Inilah 10 Spesies Ikan Paus Terbesar di Dunia

0
366
Paus Biru

Zonaikan.com – Inilah 10 Spesies Ikan Paus Terbesar di Dunia, Sekarang ini binatang-binatang yang memiliki ukuran raksasa dapat kita jumpai dengan mudah di lautan lepas. Jika di darat mungkin kita sudah mengenal gajah sebagai hewan paling besar, sedangkan di laut adalah ikan paus.

Bahkan ikan paus disebut-sebut sebagai hewan paling besar di dunia yang masih hidup sampai sekarang ini. Ikan paus sendiri memiliki banyak spesies yang sudah tersebar di berbagai lautan di seluruh penjuru dunia.

Untuk ukuran dan berat badan mereka sangat bervariasi, tergantung dari jenisnya. Namun pernah ditemukan bahwa ada sebuah ikan paus terbesar yang mempunyai ukuran sepanjang pesawat Boeing 737 dengan berat hingga 4 kali Boeing 737. Tentu ukuran yang sangat fantastis bukan?

Untuk menjawab rasa penasaran Anda tetang berbagai spesies ikan paus dengan ukuran terbesar di dunia, berikut ini kami akan memberikan bahasannya untuk Anda. Mari langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

1. Paus Biru

Paus Biru ikan pause terbesar di dunia

Menurut Guinness World Records, ikan paus biru merupakan hewan paling besar di dunia yang pernah ditemukan. Berat badan yang dimiliki oleh seekor paus biru dewasa kurang lebih sekitar 100 sampai 150 ton.

Bahkan masih ada beberapa spesimen yang mempunyai berat hingga mencapai 200 ton. Hewan terbesar seperti dinosaurus saja tidak ada yang memiliki ukuran sebesar itu.

Seekor ikan paus biru bisa tumbuh panjang mencapai 30 meter. Ukuran ini hampir sama dengan ukuran pesawatan terbang Boeing 737.

Hewan raksasa ini bisa kita jumpai di semua lautan di muka bumi, termasuk di perairan Indonesia. Namun sayangnya, jumlah ikan paus yang ada di dunia sudah semakin berkurang karena di buru secara terus menerus.

Rekor menarik lain yang dimiliki oleh jenis paru biru ii adalah makhluk hidup yang memiliki ukuran jantung paling besar di dunia, yaitu mencapai 680 kg dengan ukuran paru-paru terbesar yang mencapai kapasitas 5.000 liter lebih.

2. Paus Sperma

Paus Sperma

Paus ini dinamakan sebagai paus sperma karena pada bagian kepalanya terdapat bahan putih susu spermaceti. Bahan putih susu tersebut pada awalnya dikira sebagai sperma.
Paus sperma merupakan jenis paus dengan ukuran terbesar ketiga didunia. Jenis paus ini juga menjadi pemegang rekor sebagai hewan bergigi paling besar di dunia. Paus ini bisa tumbuh panjang hingga mencapai 20,5 meter dengan berat sekitar 56 ton.

Paus yang juga biasa disebut dengan paus berkepala kotak ini merupakan salah satu dari beberapa spesies ikan paus yang bisa hidup di berbagai lingkungan. Maka dari itu, hewan besar ini bisa dijumpai di hampir seluruh lautan di dunia.

Penting untuk diketahui bahwa perburuan ikan paus yang banyak dilakukan mungkin juga sudah mengurangi populasi spesies ikan paus yang satu ini.

3. Paus Sirip

Paus Sirip

Paus sirip merupakan binatang dengan ukuran terbesar kedua di dunia yang bisa tumbuh panjang hingga mencapai 27 meter. Ini merupakan salah satu jenis paus yang memiliki postur panjang dan cukup ramping.

Hewan laut yang mempunyai warna abu-abu agak kecoklatan dengan permukaan bagian bawah yang lebih terang ini bisa mempunyai berat sekitar 72 ton lebih.

Ikan paus sirip bisa ditemukan di hampir semua perairan di seluruh dunia, terkecuali perairan ber-es seperti di Kutub Selatan dan Kutub Utara. Selain itu, ikan paus sirip juga tidak bisa kita temukan di perairan kecil yang lokasinya jauh dari lautan terbuka.

