Jenis dan Harga Ikan Guppy Termahal

0
67

Zonaikan.com – Untuk para penggemar ikan hias pastinya sudah tidak asing lagi dengan sosok ikan guppy. Ikan yang memiliki tubuh kecil ini beberapa waktu lalu menjadi sensasi di kalangan penghobi aquascape. Bukan lagi untuk dipelihara, bahkan ikan guppy bisa diikutkan dalam kontes.

Maka tidak heran jika ikan guppy dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Saat ini ada beberapa jenis ikan guppy termahal bisa dihargai mencapai jutaan rupiah.
Saat ini Ikan guppy atau Poecilia reticulata menjadi salah satu ikan hias yang banyak diminati oleh masyarakat. Kemudian Ikan gapi merupakan ikan hias air tawar yang berukuran kecil.

Saat ini Ikan guppy digemari karena mudah dipelihara dan memiliki bermacam-macam corak warna yang indah, terutama pada ikan jantan. Sedangkan pada ikan betina lebih monoton pada satu warna.

Guppy (Poecilia reticulata) berasal dari Trinidad, Barbados, Guyana, Brasil, dan Asia Tenggara. Asal nama ikan guppy adalah penemunya sendiri, yaitu Dr. Robert Lechmere Guppy.

Untuk Ikan ini memiliki sifat omnivore ini dapat berkembangbiak secara optimal pada suhu sekitar 25-28°C, pH sekitar 7,0, dan kekerasan 20° dH. Yang membedakan induk betina dan jantan tidak sulit. Pada warna dan morfologi tubuh jantan jauh lebih bagus dibanding betina.

Memiliki sirip-sirip pada jantan lebih panjang dan lebih lebar. Memiliki variasi corak dan warna pada tubuh guppy yang sangat kaya. Ada yang totol, berbercak halus atau kasar, dan ada juga yang menampilkan kombinasi warna yang menawan. Kemudian dari warna dan corak tubuhnya, keelokan guppy sejati terletak pada corak dan bentuk ekornya yang lebar mirip kipas.

Untuk warna guppy sangat beragam, jika dihitung bisa mencapai ribuan. Memiliki empat warna dasar yang bisa berkembang menjadi warna yang menarik dan indah. Keempat warna dasar tersebut adalah abu-abu (grey), emas (gold), pirang (blonde), dan bulai (albino).

Selain keempat warna dasar tersebut, ada guppy dengan kombinasi beberapa warna (multicolor) dan dua warna (bicolor). Untuk warna guppy yang sampai saat ini masih tergolong langka adalah merah tua dan biru.

Dengan warna berkilau pada tubuh guppy jantan dihasilkan oleh pigmen guanin yang terletak di bawah kulitnya. Pigmen berguna untuk menurunkan pigmen melanin yang banyak mempengaruhi warna guppy.

Dengan kandungan pigmen melanin pada anak guppy betina atau anak guppy jantan tidak sebanyak pada guppy dewasa. Memiliki jumlah pigmen melanin yang sedikit pada anak guppy jantan dan anak guppy betina tersebut menyulitkan petani guppy untuk membedakan keduanya.

Nah, jika Anda tertarik untuk lebih mengenal ikan guppy, simak ulasan lengkap mengenai beberapa jenis ikan guppy termahal berikut ini!

Jenis Ikan Guppy Termahal

Guppy Young Pair Champion Purple

Guppy Young Pair Champion PurpleUntuk jenis guppy satu ini disebut sebagai salah satu jenis ikan guppy termahal. Tampilannya memang sangat menarik karena memiliki corak warna gradasi biru dengan bagian kepala lebih terang dan semakin gelap di bagian ekor. Pada Ikan Guppy Young Pair Champion Purple bahkan kabarnya bisa dijual hingga mencapai harga Rp1 jutaan per ekor.

