Jenis Ikan Cupang Menurut Jejak Sejarahnya

0
156

Jenis Ikan Cupang Menurut Jejak Sejarahnya

Jenis Ikan Cupang Menurut Jejak Sejarahnya

Jenis Ikan Cupang Menurut Jejak Sejarahnya – Berdasarkan habitat aslinya ikan hias yang ada dapat di katagorikan menjadi dua kelompok. Yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Dan pada kali ini kita akan membahas salah satu jenis ikan hias air tawar yaitu ikan berita atau lebih dikenal dengan ikan cupang. Pasalnya ikan cupang adalah jenis ikan hias air tawar yang paling banyak peminatnya. Bukan hanya orang dewasa, anak – anak pun juga sangat menyukai dan banyak yang memelihara ikan yang memiliki ukuran kecil ini. Karena ikan ini selain mudah didapat juga memiliki harga yang terjangkau sehingga siapapun bisa memilikinya. Tidak hanya itu ikan cupang juga memiliki cara perawatan yang sangat mudah dan memiliki kemampuan bertahan hidup yang baik. Sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus.

Ikan cupang sendiri terbagi atas 3 golongan, yaitu, cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Ikan ini memiliki sifat agresif sehingga tak sedikit juga yang menjadikan cupang sebagai ikan petarung.

Dan berdasarkan sejarah yang ada pada tahun 1970 ada seorang importir yang memperkenalkan jenis cupang bari dengan karakteristik ekor pendek yang sampai saat inj kita sebut sebagai ikan cupang aduan, cupang laga, ataupun fighter plakat. Ada juga yang memiliki ekor panjang yang dulu kita kenal dengan cupang jenis slayer.

Ikan ini muncul sebagai ikan cupang jenis Slayer yang memiliki ekor lilin dan menjadikan ikan jenis ini sebagai primadona Cupang Hias bahkan hal ini berlangsung lama sehingga tetap mendominasi sampai era tahun 1990-an. Pada era tahun 1990-an mulailah para penggemar Cupang Hias membudidayakan ikan Cupang Hias mereka sehingga sekarang Cupang Hias memiliki banyak variasi warna dan bentuk ekor.

Banyak ikan cupang hias baru yang muncul dan mempunyai ekor yang di hiasi tulang yang lebih menonjol keluar. Adapula yang berbentuk duri yang panjang yang juga disebut sebagai jenis ikan cupang serit. Selain itu ada juga yang berbentuk menggelembunb seperti setengah bentuk dari bulan yang saat ini dikenal sebagai ikan cupang half moon.

Saat memasuki pertengahan tahun 1990-an, mulai banyak sebuah perlombaan dan pameran keindahan ikan cupang. Sejak saat itu ikan cupang yang sebelumnya dikenal sebagai ikan aduan kini dikenal juga menjadi ikan hias dengan bentuk ekor dan warnanya yang sangat indah.  Dan mengingat kembali salah satu ikan hias cupang yang banyak di incar kali ini adalah jenis combtail beta. Yang dimana ikan cupang serit atau jenis Combtail Betta ini pertama kali ditemukan oleh breeder Indonesia.

Sampai saat ini banyak sekali yang hobi untuk mengoleksi beraneka jenis ikan cupang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Yang dimana ikan cupang ini bukan hanya di pelihara sebagai ikan aduan saja, tetapi juga dijadikan ikan hias yang dinikmati keindahannya. Bahkan ada juga yang berlomba – lomba membudidayakan ikan cupang ini sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Begitulah yang dilakukan oleh para penggemar ikan cupang yang tergabung dalam Komunitas Indo Betta Splendens (INBS)

Mungkin dari sinilah jawaban dari bagaimana Indonesia bisa menjadi penghasil ikan cupang hias terbesar kedua di dunia, setelah Thailand. Dan jika dikategorikan dari penghasil cupang alam, maka Indonesia yang menjadi penghasil nomor satu didunia. Hal ini pastinya sangat membanggakan khususnya bagi para pecinta ikan cupang.

Demikian artikel kami yang membahas tentang jenis ikan cupang jika dilihat dari historis atau sejarahnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here