Makanan utama ikan paus sirip adalah cumi-cumi, ikan-ikan jenis lain, dan berbagai jenis udang. Sama halnya dengan paus biri, paus sirip juga merupakan hewan langka yang sudah terancam punah.

Hal tersebut dikarenakan adanya aktivitas perburuan yang dilakukan oleh manusia. Maka dari itu, penting sekali untuk dilakukan sebuah langkah yang nyata dari masyarakat di seluruh dunia supaya paus sirip dan hewan-hewan yang hampir langka lainnya bisa segera kita selamatkan dari kepunahan.

4. Paus Sikat

Paus Sikat

Paus sikat sebenarnya merupakan kumpulan dari 3 spesies ikan paus dengan bentuk yang hampir sama, yaitu ikan paus sikat Pasifik Selatan, ikan paus sikat Pasifik Utara, dan ikan paus sikat Atlantik Utara.

Ciri-ciri khusus yang dimiiki oleh ikan paus sikat adalah mempunyai bentuk agak bulat, lubang sembur dengan bentuk seperti huruf V dan warna kulit yang sangat gelap sehingga juga biasa disebut sebagai ikan paus hitam.

Ikan paus sikat bisa tumbuh hingga mencapai panjang sekitar 18 meter lebih. Sedangkan untuk berat badannya bisa mencapai kurang lebih 100 ton.

Paussikat dengan ukuran terbesar yang pernah ditemukan di dunia mempunyai panjang kurang lebih 20,7 meter dengan berat badan mencapai 135 ton.

5. Paus Bungkuk

Paus Bungkuk

Paus bungkuk merupakan salah satu jenis ikan paus yang mempunyai tubuh sangat istimewa. Paus yang satu ini mudah kita kenali dari bentuk kepalanya yang terbilang unik (menonjol) dan memiliki sirip dada yang cukup panjang.

Selain itu, jika dibandingkan dengan spesies ikan paus pada umumnya maka spesies ini jauh lebih lincah sehingga biasa disebut dengan hewan akrobatik. Biasanya mereka akan lebih banyak menghabiskan waktunya di permukaan air.

Paus bungkuk biasanya melakukan imigrasi, melahirkan saat musim dingin dan selama perjalanan akan mengandalkan simpanan banyak lemak. Panjang ukuran ikan paus bungkuk yang sudah dewasa bisa mencapai angka 15 sampai 16 meter dengan berat kurang lebih 36 ton.

6. Paus Kepala Busur

Paus Kepala Busur

Paus kepala busur merupakan spesies ikan paus yang hanya hidup di wilayah perairan Arktik dan sub-Arktik. Ikan paus yang satu ini tidak akan bermigrasi untuk mencari makan ataupun bereproduksi seperti yang dilakukan oleh ikan paus pada umumnya. Ikan paus kepala busuri ni juga bisa disebut sebagai paus Arktik atau paus Greenland.

Paus kepala busur merupakan mamalia laut yang mempunyai usia hidup paling panjang dan binatang yang mempunyai mulut paling besar. Paus yang memiliki warna gelap dan tidak mempunyai sirip punggung ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 20 meter lebih dengan berat sekitar 136 ton.

7. Paus Sei

Paus Sei

Paus Sei yang memiliki nama Balaenoptera Borealis ini adalah jenis spesies Paus Balin. Jenis Paus ini termasuk di dalam famili Balaenoptiidae terbesar ketiga setelah jenis Paus Biru dan Paus Sirip.

Ini merupakan jenis paus yang sangat menyukai perairan lepas. Paus sei juga sangat menghindari perairan kutub dan juga tropis.

Spesies paus yang satu ini bisa dijumpai di hampir seluruh samudera yang ada di dunia. Disamping itu, spesies paus ini juga tergolong dalam keluarga ikan paus yang suka melakukan imigrasi.

Untuk mengenali ikan paus sei bisa kita lihat melalui warnanya yaitu abu-abu gelap dengan tanda putih pada bagian depan tubuh yang nampak tidak beraturan.

Ikan paus sei mempunyai bentuk paruh yang agak melengkung. Hewan yang satu ini bisa tumbuh panjang hingga mencapai ukuran 19,5 meter dengan berat badan sekitar 28 ton.

