10 Jenis Ikan Louhan yang Cantik untuk Dipelihara

0
322
Ikan Louhan Red Dragon

Zonaikan.com – Ikan Lou Han (Louhan) atau Flowerhorn merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling terkenal di wilayah Asia. Daya tarik ikan louhan berada di jenong atau benjolan di bagian kepala. Selain itu, warna sisiknya juga menyala sehingga terlihat sangat cantik.

Habitat asli ikan hias yang satu ini berasal dari Taiwan dan Malaysia. Namun ikan louhan sekarang ini sudah banyak dipelihara dan bahkan dibudidayakan oleh masyarakat di seluruh belahan dunia.

Perlu diketahui bahwa ikan louhan sebenarnya merupakan hibrida buatan manusia. Sementara ikan louhan yang bisa Anda jumpai di alam bebas merupakan louhan yang memang sudah dilepaskan oleh manusia.

Ikan hias ini menjadi sangat terkenal saat dikembangkan pertama kali di Thailand, Taiwan, dan Malaysia. Meski demikian, untuk di negara Australia (Oceania), impor ikan hias ini telah dilarang.

Sebagian orang percaya bahwa memelihara ikan louhan bisa membawa keberuntungan. Terlepas dari kepercayaan ini, memelihara ikan hias louhan adalah hobi yang sangat mahal. Ini karena louhan membutuhkan area yang cukup luas, belum lagi harga ikannya yang sangat mahal.

Ada banyak sekali jenis ikan louhan yang bisa kita temui di dunia. Sebagian jenis tersebut merupakan hasil persilangan antar ikan lohan. Maka tak heran, jika perbedaan fisik antar ikan louhan tidak jauh berbeda.

Nah, kali ini kami akan memberikan info tentang jenis-jenis ikan louhan tersebut. Setiap jenisnya sudah memiliki tampilan yang sangat cantik sehingga nampak indah untuk dipelihara. Namun sebelum itu, kami disini akan membahas terlebih dahulu mengenai cara memilih ikan louhan yang sehat.

Cara Memilih Ikan Louhan dengan Tepat

1. Ikan Louhan yang Sehat

Sebelum mengambil keputusan untuk memelihara ikan louhan, hal penting yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah kesehatan ikan. Jika Anda salah dalam membeli ikan, maka bisa jadi Anda akan mendapatkan ikan yang tidak sehat alias sakit.

Hal tersebut tentu akan sangat merepotkan terlebih jika Anda tidak paham bagaimana cara menangani louhan yang sakit, sehingga umur ikan yang baru dibeli pun akan pendek. Dengan demikian maka secara tidak langsung uang Anda telah melayang dalam waktu singkat.

Maka dari itu, Anda harus teliti terlebih dahulu mengenai kesehatan ikan yang ingin dibeli. Ikan louhan yang sedang tidak sehat biasanya memiliki bintik-bintik berwarna putih atau bercak jamur yang telah menempel di bagian tubuhnya.

Disamping itu, louhan yang tidak sehat biasanya tidak agresif, gerakannya sangat lambat dan bahkan posisinya juga miring saat berenang atau nampak seperti tiduran di dasar akuarium.

2. Usia Ikan Louhan

Jika Anda memiliki rencana untuk merawat ikan louhan dalam jangka waktu yang cukup lama, sangat disarankan untuk membeli ikan yang masih kecil atau baby. Ikan louhan yang masih kecil atau baby tentu belum memiliki jenong sama sekali. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tubuhnya semakin besar sehingga jenongnya nanti juga akan ikut membesar.

Nah, pastinya Anda akan merasa sangat bangga jika sudah berhasil merawat ikan louhan dari kecil sampai tumbuh dewasa, bukan?

3. Bentuk Tubuh

Ikan louhan yang memiliki kondisi tubuh cukup baik biasanya ditandai dengan tubuh pendek tetapi “kekar”. Mengapa demikian? Hal ini karena ikan louhan yang agresif dan aktif termasuk ikan yang sehat.

Jika ikan louhan tersebut semakin agresif dan aktif bergerak, maka sudah pasti tubuhnya akan semakin padat berisi.

4. Warna

Tips memilih ikan louhan yang sehat berikutnya adalah dengan melalui warna tubuhnya. Dalam hal ini Anda harus memilih ikan louhan yang memiliki warna cerah menyala jika dibandingkan dengan louhan yang warnanya gelap agak kehitaman.

Itulah cara memilih ikan louhan yang sehat, dengan mengetahui cara-cara diatas maka diharapkan Anda sudah bisa memilih louhan yang tepat untuk dibeli. Jika Anda sudah paham, sekarang mari kita simak pembahasan mengenai beberapa jenis ikan louhan di bawah ini.

