Jenis Ikan Hias Terindah Yang Mudah di Pelihara Pada Air Tawar

0
1760

Jenis Ikan Hias Terindah Yang Mudah di Pelihara Pada Air Tawar

Jenis ikan hias air tawar terindah yang mudah dipelihara di Aquarium – Membicarakan ikan hias tidak bisa lepas dari aquarium. Karena memang aquariumlah sebagai tempat wadah untuk ikan hias. Tidak muda tidak tua, banyak orang menyukai ikan hias. Hanya untuk dipelihara. Bukan untuk dikonsumsi. Juga untuk memeprindah taman maupun ruang tamu.

Jenis Ikan Hias Terindah Yang Mudah di Pelihara Pada Air Tawar

Keindahan yang ada di bawah laut memang mempesona. Banyak orang rela merogoh koceng untuk bisa menyelam, melihat pemandangan ikan di bawah laut. Tujuan nya hanya satu, untuk menikmati keindaahan bawah laut. Sekarang sudah canggih, bisa menikmati keindahan bawah laut di dalam ruangan. Di buat kusus di dasar laut untuk melihat pemandangan bawah laut tanpa harus menyelam.

Tetapi juga sudah banyak orang membuat aquarium guna untuk menaruh ikan hias pada ruang tamu atau taman. Fungsinya sama, untuk mempercantik ruangan atau taman. Ikan hias dipelihara bisa juga karena hobi, selain untuk estetika keindahan.

Oleh sebab itu bentuk, keserasian, jenis ikan, ukuran, warna harus diperhatikan. Perlu anda ketahui bahwa pasokan ikan hias air tawar terbesar dari Indonesia. Hampir 75 % dan sekurang kurangnya 363 jenis ikan air tawar yang ada di Indonesia.  Tentunya sudah banyak di ekspor ke berbagai belahan di dunia.

Ikan hias air tawar jenis ikan yang hanya bisa hidup di air tawar. Di pelihara di akuariaum atau kolam buatan. Sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Tujuannya untuk hobi dan hiburan bahkan bisnis. Kalau ditempatkan di akuarium berarti hanya untuk hiburan dan hobi saja. Tetapi kalau sudah dipelihara pada kolam yang besar. Ini adalah budidaya ikan hias yang nantinya akan di jual. Dan bisa dapat untung.

Untuk jenis ikan sendiri tergantung pemelihara. Jika ikan hias hanya untuk hiburan dan hobi, maka bisa tergantung selera. Tetapi jika untuk keperluan bisnis ikan hias air tawar. Maka harus memperhatikan harga pasar dan selera masyarakat.

Yuk, kita ulas apa saja 52 jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah yang Bisa anda Pelihara

  1. Ikan Hias Air Tawar Mas Koki Buble Eye

Ikan Mas Koki Buble Eye merupak jenis ikan mas yang mempunyai bentuk bulat. Ikan ini memeliki ekor ganda. Bentuk dan tubuhnya sangat mirip dengan Goldfish Celestial. Tapi sedikit lebih ramping dari pada mas koki jenis lainya.

Ada beberapa warna pada ikan mas ini. Ada warna merah, biru, coklat, hitam dan putih. Ikan hias mempunyai panjang sekitar 5 inci ( 13 cm ). Tetapi juga ada yang bilang kalau ikan mas buble eye bisa besar. Kantong tata berisi cairan. Mulai berkembang seperti gelembung di bawah mata pada usia 6 – 9 bulan. Ketika sudah berusia 2 tahun gelembung tersebut akan mejandi besar.

  1. Ikan Hias Air Tawar Naga Atau Ikan Palmas

Dengan keunikan ikan palmas menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta ikan hias. Pasti tertarik ketika melihat gerakannya yang lincah dan anggun. Bila berada di dasar akuarium ikan palmas merayap kayak halnya amfibi dan sesekali berenang dengan anggun. Ikan ini termasuk jenis karnivora sehinga agresif.

Harga dari ikan palmas relatif murah. memiliki segi keunikan tersendiri. Inilah alasan mengapa banyak para pecinta ikan hias memeliharannya. Tentunya anda juga sangat menarik dengan ikan yang satu ini.

  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Rosy Barb

Ikan hias ini cukup umum ditemukan di toko – toko ikan hias kusus air tawar. Ukuran yang kecil 1 – 3 inchi menjadikan ini sangat mudah dipelihara di akuariaum berbagai ukuran. Harganya juga cukup terjangkau. Hanya Rp. 1.500 sampai Rp.2.000 per ekornya.

Ikan hias rosy barb memiliki warna kemerahan dengan sisik yang berkilau apabila terkena cahaya. Beberapa jenis ada yang berwarna kuning keemasan hingga hijau lumut. Perbedaan jantan dan betina terletak pada warnanya. Jantan warnanya lebih terang daripada betina. Jika anda tahu ikan wader, itulah salah satu kerabat dari ikan ini. Tentu anda tahu, banya ditemui di sungai – sungai.

