Ikan Hias Air Tawar Ikan Mickey Mouse

0
437

Ikan Hias Air Tawar Ikan Mickey Mouse 

Halo para penghgemar ikan hias.. Apakah Anda tahu  mengenai ikan hias air tawar satu ini?  Ikan hias satu ini adalah salah satu ikan hias air tawar yang cukup populer. Nama ikan hias ini adalah ikan Mickey Mouse.

Ikan Hias Air Tawar Ikan Mickey Mouse

Untuk Anda yang masih asing dengan ikan hias cantik satu ini. pasti penasaran ikan seperi apa sih ikan Mickey Mouse ini atau ingin tau cara budidaya ikan mickey mouse? Seperti yang kita ketahui, ikan Mickey Mouse merupakan salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Ikan ini masih termasuk ikan hias kecil yang akan cantik jika dipelihara bersama satu kelompoknya.

Ikan Mickey Mouse sendiri masih salah satu jenis ikan platy yang berukuran kecil cantik dan memiliki warna indah. Ciri khas ikan ini terdapat bulatan-bulatan dengan warna hitam pada bagian pangkal ekornya. Menarik bukan? Naah.. Bagi Anda yang ingin memelihara ikan hias cantik yang hingga saat ini masih populer dipasaran yaitu  ikan mickey mouse, berikut Kami jelaskan beberapa cara merawatnya :

Ikan Mickey Mouse dan Cara Merawatnya

Sebelum membahasa lebih lanjut mengenai cara merawat ikan hias air tawar satu ini. Beberapa varian warna ikan hias mickey mouse yang dapat Anda ketahui contohnya seperti, merah orange, emas pucat dan biru kebiruan. Dan lainnya semisal yang memiliki sirip panjang dan juga jenis mickey mouse pedang (memiliki ekor panjang).

Klasifikasi Ikan Mickey Mouse

Anda mau tau cara merawat ikan mickey mouse? Sebelum bisa merawat Anda perlu ketahui dulu  klasifikasi dan juga asal ikan mickey ini.

Nama latin dan ilmiah ikan hias mickey mouse  adalah Xiphophorus maculatus, dengan sinonim memiliki nama Platypoecilus maculatus, Platypoecilus pulchra, Platypoecilus nigra, Poecilia maculata, Platypoecilus rubra. Ikan Mickey Mouse  merupakan salah satu dari keluarga ikan hias kecil cantik platy.

Selain nama Ikan Mickey Mouse  juga memeliki nama lain dalam bahasa inggris yaitu Golden moon platy, Moonfish, dan Mickey Mouse platy. Ikan Mickey Mouse  juga masih dalam kategori keluarga Poeciliidae.

Ikan Mickey Mouse ini berasal dari perairan Amerika tengah dan Utara yaitu tepatnya di Ciudad Veracruz, pada kota daerah Amerika Tengah Meksiko ke Utara Belize.

 

Cara Merawat Ikan Mickey Mouse

 

Dalam memelihara dan merawat Ikan Mickey Mouse ini lebih Anda memeliharanya dalam  wadah aquarium dengan Ukuran kecil-sedang dan bisa juga jenis aquascape bersama kelompoknya. Kecantikan dan keindahan ikan mickey mouse akan lebih mengagumkan jika substrat yang Anda buat dalam keadaan gelap. Karena ikan mickey mouse ini akan menyala.

Ikan Hias Air Tawar Ikan Mickey Mouse

Jika Anda ingin Ikan Mickey Mouse  terlihat sangat menawan dalam aquarium Anda Jangan lupa untuk melengkapi akurium Anda dengan berbagi  jenis tanaman hias aquascape yang juga cantik,  hal ini karena ikan mickey mouse ini lebih menyukai tempat rindang berupa hiasan aquarium. Selain Indah aquasxape ini juga akan membuat Ikan Mickey Mouse  menjadi nyaman dan senang dalam perawatan Anda.

Selain itu usahakan juga untuk menyiapkan filter aquariumnya, hal ini untuk memberikan kenyamanan dalam menunjang keberlanjutan dan kesehatan ikan mickey mouse jadi lebih terjamin lagi, terutama untuk kesehatan dan kebersihan air akuarium Anda.

