5 Jenis Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen atau Aerator

0
1221
Ikan Sapu Sapu

Zonaikan.com – Memandang ikan berenang di akuarium seakan menjadi ketenangan tersendiri untuk para penggemarnya. Bagi pemula, membeli aerator tentu masih dipertimbangkan. Artikel ini membahas khusus Jenis Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen atau aerator

Memang aerator baik utnuk sirkulasi oksigen pada air, namun untuk kalian yang berbudget minim tentu akan malas untuk membeli alat tersebut.

Ketika kalian mau membeli akuarium, ada macam – macam pernak pernik yang juga harus ada supaya ikan itu tidak gampang mati, salah satunya pompa oksigen.

Banyak pencinta ikan yang bertanya-tanya, apa ada ikan hias yang mamu hidup lama tidak menggunakan pompa oksigen atau aerator.

Jenis Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen

Dikutip mantrasukabumi.com dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa jenis ikan hias air tawar yang tidak membutuhkan tambahan dari alat oksigen. Dibawah ini merupakan jenis-jenis ikan yang mampu hidup di akuarium tanpa aerator.

1. Ikan Molly

Ikan Molly biasa dikatakan sebagai ikan balon sebab perut ikan ini ketika usia dewasa akan buncit layaknya balon, mirip ikan mas koki.

Jenis Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen

Ikan ini dibandrol dengan harga yang lumayan murah juga mempunyai corak warna yang bermacam-macam, ikan Molly balon ini sering dicari penggemar ikan hias.

Ikan Molly Balon lumayan gampang dipelihara di akuarium dan tidak butuh perawatan yang intens, dan bisa juga tanpa tambahan oksigen.

Ikan ini mempunyai kekebalan tubuh yang kuat, jadi tidak gampang terkena penyakit. Selain itu, Ikan Molly mempunyai daya tahan tubuh lumayan kuat ketika beradaptasi di lingkungannya.

2. Ikan Cupang

Ikan Cupang mempunyai ekor dan sirip yang indah seperti kipas yang melebar dan mengembang dan bercorak warna-warni yang segar serta sangat indah.

Oleh sebab itu ikan ini tidak gampang mati dan gampang dipelihara, jadi banyak orang yang memelihara sebagai latihan dalam merawat ikan hias.

Ikan Cupang

Ikan Cupang mempunyai sifat agresif, mampu hidup di air yang sedikit. Aneka macam ikan hias air tawar ini masih mampu bertahan meski tidak memakai tambahan oksigen.

Oleh sebab itu, ikan ini mampu hidup di akuarium yang mini. Walaupun demikian, kalian harus merawatnya sebaik mungkin, berilah makan yang teratur dan rawat supaya ikan cupang tidak merasa stres.

3. Ikan Komet

Ikan Komet ialah jenis ikan hias di air tawar yang sangat cantik, badannya ramping memiliki warna merah terang atau putih perak yang berkilap.

Ikan Komet ini mempunyai ekor yang panjang dan berlambai-lambai ketika berenang, memang terlihat seperti ikan koi sebab mereka satu famili.

Walaupun indah, ikan ini berharga tidak mahal dan perawatannya gampang. Siapa saja dapat merawat ikan ini sebab memberi makannya mudah dan tidak rumit.

Ikan Komet juga memiliki daya tahan tubuh yang kuat, jadi kalian tidak butuh menggunakan tambahan oksigen.

4. Ikan Koki

Jenis Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen

Ikan Koki banyak macamnya,dengan postur badannya yang imut karena mempunyai bentuk badan bulat dan pendek.

Oleh sebab itu ikan ini terlihat seakan akan sulit ketika berenang tapi terlihat menggemaskan. Kabar bagusnya ialah ikan mas Koki ini ikan hias yang tidak sulit untuk dipelihara dan sangat tahan dengan kondisi habitatnya.

Oleh sebab itu ikan Koki mampu hidup di akuarium yang tidak ditambahkan aerator atau alat oksigen.

Pastiya, asalkan merawatnya dengan baik, memberi makan dan air akuarium selalu dibersihkan dan sebaiknya jangan disatukan dengan Ikan Komet yang senang menyerang ikan lainnya.

5. Ikan Nila Hias

Ikan Nila bukan cuma jenis ikan yang dapat dikonsumsi, malahan terdapat juga ikan Nila hias. Ikan Nila hias ini mempunyai keindahan corak badannya dan warna yang beraneka ragam jadi enak dilihat.

Ikan Nila berharga tidak mahal ini juga gampang dibudidayakan.
Diatas merupakan jenis-jenis ikan hias air tawar yang dapat kalian pelihara meskipun tidak memakai bantuan aerator.

6. Ikan Sapu Sapu

Ikan Sapu Sapu

Ikan ini ialah jenis ikan air tawar yang jumlahnya masih banyak ditemui di sungai sungai. Bahkan ikan ini pun juga ada di sungai yang sudah tercemar dan masih bisa hidup dengan sangat sehat. Oleh karena itu ikan sapu sapu termasuk jenis ikan kuat yang bisa dipelihara apalagi jika hidup di akuarium.

Ikan Sapu sapu ini banyak dipelihara oleh penghobi ikan hias karena manfaat yang didapatkan ketika memeliharanya. Semua pasti tahu kan sesuai dengan namanya ikan ini bisa membersihkan akuarium dari lumut lumut atau alga yang tumbuh di akuarium.

7. Ikan Lele Hias

Ikan Lele Hias

Ikan lele hias ini juga termasuk jenis ikan yang tahan banget meskipun tanpa gelembung udara atau aerator di akuarium. Jangan sampai ketinggalan memelihara ikan ini ya. Ikan lele hias ini tak perlu anda khawatirkan jika listrik mati. Karena ikan lele hias ini sangatlah kuat bisa dipelihara tanpa bantuan oksigen atau aerator.

8. Ikan Platy

Jenis selanjutnya yang dapat hidup tanpa aerator atau oksigen di akuarium adalah ikan Platy. Untuk selengkapnya tentang ikan platy anda bisa baca artikel kami yang terkait ini jenis dan harga ikan platy

9. Ikan Swordtail atau Ikan Pedang

Ikan Swordtail

Ikan ini bisa hidup tanpa gelembung udara atau aerator di akuarium. Ikan hias ini termasuk dalam jenis ikan platy.

10. Ikan Guppy

Ikan Guppy

Ikan Guppy bisa hidup tanpa gelembung udara di akuarium. Bagi anda yang ingin memeliki ikan yang tahan atau kuat jangan lupa untuk membeli ikan Guppy ya. Ikan guppy pun juga bisa dipelihara dalam jumlah yang banyak di dalam satu akuarium, namun tetap perhatikan kapasitas ya agar mereka tidak berebut tempat.

Meskipun ikan ini bisa hidup tanpa aerator namun alangkah lebih baiknya untuk menambahkan aerator untuk kesehatan dan kenyamanan ikan ikan yang kita pelihara.

Tetapi, perlu diingat kalian harus selalu menjaga air akuarium selalu bersih, dengan mengganti secara berkala.

Demikian ulasan dari kami tentang Jenis Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen atau aerator semoga bermanfaat khususnya bagi anda yang baru memulai hobi memelihara ikan hias di akuarium. Semoga bermanfaat ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here