10 Jenis Ikan Corydoras Paling Populer dan Termahal

0
426

10 Jenis Ikan Corydoras Paling Populer dan Termahal

Ikan Corydoras  –   Halo para penggamar ikan hias. Kami akan melanjutkan  pembahasannya mengenai ikan hias air tawar yang perlu Anda ketahui.

10 Jenis Ikan Corydoras Paling Populer dan Termahal

Kali ini kami akan bahas ikan hias air tawar yang cukup populer di kalangan pecinta ikan hias. Ikan hias air tawar satu ini adalah Cory catfish, lele corydoras atau ikan corydoras. Ikan ini  merupakan ikan hias berkumis yang sudah populer di kalangan pencinta akuarium.

Ikan hias air tawar ini bahkan menjadi favorit, sebab karakternya tidak agresif dan perawatannya cenderung mudah. Namun tidak seperti catfish lain, ikan hias ini lebih aktif di siang hari.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Corydoras

Sebagai bottom feeder, ikan ini senang mencari makan di area bawah atau dasar akuarium. Kebiasaan ini bisa mendatangkan dua efek. Mereka bisa membantu menjaga kebersihan tangki. Namun, mereka juga bikin air akuarium jadi berantakan, sehingga mengundang ganggang dan kotoran lain. Maka dari itu jika Anda memelihara ikan hias air tawar satu ini Anda harus sering mengawasi ikan hias cantik satu ini.

Kepribadian ikan ini ramah dan suka bersosialisasi sehingga termasuk ikan kecil bergerombol, khususnya dengan spesies yang sama. Perlu kita ketahui jika ikan hias air tawar sejenis juga akan bisa ramah dengan ikan lain, asal ikan tersebut memiliki karakter sama. Dan jangan sampai mereka tinggal dengan ikan agresif atau galak atau ikan hias Anda alhasil akan di mangsa atau di lukai oleh ikan hias yang agresif.

Agar lebih jelasnya agar semakin jelas mengenai ikan hias air tawar ini. berikut ini jenis-jenis ikan Corydoras:

  1. Ikan Corydoras Bandit Cory

Untuk Anda penggemar ikan hias pasti langsung mengenalinya lewat “topeng hitam” di area matanya. Bandit cory ini memang sudah populer di pasar ikan hias. Namun dibanding spesies lain, ikan ini lebih sensitif terhadap variasi suhu air. Temperatur terbaik bagi ikan jenis ini sebesar 22-26 derajat celcius.

10 Jenis Ikan Corydoras Paling Populer dan Termahal

Nutk ukuran ikan dewasa dari ikan Corydoras jenis ini hanya sebesar 5 cm. Perlu kita perhatikan juga Corydoras jenis ini lebih nyaman dengan pH 6,5-7,0. Sebaiknya mereka ditempatkan di tangki minimal berukuran 35 liter, bersama rekan-rekan ikan lain yang sama kalemnya. Adapun harapan hidup mereka selama 5 tahunan.

  1. Ikan Corydoras Bronze Cory

 

Selanjutnya untuk jenis ini Ikan Corydoras ini sering disebut juga sebagai green corydoras. Seperti ikan bandit cory, mereka juga populer dan mudah ditemukan. Mereka juga tersedia dengan beragam warna. Ada yang hijau, hitam, albino, dan bronze/ perunggu.

  1. Ikan Corydoras Corydoras Albino

Untuk Ikan Corydoras  jenis ini jika Ikan ini dewasa bisa  berukuran sekitar 6 cm. Jika Anda ingin memelihara v jenis ini sebaiknya mereka ditempatkan di tangki ukuran paling kecil 35 – 40 liter. Perkiraan pH-nya sebesar 5,8-7,0. Suhunya antara 22-26 derajat celcius. Ikan Corydoras jenis ini bisa hidup rukun dengan ikan lain yang sama-sama tenang dan suka dengan aliran air. Naah perlu juga Anda jetahui jika Ikan Corydoras jensi ini Umurnya diperkirakan bisa lebih dari 5 tahun.

  1. Ikan Corydoras Corydoras julii

Berikutnya j enis ikan Julii Cory yang dijual di pasaran seringkali bukan jenis aslinya, melainkan ikan Three Stripe Cory. Anda bisa membedakannya dari bercak di atas kepala sampai tubuhnya. Bercak tersebut tidak sambung-menyambung, melainkan seperti terputus-putus.

