan oscar sendiri termasuk relatif tinggi.

Jenis Ikan Oscar

Ikan oscar ini sendiri masuk dalam keluarga Cichlid serta nama latinnya adalah Astronotus ocellatus.

Untuk ikan oscar sekarang ini ada banyak jenis-jenis ikan oscar terbaru, hal ini karena banyak penghobi ikan hias yang melakukan kawin silang antara dua jenis ikan oscar berbeda.

Harga Ikan Oscar

Salah satu jenis yang termasuk di antaranya adalah Lutino Oscar, Lemon Oscar, Yellow Oscar dan lain-lain. Masing-masing jenis ikan oscar akan memiliki ciri ciri ikan oscar yang berbeda.

Dari sekian banyak jenis ikan oscar di dunia, terdapat lima jenis yang cukup diminiati pehobi ikan hias di Indonesia.

Naah.. Untuk Kelima jenis ikan oscar ini juga memiliki karakteristik masing-masing serta harga yang berbeda-beda pula. Setiap jenis ikan oscar memiliki kepopulerannya sendiri. Untuk lebih jelasnya kami tim Agrokoi farm akan menjelaskan lima jenis ikan oscar terpopuler berikut ini :

  1. Ikan Oscar Albino

Foto Ikan Oscar Albino Cantik

Unutk ikan oscar pertama adalah ikan oscar albino. Jenis ikan oscar ini termasuk ikan oscar termahal dan  paling cantik dari jenis ikan oscar lainnya.

Kenapa bisa begitu?

Hal ini karena ikan oscar albino termasuk jenis ikan oscar yang jarang ditemui serta susah dibudidayakan.

Ikan oscar jenis ini warnanya sangat cantik dan banyak penghobi ikan hias rela mengeluarkan dana besar hanya untuk membeli ikan ini. Bahkan, tak jarang penghobi ikan hias yang mendatangkan ikan oscar albino dari luar negeri.

Ciri dasar dari ikan oscar jenis ini adalah warna dasar putih serta pola corak bintik-bintik bludru warna emas kemerahan. Matanya berwarna merah menyala dan siripnya lebar.

Untuk harga sendiri, untuk ikan oscar albino anakan ukuran 10 – 15 cm adalah Rp 45.000 hingga Rp 55.000 per ekor, sementara ikan dewasa ukuran 30 – 35 cm harganya antara Rp 130.000 hingga Rp 150.000 per ekor.

  1. Ikan Oscar Red

Gambar Ikan Oscar Red atau Merah

Naah.. Ikan oscar red juga masuk deretan ikan hias terpopuler serta seringkali diperjualbelikan di toko-toko ikan hias. Sifat dari ikan oscar jenis ini lumayan agresif dan galak seperti kebanyakan ikan oscar lainnya.

Makanan ikan oscar red adalah ikan-ikan lain yang lebih kecil, udang serta kepiting.

Ciri-cirinya dari ikan hias jenis ini  ialah warna dasar merah agak oranye serta hitam di sisi kepala, sirip serta ekor. Ukurannya bisa mencapai 50 cm dalam jangka waktu 10 tahun.

Untuk harga sendiri ikan oscar jenis ini sebanding dengan kualitasnya dan masih tergolong terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

Untuk harga anakan ikan oscar red adalah antara Rp 35.000 hingga Rp 45.000 per ekor sementara ikan yang sudah dewasa harganya antara Rp 110.000 hingga Rp 125.000 per ekor.

  1. Ikan Oscar Slayer

Foto Ikan Oscar Albino Slayer

Ikan oscar terpopuler berikutnya adalah ikan oscar slayer. Ikan oscar slayer ini sudah banyak dikenal di kalangan penghobi ikan hias.

Harga Ikan Oscar

Ciri khas dari ikan oscar jenis ini adalah sirip yang panjang serta melebar.

Jenis ikan oscar slayer sendiri sebenarnya merupakan ikan yang mengalami kelainan genetik, akan tetapi justru karena kelainan genetik ini yang membuat membuar ikan oscar jenis ini unik dan banyak dicari.

Umumnya, ikan oscar yang siripnya slayer adalah dari jenis oscar albino ataupun oscar red. Namun, kini sudah banyak ditemukan jenis persilangan dari indukan oscar slayer lainnya.

Untk harga sendiri ikan oscar slayer ini terbilang cukup mahal, di mana anakannya bisa dihargai Rp50.000 hingga Rp65.000 sementara ikan oscar terbesar yaitu yang dewasa bisa dihargai antara Rp140.000 hingga Rp160.000.