Berbagai Jenis Ikan Louhan yang Cantik

1. Kamfa (Cinghwa)

Ikan Louhan KamfaJenis ikan louhan cantik yang pertama adalah Kamfa atau yang biasa disebut dengan Cinghwa di Indonesia. Kamfa sendiri adalah varietas ikan louhan yang asli.

Karakteristik dari louhan Kamfa yaitu memiliki mata cekung, warnanya kuning atau putih, ekor kipas, benjolan di bagian kepala dengan warna air (sedikit transpara jika ukurannya sudah besar), bibir kecil, bentuk tubuh yang lebih cenderung kotak dan kecil, namun untuk bagian jenongnya bisa tumbuh menjadi sangat besar.

2. Golden Base (Faders)

Ikan Golden BaseGolden Trimac, Golden Base, atau Faders merupakan salah satu jenis ikan louhan yang juga memiliki tampilan sangat cantik. Kenapa dinamakan Faders? Ini karena saat masih muda, warna pada bagian sisik ikan louhan ini akan menghilang dan mengalami perubahan menjadi hitam seutuhnya.

Jadi semakin bertambahnya usia, maka warna sisik yang dimiliki oleh ikan louhan Faders akan memudar kembali menjadi jauh lebih cerah. Ikan louhan Golden Base umumnya memiliki warna kuning dan merah. Jenis ikan louhan ini sebenarnya masih satu keluarga dengan louhan Red Texas.

3. Red Texas

Ikan Louhan Super Red TexasJenis louhan yang tak kalah cantik selanjutnya adalah Red Texas. Ikan louhan Texas adalah hasil persilangan dari ikan louhan Texas Hijau jantan dengan lohan ikan louhan King Kong Parrot atau Mammon Betina.

Meskipun ikan ini memiliki nama Red Texas, tetapi warna ikan louhan ini tidak seluruhnya merah. Dan, untuk grade mereka sendiri juga ada peringkatnya sesuai dengan urutan warna.

Ikan yang tidak mutasi adalah ikan louhan yang memiliki tingkatan paling rendah. Red Texas yang berwarna kuning memiliki arti tingkatan ke 2 yang paling rendah. Oranya adalah ketiga terendah, namun jenis louhan yang satu ini merupakan yang paling banyak.

Coral (sedikit pink) adalah tingkatan ke 4 yang paling rendah. Sedangkan untuk Red Texas Merah adalah tingkatan yang paling tinggi dan banyak diincar oleh para pecinta ikan hias.
Meskipun ikan louhan jenis ini memiliki warna yang cukup beragam, tetapi Red Texas tetap memiliki sebuah ciri yang sama, yaitu pada bagian sisiknya nampak sangat berkilau.

4. Zhen Zhu (Cencu)

Ikan Louhan CencuIkan louhan Zhen Zhu (cencu) merupakan jenis ikan louhan yang paling terkenal dan banyak diminati di Indonesia. Zhen Zhu sendiri memiliki arti Pearl Flowerhorn, yang maknanya adalah benjolan ikan louhan yang seindah mutiara. Jenis ikan louhan yang satu ini adalah keturunan dari louhan Kamfa.

Baca Juga : cara memilih bibit ikan louhan

Karakteristik yang dimiliki oleh ikan louhan Cencu adalah bentuk tubuh yang lebih bundar, mata merah yang nampak menonjol, mulut lebih besar, dan jenong di bagian kepala yang sangat besar.

Karena memiliki jenong di bagian kepala yang sangat besar dan terlihat cantik, maka banyak sekali orang yang mengawin silangkan ikan louhan Cencu dengan louhan jenis lainnya.

5. Golden Monkey (Kamalau)

Ikan Louhan KamafaluDilihat dari namanya mungkin Anda akan berpikir bahwa Golden Monkey adalah nama seekor monyet. Namun disini Golden monkey merupakan nama dari ikan louhan dan biasa disebut dengan Good Fortune atau Kamalau. Varietas louhan yang satu ini juga sangat terkenal di Indonesia.

Golden Monkey pertama kali dibudidayakan oleh Mr Laam Soon dan Lam Seah di Bercham, Ipoh, Malaysia. Pada tahun 2001, jenis louhan ini sudah berhasil menembus pasaran setelah melalui generasi ke 3 pembuidayaanya.

Louhan Kamalau adalah varietas ikan louhan asli yang bukan merupakan campuran antara Cencu ataupun Kamfa. Maka dari itu, harga louhan Kamalau di pasaran sekarang ini terbilang sangat mahal.

Namun yang paling mahal harganya sudah pernah terjual pada tahun 2009 lalu di Malaysian Exhibition yang mencapai 600 ribu dolar. Sangat fantastis, bukan?