Saat memelihara Ikan Mickey Mouse  idealnya untuk suhu dalam akuarium yang menjadi cara merawat ikan mickey mouse ini suhu dalam akurium Anda harus berada pada kisaran antara 64 – 77 F atau 18-25 derajat C.  Sedangkan untuk untuk pH air dalam akurium Anda  dapat Anda sediakan kisaran antara 7,0 – 8,2 saja. Hal ini untuk menunjang kesehatan aquarium Anda.

Jika kira perhatikan dan melihat dari  tubuh ikan mickey mouse. Ikan hias air tawar yang cantik ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang tenang dan damai, oleh karena itu jika Anda memelihara Ikan Mickey Mouse ini dan  Anda ingin membuat tambahan ikan hias yang di taruh dalam satu wadah aquarium, maka usahakan ikan hias air tawar yang Anda taur bersama dengan Ikan Mickey Mouse  ini sebaiknya adalah ikan hias air tawar  yang memiliki sifat tidak agresif alias pendamai juga seperti, ikan guppy, ikan livebearing, ikan molly, dan ikan ekor pedang (swordtail).  Jika Anda salah menaruh ikan hias air tawar yang agresif dan Anda campur dengan Ikan Mickey Mouse maka alhasil ikan cantik kesayangan Anda ini akan menjadi mangsa empuk bagi ikan hias yang agresif.

Naah… salah satu hal yang menarik lagi dari Ikan Mickey Mouse  ini adalah Ikan Mickey Mouse  ini merupakan jenis ikan hias kecil yang jika dipelihara secara tepat, akan bertahan hidup dalam usia hingga 5 tahunan. Menarik bukan? Mengingat ada beberapa ikan hias air tawar yang hanya memiliki umur yang pendek. Namun hal ini juga tergantung dengan bagaimana Anda merawat Ikan Mickey Mouse jika Anda salah  dalam merarawatnya pastinya ikan ini juga tidak akan bertahan lama.

Salah satu perawatan yang tepat juga tidak salah menaruh ikan hias air tawar  yang di taruh satu aquatium dengan Ikan Mickey Mouse . naah Salah satu contoh ikan Jenis ikan hias tetra bisa menjadi pilihan Anda yang dapat Anda campurkan dalam satu wadah bersama ikan hias mickey mouse ini. jenis ikan ini adalah seperti ikan cardinal tetra, ikan neon tetra, dan lainnya yang seukuran. Termasuk ikan corydoras sebagai ikan hias bagian bawah aquarium.

Jenis Pakan Berkualitas untuk Ikan Mickey Mouse

Perlu kita ketahui bahawa Ikan Mickey Mouse  ini sebenarnya dulu adalah ikan hias yang liar. Dan kebiasaan di alam liar ikan hias mickey mouse ini lebih suka makan semacam cacing, serangga, dan vegetasi.

Untuk Anda yang ingin melakukan budidaya ikan hias mickey mouse ini dapat menyediakan jenis pakan tersebut seperti di alamnya. Baik dalam aquarium maupun kolam hias.

Ikan Hias Air Tawar Ikan Mickey Mouse

Jika Anda kebingungan mencari pakan ini Anda bisa juga langsung membeli pakan ikan mickey mouse ini pada petani budidaya ikan hias di tempat dimana dibeli ikan mickey mouse ini. kalau tidak biasanya di pasar ikan hias atau toko sudah menyediakan jenis pakannya.

Jika masih bingung dan ragu, Ikan Mickey Mouse ini sebetulnya jenis ikan  yang memiliki bersifat omnivora, yang mana jenis pakan yang berkualitas yang Anda berikan pasti dimakan, seperti yang sudah umum yaitu kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, serta jenis pakan yang beku.

Pakan pelet sangat direkomondasikan untuk merawat ikan mickey mouse ini, akan tetapi dapat Anda berikan dengan variasi pakan alami tadi yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin untuk pertumbuhan dan kesehatannya.

Menarik bukan? Apakah Anda ingin memelihara Ikan Mickey Mouse? Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin memelihara ikan hias.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here