  1. Ikan Hias Air Tawar Tiger Barb

Ikan ini disebut juga ikan Sumatera. Memang ikan hias satu ini berasal dari Sumatera. Ciri dari ikan hias ini badannya memanjang pipih ke samping. Berwarna kuning keperakan, ada emapat garis berwana hitam pada tubuhnya secara vertikal. Dua garis terdapat pada tubuhnya dan dua baris lainnya terletak pada kepala dan ekor.

Ikan Sumatera aktif bergerak dan sangat lincah. Jika sudah usia dewasa ikan satu ini usil, suka mengejar ikan lain. Jadi jangan heran ketika anda memelihara ikan hias ini bersama dengan ikan hias jenis lain. Pasti akan ada sisiknya yang rusak. Karena keusilan dari ikan ini. Semua jenis makanan sangat suka. Pakan alami atau pakan buatan.

  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Red Phatom Tetra

Ikan jenis ini berasal dari Amerika Selatan. Bukan lokalan Indonesia. Tepatnya pada perairan sungai Rio Orinoco Kolombia ( Departemen Guainia, Vichada, Arauca, Casanare dan Meta ) dan Venezuela ( Negara bagian bolivar, guarico, apurem dan amazonas )

Kebiasaan ikan red phatom tetra berenang di tengah – tengah air. Ikan jenis ini suka hidup berkelompok seperti jenis ikan hias tentra pada umumnya. Setiap kelompok terdiri dari 7 ekor atau lebih.

Habitat ikan ini pada kondisi suhu kisaran 20 – 28 derajat celcius. Tingkat keasaman air PH di 4,5 – 7,5. Red Phatom memiliki ukuran tubuh antara 2 – 3,5 cm dengan panjang maksimal 4 cm. Meskipun ukuran ini dibilang kecil, namun idealnya ikan jenis ini ditempatkan di akuariaum yang besar. Paling tidak ukuran akuarium 80 x 30.

Jika memelihara ikan ini jangan sedikit. Karena ikan ini hidup secara berkelompok. Palet ikan ini bisa diberikan sebagai pakan. Ada baiknya sesekali diberi pakan cacing beku dan jentik nyamuk tau damia. Tentu sebagai pakan alami untuk ikan ini.

  1. Ikan Hias Air Tawar Niasa

Ikan hias ini merupakan jenis karnivora. Ikan pemakan daging. Ikan niasa harus diberi makan agar menjaga kekebalan sistem tubuhnya. Induk dari ikan niasa bisa diberi pakan udang atau rebon untuk menjaga kualitas telurnya.

Tubuh dari ikan ini memanjang agak datar. Memiliki sirip yang memanjang pada punggungnya. Ekornya berbentuk bulat sedangkan warna dasar dari ikan hias niasa berwarna kuning cerah. Tapi juga ada yang berwana hitam pekat. Ikan hias ini terlihat cantik dan indah karena ada garis horizontal yang berpangkal dari kepala sampai sirip ekor. Warna garis horizontal ada yang hitam, kuning dan putih.

Hidup dan asalnya dari Niasa. Ini sama dengan venustus. Tubuh pada jantan berwarna selang seling kuning garis horizontal hitam sangat cemerlang. Nah, untuk betina berwarna agak biru dan sedikit agak pucat. Untuk habitat ikan niasa ini memerlukan air yang alkali ( pH lebih dari 7 ) dan cukup keras ( sekitar 12 derajat dH).

Untuk ikan dewasa mempertahankan daerah atau wilayahnya sehingga perlu adanya tanaman air atau bebatuan yang cukup sebagai shelter. Tetapi unutk pemeliharaan di kolam tanpa selter pun tidak masalah.

  1. Ikan Hias Air Tawar Tinfoil Barb

Ikan jenis barb memiliki sebutan yang paling banyak. Salah satunya ikan hias tinfoil barb. Nama latin dari ikan hias ini adalah Barbonymus Schwanenfeldii. Ikan hias ini masuk dalam family cyprinidae atau juga masih kerabat dekat dengan ikan mas. Banyak dijumpai di daerah Asia Tenggara seperti negara kita. Khususnya di Inodesia bagian barat.

  1. Ikan Hias Air Tawar Discus

Ikan hias discus adalah ikan hias yang termahal untuk jenis ikan hias air tawar. Memang, harganya sebanding dengan keindahan yang dimilkinya. Anda bisa melihat gambarnya dengan jelas. Mulai dari corak, bentuk tubuh dan gaya berenangnya yang indah dan anggun. Warnanya juga sangat indah. Menjadikan ikan hias ini populer. Nama ilmiahnya Symphysodon Discus.

