10 Jenis Ikan Arwana dari Seluruh Dunia Beserta Daftar Harganya

0
438
Ikan Arwana

10 Jenis Ikan Arwana dari Seluruh Dunia Beserta Daftar Harganya

 

Jenis Ikan Arwana – Halo para pecinta ikan hias. Pada artikel kali ini kami agro koi farm akan membahas ikan hias air tawar yang mungkin Anda semua sudah tidak asing mendengan dan melihatnya.

Jenis Ikan Arwana

Ikan hias air tawar ini adalah ikan arwana. Seperti yang kita ketahui ikan arwana merupakan jenis ikan hia air tawar yang banyak dicari oleh para pecinta ikan hias. Hal Ini disebabkan karena ikan arwana memiliki warna sisik yang mempesona. Jadi banyak membuat para pecinta dan penghobi ikan hias terpesona

Nama latin dari ikan arwana ini adalah Scleropages sp, sering juga disebut sebagai ikan naga. Karena sisik-sisik ikan ini menyerupai kulit naga.

Untuk pengetahuia Anda semua. Berikut ini kami rangkum jenis-jenis ikan arwana dari berbagai dunia.

Daftar Isi

  • Jenis-jenis Ikan Arwana dan Gambarnya
    • Arwana Merah
    • Arwana Golden/Cross Back/Cross Back Golden
    • Arwana Golden Red
    • Arwana Golden Pino / Arwana Hijau / Green Arwana
    • Arwana Banjar
    • Arwana Irian /Jardini
    • Arwana Arapaima Gigas
    • Arwana Brazil/Silver
    • Arwana Black Golden
    • Arwana Afrika
    • Harga Terbaru Ikan Arwana 2016

 

Banyak juga kan jenis-jenis ikan arwana ini?  naah untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis ikan arwasan ini. berikut kami sajikan ulasan dari berbagai jenis ikan arwana.

 

Jenis-jenis Ikan Arwana dan Gambarnya

  1. Arwana Merah

sumber : http://www.faunadanflora .com

Untuk yang pertama untuk jenis Ikan arwana ini banyak tersebar di berbagai sungai di Kalimantan Barat, terutama di sungai Kapuas dan danau Sentarum yang disebut sebagai habitat dari ikan arwana merah.

Ketika ikan arwana ini masih muda, warna merah akan nampak pada sirip, bibir dan sungut. Baru setelah dewasa warna merah akan menutupi seluruh tubuhnya.

Arwana merah dikelompokan menjadi empat jenis/varietes, yaitu Arwana Merah Darah (Blood red), Arwana Merah Orange (Orange Red), Arwana Merah Cabai (Chili Red) dan Arwana Merah Emas (Gold Red).

Naah dan Ke empat jenis ikan arwana ini lebih sering disebut sebagai Arwana Super Red atau Merah Grade Pertama. Walaupun sebenarnya julukan ini lebih mengarah ke arwana merah darah dan merah cabai.

Jenis Ikan Arwana

Sedangkan merah emas dan merah orange sering dianggap sebagai super red namun dengan grade lebih rendah.

  1. Arwana Golden/Cross Back/Cross Back Golden

sumber : http://www.greenfishindonesia. com

Beirkutnya adana Ikan arwana Golden. Untuk Habitat arwana golden banyak ditemui di beberapa tempat di Malaysia, seperti Trengganu, Perak, Danau Bukit Merah dan Johor.

Untuk arwana jenis ini memiliki banyak sekali julukan. Seperti Malaysia Gold, Golden, Bukit Merah Blue dan Arwana Cross Back. Sesuai namanya, ikan arwana golden ini memiliki warna emas diseluruh tubuhnya saat dewasa.

Arwana golden dibagi menjadi empat kelompok berasarkan warna dasar sisiknya. Yaitu Purple-Based, Blue-Based, Gold-Based dan Silver-Based.

Dan Ikan arwana golden dengan warna dasar emas memiliki waktu yang lebih cepat untuk mencapai warna emas penuh bila dibandingkan dengan jenis lain.

  1. Arwana Golden Red

Beirkutnya ada ikan arwana jenis golden red. Ikan Arwana golden red ini  merupakan varietes dari ikan Arwana golden. Arwana ini juga disebut sebagai Arwana Golden Indonesia/Indonesia Golden Arwana.

