Jenis Ikan Arwana Asli Lokal, Yang Paling Banyak Diminati

0
29

Jenis Ikan Arwana Asli Lokal, Yang Paling Banyak Diminati

Jenis Ikan Arwana Asli Lokal, Yang Paling Banyak Diminati

Jenis Ikan Arwana Asli Lokal, Yang Paling Banyak Diminati – Indonesia memiliki potensi kekayaan alam yang sangat luas. Salah satunya adalah potensi dalam bidang perikanan. Bukan hanya hasil ikan laut saja, tetapi juga hasil budidaya ikan tawar yang bisa menjadi potensi usaha untuk masyarakat di Indonesia.

Jenis ikan tawar yang bisa diandalkan adalah ikan arwana, yang merupakan jenis ikan yang banyak diminati meskipun memiliki harga yang bisa dibilang mahal untuk sejenis ikan hias.

Banyak ragam ikan hias yang bisa dihasilkan dibeberapa daerah di Indonesia.  Diantaranya: ikan seperti, Arwana silver, arwana red, arwana green, arwana pino dan arwana jardini.Semua jenis ikan tersebut memiliki ciri khas dan kelebihan sendiri – diri, sehingga semua ikan memiliki penggemarnya masing – masing.  Inilah beberapa ikan Arwana lokal yang paling banyak digemari oleh pecinta ikan hias Arwana :

  1. Ikan Arwana Kalimantan

Ikan Arwana Kalimantan – adalah jenis ikan yang paling banyak menjadi incaran para kolektor ikan hias bukan hanya kolektor dalam negeri tetapi juga kolektor ikan hias dari luar negeri sekalipun mengincar jenis ikan ini. Dan ikan tersebut lebih dikenal sebagai ikan arwana super red.

arwana super red ini banyak di temukan di daerah Kalimantan Barat, tepatnya di daerah sungai Kapuas dan sungai Sentarum, maka tak heran jika ikan ini juga dikenal sebagai Ikan Arwana Kalimantan.

Sedangkan nama ikan super red sendiri diambil dari warna dasar tubuhnya yang berwarna merah. Tidak hanya semakin dewasa,   warna merah pada ikan ini akan semakin menyebar pada seluruh tubuhnya. Mulai dari ujung ekor ikan sampai bibir dan sungutnya. Sehingga akan terlihat warna merah sempurna pada seluruh bagian tubuh Ikan Arwana Kalimantan ini.

  1. Ikan Arwana Irian

Jika di Kalimantan memiliki ikan arwana super red yang di unggulkan , di Irian juga memiliki jenis ikan Arwana yang juga tidak kalah terkenalnya yaitu Ikan Arwana Irian atau biasa disebut dengan Ikan Arwana Jardini.

 

Layaknya ikan arwana super red. Ikan Arwana Irian ini juga memiliki beberapa nama seperti Northern Spooted,Gulf Saratoga Barramundi, Silver Barramundi, dan Scleropages Jardini dalam nama latinnya.

 

Selain di Irian ikan ini juga bisa di temukan bebas di daerah Australia.  Sehingga tak jarang juga yang menyebutnya sebagai Australian Pearl Arwana atau Australian Arwana.

 

Di Indonesia sendiri masih sedikit yang membudidayakan jenis ikan ini. Karena untuk ikan arwana irian ini masih bisa terpenuhi dari hasil alam di Irian. Sedangkan di Australia ikan ini dibiarkan hidup liar di air tawar, dan menjadi pusat perburuan bagi para pecinta kegiatan memancing di negara tersebut.

 

Secara fisik ikan ini memiliki tubuh berwarna silver dengan garis hitam, atau merah, atau hijau. Dan jika di alam liar ikan ini bisa mencapai berat hingga 17 kg. Jumlah baris sisiknya lebih banyak hika dibandingkan dengan jenis ikan arwana super red.  Yaitu bisa mencapai 7 sampai 8 baris. Dengan ukuran sisik yang lebih kecil lagi.

 

Yang tak kalah unik, bagian sisik pada tubuh ikan arwana irian ini akan berkilau indah seperti mutiara saat terkena cahaya lampu. Inilah yang membuat ikan arwana ini memiliki karakteristik yang unik dan cantik.

Adanya kedua jenis ikan lokal arwana ayang paling digemari ini tentu bisa menjadi bukti bahwa Indonesia juga mampu menghasilkan dan membudidayakan ikan arwana yang termasuk jenis ikan dilindungi ini. Terlebih kedua jenis ikan tersebut juga tidak kalah baiknya dengan jenis ikan arwana dari luar negeri. Sehingga kita patut bangga dengan hal itu.

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here