Ikan hias ini masuk dalam spesies ikan Cichid. Habitat ikan hias discus pada sungai yang airnya tenang tidak terlalu deras. Sungai amazon menjadi habitat asli dari ikan hias ini. Senang berada di ranting -ranting, daun – daun maupun akar pohon agar terhindar dari serangan ikan jenis predator. Cara itu untuk mempertahankan diri mereka dari serangan.

  1. Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

Ikan Mas Koki Carassius Auratus merupakan ikan hias air tawar dari famili cyprinidae dan ordo cypriniformes. Ikan hias ini yang pertama kali berhasil untuk didomestikasi, dibudayakan dan dipelihara. Ikan hias ini menampilkan mutasi tubuh bersirip serta ekor ganda dan bentuk bulat.

Jenis Ikan Hias Terindah Yang Mudah di Pelihara Pada Air Tawar

Sebagai salah satu kumpulan ikan mas. Ikan jenis ini memiliki daerah asli di Asia Timur. Pertama kali dipelihara di Tiongkok lebih dari seribu tahun yang lalu. Dan ada beebrapa ras juga sudah dikembangkan. Ikan ini memeliki bentuk yang luar biasa. Seperti perbedaan ukuran, bentuk tubuh, susunan sirip dan warna. Anda bisa melihat detailnya pada gambar yang kami cantumkan.

  1. Ikan Hias Air Tawar Marbled Hatchetfish

Susah juga nama ikan hias air tawar satu ini. Ikan ini habitat di blackwater dimana terdapat vegetasi rapat. Jalinan akar yang ruet dan serasah dedaunan. Serta air berwarna kecoklatan dan asam. Ikan hias ini bermigrasi ke hulu dan daerah hutan yang banjir untuk melakukan reproduksi.

Ikan hias ini tersebar di sungai amazon. Meliputi Brazil, Bolivia, Kolombia dan Peru. Ditambah lagi pada sungai Orinoco di Venezuela. Kemungkinan ikan ini jua terdapat di Guyana dan Suriname. Karena melihat habitat ikan tersebut.

Jika ikan ini terancam, mereka akan meloncat keluar dari air dengan otot sirip pektoralnya. Sirip tersebut digunakan melompat keluar. Menurut peneliti ikan ini hanya bisa melompat satu sampai dua kali saja. Ukuran ikan hias  Marbled Hatchetfish 3 cm. Anda bisa melihat gambar sejacara jelas.

  1. Ikan Hias Air Tawar Silver Dollar

Ikan silver dollar memiliki habitat di sungai amazon. Ikan ini termasuk jenis ikan hias air tawar. Sungai amazon yang terletak di negara Brazil dan Paraguay tepatnya. Suhu tempat tinggal nya sedang 24 – 28 derajat celcius dengan tingkat keasaman 5 – 7 pH.

Ikan silver dolar berkerabat dekat dengan ikan ganas seperti ikan Piranha dan ikan Pacu. Yang dimaksudkan adalah bentuk tubuhnya yang pipih sama seperti ikan piranha dan pacu. Namun ukuran tubuh iakn ini tidak sepanjang dua ikan tersebut. Juga tidak memliki gigi setajam ikan Piranha dan Pacu.

  1. Ikan Air Tawar Gurame Padang

Pasti anda tahu ikan yang satu ini. Ikan gurame. Salah satu jenis ikan yang favorit untuk dikunsumsi. Di warung sampai restaurant. Karena memiliki daging yang gurih dan renyah. Tetapi Yang saya bahas ini adalah ikan hias gurame padang. Apa bedanya ?

Gurame padang punya bentuk tubuh yang sama dengan jenis gurame lainnya. baik itu yang durami untuk dikonsumsi maupun tidak. Hanya terletak pada warnanya saja.

Ketika masih kecil warna gurame kuning kemerahan. Mulut lancip dan bdan serta ekornya lebar. Ketika sudah dewasa gurame akan berubah warna menjadi kuning pucat. warna kemerah – merahannya menghilang.

Pada ikan gurame dewasa bagian kepala akan tumbuh seperti jidat dan dagu semakin besar. Berbeda ketika masih kecil kepalanya yang lancip seperti ikan sepat.

  1. Ikan Hias Air Tawar Spotted Headstander

Susah juga nama ikan ini. Ikan jenis ini diberi nama  Spotted Headstander karena kepalanya selalu menunjuk ke bawah. Masuk dalam famili Alestidae. Badanya ada bercak – bercak berwarna coklat.

Memiliki panjang 3,5 cm. Untuk membedakan antara jantan dan betina sulit. Karena perbedaan morfoligisnya sesikit. Hanya sedikit perbedaan, ikan  Spotted Headstander betina terlihat lebih gendut pada waktu masa gonad. Pada usia 4 bulan.