8. Paus Minke atau Paus Tombak

Paus Tombak Terdampar
Foto dari https://jatimnow.com/baca-33532-khofifah-tinjau-50-ekor-paus-tombak-yang-terdampar-di-pantai-modung

Paus Minke biasa disebut di Indonesia dengan nama Paus Tombak. Mamalia laut besar ini masuk dalam golongan subordo Paus Balin. Paus Tombak atau Paus Minke ini ditetapkan sebagai satwa yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia. Spesies Paus Minke atau Tombak ini termasuk dalam jenis spesial paus terkecil yang masuk dalam kelompok rorkual.

Paus ini pada umumnya mempunyai warna hitam, abu-abu sedikit gelap dan agak keunguan. Ikan paus minke bisa tumbuh panjang hingga mencapai 10 meter dengan berat sekitar 10 ton.

Biasanya ikan paus minke ini bisa hidup dalam jangka waktu sekitar 30 sampai dengan 50 tahun. Namun dalam beberapa kasus ada yang menyebutkan bahwa mereka mampu bertahan hidup hingga usia 60 tahun.

9. Paus Bryde

Paus Bryde

Paus Bryde atau biasa juga disebut dengan Pause Edeni ini merupakan jenis paus yang masuk dalam spesies Paus Rorqual. Sesuai standart Rorqual paus ini termasuk ukuran yang kecil.

Ikan paus bryde ini diberi nama oleh John Bryde yang merupakan seorang warga Norwegia dan sangat berperan dalam mendirikan sebuah stasiun penangkapan ikan paus yang pertama di kawasan Afrika Selatan pada tahun 1900 yang lalu.

Spesies ikan paus ini banyak dijumpai di lautan lepas di Afrika Selatan. Namun paus Bryde juga banyak dijumpai di kawasan lain seperti di perairan Hawaii, Meksiko, Karibia, dan California.

Ikan paus bryde ini mempunyai warna tubuh abu-abu yang bisa tumbuh hingga mencapai panjang 14 meter dengan berat badan sekitar 25 ton lebih.

10. Paus Kelabu

Paus Kelabu atau Pau Abu Abu

Paus Kelabu mempunyai nama lain yaitu Pau Abu Abu yang biasa disebut di Indonesia. Paus ini termasuk dalam paus Balin mempunyai kebiasaan bermigrasi setiap tahunnya. Usia maksimal paus ini bisa sampai 50 hingga 70 tahun.

Paus Kelabu memiliki ukuran panjang tubuh yang mencapai 15 meter dengan berat badan sekitar 36 ton. Dalam setiap tahunnya, paus kelabu akan melakukan imigrasi entah itu untuk mencari makan ataupun berkembang biak.

Nama paus kelabu, diambil dari bagian kulitnya yang memiliki warna sedikit gelap dengan adanya pola kelabu ditambah dengan bercak-bercak putih.

Ikan paus kelabu mempunyai banyak sekali sebutan di dunia, seperti ikan paus kelabu California dan ikan paus kelabu Pasifik. Hewan laut ini dulunya pernah di hidup di wilayah Atlantik Utara hingga abad ke 18.

Namun karena banyaknya aktifitas perburuan paus, maka spesies ikan paus ini mengalami kepunahan sehingga tidak akan kita temukan lagi di dunia.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 10 spesies ikan paus dengan ukuran terbesar di dunia. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan secara lengkap dan jelas kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca semua.

Ikan Paus Terbesar di Dunia

Nah, itulah beberapa daftar ikan paus yang memiliki ukuran paling besar di dunia. Rekor ikan paus terbesar tersebut dikategorikan mulai dari ukuran panjang dan juga berat tubuhnya yang sangat fantastis.

Selain beberapa jenis ikan paus diatas, sebenarnya masih ada banyak sekali spesies ikan paus terbesar lainnya yang hidup di lautan lepas. Namun sekarang ini jumlah ikan paus yang berada di lautan sudah sangat berkurang dan mengalami penyusutan.

Bahkan sudah banyak sekali spesies ikan paus di dunia yang sudah mengalami kepunahan karena aktivitas perburuan. Semoga perburuan ikan paus ini segera dihentikan supaya ikan paus yang masih ada bisa terhindar dari kepunahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here