28+ Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler Terlengkap dan Harga

0
650
Ikan hias Bala-bala Shark

Jenis Ikan Hias Air Tawar. Halo para penghobi dan pecinta ikan hias… Kita semua pasti tahu bahwa di dunia ini banyak sekali ikan-ikan yang menarik dan indah di pandang bahkan ada yang menyejukan mata jika di taruh di taman kita.

70+ Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler Terlengkap dan Harga

 Iya.. ikan-ikan indah ini biasa di sebut dengan ikan hias. Ikan hias sendiri ada beberapa jenis namun yang paling banyak dikenal terdiri dari dua jenis yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut.

 Naah… Untuk Anda para penghobi atau yang baru saja memulai memelihara ikan hias, kali ini agrokoifarm.com akan menyajikan beberapa daftar ikan hias ikan tawar yang bisa menjadi referensi Anda yang ingin mencari ikan hias. Selain itu ikan hias yang kami referensikan ini sangat mudah kita dapatkan di pasaran.

Sebelumnya  perlu kita ketahui juga bahwa memelihara hewan peliharaan pasti ada plus dan minusnya. Salah satu keunggulan memelihara ikan hias menjadi hewan peliharaan Anda tentunya bagi Anda yang tidak suka berisik dan menyukai ketenangan,  memelihara ikan hias  bisa menjadi salah satu solusi pilihan Anda untuk memelihara hewan peliharaan.

Selain itu dengan memelihara ikan hias akan membuat ruangan Anda akan semakin sejuk dan ikan hias juga akan membawa suasana tenang di ruangan rumah Anda.

Selain itu ikan hias juga sangat cocok untuk Anda yang tidak suka ribet untuk membersihkan kotoran ataupun bau dari kotoran hewan peliharaan Anda.

Dan untuk melihara ikan hias ini tidak perlu mempunyai lahan yang besar untuk memeliharanya. Terkadang cukup kolam kecil atau pun aquarium yang ukurannya bisa disesuaikan dengan tempat Anda memelihara.

Untuk lebih jelasnya langsung aja ya… ini adalah daftar ikan hias air tawar yang paling populer dipelihara bagi pecinta ikan hias :

  1. Ikan hias air tawar discus
  2. Ikan hias air tawar arwana
  3. Ikan hias air tawar cupang/betta fish
  4. Ikan hias air tawar molly
  5. Ikan hias air tawar Blackghost
  6. Ikan hias air tawar guppy
  7. Ikan hias air tawar sapu-sapu hias
  8. Ikan hias air tawar Corydoras
  9. Ikan hias air tawar lemon
  10. Ikan hias air tawar coral/mickey mouse
  11. Ikan hias air tawar rainbowfish
  12. Ikan hias air tawar manfish/ikan layang-layang
  13. Ikan hias air tawar oscar
  14. Ikan hias air tawar louhan
  15. Ikan hias air tawar koi
  16. Ikan hias air tawar mas koki
  17. Ikan hias air tawar mutiara
  18. Ikan hias air tawar mas koki mata balon
  19. Ikan hias air tawar gurame padang
  20. Ikan hias air tawar kumpai
  21. Ikan hias air tawar buntal air tawar
  22. Ikan hias air tawar sepat hias
  23. Ikan hias air tawar hiu bala-bala
  24. Ikan hias air tawar belida
  25. Ikan hias air tawar buaya/aligator
  26. Ikan hias air tawar palmas
  27. Ikan hias air tawar pari
  28. Ikan hias air tawar black shark

Itulah daftar banyaknya ikan hias yang hidup di air tawar yang bisa kita cari dan dapatkan di pasaran. Pasti Anda penasaran bukan ikan hias seperti apa sih segitu banyaknya.

Bahkan mungkin banyak pula yang masih asing untuk kita. Naah.. untuk lebih jelaskan ini kami jelaskan satu-satu dari ikan hias itu ya..

  1. Ikan discus

Untuk ikan  hias air tawar pertama yang akan kita bahas adalah ikan hias yang sering kita jumpai adalah ikan hias air tawar discus. Ikan discus ini  merupakan ikan hias air tawar yang yang berasal dari sungai Amazon, ikan ini sangat di gemari oleh pecinta ikan hias.

Ikan Discus

Hal ini karena ikan hias satu ini dijuluki raja ikan hias air tawar. Ikan disucus ini mempunyai tubuh yang sangat banyak varianya.