Untuk habitat dari Arwana Golden Red berada di daerah Pekan Baru, Sumatera.  Dan warna ikan arwana ini berbeda dengan arwana golden, dimana warna emasnya hanya sampai pada baris ke empat sisiknya.

Arwana jenis ini juga mempunyai 3 dasar warna sisik, yaitu emas, biru dan hijau. Dan menarinya lagi ikan arwana jenis ini merupakan jenis yang harganya paling murah di pasaran.

Sebagai gambaran, harga Arwana Golden Red dengan panjang 12 cm dihargai 2 juta. Sedangkan Arwana Golden hampir 6x lipatnya dengan ukuran yang sama.

  1. Arwana Golden Pino / Arwana Hijau / Green Arwana

Sumber foto : ferboes .com

Naah..  Untuk ikan arwana jenis ini populasinya banyak ditemukan di negara-negara Asia, seperti Indonesia, Thiland, Kamboja, Myanmar dan Malaysia. Keindahan dari jenis ikan arwana ini adalah warna hijau pada sisik yang membaluti tubuhnya.

Salah satu ciri Arwana ini dengan jenis lain adalah ukuran kepala dan mulutnya yang lebih besar.

  1. Arwana Banjar

Naah.. untuk jenis ikan arwana berikutnya ini adalah Ikan Arwana Banjar yang berasal dari daerah Pontianak. Di daerah asalnya, ikan ini disebut sebagai ikan siluk sirip merah. Jenis ini di kelompokan ke dalam arwana merah kelas dua.

Meskipun masuk dalam kelas dua, arwana ini tetap memiliki pesonanya sendiri. Warna orange/kuning pada ekor dan siripnya, tetap menarik perhatian para pecinta ikan hias di Indonesia.

Jika kita lihat sepintas, ikan Arwana Banjar mirip dengan arwana merah muda. Tak jarang, banyak orang yang terkecoh jika baru pertama kali melihatnya padahal sebenanrya dua jenis ikan arwana ini sangat berbeda.

  1. Arwana Irian /Jardini

sumber foto : http://www.greenfishindonesia. com

Jenis ikan arwana berikutnya adalah ikan arwana irian. Ciri-ciri fisik dari ikan Arwana Irian ini  adalah warna hitam kecokelatan dengan bintik-bintik kuning keemasan pada bagian tengah sisik, kepala (pipi), sirip dan ekornya.

Naah.. ada dua jenis Arwana Jardini atau ikan arwana irian ini yaitu Scleropages Jardini yang mempunyai warna dasar gelap dan Scleropages leicharti dengan warna dasar lebih terang.

Habitat asli arwana ini berasal dari Australia, namun sering dijumpai di berbagai perairan di Pulau Irian.

  1. Arwana Arapaima Gigas

Untuk ikan arwana berikutnya ini adalah termausk jenis ikan arwana yang terkenal seluruh dunia. Iak ini adalah Ikan arwana Araipama gigas. Ikan arwana jenis ini merupakan ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari daerah tropis Amerika Selatan. Panjang arwana ini bisa mencapai 3 meter dengan berat 200 kg. Lumayan fantastis bukan?

Namun sayangnya  saat ini  ikan arwana jenis ini sudah sangat jarang ditemukan araipama yang panjangnya lebih dari 2 meter. Hal ini disebabkan penangkapan yang dilakukan oleh penduduk sekitar untuk dikonsumsi.dan diekspor ke negara lain.

Menariknya dalam bernafas, ikan ini masuk dalam kategori obligate air breather, yaitu bernafas dengan cara mengambil udara langsung dari atmosfer. Setiap 5-20 menit mereka akan muncul ke permukaan untuk bernafas.

Araipama juga mempunyai lidah panjang (15 cm) saat mereka dewasa. Oleh penduduk setempat, lidah ini dijadikan amplas untuk menghaluskan permukaan kayu.

Ikan ini memiliki kebiasaan menggulung diri membentuk bola dan memasukan tubuhnya ke dalam lubang ketika air disekitar menyusut/kering. Dan akan keluar setelah air kembali naik.

  1. Arwana Brazil/Silver

Ikan arwana berikutnya adalan ikan arwana brazil. Yaa.. Sesuai namanya arwana ini berasal dari negara Brazil. Namun Anda tidak perlu jauh-jauh kesana karena di Indonesia sudah bisa dibudidayakan dan diperjualbelikan.

