Harga Ikan Tenggiri Terbaru Tahun 2021

0
519
Harga Ikan Tenggiri

Harga ikan tenggiri, Ikan Tenggiri adalah salah satu ikan laut yang banyak disukai oleh masyarakat. Nama latin ikan ini adalah Scomberomorus yang merupakan jenis ikan air laut yang suka hidup berkelompok atau bergerombol.

Ternyata kebiasaan hidup bergerombol atau berkelompok itu akan memudahkan ikan tenggiri dalam mencari dan mendapatkan makanannya. Selain itu juga bermanfaat untuk terhindar dari serangan lawan atau predator yang memangsa mereka.

Ikan Tenggiri ini banyak dicari karena mempunyai kandungan gizi yang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh manusia. Selain itu rasa dari olahan ikan tenggiri juga lezat dan nikmat yang tentunya membuat ketagihan untuk nambah lagi.

Biasanya ikan tenggiri digunakan untuk berbagai olahan yang mempunyai citarasa yang lezat. Ikan tenggiri sangat pada umumnya digunakan untuk menggantikan daging hewan lain seperti daging sapi, kambing dan sebagainya. Kandungan yang ada di ikan tenggiri cukup banyak sehingga sangat di rekomendasikan untuk mengkonsumsinya.

Nelayan nelayan di Indonesia dan di dunia banyak yang mencari ikan tenggiri untuk target tangkapannya. Hal ini dikarenakan harga ikan tenggiri yang lumayan mahal sehingga mampu mendatangkan keuntungan bagi para nelayan. Selain itu jumlah permintaan ikan tenggiri ini cukup banyak.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Tenggiri

Tahukah anda bahwa manfaat mengkonsumsi ikan tenggiri sangat banyak. Disini kami akan mengulas dan memaparkannya satu per satu. Manfaat ikan tenggiri untuk kesehatan tubuh selengkapnya antara lain adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol di masyarakat banyak sekali dibicarakan karena kandungan kolesterol dalam tubuh yang berlebih akan membuat tubuh terkena penyakit. Tentu pembahasan kolesterol menjadi hal yang menakutkan bagi banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan pola makan dan gaya hidupnya yang kurang sehat.

Namun jika kandungan kolesterol yang ada di dalam tubuh masih dalam batas wajar hal itu tidak perlu kita khawatirkan.

Bagi anda yang suka sekali mengkonsumsi jeroan alangkah baiknya anda mulai berhenti mengkonsumsi dan beralih memilih mengkonsumsi ikan tenggiri. Mengkonsumsi jenis ikan air laut dipercaya bisa membuat kadar kolesterol jahat dalam tubuh turun.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Pernahkah anda mendengar anjuran untuk sering mengkonsumsi ikan kepada anak agar dapat meningkatkan kecerdasan sang buah hati ? Pasti sudah banyak yang mengetahui hal tersebut.

Salah satu ikan yang di rekomendasikan untuk dikonsumsi adalah ikan tenggiri yang kaya akan gizi. Kandungan omega 3 sehat terdapat pada ikan tenggiri. Omega 3 ini mampu membantu meningkatkan kecerdasan untuk anak.

3. Kaya Akan Vitamin

Mengkonsumsi ikan selain enak dan lezat juga mempunyai manfaat kandungan yang sangat banyak untuk siapa saja yang rutin mengkonsumsinya. Salah satu ikan yang kaya akan gizi adalah ikan tenggiri.

Vitamin B1, A, B terdapat pada ikan air laut ini. Ya, di ikan tenggiri kita dapat mendapatkan khasiat vitamin baik yang banyak untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Jenis Jenis Ikan Tenggiri Di Indonesia

Setelah membahas tentang manfaat manfaat yang terkandung pada ikan tenggiri untuk tubuh, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang jenis jenis ikan tenggiri di Indonesia agar kita semakin paham apa berbagai macam jenis ikan ini.

1. Tenggiri Banci

Tenggiri Banci
sumber gambar : fishider.org

Ciri fisik dari ikan tenggiri Banci ialah mempunyai moncong yang panjang. Ukuran panjang moncongnya pun hampir sama dengan ukuran panjang kepalanya. Ikan jenis ini sudah sangat familiar di masyarakat luas.

Foto atau gambar ikan tenggiri Banci bisa anda lihat di atas. Apakah anda pernah menjumpainya di pasar ikan atau di tempat menjual ikan tenggiri lainnya ?