Bentuk ikan discus ini jika di lihat dari depan akan berbentuk pipih dan berbentuk bundar jika di lihat dari samping, nah jika kita perhatikan akan terlihat seperti disk atau CD kaset. Ukuran ikan discus sendiri hanya bisa mencapai 15-25 cm saja.

Untuk Harga ikan hias air tawar  discus ini sangat bervariasi ikan ini dinilai dari warnanya dan ukuran, semakin bagus warna dan besar tubuhnya ikan ini semakin mahal. Namun umumnya untuk tarif harga ikan ini pada umumnya mencapai Rp. 35.000 sampai dengan Rp. 1.000.000

  1. Ikan arwana

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan ikan hias tawar satu ini. Ini karena ikan hias arwana pernah terkanal dan booming untuk menjadi ikan hias favorit masyarakat dan pecinta ikan hias.

Ikan Arwana

Ikan arwana sendiri merupakan ikan asli dari indonesia, ikan ini berasal dari pedalaman Papua dan Kalimantan. Ikan yang di juluki sebagai ikan naga ini mempunyai 2 sungut di bawah bibirnya, sungut ini sangat berguna untuk mendeteksi mangsa, tidak heran kenapa arwana dijuluki sebagai ikan predator. Karena ikan ini bisa mendeteksi mangsa yang akan di makannya. Selain itu ikan ini juga sedikit agresif lho…

Untuk harga ikan arwana sendiri tergolong sangat mahal. Hal ini tergantung jenis ikan tersebut. Ikan arwana biasanya dijual dengan menggunakan sertifikat. Dan  jika Anda ingin membeli ikan hias tawar satu ini harganya yang paling murah sekitar  ratusan ribu.

Sedangkan untuk ikan arwana yang paling mahal adalah jenis redblood yang bisa mencapai 60-80 juta untuk indukannya. Fantastis bukan? Maka itu ikan arwana ini pernah menjadi ikan favorit dulu namun sekarang para pecinta ikan hias lebih cenderung menyukai ikan hias air tawar koi yang sekarang menjadi primadonanya ikan hias air tawar.

  1. Ikan cupang/betta fish

Nah untuk ikan hias air tawar satu ini juga merupakan salah satu ikan hias favorit para pecinta ikan hias. Ikan cupang ini juga merupakan ikan asli Indonesia di alam bebas seperti di sungai.

Di negara lain juga banyak ditemukan ikan hias satu ini, salah satunya ada di Thailand. Pemeliharaan ikan cupang ini sangat mudah namun ikan ini tidak bisa dicampur kan bersamaan dengan sesama jenisnya.

Karena ikan ini bersifat petarung. Jadi jika ikan ini di campurkan menjadi satu sesama jenisnya otomatis akan bertarung dan ini akan merusak warna dari ikan cupang.

Ikan Cupang sendiri memiliki banyak jenis, hanya saja kita sekarang hanya bisa membedakan dari 2 yaitu ikan cupang petarung dan ikan cupang hias. Cupang hias di nilai dari siripnya yang besar dan berwarna-warni, untuk jenis petarung cenderung memiliki sirip yang kecil tetapi sangat kuat.

Ikan cupang ini mempunyai harga yang sangat berbeda-beda ada harga yang murah hingga harga yang sangat mahal. Untuk harga termurah dari ikan ini bisa anda beli dengan harga Rp. 3000 saja.

Namun  harga ikan cupang yang paling mahal adalah ikan yang biasanya yang menang kontes dan memiliki sertifikat untuk ikan ini bisa mencapai hingga belasan juta.

Ikan ini justru sangat damai jika di satukan dengan jenis ikan lain yang penting bukan sejenisnya ya…

  1. Ikan molly

Untuk ikan hias satu ini memiliki ukuran yang sagat kecil. Hal ini karena Ikan molly merupakan ikan hias air tawar yang tergolong ke dalam keluarga ikan hias air tawar kecil, molly sendiri terdapat banyak jenis yang sangat bervariasi, dan mempunyai warna-warna yang sangat indah yang tidak kalah dengan ikan hias air tawar jenis lainnya.

Ikan Molly

Ikan ini cenderung bersifat tenang daripada ikan hias lainnya, sebaliknya jika di akuarimunmu terdapat ikan predator pasti ikan ini yang dimangsa. Ikan ini sangat bersahabat dengan ikan hias lainnya yang juga bersifat bersahabat.