6. Thai Silk

Ikan Louhan StromeVarietas ikan louhan berikutnya yang cocok untuk dijadikan sebagai ikan hias dirumah adalah louhan Thai Silk. Sesuai namanya, ikan louhan ini merupakan louhan asli Thailand.
Karena warnanya yang terbilang unik, ikan louhan Thai Silk ini juga biasa disebut dengan Titanium. Ikan louhan Thai Silk sendiri termasuk dalam varietas louhan terbaru.

Berbeda dengan ikan louhan pada umumnya yang memiliki warna cerah menyala, louhan Thai Silk jusru kebalikannya. Ikan louhan ini memiliki warna biru metalik, putih, dan juga emas.

Ikan louhan Thai Silk yang telah dikawinkan dengan louhan Kamfa akan menghasilkan ikan louhan unik bertubuh Kamfa yang memiliki warna mata biru, merah, dan putih.

7. Blood Parrot

Louhan Blood ParrotIkan louhan ini terlihat sangat unik dan mempesona, kan? Nama louhan ini adalah Blood Parrot. Ikan louhan Blood Parrot adalah hasil perkawinan silang antara King Kong Parrot dan Cichlid Hybrid.

Baca Juga : cara budidaya ikan louhan cencu

Alasan mengapa ikan louhan Blood Parrot merupakan Cichlid Hibrida pertama adalah ukuran kepalanya yang terbilang sangat besar dengan ukuran tubuh yang jauh lebih kecil. Mata ikan louhan yang satu ini nampak sangat menonjol dan mulutnya memiliki bentuk seperti V.

8. Tan King

Louhan Tan KingJenis ikan louhan yang cantik ini memiliki nama Tan King. Ikan lohan Tan King merupakan salah satu jenis ikan louhan yang paling terkenal dan memiliki harga jual paling mahal untuk sekarang ini.

Banyak sekali pecinta ikan hias yang menyukai louhan Tan King karena memang memiliki tampilan yang jauh lebih cantik dibanding louhan lainnya. Apalagi jika dirawat dengan baik maka akan nampak sekali perbedaan kemajuannya.

Ikan louhan Tan King pertama kali dikembangbiakkan oleh Mr. Tan yang berasal dari Vietnam. Cara mengembangbiakkanya adalah dengan mengawinkan Kamfa dengan Zhen Zhu.

Hasil dari perkawinan silang tersebut adalah ikan louhan yang mempunyai bentuk jenong mirip dengan King Kamfa. Namun ikan louhan ini memiliki tubuh dan bagian sirip yang lebih mirip dengan louhan Zhen Zhu.

Sebagian besar ikan louhan Tan King mempunyai bagian mata yang nampak menonjol dengan ekor yang jauh lebih bulat seperti louhan Zhen Zhu.

9. King Kamfa

Louhan KamfaKing Kamfa adalah jenis ikan louhan yang berasal dari keluarga Kamfa. Karakteristik fisik yang dimiliki oleh louhan King Kamfa adalah mata cekung dengan warna kuning atau putih.
Meskipun demikian, ada juga louhan King Kamfa yang memiliki mata merah. Namun kasus seperti ini sangat jarang ditemukan. Ikan louhan King Kamfa aslinya berasal dari Thailand, namun telah “terlahir kembali” di negara Vietnam.

Baca Juga : Dipercaya sebagai pembawa kesejahteraan dan kebahagiaan inilah asal usul ikan louhan

Bentuk tubuh ikan louhan King Kamfa ini memiliki ciri khas yang sama dengan Kamfa, yaitu ekor kipas dengan bagian tubuh yang jauh lebih panjang dibanding dengan jenis kamfa lainnya. King Kamfa merupakan jenis ikan louhan dari keluarga Kamfa yang memiliki harga paling mahal.

10. Red Magma

Louhan Red DragonIkan louhan terakhir yang memiliki tampilan sangat cantik adalah Red Magma. Louhan yang satu ini merupakan varietas ikan louhan dari Cencu.

Varietas ini sebenarnya telah terbagi menjadi dua macam, yaitu Super Reg Magma (SRM) dan Super Red Dragon (SRD). SRM memiliki bentuk yang hampir mirip dengan SRD, namun yang menjadi pembeda adalah jenongnya yang jauh lebih besar dan mutiaranya nampak lebih cantik.

Itulah beberapa jenis ikan louhan cantik yang bisa dijadikan sebagai ikan hias atau ikan peliharaan dalam akuarium. Namun perlu diketahui bahwa louhan merupakan ikan yang sangat egresif, jadi Anda tidak bisa mencampur beberapa jenis louhan dalam akuarium yang sama.

Jika ingin memelihara beberapa jenis ikan louhan sangat disarankan untuk menggunakan akuarium yang berbeda. Tujuannya tak lain supaya ikan louhan dalam akuarium nantinya tidak saling menyerang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here