10 Jenis Ikan Manfish Paling Populer Dan Harganya Terbaru

Jenis ikan manfish–  Halo para pecinta kan hias, pada kesempatan kalai ini kami agro koi farm akan salah satu ikan hias air tawar  yang paling banyak di cari.  Seperti yag kita ketahui banyak sekali jenis ikan hias  yang bisa kalian pelihara di rumah.

Ikan Manfish

Di dunia ini ada banyak sekali jenis ikan hias, baik ikan hias air tawat maupun ikan hias air laut. Nah salah satu jenis ikan hias air tawar yang merupakan ikan hias yang banyak di cari adalah ikan hias air tawar manfish. Dan yang perlu kita ketahui ikan hias  manfish merupakan jenis ikan hias air tawar yang unik dan menawan.

kenapa ikan hias satu ini bisa jadi ikan hias yang unik? Hal ini karena ikan manfish (pterophyllum scalare) atau biasa disebut dengan ikan Angelfish memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda dengan jenis ikan lainnya.

Pada tubuh pipihnya terdapat sirip atas bawah yang membentang lebar bak anak panah disertai ekornya yang panjang. Ditambah gerakannya yang lambat bak layang-layang di atas udara.

Dari segi warna secara umum ikan manfish memiliki tubuh keperakan dengan mata merahnya. Kemudian terdapat garis-garis vertikal melintang di antara tubuhnya.

Meski begitu hal ini juga tergantung jenis ikan manfish itu sendiri. Setiap jenis manfish memiliki warna dan varian yang berbeda. Pada kesempatan ini agroKoi farm akan bahas tuntas.

Sifat dari ikan manfish yang damai membuat pembelinya tidak khawatir untuk disatukan dalam akuarium dengan jenis ikan lainnya

Habitat Ikan Mansfish atau Angel Fish

Ikan Manfish

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai ikan ikan manfish ada baiknya kita mengetahui asal usul atau habitat dari ikan ini.

Perlu kita ketahui jika Ikan manfish termasuk keluarga ikan hias Cichlidea. Yang berasal dari sungai Amazon tepatnya di daerah Kolombia, Brazil dan Peru. Lokasinya Amerika Selatan.

Meski ikan manfish berasal dari amerika selatan namun  sudah Banyak dipelihara di Indonesia. Bahkan karena  permintaan pasar yang banyak, membuat orang-orang banyak yang membudidayakan ikan jenis ikan manfish ini.

Jenis Ikan Manfish dan Harganya

Naah.. untuk para penggemar ikan hias mungkin sebagian kita ada yang belum paham kalau ikan manfish memiliki banyak jenis dan beragam warna. Namun dari segi bentuk fisik tubuh ikan manfish hampir semuanya sama. Hanya saja di masing masing jenis terdapat varian warna dan corak yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya  macam macam ikan manfish atau layang-layang di bawah ini yang populer di kalangan pecinta ikan hias dan ada banyak di pasaran:

  1. Jenis Ikan Manfish Zebra atau Zebra Angel Fish

untuk ikan manfish pertama ini memang kerap kita temukan di toko aquarium. Angelfish yang satu ini mempunyai garis vertikal yang menyerupai zebra, makanya dia kerap disebut sebagai zebra manfish.

Ciri-ciri utama adalah warna dasarnya perak kehijauan. Memiliki sirip dada berwarna putih dan mata berwarna merah. Ditambah 4 garis hitam di tubuhnya.

Untuk jenis ikan hias satu ini memiliki harga standar manfish sekitar Rp5.000 sampai Rp7.000. Namun semua tergantung pada wilayah masing-masing bisa jadi lebih murah dan bisa jadi lebih mahal ya guys..

  1. Ikan Mainfish Slayer Black White

Untuk jenis ikan hias manfish Slayer merupakan jenis yang paling unik dan menarik dibandingkan jenis ikan layang-layang lainnya.

