Ikan Gabus Dapat Sembuhkan Luka Diabetes Dengan Cepat

0
108

Zonaikan.com – Penggunaan ikan gabus buat penyandang diabetes memang masih kurang terkenal. Sebab ikan gabus pun bukan ikan terkenal yang dikonsumsi rakyat Indonesia.

Merawat Ikan ChannaIkan gabus hanya terkenal dipecinta masakan ikan, juga mereka yang mempunyai penyakit krnonis, semisal luka diabetes Semakin kurang terkenal lantaran ikan gabus waktu ini terbilang langka dan sulit buat dibudidayakan.

Karenanya, ikan gabus yang banyak dijumpai pada pasar, biasanya output penangkapan pada alam liar. Ikan habus sendiri merupakan berdasarkan famili ikan genus Channa, yang hidup diperairan rawa-rawa.

Untuk harga ikan gabus pada pasaran, beragam. Ikan gabus menggunakan berukuran lebih berdasarkan 500 gr/ekor bisa mencapai Rp. 30.000/kg sedangkan ikan gabus menggunakan berukuran lebih mini bisa dijual menggunakan harga Rp. 15-20 ribu/kg.

Harga tersebut bisa lebih mahal atau lebih murah, tergantung musim tangkapan, wilayah dimana kita tinggal. Ikan gabus (Channa striata) diketahui mempunyai kandungan protein yang tinggi dan diketahui bisa dimanfaatkan menjadi asal antioksidan antihiperglikemik juga antidiabetes.

Kadar protein pada 100 gr ikan gabus, melansir Jurnal Penelitian Perawat Profesional pada arikel ilmiah ‘Efektivitas Ekstrak Ikan Gabus menjadi Antihiperglikemik’ yang ditulis oleh Firinda Soniya dan Milatul Fauziah berdasarkan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, disebutkan bisa mencapai 25.dua%.

Lebih jelasnya, masih ada 15 jenis asam amino yang ditemukan dalam protein ikan gabus yang mencakup 9 jenis asam amino esensial berupa histidin, treonin, arginin, metionin, valin, fenialanin, leusin, isoleusin dan lisin.

Arginin bekerja menggunakan menaikkan fungsi sel beta, menaikkan pengeluaran tenaga dan sensitivitas insulin. Sedangkan leusin bekerja pada transkripsi gen dan buatan protein dalam sel beta pankreas.

Kandungan senyawa albumin dalam ikan gabus pula dilaporkan mempunyai kegiatan antioksidan dalam sel beta pankreas.

Selain ikan gabus, dari Majalah Farmasetika Undap pada artikel ilmiah ‘Efektivitas Suplementasi Ekstrak Daging Ikan Bujuk (Channa Lucius) pada Mempercepat Penyembuhan Luka Diabetik’, disebutkan ikan bujuk pun yg harga ekonominya lebih mahal berdasarkan ikan gabus bisa menurunkan kadar glukosa darah dalam tikus diabetik.

Suplementasi ekstrak ikan bujuk efektif meningkatkan kecepatan penyembuhan luka diabetik, yang ditunjukkan menggunakan makin cepatnya pengurangan luas luka dan makin pendeknya ketika epitelialisasi sempurna.

Tetapi demikian, suplementasi ekstrak ikan bujuk tidak menurunkan kadar glukosa darah tikus diabetik. Hal ini menampakan bahwa akselerasi penyembuhan luka yg ditimbulkan sang suplementasi ekstrak ikan bujuk bukan ditimbulkan oleh penurunan kadar glukosa darah tikus diabetik.

DiabetesUntuk diketahui, penyakit diabetes melitus adalah penyakit metabolik yang ditandai menggunakan menaikkan kadar glukosa darah atau penderita pada syarat hiperglikemik.
Jumlah penderita diabetes melitus pada global mengalami peningkatan setiap tahunnya. Laporan WHO dalam tahun 2015 menampakan 422 juta orang mengalami syarat diabetes melitus.

Indonesia adalah negara menggunakan penderita diabetes tertinggi ke-7 pada global menggunakan prevalensi masalah dalam tahun 2016 sebanyak 12.dua juta orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here