Guppy Blue Moscow Albino

Guppy Blue Moscow AlbinoSesuai namanya, Guppy Blue Moscow Albino memiliki warna tubuh putih bersih bahkan cenderung transparan. Pada bagian tubuh hingga ekor memiliki guratan sembur warna biru metalik yang sangat indah. Sehingga tak heran jika harga Guppy Blue Moscow Albino bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Guppy Silver Lace

Guppy Silver LaceKemudian Ikan guppy termahal berikutnya adalah Guppy Silver Lace. Ikan unik satu ini memiliki corak bintik cukup banyak dengan dominasi warna silver, sehingga terlihat begitu mewah. Apalagi Guppy Silver Lace termasuk spesies yang langka. Bahkan beberapa pecinta guppy menyebutkan jika ada yang bisa memperoleh ikan Guppy Silver Lace termasuk orang yang beruntung.

Guppy Metal Yellow Lace

Guppy Metal Yellow LaceSelanjutnya Guppy Metal Yellow Lace memiliki karakter yang mirip guppy Metal Lace. Namun bedanya, pada Guppy Metal Yellow Lace terdapat corak kekuningan, terutama di bagian ekor dan sirip ikan yang membuatnya terlihat begitu menawan. Maka tak heran jika harga Guppy Metal Yellow Lace bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Guppy Blue Grass

Guppy Blue GrassSehingga tak kalah cantik dari jenis-jenis ikan guppy termahal yang telah disebutkan sebelumnya, Guppy Blue Grass terlihat memesona dengan warna biru cerah dan pola titik-titik hitam di bagian ekor dan siripnya. Untuk Ikan Guppy Blue Grass pun termasuk jenis guppy yang harga jualnya lebih mahal dibanding jenis guppy lainnya.

Guppy Super Red Singapore

Guppy Super Red SingaporeMemiliki karakteristik utama dari ikan Guppy Super Red Singapore memang cukup mudah dikenali. Untuk Ikan hias satu ini mempunyai warna merah mencolok di seluruh bagian tubuh dan ekornya yang menjuntai. Dengan warna merah yang sangat kontras inilah yang menarik minat para kolektor untuk memilikinya dan memeliharanya dalam aquascape.

Guppy Blonde Half Black Yellow

Guppy Blonde Half Black YellowBlonde Half Black Yellow memiliki sirip ekor berbentuk delta. Mulai dari pangkal ekor hingga ¾ bagian tubuhnya berwarna hitam. Pada bagian kepala dan sirip ekornya berwarna kuning. Perpaduan warna ini membuat guppy ini mampu membangkitkan nuansa keceriaan di dalam rumah Anda.

Guppy Blonde Vienna Double Sword

Guppy Blonde Vienna Double SwordBlonde Vienna Double Sword memiliki ekor berbentuk seperti pedang di bagian atas dan bawah. Dengan perpaduan warna blonde di bagian kepala dan terdapat motif merah di tubuhnya, memberikan efek ceria saat kita melihatnya berenang.

Guppy Gapi Albino Koi Red Ear

Guppy Gapi Albino Koi Red EarSaat ini Albino Koi Red Ear menjadi salah satu koleksi guppy mata merah. Pada Guppy memiliki jenis Koi yang masih cukup langka, dengan memiliki sirip samping yang cukup lebar membuat penampilan guppy ini semakin menarik. Dengan memiliki warna merah dibagian kepala, dorsal, sirip samping (petrocal fin) dan setengah bagian badan hingga ekornya yang berwarna merah membuatnya terlihat sangat mencolok.

Guppy Red Dragon

Guppy Red DragonKemudian Red Dragon adalah ikan yang memiliki ekor berbentuk kipas (fan tail). Ekor Red Dragon memiliki corak tipe half-moon apalagi dipadankan dengan warna dasar hitam pada ekornya seolah menyiratkan pancaran cahaya bulan di langit malam. Untuk warna hitam dengan sisik yang ada pada badan Red Dragon membuatnya terlihat gagah bagaikan seekor naga.

Apabila Anda sedang mencari ikan guppy untuk menghiasi akuarium di rumah, Anda bisa membelinya di toko ikan hias terdekat atau membelinya lewat pembudidaya ikan guppy yang ada di kota Anda. Akan tetapi kalua Anda mengalami kesulitan untuk menemukan penjual ikan guppy terdekat, Anda juga bisa membeli ikan guppy secara online melalui sejumlah situs e-commerce favorit Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here