9 Cara Merawat Ikan Lemon Cichlid Agar Tetap Sehat

0
5750

9 Cara Merawat Ikan Lemon Cichlid Agar Tetap Sehat

Ikan Lemon Cichlid – Halo para penggemar ikan hias… asalah satu ikan hias air tawar yang  cukup populer dan memiliki warna yang indah saat dipelihara di dalam aquarium kita adalah ikan leon cichlid.

Ikan Leon Cichlid  merupakan ikan hias tawar yang berwarna kuning cerah mirip sekali dengan warna buah lemon ini merupakan jenis ikan yang kalem atau bisa di bilang jenis ikan hias yang non-agresif. Dalam dunia ilmiah, Ikan Leon Cichlid  ini mempunyai nama latin Neolamprologus Leleupi. Dana Ikan ini juga biasa disebut juga dengan nama Cichlid Lemon, Cichlid Gold atau Emas Cichlid.

Ikan Leon Cichlid  ini sangat cocok bagi pemula yang mempunyai minim akan  pengalaman merawat ikan hias. Hal ini karena ikan lemon cichlid ini tergolong ikan yang memiliki kemampuan kebal terhadap penyakit. Jadi perawatannya pun cukup mudah dan bukan jenis ikan hias yang rewel.  Selain itu ikan lemon cichlid ini memiliki warna dan tubuh yang porposional dan cantik. Sehingga hal ini akan membuat anda semakin percaya diri.

Tips Merawat Ikan Lemon Cichlid Paling Mudah

Perlu Anda ketahui jika Ikan lemon cichlid ini merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari Danau Tanganyika, Afrika Timur. Di sana ikan ini terbiasa dengan lingkungan air tawar yang berbatu dan lumayan hangat.

Untuk variasi warna dari ikan lemon cichlid ini ada 2 macam, yaitu warna kuning kenari cerah dan warna orange kemerahan. Namun hanya ikan lemon cichlid yang berwarna kuning cerah sajalah yang paling populer di masyarakat termasuk di masyarakat indonesia.

Ciri –ciri ikan lemon cichlid

Untuk Anda masih pemula dalam pengetahun ikan hias air tawar, perlu nih Anda ketahui mengenai ciri-ciri dari ikan hias air tawar satu ini. ciri-ciri dari Ikan Leon Cichlid  ini yaitu:

  • Memiliki tubuh yang berwarna dasar kuning cerah atau orange kemerahan
  • Sirip punggung berwarna hitam
  • Pangkal sirip punggung terdapat garis putih yang memanjang dari punggung depan hingga punggung belakang
  • Di ujung sirip punggung berwarna kuning cerah
  • Sirip dubur dan perut berwarna kuning dan hitam transparan

Untuk lebih jelasnya Anda bisa memperhatikan dengan seksama beberapa foto dari ikan hias air tawar yang cantik ini.

Naah… Setelah anda mengetahui apa saja ciri – ciri dari ikan lemon cichlid di atas, hal ini pasti akan membuat anda  lebih mantap untuk memelihara ikan lemon cichlid ini bukan?

Untuk Anda  yang ingin memelihara ikan hias air tawar cantik ini Anda perlu mengetahui apa saja teknik dan cara memelihara ikan lemon cichlid ini, oleh karena itu kamui sajikan beberapa cara dalam memelihara Ikan Leon Cichlid   ini. berikut adalah teknik dan cara memelihara ikan lemon cichlid terlengkap :

Teknik Memelihara Ikan Lemon Cichlid Terbaik

 

  1. Gunakan Ukuran Akuarium yang Ideal

Akuarium merupakan tempat tinggal dari ikan lemon cichlid

ini. Oleh sebab itu anda harus memperhatikan ukuran yang pas untuk akuarium anda. Karena jika kolam ikan atau akuarium ini terlalu kecil ikan ini akan mengalami perkembangan tubuh yang lambat.