Panjang pada Slayer ikan manfish jenis ini dapat mencapai hampir 20 cm atau bahkan bisa lebih dari itu. Untuk warna sama seperti kebanyakan manfish lainnya yaitu berwarna hitam dan putih.

 Untuk harga sendiri jenisikan manfish jenis ini bisa di badrol sekitar Rp10.000 hingga Rp25.000. Tapi ini pun tergantung pada ukuran dan daerah masing-masing.

  1. Ikan Manfish Silver Perak

Untuk selanjutnya adalah ikan manfish silver. Ikan manfish jenis ini juga banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan warna khas perak disertai garis vertikal hitam di tubuhnya membuat mata kita betah memandangnya. Ikan ini termasik jenis ikan yang mudah dipelihara dan tidak gampang mati. Sebab ketahanan tubuhnya sangat bagus.

Ikan Manfish

Adapun ciri-ciri ikan manfish silver adalah:

  1. Warna dasarnya perak.
  2. Hanya memiliki 3 garis hitam di tubuhnya yang pipih.
  3. Terdapat warna kuning kehitaman tepat di atas tubuhnya mulai dari kepala sampai ekor ikan.

Untuk harga dari ikan hias manfish ini juga standart hanya di badrol sekitar Rp10.000.

  1. Jenis Manfish Half-Black Angelfish

Untuk ikan  hias jenis manfish satu ini sesuai dengan namanya, jenis yang satu ini memiliki corak warna tubuh setengah hitam, meski cukup menarik dan unik.

Namun sayangnya ikan manfish jenis ini kurang terkenal di pasaran. Berdasarkan gambar di atas, ikan hias   Angelfish half Black ini memiliki ciri sebagai berikut : bagian belakang dan putih kuning di bagian depan.

Begitu juga pada sirip punggung dan perutnya memiliki warna setengah hitam. Adapun sirip dada atas berwarna putih, lalu di bagian atas depan warnanya kuning keemasan.

  1. Manfish Gold atau Ikan Layang Layang Emas

Untuk ikan manfish jenis ini di Indonesia Manfish golden marble kerap dipanggil sebagai ikan manfish emas. Sebab warna emasnya lebih mendominasi dibandingkan warna perak.

 Menurut catatan sejarah, ikan ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Jadi wajar kalau jenis ini juga populer di Indonesia.

Ikan manfish jenis ini memiliki Ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Warna tubuhnya perak keemasan. Lebih dominan emas
  2. Matanya berwarna hitam. Bukan merah seperti jenis lainnya.
  3. Warna sirip dadanya putih.
  4. Sedangkan bagian punggung ikan ini emas orange.
  5. Dan bagian sirip, ekor dan perut berwarna emas bening.

Tapi perlu kita ketahui bahwa warna-warna tersebut tidak akan keluar jika ia masih kecil. Biasanya semakin tua usia ikan tersebut maka warna emasnya akan semakin mencolok.

  1. Angel Fish Marble

Untuk ikan manfish jenis ini cukup ini. namanya ikan manfish marble. Arti daari nama Marble adalah marmer. Seperti namanya jenis ikan manfish yang keenam ini memiliki warna dasar marmer. Atau orang-orang menyebutnya seperti batu marmer.

Ikan jenis ini memiliki Ciri-ciri yang khas di siripnya bergaris hitam dan terdapat sedikit warna emas atau kuning lemon di sisi kepala. Dengan keindahan dan keunikan ikan manfish ini begitu ikan ini sangat cocok apabila diletakkan di akuarium rumah kita.

  1. Ikan AngelFish Blushing

Untuk ikan manfish Blushing juga tidak kalah uniknya. Kata Blushing berasal dari bahasa Inggris yang artinya memerah. Sehingga ikan ini identik dengan warna merah pada bagian tubuhnya seperti sedang memakai make up blush on. Meskipun warnanya hanya merah, namun tetap membuat para pecinta ikan tertarik dengannya.

ikan jenis manfish ini memiliki Ciri-ciri  sebagai berikut:

  1. Mata ikan berwarna hitam
  2. Semua sirip dan tubuh ikan berwarna putih tulang
  3. Warna dasar ikan putih
  4. Pipi ikan berwarna merah seperti memakai make up blush on.