Jika Anda ingin memelihara ikan hias air tawar  ini Anda tidak perlu untuk menyiapkan akuarium yang besar hanya cukup menyiapkan aquarium dengan ukuran sedang sekitar 40×40 cm saja sudah cukup. Namun kami  sarankan untuk di campur bersama ikan lain yang tidak bersifat pemangsa, pasti akan lebih indah dilihatnya.

Untuk ukurannya sendiri ikan molly ini paling besar bisa mencapai 10 cm. Untuk membedakan jantan dan betina pada ikan ini adalah dari segi ukuran badan, untuk ikan molly jantan lebih kecil dan tubuhnya ramping. Untuk betina lebih besar dan kelihatan gendut.

Untuk ikan hias Molly ini sangat mudah untuk berkembang biak. Dan dari segi makanan pun tidak susah untuk dicari. Karena ikan molly ini adalah omnivora dia memakan segala jenis pakan mulai dari pelet, cacing rambut dan lumut atau tumbuh-tumbuhan.

  1. Ikan Blackghost

Naah… Ikan hias satu ini adalah ikan hias air tawar yang paling banyak di sukai oleh pecinta ikan koi, hal ini karena ikan hias air tawar ini sangat unik.

Ikan Black Ghost Knife

Sebeumnya perlu kita ketahui bahwa Ikan  blackghost ini adalah ikan hias air tawar yang berasal dari padalaman sungai Amazon dan Suriname, ikan hias ini termasuk ke dalam ikan hias nocturnal. Berkeliaran hanya di malam hari, dan saat  siang hari anda akan melihat ikan ini sangat pemalu.

Hal yang paling unik dan menarik dari ikan hias satu ini adalah dia bisa berenang mundur dan gerakannya yang tidak bisa dilakukan ikan lain. Sampai-sampai ikan ini dijuluki sebagai “ikan penari”, hal ini karea ikan hias ini mempunyai sirip yang menggantung dibawahnya dan tubuh yang sangat lentur. Kalau di perhatikan ikan ini berjalankan seperti menari, Menarik bukan?

Untuk makanan terbaik untuk ikan  hias blackghost ini adalah jentik nyamuk, cacing kering, cacing rambut dan juga pelet. Ikan ini mudah di pelihara hanya tinggal memberikan tempat untuk dia bersembunyi. Anda boleh memelihara ikan ini di dalam atau di luar rumah.

Untuk harganya sendiri, Ikan blackghost memiliki harga sesuai ukurannya, semakin besar semakin mahal. Rata-rata untuk ikan blackghost Rp. 10.000-Rp. 200.000, perekornya.

  1. Ikan guppy

"ikan hias air tawar

Naah.. untuk ikan hias air tawar satu ini adalah ikan hias yang pernah booming di indonesia. Ikan hias ini adalah Ikan louhan. Ikan hias satu ini adalah ikan yang sangat terkenal sampai mendunia karena memiliki warna sisik yang berbeda-beda dan benjolan di kepalanya yang berbentuk sangat khas. Habitat asli ikan ini hanya dari Malaysia dan Taiwan.

Meski begitu ikan ini juga bisa sangat terkenal dan digemari oleh orang dari seluruh dunia.

Di Malaysia sendiri ikan ini terkenal dan banyak digemari karena benjolan di kepalanya yang banyak dikenal sebagai “kapal perang”.

Sedankan di negara taiwan sendir jika benjolan pada ikan ini lebih besar dan ekornya panjang merupakan tanda keberuntungan maka ikan louhan ini akan memiliki harga

Di Indonesia ikan ini pernah trend waktu itu harga lohan sangatlah tinggi bisa mencapai puluhan juta, sekarang ikan louhan mudah ditemui karena banyak sekali breedernya. Setelah trend habis, ikan ini mengalami penurunan harga yang sangat jauh.

Untuk sekarang Anda bisa memelihara ikan ini dengan harga Rp. 150.000-Rp. 900.000. Tapi tergantung besar benjolan dan semakin unik warna tubunya ikan ini akan semakin mahal.

  1. Ikan hias koi

Untuk ikan hias air tawar satu ini merupakan ikan hias yang sedang populer saat ini. Ikan koi adalah ikan hias air tawar yang berasal dari negara dari jepang.