Senada dengan ikan corydoras lain, mereka juga sebaiknya ditempatkan di tangki minimal 35 liter. Hal ini karena ketika Ikan Corydoras  ini dewasa, pertumbuhan mereka bisa mencapai 6 cm. Atur suhunya agar bisa di angka 23-26 derajat celsius, dan pH-nya 6,5-7,0. Kalaupun hendak disatukan dengan ikan lain, pasti temannya juga tidak agresif. Mereka bisa hidup selama lebih dari 5 tahun.

Ikan yang disebut juga Panda Catfish atau  Panda Corydoras ini seakan memiliki jiwa sosial tinggi, sebab mereka senang hidup bersama dengan sejenisnya.

Namun mereka lebih nyaman hidup di air dengan suhu dingin, sekitar 20-25 derajat celcius. Ukuran pH-nya juga cenderung lebih rendah, sekitar 6,0-7,0. Untuk itu, ikan ini cocok berada di akuarium tanpa pemanas. Ukuran ikan dewasa kurang-lebih 5 cm. Umur mereka lebih panjang dibanding spesies lain, sebab bisa sampai 10 tahunan.

  1. Ikan Corydoras Pepper Cory

Nama dari Ikan Corydoras jenis ini adalah Peppered Catfish, Blue Leopard Corydoras dan Peppered Cory. Ikan jantan rata-rata berukuran 6,5 cm. Ikan betina dua kali lipat lebih kecil, hanya 3 cm.

Namun mereka membutuhkan tangki besar ukuran minimal 50 liter. Mereka bisa hidup bersama dengan ikan kalem lain, namun sebaiknya ukuran teman hidup tersebut lebih kecil. Mereka bisa tetap bernapas selama 5 tahunan.

  1. Ikan Corydoras Skunk Cory

Salah-satu fakta yang perlu Anda ketahui, Ikan Corydoras jenis berukuran 5 cm ini sangat sensitif dengan kandungan nitrat dan ammonia. Mereka lebih rentan dibanding spesies lain. Untuk itu, mereka tidak cocok disimpan dalam akuarium baru. Perlu waktu agar lingkungan kolam bisa cocok dengan Corydoras arcuatus ini.

Akuarium untuk memelihara ikan ini baiknya berukuran 37 liter minimal. Mereka senang dengan ukuran pH 6,8-7,5. Sementara temperaturnya sekitar 22-26 derajat celcius. Meski berukuran mini, namun mereka lebih ceria dengan aliran air besar.

  1. Ikan Corydoras Three Stripe Cory

Untuk jenis Ikan Corydoras  berikutnya Orang-orang sering terkecoh antara Julii Cory dengan Three Stripe Cory. Ikan ini memiliki ciri khas berupa bercak pada kepala yang bersambung ke seluruh tubuh. Sehingga penampilannya mirip seperti labirin.

10 Jenis Ikan Corydoras Paling Populer dan Termahal

Ikan dewasa tumbuh sampai 6 cm. Ukuran ideal tangkinya minimal 35 liter. Suhu amannya 22-26 derajat celcius, sementara pH-nya 5,8-7,2. Dibanding ikan Julii cory, ikan ini bisa hidup lebih panjang, sekitar 10 tahunan.

  1. Ikan Corydoras Pigmy Cory

Bernama lain Corydoras Pygmaeus. Ikan ini menjadi salah-satu cory paling unik, sebab ukurannya mungil, hanya sekitar 2,5 cm. Mereka juga bukan tipikal ikan yang suka berburu makanan di dasar akuarium seperti spesies lainnya. Mereka lebih nyaman berada di tengah-tengah. Kalau ada tanaman dalam kolam, mereka akan memanfaatkannya untuk tempat beristirahat.

Ikan Corydoras Termahal

 

  1. Ikan Corydoras Corydoras Vulcan

Ikan Corydoras  jenis ini berasal dari Curuá River atau sungai Curua di Brazil dan pinggiran sungai Amazon. Ikan betina bertumbuh lebih besar dan berisi, sedangkan jantan biasanya memiliki sirip punggung atau sirip dorsal yang tinggi dan lebih runcing. Perlu diketahui bahwa ikan keren dan unik ini dihargai 1000 dolar singapura atau sekitar 10 juta / ekor jika dirupiahkan. “Wooh… Fantastis bukan!”

Bagaimana menarik bukan ulasan mengenai Ikan Corydoras? Semoga artikel ini bermanfaat ya.. dan bisa menjadi referensi Anda dalam menetukan ikan hias air tawar  mana yang ingin Anda pelihara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here