  1. Ikan Hias Air Tawar Gold Barb

Ikan hias Gold Barb adalah ikan keluarga Puntius berasal dari Singapura dan Asia Timur. Mempunyai warna keemasan di seluruh bagian tubuhnya. Dengan tambahan bintik – bintik gelap kehitaman yang membentang pada sisi tengah tubuhnya.

Ikan hias Gold Barb memiliki sirip punggung, sirip anal, sirip dada dan ekor berwara kemerahan. Hidup hewan ini secara berkelompok. Kurang 6 ekor dalam satu kelompoknya. Ikan ini termasuk ikan yang aktif, sehingga membutuhkan ruang gerak yang luas. Dan tempat untuk bersembunyi. Jika anda mau merawatnya harus secara berkelompok.

  1. Ikan Hias Air Tawar Gourami Mini

Ikan hias ini sudah ada yang tahu ?. Silahkan lihat gambar kalau belum tahu. hehe. Ikan hias ini bersifat bentik pelagis. Asli dari Bangladesh, India, Pakistan. Ada juga ditemukan di Myanmar dan Nepal. Ikan gurame mini ini sudah banyak diintdroduksi ke beberapa negara seperti Kolombia, Singapura, Amerika dan Negara kita Indonesia.

Habitat aslinya di sungai yang tenang atau danau. Ikan hias gurame mini ini suka hidup pada tanaman air. Kalau untuk harganya berapa, saya kurang tahu. Mungkin anda lebih tahu.

  1. Ikan Hias Air Tawar Denison’s Barb

Nama ikan hias ini diambil dari nama belakang ilmiahnya. Yaitu Puntius denison. Susah yah. Untuk ikan hias seukuran Barb termasuk mahal. Karena mungkin langka dan sulit untuk dibudidayakan. Dan juga masuk dalam kategori ikan yang terancam punah. Dalam status IUCn ( International Union for Corservation of Nature )

Kalau di negara kita Indonesia ikan ini disebut dengan ikan hias torpedo. Ikan hias air tawar ini habitat asli pada sungai yang berarus deras. Suhu habitat ikan hias ini 16 – 26 deajat celsiud dengan pH air 6,8 – 7,8. Anda bisa melihat gambar di atas secara jelas. Apabila belum pernah mengetahui ikan hias ini sebelumnya.

  1. Ikan Hias Air Tawar Res Finned Shark

Ikan hias ini memiliki nama latin ephalzaerhynchus frenatus. Mempunyai habitat asli di sungai Mekong Tahiland. Memiliki warna coklat hitam atau putih albino. Termasuk dalam jenis omnivora. Sirip – sirip merahnya membuat menarik untuk di lihat.

Hidup ideal ikan hias red finned shark pada suhu 26 – 28 derajat celsius. Jika anda memelihara di aquarium maka dindingnya akan bersih dari lumut. Karena ikan hias satu ini suka memakan lumut. Kalau melihat sidat dari ikan hias ini pemalu, suka bersembunyi. Lebih sering keluar pasa malam hari untuk mencari makan.

  1. Ikan Hias Air Tawar Rainbow

Ikan hias rainbow adalah ikan yang memiliki warna mirip dengan pelangi. Namanya saja rainbow. Ukuran ikan hias ini 9 cm untuk dewasa. Sedangkan 7 cm untuk jenis betina dewasa.

Bentuk tubuh ikan hias ini unik dan lucu, Seperti balon. Ikan hias ini tergolong famili melanotainidae. Memiliki enam genus yaitu rhadinocentrus, cairnsichthys, melanotaenia, ieiantherina, glossolepis dan shilaterina. Susah namanya. Gak usah di hafa. hehe. Wilayah endimiknya di Papua, Autralia dan Sulawesi

Ikan hias rainbow merah sudah sangat terkenal di Indonesia. Bentuk tubuh ikan ini abnormal sehingga memiliki nilai ekonomis tinggi.

  1. Ikan Hias Air Tawar Corydiras

Ikan hias ini pilihan para pecinta ikan hias selain jenis ikan sapu – sapu. Spesie dari ikan jenis ini banyak. Sampai 142 spesies. Ikan hias coridoras lebih atraktif dari ikan sapu dan jarang berdiam diri dalam satu tempat. Terkadang para pera penjual menganggap ikan ini adalah ikan hias sapu.

Dengan suhu 24 – 28 derajat celsius pH 5 – 7 ikan hias ini bisa jidup maksimal. Sifatnya suka menggali dan menggerus pasir ketika mencari makan. Ikan hias coridoras beranang pada dasar sungai.