Ikan koi dulu hanya dipelihara oleh orang-orang yang berderajat tinggi saja seperti keluarga kasiar,  karena sejarang ini lah kenapa ikan koi menjadi sangt populer dan banyak di minati. Hal ini juga karena ada mitos jika memelihara ikan koi ini di rumah kita akan membawa keberuntungan.

Meskipun dalam sejarah ikan koi hanya di pelihara oleh orang kekaisaran namun semakin kedepan perubahan jaman ikan koi banyak dipelihara oleh orang-orang bisa.

Dan sekarang ikan koi menyebar sampai ke seluruh dunia, karena banyak penghobi dari seluruh dunia juga yang ingin memelihara ikan ini.

Tetapi tetap saja ikan koi kualitas yang terbaik sampai sekarang masih dipegang oleh negara asal ikan tersebut. Dengan harga yang pasti berbeda juga dan sangat mahal.

Ikan koi bisanya adalah ikan yang dipelihara di kolam, jarang sekali ada orang yang memelihara ikan ini di akuraium kecuali saat ukuran masih kecil. Dikarenakan ikan koi mempunyai ukuran yang cukup besar.

Ikan koi juga memiliki variasi warna yang sangat banyak, itu alasannya juga kenapa ikan koi di pelihara di kolam. Akan lebih indah jika memelihara ikan ini dalam jumlah yang banyak, jadi dilihat di kolamnya berwarna warni.

Harga ikan koli sendiri ada banyak macamnya. Untuk harga ikan koi sendiri terganting dari jenis ikan koinya, ukuran ikan koi dan juga warna dari ikan koi sendiri.

Namun sebagai gambaran secara umum Ikan koi bisa di bandrol dengan harga paling murah seharga Rp. 35.000 hingga jutaan rupiah perekornya.

Jika Anda bingung untuk mencari ikan koi dengan kualitas terbaik dan dengan harga yang bersahabat Anda bisa mempercayakannya kepada kami AgroKoi farm, cara mudah hanya cukup menghubungi nomer yang ada di website ini untuk memesan ikan koi yang Anda inginkan.

  1. Ikan hias mas koki

Untuk ikan hias air tawar selanjutnya adalan ikan hias seribu umat, hal ini karena ikan hias satu ini paling banyak di inginkan dan dijual di pasaran. Ikan hias satu ini adalah Ikan mas koki. Ikan hias satu ini adalah ikan hias yang paling banyak di jual dimana-mana, ikan ini termasuk ikan yang paling populer dan banyak yang memelihara ikan ini di akuriumnya.

Ikan mas koki ini memiliki warna yang sangat indah perpaduan warna putih dan merah kejinggaan, dan juga bentuk tubuhnya yang sangat gendut dan sepok membuat ikan ini bergerak sangat lambat. Karena itu yang membuat ikan ini menggemaskan.

Pacinta ikan mas koki melihat ikan ini dari warna dan ukurannya. Ukuran ini membuat mas koki susah untuk melawan arus air, disarankan jika ingin memelihara ikan ini untuk membuat pompa arus  yang tidak terlalu kuat. Supaya mas koki bisa bergerak decara fleksibel.

Untuk ukuran ikan mas koki ini bisa mencapai ukuran 20 cm, untuk harganya sendiri ikan mas koki ini sangat beragam mulai dari 20rb untuk ukuran kecilnya. Semakin besar semakin mahal karena untuk memlihara ini sangatlah susah.

  1. Ikan hias mutiara

Naah.. untuka ikan hias berikutnya ini adalah ikan hias yang lumayan banyak di sukai karen keunikannya. Yaitu Ikan mutiara, ikan ini unik karena memiliki tubuh yang benar-benar bulat seperti muitara, untuk dari warna ikan ini sama seperti ikan mas koki dia mempunyai paduan warna yang beragam.

Ikan Koki Mutiara

Untuk bentuk tubuhnya sendir hampir sama dengan mas koki Cuma lebih bulet aja, ikan ini bergerak sangat lambat dengan sirip ekor yang lebih kecil daripada badanya, membuat ikan ini susah untuk bergerak.

Untuk memelihara ikan ini sama seperti memelihara ikan mas koki. Jangan sekali-kali mencampurkan ini dengan ikan yang bersifat penyerang walaupun ikan yang lebih kecil. Karena ikan hias ini akan sangat rentan untuk di serang.