  1. Ikan Oscar Tiger

Foto Ikan Oscar Red Tiger

Naah untuk Jenis ikan oscar ini terbilang agak mengerikan jika kita perhatikan, namun justru hal tersebut yang membuatnya banyak dicari.

Ciri-ciri tubuh dari ikan oscar jenis ini  adalah perpaduan warna dasar hitam abu-abu serta pola berwarna oranye atau merah. Sifat alaminya adalah agresif serta lebih gemar menyendiri.

Jenis ikan ini terbilang masih murni serta belum menerima hasil kawin silang.

Untuk harganya sendiri juga tak terlalu mahal jika dibanding jenis ikan oscar lainnya. Harga ikan oscar tiger anakan adalah antara Rp 30.000 hingga Rp 40.000 sementara harga ikan dewasaya mencapai Rp 90.000 hingga Rp 110.000.

  1. Ikan Oscar Batik

Foto Ikan Oscar Batik yang Cantik

Unutk ikan oscar jenis ini banyak yang salah paham mengira jika jenis ikan oscar tiger dan batik adalah sama, padahal keduanya berbeda.

Memang jika diperhatikan secara lebih teliti, maka akan kita temukan perbedaan pada coraknya seperti ikan oscar tiger.

Perbedaan dengan ikan oscar tiger untuk Ikan oscar batik ini memiliki ciri tersendiri yaitu berupa warna dominan hitam serta corak bintik-bintik seperti pada ikan oscar albino.

Harga Ikan Oscar

Sekilas corak ikan ini tampak seperti batik, sehingga disebut sebagai ikan oscar batik.

Nah.. untuk harganya sendiri, ikan oscar batik ini tidak terlalu jauh beda dengan harga ikan oscar tiger. Ikan oscar ini termasuk dalam jajaran ikan oscar yang terjangkau harganya terutama bagi para penghobi ikan hias.

Untuk harganya sendiri untuk asnakan ikan oscar batik dihargai antara Rp 20.000 hingga Rp3 0.000 sementara untuk ikan dewasanya mencapai harga Rp 75.000 hingga Rp 90.000 per ekor.

  1. Ikan Oscar Hitam

Foto Ikan Oscar Hitam

Untuk i Ikan oscar jenis yang satu ini bisa terbilang sedikit susah ditemui. Hal ini karena untuk bisa menghasilkan ikan oscar hitam, pertama-tama ikan oscarnya harus keturunan tiger dan memiliki kelainan genetik.

Jadi meskipun dominan warna hitam, tapi masih memiliki corak. Biasanya coraknya berwarna silver.

Namun dengan kelangkaan dari ikan oscar jenis ini sayangnya tidak membuat harganya menjadi menjulang tinggi. Biasanya anda bisa mendapatkan ikan  oscar hitam dengan harga Rp 85.000

  1. Ikan Oscar Lemon

Foto Ikan Oscar Lemon di Aquarium

Ikan oscar jenis  ini memiliki warna yang bisa dibilang cukup mirip dengan buah lemon.

Memang tidak semuanya berawarna buah lemon yang kuning menyala, namun terkadang di bagian ujung sirip ada sedikit warna putih atau hitam.

Untuk Harganya bagaimana? Ikan oscar jenis ini harganya Cukup mahal. Anda bisa membeli ikan oscar lemon ini dengan harga Rp 150.000 per ekornya.

Daftar Harga Ikan Oscar Terbaru

Jenis Ikan Oscar Anakan Dewasa
Ikan Oscar Albino Rp 45.000 – 55.000 Rp 130.000 – 150.000
Ikan Oscar Slayer Rp 50.000 – 65.000 Rp 140.000 -160.000
Ikan Oscar Red Rp 75.000 – 120.000 Rp 150.000 – 250.000
Ikan Oscar Tiger Rp 30.000 – 40.000 Rp 90.000 – 110.000
Ikan Oscar Batik Rp 20.000 – 30.000 Rp 75.000 – 90.000
Ikan Oscar Hitam Rp 25.000 – 25.000 Rp 85.000 – 100.000
Ikan Oscar Lemon Rp 35.000 – 60.000 Rp 120.000 – 150.000

Naah.. itu lah berbagai jenis ikan oscar yang populer di pasaran dan para pecinta ikan hias. Di antara banyak jenis ikan hias air tawar ada juga satu jenis yang cukup populer. Yaitu itu ikan hias koi. ikan ini cukup populer karena ke eleganan dan keindangan warnany. Untuk informasi mengenai ikan koi bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here