Ada yang nyebut ikan tikus juga, hidup pada sungai yang dangkal, lambat dan jernih. Ukuran pada umumnya ikan ini 7 cm. Perbedaan betina dan jantan kalau dilihat dari atas ikan betina lebih terlihat gemuk. Betina memiliki sirip dorsal lebih lancip sefangkan yang jantan lebih tumbuh.

  1. Ikan Hias Air Tawar Louhan

Nama latin dari ikan hias louhan adalah Flowerhorn. Dikenal sebagai ikan jenong di negara kita Indoneia. Ciri khas ikan ini adalah bagian kepala yang menonjol seperti jenong. Itulah kenapa disebut ikan jenong. Di antara berbagai jenis ikan hias yang lain. Satu ikan ini memiliki peminat yang banyak.

Bentuk tubuh dan warnanya sangat unik dan cantik. Disebut juga sebgai primadona dari ikan hias. Harganya tidak bisa diragukan lagi. Mahal, bahkan ada yang dibandrol ratusan juta rupiah. Hanya orang – orang kalangan tertuntu. Menengah ke atas yang hobi memelihara ikan hias saja yang dapat memeliharanya.

  1. Ikan Hias Air Tawar Arwana

Hayo siapa yang tidak tau ikan satu ini. Ikan hias arwana berkembang dari kalangan ekonomi menengah ke atas. Sekarang lebih menyebar luas semenjak adanya era digital. Sudah banyak yang membudidaya untuk keperluar bisnis. Lewat online maupun offline.

Jenis Ikan Hias Terindah Yang Mudah di Pelihara Pada Air Tawar

Ikan hias arwana cukup stabil sebagai trend. Terutama yang jenis ikan arwana red. Harga juga stabil di pasaran. Siklus hidupnya juga kuat, maka tidak heran kalau ada yang menyebut ikan hias sepanjang masa

Harga dari ikan awrana jutaan rupiah. Banyak yang sudah membudidayanya. Apalagi sudah di rawat hingga usia 5 – 7 tahun, harganya bisa melonjak tinggi. Bisa mencapai puluhan juta rupiah.

  1. Ikan Hias Air Tawar Flagtail Characin

Ikan hias flagtail characin dikenal dengan silver prochilodus. Banayk ditemukan di daerah sedang sungai Amzon, Brazil. Tepatnya di danau atau sungai rimba hujan serta anak sungai. Memiliki ciri tubuh berwarna perak dengan sisik tubuh yang besar.

Semua sirip dan ekor berwarna orange kemerahan. Memiliki garis – garis horizontal pada punggung dan sirip anal. Pada bagian insang dan kepala ada warna merah tersamar. Kalau masih usia muda ikan ini belum berwarna orange kemerahan. Namun tetap berwarna perak. Ikan hias ini termasuk vegetarian yaitu makananya sayuran.

Sayuran yang disukai adalah alga, bayam, selada, mentimun, serta bagian pakan beku. dapat tumbuh dengan panjang maksimum 30 cm. Jika di pelihara pada aquariaum harus ada space yang cukup luas untuk pergerakan ikan tersebut.

Untuk dekorasi aquarium bisa di desain sesuai lingkungan ikan ini. BIsa mengunakan pasir sungai san sebagain cabang atau akar.

  1. Ikan Hias Air Tawar Cupang

Ikan hias cupang disebut juga ikan petarung. Karena sifatnya yang sangat agresif dan suka menyerang. Bentuk siripnya yang indah, gerakannya tenang dan berwibawa. Wilayah Asia Tenggara sebagai tempat penyebarannya. Meliputi Indonesi, Brunai, Malaysia, Kamboja, Vietnam dan Thailand. Ikan cupang ini banyak ditemukan di selokan yang menggenang, sawah, lubuk, danau dan rawa – rawa.

Beberapa penghobi ikan cupang menyebutnya bulan sepotong, serit, laga, cagak, dan berbgai variasi lainnya. Nama tersebut ditentukan dari bentuk tubuhnya.

  1. Ikan Hias Air Tawar Julie Cichlid

Ikan hias ini berasal dari Afrika, danau tanganyika. Habitat ikan hias ini bebatuan dasar pada perairan dan tersebar luas di sebelah utara dan selatan danau. Ikan hias ini berada pada kedalaman 5 – 30 meter. Sangat dalam dan banyak menghabiaskan waktunya di celah bebatuan. Ikan jenis ini pada genusnya selalu menggunakan Julie.

Julie adalah nama kebanyakan ruang atau rongga yang banyak celah pada habitat danau. Memliki pola tubuh garis hitam berlapis pada warna dasar tubuhnya. Warna ikan hias ini cream kecil seperti remote berjalan ketika berenang.