Untuk harganya sendiri tim kami belum tahu updatenya. Tapi seperti biasanya ikan manfish ini kebanyak memiliki harga  yang standart

  1. Koi Angel Fish

Seperti namanya, ikan manfish ini memiliki bentuk dan warna yang mirip dengan ikan koi. Ikan tersebut biasa dikenal dengan sebutan Koi Angelfish.

Ciri ciri Angelfish Koi ini memiliki sirip ikan berwarna putih bening. Warna dasar putih campur orange kemerahan dan terdapat bercak bercak hitam di tubuhnya.  Naah karena ikan manfish jenis ini memiliki warna yang sangat indah dan elegan seperti warna ikan koi  makan ikan manfish jenis ini sangat banyak di minati.

Hal ini karena memang ikan koi merupakan  jenis ikan hias air tawar yang memiliki  warna yang sangat indah dan elegan. Saat ini ikan koi merupakan salah satu ikan hias air tawar yang sangat di cari dan menjadi favorit banyak orang.

Naah jika penasaran dengan harga dan juga berbagai jenis ikan koi kami menyediakan berbagai jenis ikan koi dengan kualitas terbaik dan dengan harga yang sangat bersahabat. Anda bisa menghubungi nomer customer service yang ada di website ini.  Dan untuk informasi berbagai jenis ikan koi dan harganya Anda bisa menghubungi kami agro koi farm.

  1. Angel Fish Dusky Blushing

Untuk jenis ikan manfish jenis ini jika kita perhatikan  bentuk dan warhanya hampir sama dengan ikan manfish jenis blushing angelfish.

 Namun ada perbedaan mendasar Ikan manfish jenis ini juga memiliki corak warna merah di pipinya. Tapi ada dusky-nya. Hal ini karena Dusky ikan manfish jenis sendiri memiliki makna hitam. Jadi, pipi ikan tersebut berwarna merah dan mata berwarna hitam.

Ikan Manfish

Selain pipinya berwarna kemerahan, dia memiliki warna dasar tubuhnya putih. Matanya hitam dan terdapat garis hitam di setiap sirip ikan. Untuk harganya sendiri ikan manfish jenis ini memiliki harga yang standart. Seperti ikan manfish pada umumnya. Namun perlu kita ketahui juga jika harga setiap daerah berbeda.

  1. Ikan Hias Manfish Althum

Untuk ikan hias satu ini merupakan ikan hias manfish Althum. Ikan ini merupakan jenis ikan manfish terbesar dan yang paling mahal harganya. Sebab dalam bahasa Inggris sendiri althum artinya tinggi. Dan apabila kalian merawat ikan ini dengan baik, mungkin bisa mencapai ukuran maksimal 40 cm.

Meskipun ukan manfish jenis ini memiliki ukuran yang besar namun menariknya ikan hias jenis ini tidak galak. Dan tetap jinak dan damai seperi ikan manfish jenis lainya.

Ikan angelfish althum sendiri memiliki ciri-ciri warna hitam kecoklatan ada pula yang bilang putih keabu-abuan. Ikan manfish ini mempunyai 3 garis vertikal berwarna hitam dari atas sampai bawah. Pada ujung ekornya terdapat warna belang-belang orange dan putih.

Naah bagaimana menarik bukan?  Itulah 10 jenis ikan manfish atau angelfish atau layang-layang yang paling banyak di pasaran dan banyak di cari oleh para penggemar ikan hias. Semoga artikel ini ini dapat menambah wawasan para pecinta ikan hias di Indonesia dna bisa menjadi referensi Anda sebelum memilih ikan hias air  tawar yang ingin Anda beli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here