Ikan Channa atau Gabus Hias, Primadona Baru Akuarium

0
55
Merawat Ikan Channa

Zonaikan.com – Ikan Channa atau Ikan Hias Primadona Baru di Akuarium. Hobi merawat dan memelihara ikan hias poly bermunculan pada masa pandemi Covid-19 ini. Apabila beberapa ketika kemudian ikan cupang balik naik daun, sekarang terdapat primadona baru bagi para penghobi ikan hias, yakni ikan gabus atau ikan channa.

Istilah Channa mengacu dalam nama ilmiah family Channanidae. Sama misalnya ikan cupang, ikan ini adalah ikan yang bersifat teritorial dan menyerang sesama jenis yang masuk ke daerahnya sebagai akibatnya ikan ini dipelihara secara individu pada satu akuarium.

Dirangkum menurut aneka macam sumber, Senin (26/11/2021), ikan ini jua dikenal menjadi snakehead karena bentuk kepalanya yang menyerupai ular. Apabila umumnya ikan gabus menjadi ikan konsumsi.

Tetapi ikan gabus ini dijadikan menjadi penghias akuarium. Memiliki corak yang manis dan bervariasi berakibat ikan ini sangat digemari dan diburu sang para penghobi dan kolektor ikan hias pada Indonesia.

Tetapi, pada beberapa negara selain Indonesia ikan ini tidak boleh dipelihara lantaran adalah keliru satu ikan invasif. Ikan invasif merupakan ikan yang dari menurut luar yang bisa mengancam kelestarian ikan-ikan lokal.

Penyebaran

Ikan ini beredar menyebar luas mulai menurut Pakistan pada barat, Nepal bagian selatan, kebanyakan daerah pada India, Bangladesh, Sri Lanka, Tiongkok bagian selatan, dan sebagian akbar daerah pada Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Mudah dirawat

Menurut pengalaman yang aku alami, perawatan ikan ini terbilang sangat mudah. Ikan Channa ini tidak memerlukan aerator buat membuat oksigen juga sistem filtrasi yang lengkap, hanya relatif memakai air menggunakan ph yang terkondisi menggunakan baik dan diberi substrat pada dasar akuarium berupa pasir malang, pasir silika atau bebatuan menjadi pendukung.

SemutLantaran ikan ini merupakan termasuk golongan ikan predator, para penghobi biasa memberi pakan ikan ini berupa ikan-ikan kecil, serangga, katak, udang segar yang dikupas, juga udang kering.

Jenis ikan channa

Sejauh ini dari beberapa sumber, terdapat lebih kurang 50-an spesies ikan channa. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis misalnya Channa Marulioides, Channa Limbata, Channa Striata (gabus yang sering dikonsumsi), Micropeltes (Gabus Toman) dan beberapa jenis lainnya.

Channa AurantimaculataDi luar negeri, kebanyakan pada daerah India, terdapat jenis Channa Aurantimaculata, Channa Stewartii, Channa Bleheri sampai Channa Andrao. Ikan Channa impor biasanya mempunyai motif yang tidak sama dan tubuhnya yang lebih cerah dibandingkan channa lokal. Namun channa lokal tidak kalah menariknya.

Harga ikan channa

Dari pengalaman yang aku dapatkan, buat channa impor menurut segi harga dibandingkan channa lokal memang jauh lebih mahal. Untuk harga channa lokal misalnya channa marulioides berukuran 10-15 centimeter dibanderol kisaran Rp. 40.000 – Rp.50.000 per ekor Sedangkan channa impor, misalnya channa auranti buat berukuran 10-15 centimeter dibanderol kisaran Rp. 250.000 – 350.000 per ekor.

Ikan GabusSemakin besar berukuran ikan, meningkat juga harga menurut ikan yang dijual, terlebih apabila mempunyai rona yang cantik dan mental yang baik mampu dibanderol sampai jutaan rupiah. Sejauh ini dari beberapa sumber, terdapat lebih kurang 50-an spesies ikan channa.

Baca Juga : tips memelihara ikan channa

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis misalnya Channa Marulioides, Channa Limbata, Channa Striata (gabus yang sering kali dikonsumsi), Micropeltes (Gabus Toman) dan beberapa jenis lainnya. Di luar negeri, kebanyakan pada daerah India, terdapat jenis Channa Aurantimaculata, Channa Stewartii, Channa Bleheri sampai Channa Andrao.

Ikan Channa impor biasanya mempunyai motif yang tidak sama dan bar ditubuhnya yang lebih cerah dan dibandingkan channa lokal. Namun channa lokal nir kalah menariknya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here