Panjang maksimal dari ikan lemon cichlid ini adalah 13 cm atau kira – kira sekitar 4 hingga 5 inci. Sehingga anda harus menyediakan akuarium yang minimal mampu menampung 114  liter atau 30 galon. Dengan begitu ikan ini akan leluasa dalam bergerak.

Naah untuk ukuran galon sendiri di Indonesia yang banyak beredar di masyarakat, yang berwarna biru, sebenarnya kita salah dalam menyebutkan istilahnya. Dimana satuan 1 galon di Amerika Serikat adalah 3,78541 liter. Tetapi di Indonesia ukuran 1 galon adalah 20 liter. Atau sama dengan 5 galon di Amerika Serikat.

Nah, untuk ukuran yang menjadi panduan di sini lebih baik anda menggunakan ukuran liter saja. Karena dengan ukuran liter ini tidak ada lagi kesalah pahaman ukuran.

  1. Lengkapi akurium Anda dengan Tempat Persembunyian

Perlu kita pahami jika Ikan lemon cichlid merupakan jenis ikan air tawar yang senang untuk bersembunyi. Oleh karena itu anda harus melengkapi kolam dengan tempat persembunyian buatan untuk bersembunyi Ikan Leon Cichlid  Anda.

Untuk tempat persembunyian ini Anda dapat menggunakan tumbuhan air, batu, atau paralon bekas sekalipun tidak masalah. Hanya saja anda harus mencucinya hingga bersih. Jangan sampai ada siput dan tanah yang masih menempel.

  1. Sering – seringlah Kontrol Suhu Akuarium

Suhu air memang menjadi salah satu faktor penting dalam merawat ikan hias air tawar Anda. oleh karena itu Keadaan air yang terlalu panas atau terlalu dingin memang akan mengganggu pertumbuhan dari ikan lemon cichlid ini. Bisa – bisa mereka malah meninggal. Maka itu anda harus rajin mengontrol suhu dari akuarium agar tetap stabil.

Untuk suhu airnya gunakanlah air yang memiliki suhu diantara 24 – 28 derajat Celcius, atau sekitar 74 – 82 derajat Fahrenheit. Karena ikan lemon cichlid ini menyukai air yang bersuhu hangat, mirip seperti habitat aslinya.

Sedangkan untuk mengukur suhu dari akuarium anda dapat menggunakan alat pengukur suhu atau yang lebih dikenal dengan sebutan thermometer. Anda dapat membeli alat ini di toko ikan atau apotik di sekitar rumah anda.

  1. Perhatikan Keseimbangan Asam Air Akuarium

Tips selanjutnya adalah memerhatikan keasaman air akuarium. Hal ini memang sepele namun tidak banyak para penggemar ikan hias yang memperhatikan hal ini. Untuk mengetahui tingkat keasaman air akuarium, anda dapat menggunakan alat pengukur khusus untuk keasaman air. Anda dapat membeli alat ini di toko peralatan ikan yang ada di sekitar kota anda.

Untuk tingkat keasaman air akuarium, idealnya adalah menggunakan air yang mempunyai keseimbangan kadar asam atau pH 6,9 – 7. Hal ini disebabkan spesies ikan ini dapat tumbuh subur di air asam yang mengandung banyak mineral seperti di habitat aslinya (Danau Tanganyika).

Naah… Sebelum anda menggunakan air akuarium, sebaiknya anda mengendapkan air tersebut dengan cara membiarkannya saja di dalam wadah selama minimal 1 hari atau 24 jam. Setelah melewati waktu tersebut anda baru bisa memasukkan ikan lemon cichlid ke dalam akuarium anda. Ini cara paling simple dalam menjaga kadar asam dalam air aquarium Anda.

  1. Gunakan Alat Filter dan Aerator

Tips berikutnya adalah perlunya Anda memasang Alat filter danm aerator ke dalam aquarium Anda. Penggunaan kedua alat ini sangat bermanfaat untuk anda. Karena anda akan lebih hemat air. Kedua alat ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada di dalam akuarium dan memberikan asupan oksigen ke dalam air akuarium.