2. Tenggiri Papan 

Ikan Tenggiri Papan
sumber gambar : omsayur.com

Ikan Tenggiri papan memiliki nama latin Scomberomorus Guttatus yang memiliki ciri ciri bada fisiknya yaitu corak warna hitam di sebagain sisi tubuhnya.

Ukuran ikan tenggiri papan maksimal bisa mencapai 60-80 cm itupun jika hidup di laut lepas yang bebas. Ikan tenggiri jenis ini tidak mampu tumbuh terlalu besar.

Ikan ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan biasanya di tangkap di perairan daerah Cilacap dan sekitarnya. Proses penangkapannya bisanya menggunakan gillnet.

Pola pertumbuhan tenggiri papan ini memilki sifat isometric yaitu pertumbuhan bobot dan panjangnya seimbang.

Dibawah ini kami tampilkan klasifikasi ilmiah dari ikan tenggiri papan

Kerajaan : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Famili : Scombridae

Genus : Scomberomorus

Spesies : S. Guttatus

Ikan tenggiri papan ini dapat tumbuh hingga memiliki berat mencapai 45 kg dan merupakan ikan yang populer dikalangan para penghobi mancing di laut. Hal ini dikarenakan perlawanan dari ikan ini yang sangat kuat ketika terkena kail.

Papan Penangkapan Tenggiri Papan

Ikan tenggiri ini populer di negara negara Sri Langka, India, Bangladesh. Habitat ikan ini banyak ditemukan di samudra india dan perairan sekitarnya.

Dibawah ini kami tampilkan data penangkapan tenggiri papan untuk komersial mulai dari tahun 1950 sampai 2009 yang kami kutip dari Wikipedia.

3. Tenggiri Batang

Tenggiri Batang

Ikan tenggiri batang mempunyai sebutan lain yaitu Narrowbar Spanish Macrekel.

Ikan tenggiri batang adalah jenis ikan tenggiri di Indonesia yang paling banyak dicari. Pada umumnya ikan tenggiri batang digunakan untuk bahan campuran pembuatan krupuk, pempek dan aneka macam olahan lainnya.

Ukuran tubuh ikan tenggiri batang ini bisa mencapai ukuran panjang sampai 200 – 250 cm. Bentuk tenggiri batang cukup besar dan mempunyai garis vertikal yang ada di sisi tubuhnya dan warnanya gelap.

Karena ikan tenggiri batang ini banyak ditemukan harganya menjadi relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis ikan tenggiri yang lainnya.

Jenis Ikan Tenggiri Di Dunia

Di seluruh dunia terdapat banyak sekali jenis ikan tenggiri yang beraneka macam dan memiliki karakteristik masing masing. Berikut ulasan dari zona ikan selengkapnya.

1. Tenggiri Korea

Tenggiri Korea

Ikan tenggiri Korea ini biasanya bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik sampai daerah perairan India, Sri Langka, Jepang dan tentunya ada di perairan Korea. Bahkan ikan tenggiri jenis ini juga bisa ditemukan di dekat Sumatera.

2. Tenggiri Melayu

 

Ukuran jenis tenggiri Melayu ini sangat besar yaitu bisa mencapai ukuran 2 meter dengan berat bisa mencapai 70 kg, wow keren banget kan. Ikan tenggiri melayu ini dapat ditemukan di perairan Asean dan saat ini ikan ikan ini menyebat bahkan sampai Oseania, Samudra Hindia bahkan sampai perairan Afrika.

3. Tenggiri Papua

Tenggiri Papua

Jenis tenggiri Papua hanya dapat ditemukan di perairan wilayah Papua saja. Maka dari itu ikan tenggiri ini juga disebut dengan ikan endemic di daerah tersebut. Ukuran tenggiri papua ini mencapai panjang 30 cm untuk ukuran dewasa.

4. Tenggiri Atlantik

Jenis tenggiri atlantik ini hidupnya berpindah pindah. Daerah teluk timur Florida selatan menjadi awal mula hidup jenis tenggiri ini. Namun untuk musim semi ikan ikan ini akan migrasi ke daerah teluk Meksiko Utara. Sementara itu untuk musim gugur ikan tenggiri altantik ini akan berpindah lagi ke teluk barat Meksiko.