  1. Ikan hias mas koki mata balon

Ikan mas koi mata balon ini mirip sangat mirip dengan ikan mas koi, tetapi yang bembedakan hanya warna dan matanya. Warna dari ikan ini semua berwarna hitam, kami belumpun belum pernah melihat ikan mas koki mata balon ini dengan warna lain.

Bisa kita lihat bahwa  mata ikan ini sangat berbeda dari ikan lainnya. Lihat saja ikan ini matanya keluar dan sangat besar, itu lah yang membedakan ikan ini dengan mas koki lainnya.

Sedagkan untuk harganya ikan hias ini harganya ikan hampir sama dengan ikan mas koki.

  1. Ikan hias gurame padang

Mungkin Anda sekalian tidak asing dengan ikan gurame, tapiikan gurame ini beda lho….  ikan gurame ini adalah jenis ikan gurame hias. Ikan gurame padang adalah ikan yang memang berasal dari padang, yang membedakan ini gurame padang dan yang biasanya adalah di warnanya. Ikan ini memiliki warna pink muda sebenarnya merah ke kuning-kuningan.

Ikan Hias Gurame Padang

Untuk membedakan gurame ini dengan yang biasa saat kecil adalah dari warnanya yang kuning ke merah-merahan, dan mulutnya yang lancip, dibagian badan dan ekornya lebar. Tetapi pada saat sudah dewasa ikan ini mengalami perubahan yang sangat beda.

Kepala dan dagu dari ikan ini menjadi besar, tidak lancip lagi. Warnanyapun berubah menjadi kuning pucat berbeda dengan waktu kecilnya yang lebih merah.

Kalau ikan padang biasanya orang-orang menjadikan sebagai konsumi tetapi kalau gurame ini kebanyakan orang memelihara untuk dijadikan ikan hias. Biasanya orang menaruh ikan ini di dalam akuarium.

Ukuran ikan ini sangat besar bisa mencapai 60 cm dan berat yang lumayan dengan berat kurang lebih 5kg.

Harga ikan ini tidak mahal pada waktu kecil, anda bisa membeli ikan ini seharga Rp. 15.000, untuk ukuran yang masih sekitar +10 cm. Untuk dewasanya bisa mencapai Rp. 200.000

  1. Ikan hias kumpai

Jika kira perhatikan ikan hias satu ini hampir mirip ikan ikan koi kumpay namun ada perbedaan. Ikan kumpai ini adalah ikan yang termasuk mudah untuk dipelihara.

Fisik ikan kumpai ini sangat mirip dengan ikan koi bentuk memanjang seperti rudal, yang membedakan adalah ikan ini memiliki sirip yang  lebih panjang dan merumbai.

Kumpay Koi

Warna dari ikan ini yang banyak mulai dari, golld, silver, jingga, dan banyak lagi.

Pertumbuhan ikan kumpay ini sangatlah lambat, di sebagian daerah ikan ini juga sering dikonsumsi. Kaming banget ya padahal ikannya bagus, mungkin karena mirip dengan ikan mas biasa makanya orang mengkonsumsinya.

  1. Ikan hias buntal air tawar

Naah.. jenis Ikan buntal air tawar ini jika diperhatikan seksama memang sangat mirip dengan buntal air laut yang membedakan adalah ikan ini tidak bisa mengelembungankan  tubuhnya, tapi dari warna dan bentuk tubuhnya sangatlah mirip. Dari banyaknya jenis ikan buntal, ikan buntal air tawar ini lebih mudah untuk dipelihara.

ikan hias Buntal Air Tawar

Dikarenakan buntal air tawar ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dari buntal jenis lainnya. Ikan ini juga berasal dari Indonesia, lebih tepatnya di Kalimantan dan Sumatra selatan.

Ikan ini adalah jenis ikan karnivora, ikan ini memakan makanan jenis hidup. Dia bisa memakan sibut cacing, cacing beku, bahkan ikan yang ukurannya lebih kecil bisa disantapnya juga. Makanya itu ikan ini adalah sangat buas.

