Ikan Molly Balon, Ikan Hias yang Tidak Bertelur

Ikan Molly Balon, Ikan Hias yang Tidak Bertelur – Ikan hias sekarang ini sudah semakin marak diburu oleh para pecinta ikan hias berbagai kalangan baik itu kalangan anak-anak dan bahkan dewasa. Ikan hias sendiri terdiri dari berbagai macam jenis yang sangat bervariasi.

Ikan Molly Balon, Ikan Hias yang Tidak Bertelur

Memang banyak sekali jenis ikan hias yang beredar di pasaran sekarang ini dengan jenis, warna, corak bervariasi yang bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan keinginan. Tetapi salah satu jenis ikan hias yang paling populer dan banyak diminati saat ini adalah ikan hias molly balon.

Hal ini tak lain karena ikan molly memiliki banyak kelebihan dan keunggulan jika dibandingkan dengan ikan hias yang lainnya. Ikan molly balon terlihat sangat indah dan menarik. Jenis ikan hias yang satu ini mempunyai panjang kurang lebih 12 cm dan mempunyai perut yang agak buncit.

Ikan molly balon ini mempunyai nama ilmiah Poecilia latipinna. Ikan mempunyai perut yang buncit mirip seperti balon ketika sudah dewasa sehingga disebut dengan ikan molly balon. Bentuk ikan yang sangat lucu karena memiliki perut buncit inilah yang menjadi daya tarik yang paling utama dari ikan ini. Maka tak heran jika jenis ikan molly balon selalu diburu oleh pecinta ikan hias.

Sampai sekarang ini sudah banyak sekali varietas dan warna yang sangat banyak, ini dikarenakan adanya persilangan dan mutasi. Keindahan dan kecantikan ikan molly balon akan semakin terlihat ketika ikan hias ini sudah cukup besar dan memiliki bentuk yang lucu seperti bola.

Ikan molly balon sendiri merupakan salah satu komoditas ikan hias air tawar di negara Indonesia. Ikan molly balon tergolong dalam jenis ikan hias “live breare” yang berarti melahirkan anaknya dan bukan hanya bertelur. Jenis ikan hias yang satu juga termasuk dalam jeni omnivora yang merupakan pemakan segala.

Untuk menentukan antara ikan molly jantan dan betina ini bisa dibilang cukup mudah. Jika dibandingkan dengan ikan molly jantan, betina umumnya memiliki badan yang lebih gemuk. Sedangkan untuk ikan jantan memiliki sirip punggung yang lebih panjang dan lebar jika dibandingkan dengan molly betina. Selain itu, ukuran badannya juga  jauh lebih kecil dan langsing dibandingkan dengan molly betina yang sangat gemuk.

Ikan molly balon ini bisa dibilang merupakan ikan hias yang sangat mudah untuk dipelihara ataupun dibudidayakan. Hal ini karena dalam pemeliharaan ataupun pembudidayaannya ini tidak membutuhkan properti yang bermacam-macam sehingga sudah bisa dipastikan bahwa nantinya tidak akan merepotkan Anda.

Bisa Anda pelihara atau budidayakan dengan mudah di sebuah wadah seperti misalnya di ember plastik, bak semen, akurium atau bisa juga media lainnya yang mendukung. Untuk membudidayakan ikan hias ini tidak membutuhkan perawatan secara intensif karena ikan hias yang satu ini mempunyai ketebalan tubuh yang sangat tinggi.

Disamping itu ikan molly balon juga tidak mudah terserang oleh penyakit dan memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik dalam beradaptasi terhadap lingkungannya.

Pada habitat aslinya ikan hias molly biasanya tinggal di suhu perairan sekitar 25 sampai 28° C  dengan Ph 8 dan untuk kekerasan sekitar 14 sampai 20° dH . Tetapi karena sudah lama dibudidayakan di wilayah dengan pH 7 maka sekarang ini tampaknya pemeliharaan di wilayah ber pH netral pun juga tidak akan menjadi masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here