Ikan Rainbow, Ikan Hias Cantik Asal Papua

0
105
Rainbow Lacustris

Zonaikan.com – Ikan Rainbow. Tampilan ikan hias yang satu ini memang sangat menawan. Meskipun memiliki ukuran yang mungil, tetapi pergerakannya cukup lincah. Soal kecantikan, sudah pasti sangat cantik dan menarik.

Pasalnya, ikan hias rainbow ini memiliki beragam corak dengan warna yang menawan. Sangat indah untuk dipandang dalam suasana apapun itu. Sekilas dengan melihat tampilan ikan hias cantik ini akan terasa seperti melihat pelangi yang nampak indah di langit

Rainbow fish sendiri merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki nama ilmiah Glossolepis incisus. Ukuran ikan hias ini memang sangat kecil, dan mungkin panjangnya tidak lebih dari 15 cm.

Bentuk ikan ini pipih ditambah dengan adanya dua sirip di bagian punggungnya. Mulutnya juga terlihat unik, sangat mirip dengan tabung. Karakter yang dimiliki ikan hias rainbow yaitu tidak terlalu  agresif. Sehingga akan sangat cocok sekali jika dipelihara dalam sebuah aquarium bersama dengan beberapa jenis ikan hias yang lainnya, seperti ikan hias molly, botia, ataupun ikan guffy.

Tetapi jika Anda ingin memelihara ikan mungil ini, sangat disarankan untuk memeliharanya dalam sebuah aquarium mini supaya mendapatkan kepuasan tersendiri. Usahakan untuk menggunakan aquarium yang memiliki seni aquascape cukup tinggi.

Ikan hias cantik yang memiliki beragam warna mengkilap dan mencolok ini aslinya berasal dari perairan air tawar Papua. Ikan ini banyak dijumpai di Danau Sentani dan Danau Ayamaru. Meski demikian, ikan rainbow fish tak jarang juga banyak ditemukan di beberapa sungai atau rawa yang aliran airnya benih.

Jika ditelusuri lebih lanjut, ikan hias yang satu ini memiliki banyak sekali jenisnya. Pastinya dengan penampilan yang tampak mempesona. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan hias rainbow fish yang perlu Anda ketahui:

Rainbow Boesemani

Rainbow BoesemaniSama dengan jenis ikan rainbow yang lainnya, jenis rainbow boesmani memiliki tampilan yang juga cantik. Warnanya sangat indah dan gerakannya juga cukup lincah.

Ikan hias rainbow yang memiliki nama latin Melanotaenia Boesmi ini memiliki ukuran mungil yang tak lebih dari 10 cm. Bentuknya pilih dan di bagian punggungnya nampak ada sirip kecil.

Red Rainbow

Red RainbowIkan hias red rainbow ini juga memiliki penampilan yang tak kalah cantik. Red rainbow yang berjenis kelamin jantan pada umumnya memiliki ukuran kurang dari 12 cm, sedangkan untuk betina berukuran 10 cm.

Bentuknya juga pipih dan memiliki warna merah bata di hampir seluruh bagian tubuhnya. Pada bagian punggungan terdapat sirip ganda. Jenis ikan hiasa ini banyak ditemukan dengan mudah di Danau Sentani.

Rainbow Lacustris

Rainbow LacustrisJika dilihat sekilas, ikan rainbow lacustris ini memang mengasyikkan. Ini karena komposisi warna yang dimilikinya sangat keren. Selain mentereng, ikan hias rainbow ini mempunyai warna biru agak kehijauan, pada bagian bawah tubuhnya nampak ada warna putih cantik.

Ukuran ikan rainbow ini juga sangat kecil, kurang lebih hanya mencapai 10 cm saja. Nama ilmiahnya adalah lake kutubu rainbow fish.

Rainbow Makuloci

Rainbow MakulociIkan rainbow makuloci ini tampil dengan penuh warna. Bagian sirip punggungnya berwarna kehijauan, sedangkan bagian sirip anal memiliki warna merah. Dan pada sirip ekornya memiliki warna merah yang nampak sangat mencolok.

Tubuh ikan hias ini didominasi oleh warna silver metalik yang cantik. Pada bagian punggungnya berwarna sedikit kecokelatan dan warna putih di perut serta danya garis horizontal hitam. Rainbow makuloci pada umumnya memiliki ukuran sekitar 6 cm.

Tips Merawat dan Budidaya Ikan Rainbow

Tips Merawat dan Budidaya Ikan RainbowCara untuk merawat ataupun budidaya ikan rainbow bisa dibilang gampang-gampang susah. Meski demikian, bukan berarti bahwa kegiatan tersebut tidak mungkin untuk dilakukan. Adapun kunci utamanya adalah ketelitian dan taat atur dalam  proses membudidayakan ikan ini, sebab  memang tidak bisa dilakukan asal-asalan.

Rainbow sendiri sangat menyukai kebersihan dan kondisi lingkungan yang alami. Sehingga akuarium yang digunakan sebagai tempat budidaya seharusnya dibuat sama dengan habitat aslinya di alam bebas.

Selain itu, rainbow sendiri merupakan tipe ikan hias yang lebih suka hidup bergerombol. Maka dari itu, akan lebih baik jika dalam sebuah akuarium yang sama terdapat banyak rainbow.

Aquascape harus standar dan disesuaikan dengan favorit ikan rainbow. Dalam hal ini bisa ditambahkan berbagai tumbuhan air, pasir, dan juga bebatuan. Pada dasarnya ikan hias yang satu ini memang sering bersembunyi di celah bebatuan dan juga rerimbunan tanaman air.

Air yang digunakan untuk budidaya memang harus memiliki kualitas baik dan kuantitasnya jangan sampai kurang dari 125 liter. Sedangkan suhu air yang paling ideal adalah 24 sampai 26 derajat, dengan kadar Ph sekitar 6,5 sampai 7,5.

Untuk pakannya bisa diberikan cacing darah atau bisa juga pelet. Selain itu, selama dua minggu sekali usahakan untuk diberi tambahan daun selada atau spirulina, dengan tujuan supaya tingkat nutrisinya nanti bisa lebih baik.

Selanjutnya untuk soal pemijahan, usahakan untuk menyiapkan aquarium sendiri. Jika sudah menyiapkan sebuah aquarium khusus untuk melakukan proses pemijahan, Anda bisa langsung masukkan satu atau dua ekor ikan rainbow betina.

Setelah memasukkan ikan rainbow betina maka tunggu selama beberapa jam. Setelah itu, baru Anda bisa masukkan dua atau tiga ekor rainbow jantan. Kemudian Anda tinggal menunggu proses pemijahan tersebut sekitar dua minggu lamanya.

Telur ikan rainbow betina biasanya akan diletakkan di tumbuhan air yang ada di dalam aquarium. Lalu akan langsung dibuahi oleh rainbow jantan.  Selanjutnya, telur tersebut harus segera diangkat untuk ditempatkan dalam sebuah wadah khusus. Sebab jika Anda biarkan begitu saja kemungkinan besar akan dimangsa oleh ikan rainbow dewasa.

Apabila telur-telur tersebut sudah menetas dan berubah menjadi anakan, maka dalam tahapan ini harus tetap mendapat perhatian dan penanganan yang lebih serius. Karena jika diabaikan begitu saja bisa jadi anakan rainbow tersebut nantinya akan mudah mati.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam hal ini adalah masalah pakan. Untuk mendapat kesehatan yang lebih prima maka anakan ikan hias rainbow seharusnya Anda berikan pakan berupa udang air asin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here