  1. Ikan hias sepat hias

Ikan air tawar selanjutnya adalah ikan yang biasanya kita temui di empang. Yaitu adalah sepat, namun ikan sepat hias  ini berbeda dengan sepat biasa, sepat hias ini memiliki warna tubuh yang sangat berbeda. Salah satu ikan sepat hias yang paling terkenal adalah sepat batik, dia memliki warna garis-garis dan motif yang memang seperti batik.

Ikan Hias Sepat Hias

Ikan ini termasuk dalam suku ikan gurame bentuknya memang hampir sama dengan ikan gurame, selain itu ikan ini juga mirip dengan ikan nila, tetapi ikan ini tidak bisa sebesar kedua ikan tersebut. Maksimal ikan ini memiliki panjang hanya 15-20 cm saja.

Ikan ini merupakan ikan hias yang berasal dari negara tetangga yaitu Malaysia, Thailand, dan ikan ini juga sebenarnya ada di Indinesia, lebih tepatnya untuk negara sendiri itu Kalimantan dan Sumatera. Ikan ini termasuk ikan yang berjenis omnivora, ikan pemakan segalanya.

  1. Ikan hias hiu bala-bala

Untuk Ikan hias ini jika di perhatikan sekilas memiliki tubuh yang sangat mirip dengan ikan hiu, bentuk tubuh yang seperti torpedo dan memiliki sirip yang besar dan disetiap diujung siripnya berwana hitam warna ikan ini juga perak mengkilap. Meskipun begitu ikan ini sama sekali tidak ada hubunganya dengan ikan hiu aslinya lho…

Ikan hias Bala-bala Shark

Sayangnya populasi ikan ini semakin menurun bahkan selama 10 tahun ini mencapai penurunan populasi ikan ini hampir 55%, bisa punah kalau begini terus. Ikan hiu bala-bala ini memiliki tubuh yang cukup besar dengan maksimalnya mencapai 35 cm.

Walaupun ikan satu ini terlihat seperti ikan pemangsa, namun ikan ini sama sekali tidak galak. Sifatnya sangat bersahabat dengan ikan hias lain.

Dan Satu lagi ikan ini suka meloncat disarankan jiak ingin memelihara ikan ini untuk selalu menutup akuraim anda.

  1. Ikan hias belida

Ikan hia air tawar satu ini namanya Ikan belida. Ikan  ini berasal dari Indonesia  dan banyak ditemukan di sungai Sumatera, dapat di temukan juga di Kalimantan, jawa, dan malaya. Orang sumatera biasa menyebutnya ikan belido, nama ini diambil dari salah satu nama sungai di Sumatera, namun  banyak juga yang menyebutnya ikan pipih.

Ikan Hias Belida fish

Ikan ini mempunyai bentuk yang mirip dengan ikan blackghost, akan tetapi ukuran ikan ini jauh lebih besar. Ikan ini juga tidak bisa bergerak secepat ikan blackhost. Warna ikan ini abu-abu dan mempunyai titik hitam di badannya.

Ikan belida ini dulu sangat mudah di temukan, malah dulu belida dijadikan konsumsi. Belida adalah bahan utama dari makanan pempek, kerupuk kemplang, namun karena ikan ini susah didapatkan karena kuliatas sungai mulai jelek dan penangkapan yang berlebih membuat ikan ini hampir pudah, makanya banyak orang yang sekarang membudidayakan ikan ini untuk dijadikan ikan hias akuraium.

  1. Ikan hias buaya/aligator

Ikan hias satu  ini dinamakan ikan hias aligator. Hal ini karena mulutnya yang memoncong ke depan, dan juga memiliki gigi yang tajam. Banyak orang memanggilnya dengan nama ikan buaya, dari bentuk dan warna ini memang mirip ya dengan buaya.

Ikan Hias Aligator

Bentuk tubuh yang memanjang ke depan dan mulut moncong ke depan. Memang sekilas sangat mirip dengan buaya. Dan makanan ikan ini adalah ikan-ikan yang berukuran lebih kecil dari dia.

Untuk Anda yang ingin memelihara ikan ini sangat disarankan untuk tidak mencampur aligator ini dengan ikan hias yang pemangsa karena pasti akan di mangsa oleh ikan ini.  untuk harganya ikan ini cukup mahal ya untuk ukuran yang masih kecilnya yang sebesar jadi orang dewasa bisa mencapai Rp 50.000 perekornya.