Pada sirip dan ekor memiliki warna biru muda pada tepinya. Dapat berenang ke samping, menggantung ke atas bawah, dan bergerak seperti gerakan tak terencana. Selain itu terkadang sangat pemalu dan susah untuk dipisahkan pada bebatuan. Tentunya sebagi tempat berlindung dan bersembunyi. Lama hidup ikan ini antar 5 – 8 tahun.

  1. Ikan Hias Air Tawar Fantail Guppy

Ciri – ciri dari ikan hias guppy mempunyai panjang kurang lebih 26 mm, sirip punggung muncul di ujung segitiga dari ekor. Bentuk dari ekornya agak melengkung. Tetapi bagian belakang cekung dan melengkung sesuai panjang tubuhnya. Sirip ekornya lengkung membulat.

Anda bisa cek gambar di atas untuk detailnya. Tidak banyak referensi ikan ini. Memang sangat jarang orang yang memeliharannya.

  1. Ikan Hias Air Tawar Flame Angel

Ikan hias air tawar flame angel fish adalah ikan hias yang juga bisa hidup di air laut. Meliki warna coklat cerah seperti api. Sangat menarik jika dilihat dari luar akuarium.  Ikan ini ditemukan di samudra pasifik, lautan Australia, Hawai, juga di laut Koral.

Panjang ikan flame angel maksimal 5 inchi. Sedangkan umur ikan hias ini mencapai 5 – 7 tahun. Sifat dari ikan ini sendiri sangat agresif. Sering menyerang ikan yang memiliki ukuran lebih kecil.

 Termasuk dalam jenis omnivora, yang biasa dimakan yaitu ganggang dan udang kecil. Ikan hias satu ini termasuk gampang – gampang sulit jika dipelihara di aquarium. Karena memang langka dan sulit untuk membedakan andata jantan dan betina.

  1. Ikan Hias Air Tawar Mickey Mouse

Tidak sedikit orang yang sudah mengenal ikan mickey mouse. Tidak hanya dipelihara di Indonesia tetapi ikan hias ini juga banyak di pelihara oleh orang luar Indonesia. Ukuran ikan tawar ini termasuk sedang.

Memiliki warna tubuh yang terang menjadi daya tarik orang untuk memeliharanya. Apalagi bagi pencinta ikan hias. Berapun harganya pasti akan dibeli.

Asal mula ikan hias jenis ini dari Beneua Amerika di bagian utara dan tengah yang banyak aliran sungainya. Sebenarnya ikan hias micky mouse termasuk dalam jenis ikan Platy yang terkenal punya bentuk tubuh unik dan warna yang terang.

Anda bisa melihat detail pada gambar. Juga sudah banyak video penampakan ikan hias ini.

  1. Ikan Hias Air Tawar Blue Ram

Ayo siapa yang sudah tahu ikan hias satu ini ?

Mungkin sebagian anda sudah pada tahu. Ikan hias blue ram merupakan salah satu yang terbaik dan terpopuler dari semua cichlids. Memiliki warna biru keemasan. Ada garis hitam pada kepalanya. Ikan ini tentunya memeiliki harga yang tidak murah. Kalau untuk pas harganya saya tidak tahu. Jarang orang menulis tentang ikan ini.

  1. Ikan Aligator ( Ikan Buaya )

Banyak orang menyebutnya dengan ikan buaya. Karena kepanya yang menonjol seperti ikan buaya. Ikan ini bisa tumbuh besar. Tergantung pada varietasnya. Ikan buaya ini menjadi ikan predator di seluruh di dunia. Karena bisa menjadi raksasa.

Ikan ini berasal dari Amerika. walupun memiliki karekter ganas ikan buaya ini populer dan justru banyak yang memeliharanya. Sudah menyebar ke seluruh dunia juga. Ikan aligator Gar atau ikan buaya termasuk jenis purba. Masih hidup hingga sat ini. Ikan alogatir telah meninggal sejak lebih 1000 juta tahun yang lalu. Dijuluki sebagai ikan primitif atau fosil hidup.

  1. Ikan Hias Air Tawar Platydoras

ikan hias ini bersala dari sungai amazon, amerika selatan. Ikan ini memang tidak begitu banyak peminatnya. Karena memang jarang ditemukan.  Uniknya ikan hias platydoras bisa mengeluarkan suara seperti deritan pintu. Hanya pada waktu merasa terganggu dan terancam suara itu akan keluar.

Ikan ini mudah dijinnakan. Bisa dicampur dengan ikan jenis lain. Ikan hias platydiras memiliki sirip yang tajam. Bisa melukai jika terkena tangan ataupun anggota tubuh yang lain.  Hidupnya merayap di dasar air dengan suhu 25 – 28 derajat celsius.

Banyak yang tidak berhasil membudidayakan jenis ikan ini. Karena belum bisa dipijahkan secara alami. Tapi baru bisa dilakukan secara buatan.