Bentuk tubuh dari arwana Brazil sangat berbeda dengan jenis arwana lainnya, di mana ikan ini memiliki tubuh yang panjang, bisa mencapai 50-60 cm. Begitu pula dengan siripnya yang panjangnya mulai dari bagian tengah hingga ujung ekor.

  1. Arwana Black Golden

Berikutnya adalah jenis ikan Arwana Black Golden . ikan Arwana Black Golden ini berasal dari negeri Jiran, Malaysia tepatnya di daerah Bukit Merah, Johor, Trengganu dan Perak. Arwana ini termasuk dalam varietes arwana golden.

Sesuai namanya, ikan ini memiliki ciri warna tubuh emas dengan sisik tebal berwarna hitam. Ikan Arwana jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dengan jenis ikan arwana lainnya. Hal ini  karena sulit sekali untuk menemukan ikan arwana jenis ini.

  1. Arwana Afrika

http://nakamaaquatics.id

Seperti namanya, ikan arwana ini  jenis ini memiliki Habitat yang bisa kita temukan di daerah Afrika bagian timur seperti Senegal, Gambia dan Kamerun.

Bentuk dari ikan arwana jenis ini  tubuhnya hampir mirip dengan dengan ikan arwna silver. Namun yang membedakan adalah bentuk kepalanya yang lebih kecil dari pada ikan ikan arwana silver.

Harga Terbaru Ikan Arwana Jenis Ikan Arwana

 

Bagaimana menarik bukan? Setelah tadi Anda mengetahui jenis-jenis ikan arwana. Tidak lengkap rasanya kalau saya tidak memberikan harga pasaran dari ikan arwana.

Oleh karena itu berikut ini kami sajikan juga daftar harga ikan arwana yang saya ambil dari Ferboes.com.

Arwana Super red
• Ukuran 10-12 cm Rp. 2.500.000 – Rp. 3.000.000 / ekor.
• Ukuran 13-15 cm Rp. 3.000.000 – Rp. 4.000.000 / ekor.
• Ukuran 15-20 cm Rp. 4.000.000 – Rp. 6.000.000 / ekor.
• Ukuran 20 cm keatas mulai dari Rp. 6.000.000 / ekor.

Arwana Golden Red (RTG)
• Ukuran 10-12 cm Rp. 750.000 – Rp. 850.000 / ekor.
• Ukuran 12-15 cm Rp. 850.000 – Rp. 1.250.000 / ekor.
• Ukuran 15-20 cm Rp. 1.250.000 – Rp. 2.000.000 / ekor.
• Ukuran 20 cm keatas mulai dari Rp. 2.000.000 / ekor.

Arwana Red Banjar
• Ukuran 10-12 cm Rp. 500.000 – Rp. 650.000 / ekor.
• Ukuran 12-15 cm Rp. 650.000 – Rp. 750.000 / ekor.
• Ukuran 15-20 cm Rp. 750.000 – Rp. 900.000 / ekor.
• Ukuran 20 cm keatas mulai dari Rp. 900.000 / ekor.

Arwana Irian (jardini)
• Ukuran 10-12 cm Rp. 150.000 – Rp. 175.000 / ekor.
• Ukuran 12-15 cm Rp. 175.000 – Rp. 225.000 / ekor.
• Ukuran 15-20 cm Rp. 225.000 – Rp. 400.000 / ekor.
• Ukuran 20 cm keatas mulai dari Rp. 400.000 / ekor.

Arwana Silver (Brazil)
• Ukuran 10-12 cm Rp. 50.000 – Rp. 75.000 / ekor.
• Ukuran 12-15 cm Rp. 75.000 – Rp. 125.000 / ekor.
• Ukuran 15-20 cm Rp. 125.000 – Rp. 200.000 / ekor.
• Ukuran 20 cm keatas mulai dari Rp. 200.000 / ekor.

Harga di setiap daerah mungkin berbeda-beda. Harga di atas adalah untuk daerah Jakarta dan sekitarnya.

Itulah berbagai informasi mengenai jenis-jenis ikan arwana dan harganya. Semoga bisa menambah wawasan Anda, terutama yang ingin membeli arwana untuk dijadikan hiasan. Naah selain ikan arwana Anda juga bisa menjadikan ikan koi sebagai referensi Anda untuk peliharan ikan hias di rumah. Salah satu tempat untuk mendapatkan ikan hias air tawar dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau ada di agrokoi farm. Anda cukup menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan informasinya.

Referensi foto : https://www.bagi-in.com/jenis-jenis-ikan-arwana/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here