Inilah Beberapa Keunikan Ikan Koi

0
842

Inilah Beberapa Keunikan Ikan Koi

Inilah Beberapa Keunikan Ikan Koi

Inilah Beberapa Keunikan Ikan Koi – Ikan koi adalah jenis ikan yang paling digemari sebagai ikan hias yang memiliki nilai keberuntungan bagi siapa saja yang berminat memeliharanya. Hobi ini sudah berlangsung lama dan masih terus berlangsung sampai saat ini. Banyak yang masih percaya bahwa ikan koi bisa mendatangkan hoki atau rejeki. Tetapi ada juga yang memelihara ikan koi karena keindahan dari corak, warna yang cerah dan terlihat serasi. Ikan koi banyak ditempatkan baik dikolam ataupun aquarium sesuai dengan kebutuhan anda.

Ikan Koi sendiri merupakan jenis ikan yang berasal dari negeri tirai bambu Jepang. Disana koi banyak diartikan sebagai simbol cinta atau simbol persahabatan. Ikan Koi merupakan homofon atau dengan kata lain yang bermakna kasih sayang atau cinta. Sehingga tidak salah jika anda ingin memelihara ikan ini sebagai ikan hias di rumah anda.

 

Sebagai golongan ikan carp (karper) ikan koi pertama kali dikenal pada jaman Dinasti Chin tahun 265 dan 361 Masehi. Koi memang sangat terkenal dengan keindahan warnanya dan juga tingkah lakunya. Ikan Koi sendiri mulai dikembangkan di Jepang pada 200 tahun yang lalu di pegunungan Niigata oleh petani Yamakoshi.

Jika pada artikel sebelumnya dijelaskan menengenai Morfologi ikan koi, maka pada artikel kali ini kami akan membagikan pada Anda informasi mengenai Keunikan – Keunikan yang dimiliki oleh ikan koi sehingga akanembiat Anda tambah memiliki keinginan besar untuk memelihara ikan ini di tempat Anda. Berikut informasi mengenai Keunikan yang dimiliki ikan koi :

  1. Ikan Koi mempunyai umur yang sangat panjang. Pada umumnya ikan i ni dapat bertahan hidup selama 20 sampai 30 tahun. Bahkan di Jepang terdapat beberapa Ikan Koi yang berumur hingga 200 tahun. Umurnya yang panjang dapat menjadikan Ikan Koi ini sebagai teman seumur hidup. Namun dengan catatan kita harus melakukan perawatan dengan baik terhadap ikan hias yang satu ini.
  2. Sudah bukan rahasia lagi jika banyak yang beranggapan bahwa ikan koi sebagai simbol keberuntungan. Sebagian orang mempercayai bahwa Ikan Koi dapat membawa keberuntungan bagi anda yang memelihara. Kepercayaan atau mitos ini bersumber dari filosofi Cina. Dan disana ikan koi diwujudkan sebagai simbol persahabatan dan cinta.
  3. Ikan Koi mempunyai warna dan corak yang beraneka ragam. Meskipun pada awalnya ikan ini hanya memiliki satu warna yang dominan namun karena dilakukannya beberapa proses persidangan maka terwujudlah ikan koi yang memiliki warna yang beraneka ragam dan kebanyakan memiliki warna yang cerah sehingga menambah kecantikan pada ikan ini.
  4. Harga Ikan Koi masih cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal. Tetapi sayangnya beberapa orang masih beranggapan bahwa Ikan Koi sebagai ikan hias mempunyai harga yang mahal. Padahal ikan ini memiliki beberapa jenis varietas dengan kisaran harga yang berbeda-beda namun masih sangat terjangkau dan tidak terlalu mahal.
  5. Ikan Koi mudah memiliki kelebihan penyesuaian diri yang baik dengan lingkungan barunya. Ikan ini dapat menempati hampir di semua tempat. Walaupun demikian, untuk merawat Ikan Koi tetap harus memperhatikan lingkungan hidupnya.
  6. Ikan Koi tidak terlalu memilih makannya. Hal inilah yang menyebabkan ikan ini bisa dengan mudah untuk dipelihara dimanapun.
  7. Ikan Koi mempunyai sifat yang lembut dan jinak. Tidak ada pemimpin dalam kelompok Ikan Koi dan juga tidak ada seekor pejantan yang kasar dan mengganggu Ikan Koi betina. Sebagai ikan penghuni lama, Ikan Koi tidak akan menyiksa pendatang baru dan sangat lemah lembut.

Itulah beberapa informasi mengenai Keunikan yang dimiliki oleh ikan koi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here