Harga Ikan Sidat Terbaru Juni 2021

0
88
Budidaya Ikan Sidat-min

Zonaikan.com – Harga Ikan Sidat, Sebagian dari anda tentunya sudah pernah mendengar yang namanya ikan sidat. Jika dilihat secara sekilas, ikan sidat memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan belut. Ikan yang memiliki nama latin Anguilla Marmorata ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar konsumsi.

Banyak sekali orang di luar sana yang mengira bahwa ikan sidat sama seperti ikan belut, padahal keduanya jauh berbeda. Perbedaan yang paling menonjol bisa dilihat pada bagian tubuh ikan sidat yang jauh lebih gempal.

Sidat sendiri mempunyai karakter habitat yang terbilang sangat unik, dimana ikan ini bisa hidup di air tawar, perairan air laut dan estuari.

Ikan sidat memiliki bentuk tubuh silindris yang memanjang dengan ekor yang mempunyai bentuk pipih di bagian ujung. Pada bagian bawah kepala sidat nampak adanya kumis pendek yang memiliki warna kuning.

Kulit ikan ini cukup halu dengan warna sedikit kecokelatan sedangkan di bagian punggungnya memiliki warna hijau. Dan pada bagian perut ikan ini warnanya putih bersih.
Ukuran ikan sidat sangat beragam, mulai dari 15 cm hingga 2000 cm dengan bobot kurang lebih sekitar 22 kg. Hal ini juga yang membuat harga ikan sidat di pasaran menjadi sangat bervariasi.

Di Indonesia sendiri, jenis ikan yang satu masih jarang dikonsumsi oleh masyarakat secara luas. Bahkan di pasar sendiri jarang sekali yang menjual ikan hias. Padahal di negara Korea dan Jepang ikan sidat menjadi ikan yang paling banyak dicari setelah ikan tuna dan udang.

Untuk memudahkan anda dalam membedakan antara ikan sidat dengan belut, kami disini akan menjelaskan mengenai perbedaan dari keduanya. Berikut di bawah ini ulasan selengkapnya.

Perbedaan Antara Ikan Sidat dengan Belut

  • Habitat

Perbedan yang pertama adalah pada habitat aslinya. Seperti yang kita tahu bahwa belut pada umumnya hidup di daerah sawah, belut membutuhkan lumpur sebagai tempat hidup dan supaya bisa berkembang dengan baik.

Sedangkan ikan sidat sendiri sama dengan jenis ikan pada umumnya, yang dimana biasa hidup di dalam air. Ikan sidat juga tidak membutuhkan lumpur sebagai tempat hidup dan berkembang biak.

  • Struktur Tubuh

Meskipun sekilas keduanya terlihat sama, tetapi ikan sidat dan belut memiliki bentuk tubuh yang sedikit berbeda. Sidat mempunyai bentuk tubuh yang sedikit bulat dan bagian ekor agak pipih di bagian ujungnya. Sementara belut mempunyai bentuk tubuh yang sedikit pipih dengan bagian ekor yang lebih meruncing.

Ikan Sidat-min

Di bagian kepala, ikan sidat mempunyai bentuk mulut yang agak pipih dengan adanya kumis pendek yang memiliki warna kekuningan. Selain itu, juga nampak adanya sirip yang berada di bagian bawah kepalanya.

Hal tersebut tentu berbeda dengan belut yang mempunyai bentuk kepala agak meruncing ke depan. Belut juga tidak mempunyai kumis dan sirip sama sekali.

  • Struktur Tulang

Sidat mempunyai struktur tulang yang tersusun secara rapi seperti ikan pada umumnya. Sementara belut mempunyai struktur tulang yang sedikit rumit dan terlihat unik.

Jika dilihat dari perbedaan antara struktur tulang ini maka sudah terlihat dengan jelas bahwa ikan sidat bisa diolah menjadi fillet sedangkan belut tidak dapat diolah menjadi bentuk fillet.

  • Perilaku Pemijahan

Ikan sidat dan belut mempunyai perilaku yang jauh berbeda ketika melakukan pemijahan. Sidat biasanya akan bermigrasi mulai dari perairan tawar menuju ke perairan air laut ketika ingin berkembang biak.

Jika sudah selesai, ikan sidat akan kembali lagi ke sungai sedangkan telur-telurnya ditinggalkan di laut. Selanjutnya jika sudah menetas maka anakan ikan sidat akan bergerak menuju ke perairan air tawar untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sementara itu, proses kehidupan belut bisa dilakukan di mana saja serta yang paling penting berada di perairan air tawar dan pastinya juga mengandung lumpur.

Ciri-Ciri Ikan Sidat

  • Memiliki bentuk tubuh yang bulat memanjang dengan bagian ekor yang tidak begitu runcing.
  • Bentuk mulut ikan sidat tidak runcing, sama halnya dengan ekor ikan sidat.
  • Memiliki kumis dengan ukuran pendek yang warnanya kuning, ada pada bagian bawah kepalanya.
  • Memiliki kulit yang lumayan halus dan berwarna cokelat.
  • Bagian punggung ikan air tawar ini memiliki warna hijau.
  • Memiliki sirip yang berada di dekat anusnya.
  • Pada bagian perut ikan sidat memiliki warna putih.