  1. Ikan Hias Air Tawar Arulius Barb

ikan hias satu ini sudah terbilang usang. Dari kalangan pembudidaya ikan hias. Terutama dalam negeri. Ikan ini mirip dengan ikan bandeng. pada warna punggung keperakan, warna perut kekuningan. Sedangkan warna pada ingsang nya dilekati dengan warna – warni kehijauan.

Untuk dikembangbiakan sangat mudah ikan hias arulis. Warnanya juga sangat menarik. Mungkin anda yang baru mengenal ikan ini bisa mencobanya.

  1. Ikan Hias Air Tawar Botia

Berasal dari mana ikan ini ? Siapa yang tahu ?

Saya yakin anda juga suda pada menegerti. Ikan hias botia berasal dari Sumatera dan Kalimanatan. Pada tahun 1935 ikan ini sudah pernah di eksport. Keren bukan. Ikan botia banyak penggemarnya di luar negeri. Sampai sekarang tetap menjadi faforit.

Habitat aslinya pada sungai yang mengalir. Sehingga ketika memelihara di dalam aquarium harus dirancang atau dibuat arus buatan. Ph 7 – 8,5 dan suhu 23 – 26 derajat celcius. Ikan botia tersebar di daerah tropis. Yang laku dipasaran jenis ikan hias botia adalah botia badut, botia macan, botia morleti, botia india dan botia myanmar. Pada sejak tahun 2004 ikan hiassatu ini sudah ditangkarkan di Loka Riset Budidaya Ikan Hias Air Tawar di Depok.

  1. Ikan Hias Air Tawar Neon Tetra

Paracheriodon, ini nama latinnya. Ikan neon tetra menjadi salah satu primadona para pecinta ikan hias air tawar. Bentuknya kecil dan unik. Warnanya biru menyala seolah – olah menyala. Inilah yang menjadi ciri khas ikan neon tetra.

Ikanhias  neon tetra model hidupnya bergerombol. Asal usul ikan ini dari Amerika. Seperti Brazil, Kolombia dan Peru. Ciri ikan ini sangatlah mudah. Dua warna horizontal pada tubuhnya. Bagian atas warna biru menyala dan bawah berwarna merah gelap. Memang sungguh besar kekuasaan Allah. Bagian pangkal ekor berwarna terang.  Ukurannya sangat kecil, maksimal 4-5 cm.

  1. Ikan Hias Air Tawar Komet

HAyo, siapa yang tidak tahu ikan satu ini. Sangat populer sekali di kalangan masyarakat. Karena banyak sekali yang mebudidayakan ikan hias ini. Mengapa ? bentuk tubuh yang indah dan eksotis menjadi penyebabnya. Sangat mudah untuk hidup jika bersandingan dengan ikan jenis lain. Mudah menyesuaikan lingkungan.

Keunggulan dari ikan komet ini memiliki warna yang bervariasi. Putih, kuning, merah atau perpaduan warna yang lain. Harga dari ikan komet juga cukup tinggi. Budidaya tidak sulit, asalkan tlaten dan disiplin. Karena pada dasarnya semua jenis ikan akan baik pertumbuhannya ketika air dan lingkungannya bersih. Juga tidak membutuhkan lahan yang luas.

Saran saya jika anda memang mau memulai usaha budidaya ikan hias. Terus belajar mengasah ketrampilan dalam budidaya ikan hias. Apapun itu jenis ikannya.

  1. Ikan Hias Air Tawar Zebra Danio

Sesuai namanya. Ikan hias zebra danio. Corak warnya persih seperti Zebra. Ikan hias satu ini berasal dari Sri Lanka, Myanmar dan India. Ikan hias ini termasuk jenis omnivora. Tetapi lebih senang memakan kutu air. Ukuran ikan ini hanya mencapai 5 cm. Kecil sekali.

Ikan hias zebra habitatnya pada air yang mengalir. Maksudnya air sungai yang mengalir. Ikan ini terlihat sangat gesit. Walaupun dipelihara pada aquarium yang airnya tenang. Memang sifat dasar ikan ini gesit dan lincah.

Untuk membuktikan tulisa saya. Silahkan anda mencoba memeliharanya. Di Indonesia juga sudah banyak orang menjualnya.

  1. Ikan Hias Air Tawar Siamese Algae Eater

Nama Ilmiah ikan ini adalah crossocheilus siamensis. Sulit juga namanya. Ikan hias satu ini juga disebut sebagai ikan yang damai. Ukurannya tidak terlalu besar. Biasanya sangat suka bersih – bersih tangki aquarium. Atau juga di singkat SAE (Siamese Algae Eater ).

