Jenis Ikan Air Payau Yang Populer Di Budidayakan

0
132

Zonaikan.com – Ada banyak sekali jenis ikan yang bisa kita jumpai di dunia ini, mulai dari ikan yang hidup di air payau, air tawar, dan ikan yang hidup di perairan air laut. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai beberapa macam jens ikan air payau yang bisa ditemukan dengan mudah di perairan di seluruh wilayah Indonesia.

Air payau sendiri adalah campuran dari air laut dengan air tawar, biasanya perairan payau ini berada di sekitar muara sungai yang dekat dengan pesisir. Di perairan air payau ini juga akan ada beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang hidup disana.

Lalu jenis ikan apa sajakah yang hidup di air payau? Yuk lebih jelasnya mari langsung saja simak info berikut ini.

Berbagai Jenis Ikan Air Payau :

1. Ikan Kerapu Bebek atau Kerapu Tikus

Ikan Kerapu BebekIkan kerapu bebek adalah ikan yang memiliki nama latin Chromileptes altivelis, dimana ikan ini berasal dari family Serranidaer dan banyak dijumpai di perairan China, Hongkong, Guam, Australia, Jepang, India, Kenya, Filipina, Kepulauan Mariana Utara, Indonesia, dan Malaysia.

Ikan ini dalam bahasa Inggris biasa disebut sebagai Humpback Grouper atau Panther Grouper, sedangkan di Australia ikan air payau ini memiliki nama Barramundi cod.

2. Ikan Kakap Putih

Ikan Kakap PutihIkan kakap putih merupakan salah satu ikan konsumsi yang sangat populer di Indonesia. Hal ini karena rasanya yang sangat lezat dan mempunyai banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ikan air payau ini mempunyai banyak sebutan bagi para pemancing mania, seperti Barramund, Barra, Nile Perch, Giant Perch, Ikan Gelam, dan juga Palmer Perch. Ikan yang memiliki nama latin Lates Calcarifer ini bisa bertahan hidup cukup lama.

Ukuran tubuh ikan ini cukup besar, dimana memiliki panjang kurang lebih sekitar 1,8 m dengan bobot yang bisa mencapai 60 kg lebih. Ikan kakap putih ini tergolong dalam karnivoa, yang sering memangsa ikan yang memiliki ukuran lebih kecil, dan juga udang-udangan lainnya.

3. Ikan Patin

Ikan PatinIkan patin sekarang ini sudah banyak dibudidayakan di perairan air tawar, tetapi sebenarnya ikan patin juga bisa hidup dengan baik di perairan payau. Jenis ikan air payau yang satu ini sangat populer karena mmiliki tekstur daging yang cukup lembut dan gurih dengan citarasa yang sangat khas.

Ikan patin adalah ikan yang berasal dari family ikan berkumis yaitu Siluriformer dan tergolong dalam genus Pangasius, familia Pangasiidae.

4. Ikan Bandeng

Ikan BandengIkan bandeng juga menjadi salah satu ikan konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena harga ikan bandeng yang terbilang cukup murah. Selain itu, ikan bandeng juga mempunyai citarasa yang sangat lezat dengan tekstur daging yang lumayan tebal.

Mungkin anda akan berpikir bahwa ikan ini hanya bia hidup dengan baik di perairan laut saja, tetapi pada kenyataannya ikan bandeng juga bisa bertahan hidup diperairan payau. Bahkan ikan ini juga merupakan ikan air payau unggulan sampai sekarang ini.

5. Ikan Bawal

Ikan BawalIkan bawal selama ini dikenal sebagai ikan yang sangat agresif dan ganas. Terlebih ikan ini juga merupakan keluarga dekat ikan piranha. Ikan bawal sendiri bisa hidup dengan baik di perairan air tawar dan air payau.

Jenis ikan yang satu ini juga sudah banyak dibudayakan, karena ikan bawal memiliki masa pertumbuhan yang cukup pesat dan citarasanya yang gurih.

6. Ikan Sidat

Ikan SidatIkan sidat pada umumnya hidup dalam dua jenis perairan, yaitu air tawar dan air asin. Selain biasa hidup di dua macam perairan, ikan sidat ternyata juga bisa bertahan hidup di perairan air payau.

Jika anda yang masih asing dengan ikan sidat, mungkin anda akan berpikir bahwa ikan ini merupakan sejenis belut. Padahal sebenarnya ikan sidat jauh berbeda dengan belut.

7. Ikan Belanak

Ikan BelanakSebagian dari anda tentu masih awam dengan nama ikan air payau ini. Ikan belanak sendiri adalah jenis ikan yang banyak ditemukan di perairan payau serta di perairan laut tropis dan subtropis.

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, ikan ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan ikan bandeng. Sekarang ini sudah banyak sekali petani ikan di Indonesia yang mulai mencoba untuk membudidayakan ikan belanak karena permintaan pasar yang tinggi.

8. Ikan Mujair

Ikan MujairSelain hidup di perairan air tawar, ikan mujair juga bisa bertahan di perairan payau. Bahkan jika budidaya ikan mujair dilakukan di perairan payau maka bisa menghasilkan bibit dengan kualitas bagus.

9. Ikan Nila

Ikan NilaSama seperti ikan mujair, mungkin anda akan berpikir bahwa ikan nilai hanya bisa bertahan hidup dalam perairan tawar saja. Namun pada kenyataannya ikan konsumsi yang satu ini juga bisa hidup dalam perairan payau.

Ikan nila memang sudah sangat populer dan banyak diburu oleh mereka yang hobi mancing ikan, tentunya akan merasa senang jika berhasil mendapatkan ikan ini.

10. Ikan Kiper

Ikan KipeerBerbeda dengan jenis ikan air payau lainnya, ikan kiper memiliki ciri khas yang sangat menarik yaitu mempunyai bentuk tubuh yang pipih. Warna dasar ikan ini adalah putih perak ditambah dengan adanya bintik-bintik hitam yang hampir merata di seluruh bagian tubuhnya terkecuali di bagian mulut sampai sirip bawah.

Ikan ini memiliki tampilan yang sangat cantik sehingga cocok sekali jika dijadikan sebagai ikan hias dalam aquarium. Bentuk dan warnanya terbilang sangat unik menarik, apalagi sifatnya juga tidak terlalu agresif.

11. Ikan Penyumpit

Ikan PenyumpitIkan penyumpit ini juga sering disebut sebagai ikan pemanah. Hal ini karena memiliki keahlian dalam mencari mangsa, yaitu dengan menyemburkan air dari bagian mulutnya.
Ikan penyumpit merupakan salah satu jenis ikan yang biasa hidup di perairan payau. Keberadaannya bisa ditemukan dengan mudah di wilayah perairah hutan bakau, perairan seperti inilah yang sangat disukai oleh ikan penyumpit.

Karena biasa hidup di areal pohon bakau, maka serangga yang biasanya hidup di pohon bakau seringkali dimangsa oleh ikan penyumpit atau ikan pemanah ini. Dan yang paling menarik dari ikan ini karena memang memiliki kemampuan yang dapat menembakkan air dari bagian mulut, bukan hanya sekali saja namun bisa 7 kali lebih tanpa jeda.

Jika sudah dilakukan hingga berulang kali tetapi masih belum bisa tepat sasaran ataupun mengenai mangsanya maka ikan penyumpit nantinya akan langsung melompat ke atas permukaan air untuk memangsa sasaran.

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan kali ini mengenai beberapa jenis ikan yang biasa hidup di air payau. Semoga informasi yang telah kami sampaikan pada artikel ini bisa memberikan banyak manfaat dan setidaknya bisa menambah pengetahuan anda semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here