Manfaat Ikan Sidat

Jika dijadikan sebagai ikan konsumsi maka ikan sidat akan menawarkan banyak vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun vitamin yang terkandung dalam ikan sidat adalah vitamin A yang 45 kali lipat lebih besar dibanding susu sapi, vitamin B1 dan B2 yang 30 kali lipat lebih besar dibanding susu sapi, dan memiliki kandungan zinc yang 9 kali lipat lebih besar dibandingkan susu sapi.

Beberapa kandungan itulah yang menjadikan ikan sidat mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Bagi anda yang mempunyai luka di bagian kulit maka anda bisa mencoba untuk mengonsumsi ikan ini secara rutin. Dengan mengonsumsi ikan sidat secara teratr maka luka pada kulit anda akan lebih cepat mengering. Manfaat ini ternyata juga dipercaya oleh para dokter sebagai proses pengobatan luka secara alami.

  • Sumber Protein

Ikan sidat memiliki kandungan yang kaya akan protein. Protein sendiri sangat berguna untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh, menambah stamina, meningkatkan sumber energi tubuh, dan membantu untuk meningkatkan pertumbuhan anak.

  • Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kandungan gizi dan vitamin yang ada di dalam ikan sidat memiliki manfaat untuk membantu mencerdaskan otak, baik itu untuk anak-anak, remaja, atau bahkan orang dewasa. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk memberi makan anak-anak ikan sidat supaya nantinya mereka bisa tumbuh dengan sehat dan cerdas.

  • Baik Untuk Diet

Daging ikan sidat mengandung lemak dan kalori yang cukup rendah, sehingga akan sangat cocok jika dijadikan ssebagai makanan pendamping diet. Dengan mengonsumsi ikan sidat maka stamina tubuh anda akan selalu terjaga dan tidak gampang lapar.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Sidat

  • Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam daging ikan sidat bisa membantu untuk mencegah penyebaran sel kanker. Jadi bisa dikatakan bahwa ikan sidat akan sangat baik jika dikonsumsi untuk mencegah terjangkitnya penyakit yang berbahaya ini.

  • Obat Paling Ampuh Bagi Penderita Rabun Jauh

Beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa kandungan vitamin dan gizi yang ada di dalam daging ikan sidat sangat bagi untuk membantu proses penyembuhan rabun jauh. Bahkan pasien penderita rabun jauh juga sudah banyak yang merasakan manfaat ikan sidat ini secara langsung.

Jadi apakah anda masih ragu untuk mengonsumsi ikan yang satu ini? Nah, sebelumnya anda juga harus tahu berapa harga kisaran ikan sidat di pasaran, supaya anda nantinya bisa menyiapkan budget yang pas sebelum membelinya. Berikut ini adalah informasi mengenai harga ikan sidat terbaru yang beredar di pasaran.

Harga Ikan Sidat-min

Daftar Harga Ikan Sidat Per Kg

Sekarang ini harga ikan sidat dipasaran memang sangat mahal, bahkan harganya di Jepang sangat fantastis, yang dimana bisa mencapai Rp 2.000.000 untuk satu kilo. Maka dari itu, jenis ikan ini sudah menjadi komoditas ekspor yang sangat menjanjikan bagi banyak orang, bahkan Indonesia sekarang ini sudah menjadi negara pengekspor ikan sidat terbesar.

Tidak hanya di negara Jepang saja, namun masyarakat di beberapa negara lain banyak juga yang menyukai ikan sidat dan membutuhkan suplai ikan sidat dalam jumlah banyak.
Jika membahas tentang harga ikan sidat dewasa, tentunya anda juga penasaran mengenai harga bibit atau anakan ikan sidat, bukan? Berikut ini adalah daftar harga bibit ikan sidat terbaru.

Harga Bibit atau Anakan Ikan Sidat

  • Bibit Ikan Sidat

Setiap 1 kota bibit atau anakan ikan sidat pada umumnya berisi sekitar 60 ekor ikan dan dijual dengan harga mulai dari Rp 250.000 sampai dengan Rp 300.000. Sedangkan untuk harga bibit ikan dalam satu kilo biasanya berisi sekitar 25 ekor ikan sidat, yang dimana dijual dengan harga Rp 175.000.

Pastinya harga bibit ikan sidat yang terbilang mahal tersebut akan sebanding dengan hasil ikan sidat yang bisa anda dapatkan ketika panen nantinya. Hasil saat pemanenan sudah pasti sangat menjanjikan dan memberikan keuntungan dalam jumlah banyak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini mengenai ikan sidat secara lengkap dan jelas. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan anda semua terutama bagi anda yang sekarang ini sedang tertarik untuk budidaya ikan sidat sehingga bisa anda jadikan sebagai referensi terbaik.

Namun daftar harga ikan sidat yang kami sampaikan diatas bisa mengalami perubahan sesuai dengan permintaan pasar. Sekian dulu pembahasan dari kami, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here