5. Tenggiri Australia

Ikan ini hidup di daerah perairan pantai Utara Australia, perairan Pasifik barat. Bukan hanya di perairan itu saja ikan tenggiri ini bisa ditemukan. Tapi di daerah perairan Papua Nugini juga ada.

6. Tenggiri Queensland

Perairan tropis barat Pasifik menjadi tempat hidup ikan tenggiri Queensland ini. Daerah lain yang juga terdapat jenis tenggiri ini ad adi Australia timur dan utara, perairan Papua Nugini selatan dan bahkan di New South Wales. Ukuran tenggiri Queensland bisa mencapai 100 cm dengan berat 12 kg per ekornya.

7. Tenggiri Jepang

Tenggiri Jepang

Ikan tenggiri ini hidup di perairan Jepang dan sekitarnya. Panjang tenggiri jepang bisa mencapai 100 cm dengan berat mencapai 10 kg untuk setiap ekor ikan tenggiri jepang.

8. Tenggiri Afrika Barat

Perairan mediterania utara dan sebagai kecil di prancis menjadi tempat yang bisa kita jumpai ikan tenggiri jenis afrika barat ini. Selain di perairan itu juga dapat ditemukan di perairan Atlantik Afrika, Atlantik timur dan Angola sampai Senegal Guinea.

Ukuran dari ikan tenggiri afrika barat ini bisa sampai ukuran maksimal di 100 cm dengan berat mencapai 6 kg. Di bagian belakang tubuhnya terdapat warna hijau kebiruan serta ada titik titik kecil berwarna orange dengan jumlah 3 baris berbentuk vertikal.

9. Tenggiri Cero

Tenggiri Cero

Ikan ini dapat ditemukan di perairan Atlantik barat dan teluk Meksiko. Selain itu juga bisa di jumpai di Brasil Rio de Janeiro. Berat tenggiri jenis ini maksimal di angka 4 sampai 5 kg saja. Di bagian tubuhnya ada aksen titik titik berwearna gelap berukuran kecil serta di bagian tengah memiliki garis hitam horizontal.

10. Tenggiri Spanish

Wilayah yang biasanya terdapat tenggiri Spanish ada di perairan Atlantik tengah, Karibia, Atlantik barat sampai di Brasil dan bahkan di Amerika Selatan. Ukuran jenis ikan ini lumayan yaitu di angka 125 cm untuk maksimalnya. Sementara itu untuk berat bisa mencapai 7 kg. Makanan ikan tenggiri Spanish ini adalah hewan laut seperti cumi cumi, udang dan ikan ikan kecil dan lainnya.

Olahan Ikan Tenggiri dan Harganya 

Berbagai menu makanan yang mungkin tanpa kita sadari terbuat dari olahan ikan tenggiri. Selain itu kami juga akan memaparkan harga ikan tenggiri yang bisa menjadi referensi anda. Ingin tahu apa saja olahan makanan tenggiri dan harganya, simak di bawah ini ulasan selengkapnya ya.

Kerupuk Ikan Tenggiri

Berbagai olahan jajan dan makanan yang terbuat dari ikan tenggiri. Olahan itu antara lain ialah kerupuk tenggiri, pempek, bakso, siomay dan olahan lainnya.

Untuk kerupuk tenggiri di banderol kurang lebih harga berkisar 19.000 hingga 131.000 yang kami cek di tokopedia. Harga ini tentu sesuai dengan jumlah dan ukuran kemasannya.

Selanjutnya dibawah ini kami sajikan daftar harga ikan tenggiri per kilo dengan berbagai jenis jenis seperti tenggiri segar, tenggiri fillet, tenggiri giling dan lain sebagainya.

Harga Ikan Tenggiri

Daftar Harga Ikan Tenggiri

Jenis Ikan TenggiriHarga Ikan Tenggiri/Kg
Ikan Tenggiri Segar 1kg IDR                             70.000
Ikan Tenggiri Fillet 1kg IDR                           128.000
Ikan Tenggiri Giling 1 kg IDR                           130.000
Ikan Tenggiri Carrefour 1kg IDR                           120.000
Ikan Tenggiri Muara Angke 1kg IDR                             80.000
Kerupuk Ikan Tenggiri 350gr IDR                             30.000

 

Demikian ulasan kami tentang semua hal berkaitan dengan ikan tenggiri, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda. Anda bisa membaca artikel kami yang lainnya.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Salmon

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here