  1. Ikan palmas

Nah… Untuk Ikan palmas ini merupakan ikan yang berasal dari negara Afrika Barat. Di Indonesia sendiri ikan ini banyak disebut sebagai ikan naga, sama seperti ikan arwana. Ada juga orang banyak yang menyebut ikan ini adalah ikan ular, karena bentuknya mirip ular.

Ikan Hias Palmas

Makanan ikan ini adalah ikan kecil atau waktu kecil dia memakan cacing rambut. Ikan ini boleh dicampur dengan ikan pemangsa lainnya seperti aligator tadi, atau oscar juga bisa.

Jenis palmas memiliki banyak  jenis warna yang berbeda-beda, dan corak tubuh yang berbeda membuat ikan ini sangat banyak dipelihara oleh orang-orang.

Ukuran ikan ini bisa mencapai panjang 30 cm. Dan untuk harga ikan palmas mulai dari Rp. 10.000 untuk ukuran yang masih kecilnya, masih lumayan terjangkau bukan.

  1. Ikan pari

 Untuk ikan satu ini pasti kita semua sudah tidak asing lagi dengan ikan pari, namun untuk ikan pati air tawar ikan ini jarang sekali yang mengetahuinya. Ikan pari biasanya dikonsumsi diberbagai negara. Ikan ini juga banyak diambil kulitnya untuk dijadikan pajangan di rumah atau bisa dijadikan dompet, tetapi itu untuk ikan pari jenis biasa tidak bisa di jadikan pajangan atu dompet sepeti ikan pari air laut.

Ikan Hias Pari Air Tawar

Ikan ini paling banyak di temukan di Brasil. Dan ikan ini hanya boleh dipelihara dengan surat yang sudah legal, tidak semua jenis pari boleh dipelihara secara umum.

Sekarang pari air tawar dijadikan ikan hias di akuraium, karena mempunyai warna yang macam-macam dan sangat indah jika di pelihara di dalam akuarium

Namun perlu kita ketahui jika semua ikan pari air tawar ini sangatlah beracun, racun ikan pari ini ada dibagian belakang ekor ikan ini. Pada bagian tersebut  memiliki sengatan yang mengeluarkan racun, yang bisa membuat gagal jantung bahkan kematian.

Tetapi para peng hobi ikan hias tidak menyikapinya sebagai masalah. Karena warna dan untuk mendapatkan ikan ini sangat susah, pari air tawar ini memiliki harga yang sangatlah mahal. Untuk yang termahalnya pernah terjual dengan harga 1,3 Miliyar. Dan yang paling urah Anda bisa beli dengan harga 10 Jutaan. Lumayan bukan?

Naah agar lebih jelasnya ini di berbagai jenis dan harga rata-rata ikan pari air tawar dipenjualan dunia.

Pure Black Diamond Stingray Rp 215.000.000
Leo X Motorola Stingray Rp 10.500.000
Flower Stingray Rp 57.000.000
Tiger Stingray Rp 18.500.000
Parnaiba River Stingray Rp 21.500.000
Smooth Back River Stingray Rp 42.000.000
Bigtooth River Stingray Rp 34.000.000
  1. Ikan black shark

Untuk ikan hias yang terakhir adalah ikan black shark. Ikan hias satu ini sebenarnya memiliki banyak warna. Mulai dari black shark, redfin shark, dan yang lainya. Ikan ini tidak galak seperti pada namanya malah ikan ini cocok untuk di gabungan dengan ikan mas koki.

ikan hias Black Shark

Warna yang pure hitam dan mata yang menyala jika terkena lampu membuat ikan ini banyak di cari oleh para penghobi ikan hias namun sayangnya  ikan ini sangat sulit untuk di temukan. Hal ini karena ikan hias satu ini sudah terancam punah, pembudidaya pun tidak bisa membudidaya semua jenis ikan black shark.

Kebanyakan yang dipasaran ikan ini bewarna albino dan rainbow saja.

Naah.. menarik bukan berbagai ulasan di atas.  Untuk Anda yang ingin memelihara ikan ikan di atas Anda bisa memilih ikan yang ingin ada pelihara dan ada disekitar Anda.

Dan di antara banyak jenis ikan hias air tawar saat ini ada satu yang cukup populer karena ke eleganannya, yaitu ikan koi. jika Anda ingin mendapatkan ikan koi Anda bisa mempercayakannya kepada agroKoi Farm dengan menghubungi nomer yang ada di website ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here