  1. Gunakan Pakan yang Berkualitas

Tips yang berikutnya adalah memerhatikan jenis pakan ikan. Makanan merupakan salah satu faktor penyebab ikan lemon cichlid ini berhasil dipelihara atau tidak. Karena jika makanan yang anda berikan salah, ikan anda akan menjadi sakit dan mati.

Penggunaan pakan ini dapat mempengaruhi warna dari ikan lemon cichlid anda. Semakin bagus warna ikan lemon cichlid ini, pastinya semakin cantik untuk dilihat. Selain itu, jika anda menjualnya pasti ikan lemon cichlid anda akan ditawar dengan harga yang lumayan tinggi.

Warna kuning yang cerah dan indah ini sangat diharapkan muncul pada setiap ekor ikan lemon yang anda pelihara. Namun untuk mempercepat proses pewarnaan tersebut anda harus menggunakan pakan yang tepat. Jika pakan Anda tidak tepat Anda jangan berharap akan mendapatkan warna yang indah dari ikan hias Anda.

Beberapa jenis pakan yang dapat anda gunakan untuk memaksimalkan warna dari ikan lemon cichlid ini adalah pelet, udang air asin, cacing sutera, dan kutu air. Untuk peletnya carilah pelet yang khusus diformulasikan untuk pakan ikan lemon cichlid anda.

Jika perawatan anda berhasil, ikan lemon cichlid akan hidup hingga usia maksimal 9 tahun lamanya. Lumayan panjang bukan? Namun jika salah perawatan waah ikan Anda hanya akan bertahan beberapa tahun saja.

  1. Peliharalah Minimal 6 Ekor dalam satu Akuarium

 Tips yang selanjutnya adalah memperhatikan jumlah dari minimal ikan yang layak untuk dipelihara. Ikan lemon cichlid ini merupakan jenis ikan yang hidup berkelompok. Dengan mengetahui jumlah minimal memelihara ikan lemon cichlid ini, hal ini akan sangat berpengaruh untuk pertumbuhan dari ikan lemon cichlid anda.

Untuk menambah keindahan akuarium anda, sebaiknya anda menempatkan atau memelihara ikan lemon cichlid minimal 6 ekor dalam satu wadahnya. Karena ikan ini berukuran kecil, maka ikan ini akan lerlihat cantik jika di dalam akuarium anda terdapat banyak ikan lemon cichlid ini.

  1. Atur Jumlah Ikan Jantan dan Ikan Betina

Bagi anda yang sudah lama memelihara ikan lemon cichlid ini mungkin sudah hafal dengan sifat – sifatnya. Tetapi bagi anda yang masih pemula mungkin masih bingung dengan sifat – sifat ikan ini.

Ikan lemon cichlid ini termasuk ikan yang teritorial atau dengan kata lain memiliki daerah kekuasaan. Jadi anda harus mengatur jumlah ikan lemon cichlid betina dan ikan lemon cichlid jantan. Karena jika jumlah ikan jantan lebih banyak dari ikan betina, hal ini akan membuat mereka saling berkelahi.

Oleh karena itu usahakan anda mengatur jumlah ikan jantan dan betina anda. Usahakan jumlah ikan betina lebih banyak dari jumlah ikan betina.

  1. Kuras Air Kolam Secara Teratur

Dalam pengurasan air kolam ini, sebaiknya anda mengurasnya dalam waktu 2 minggu sekali. Dan jangan lupa untuk mengendapkan air yang akan anda gunakan sebagai pengganti air kolam selama minimal 1 hari. Ini untuk akuarium yang dilengkapi dengan alat aerator dan filter.

Tetapi Jika air kolam anda tidak ada filternya sebaiknya anda menguras kolam anda dalam 3 hari sekali. Kuras ¼ nya saja. Lalu isi kembali dengan air yang sudah diendapkan selama 1 hari, hingga air akuarium tingginya sama seperti semula.

Bagimana? Menarik bukan? Apakah Anda ingin memelihara Ikan Leon Cichlid?  Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda dan bisa menjadi referensi Anda sebelum memutuskan ikan hias air tawar apa yang akan Anda pelihara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here