Makanan ikan hias SAE adalah gangang / alga ynag hidup pada aquairium. Makanya tadi disebut ikan pembersih tengki aquarium. Tentun saja bersih karena makanannya menempel pada tangki aquarium. Memang tidak begitu banyak orang yang memelihara ikan ini. Tetapi ini bisa jadi salah satu referensi buat anda untuk memelihara berbagai jenis ikan hias.

  1. Ikan Hias Air Tawar Oscar

Di dalam maupun luar negeri para pecinta ikan hias ini sangatlah banyak. Ada juga ikan hias oscar dengan model albino. Putih pucat dengan garis totol orange ataupun warna polos. HAti – hati jika memelihara ikan ini. Karena ikan ini adalah ikan karnivora. Sebab jika jari atau kaki kita dimasukkan ke dalam aquarium, maka ikan ini langsung akan meyergapnya. Jadi hati – hati. Apalagi yang punya anak kecil.

  1. Ikan Hias Air Tawar KOI

Siapa yang tidak tahu ikan hias satu ini. Ikan Koi berawal dari Jepang, yang berarti disebut ikan karper. Banyak sekali penggemar Koi terutama di Indonesia. Bahkan banyak juga yang membudidayakannya untuk keperluan bisnis.

Ini sangat menarik. Karena ikan hias koi sangat stabil harganya di pasaran. Pemeliharannya pun cukup mudah. Warna ikan sangat indah. Dengan corak paduan warna merah, putih dan hitam. Peluang bagi anda yang mau berbisnis Ikan Koi. Trend ikan koi dari waktu ke waktu tetap stabil. Apalagi dikalangan para pecinta ikan hias.

  1. Ikan Hias Air Tawar  Black Skirt Tetra

Bentuk ikan hias satu ini pipih seperti discus. Warna hitam peraknya indah. Ukuran tubuh tetra bisa mencapai 6 cm. Ikan ini cukup dikenal di kalangan para pecinta ikan hias. Ikan Hias ini daya tahannya lebih kuat. Dibandingkan dengan tentra jenis lain. Suhu yang disukai ikan hias black skirt tetra adalah 23 – 29 derajat celcius. Jika aquairum nya cukup besar maka ikan ini akan mengelilingi sisi – sisi aquarium. Dan indah tentunya.

  1. Ikan Hias Air Tawar Clown Kill Fish

Ikan hias ini berasal dari Liberia, Guinea atau Afrika BArat. Ikan hias Clown Kill Fish memliki warna yang unik dan menarik. Modelnya ada strip kuning dan htiam yang vertikal. Memiliki nama latin pseudepiplatys annulatus. Kalau nama latin memang susah nyebutnya.

Memiliki ukuran sekitar 4 cm dengan habitat 23 – 25 derajat celcius. Ikan hias ini termasuk dalam golongan omnivora ( Pemakan Segala ).Sperti kita. Manusia. Ikan ini memang jarang yang memelihara. Tetapi sangat bagus bagi anda untuk referensi agar lebih banyak lagi informasi mengenai ikan hias air tawar yang tersebar di seluruh Dunia. Terutama di Indonesia.

  1. Ikan Hias Air Tawar Endlers Livebearer

Ikan hias live – bearer memliki intemsitas perkembangbiakan yang cepat. Karena ikan ini tidak mengeluarkan telur sebagaimana ikan pada jenis lainnya. Langsung melahirkan anaknya sendiri. Memliki tubuh sempurna, bahkan hitungan jam sudah bisa mencari makanan sendiri.

Oleh sebab itu mudah bagi anda untuk merawatnya untuk dibudidayakan. Bisa melahirkan anak puluhan bahkan ratusan, tergantung usia dan ukuran induknya. Ikan betina bisa menyimpan sel sperma sehingga ikan ini bisa hamil lagi setelah melahirkan tanpa proses perkawinan ulang.

Ikan ini bisa menjadi referensi tambahan untuk anda. Apalagi anda yang suka banyak jenis ikan untuk dirawat. Bisa juga untuk di Jual.

  1. Ikan Hias Air Tawar Paradise

Nama latin dari ikan ini adalah macropodus opercularis. Asal mula ikan hias satu ini dari negeri China. Bentuk tubuhnya menarik, ada garis berwarna merah dan biru selang – seling di bagian tubuhnya.

Mempunyai sirip panjang berwarna biru. Sedangkan sirip bawah perut memiliki warna biru dan merah pada ujungnya. Panjang ikan hias ini mencapai 7,5 cm. Dengan teknik perkembangbiakan modern ikan paradise sudah ada berbagai warna, seperti biru, coklat dan albino.

Sifat ikan hias paradise agresif. saling menyerang satu sama lain. Kesukaannya makan ikan – ikan kecil. Kalau di habitat liar ikan jenis ini adalah predator untuk sekawanan serangga. Lawan dari ikan ini adalah ikan hiu bala. Jadi jangan disandingkan kedua ikan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here