8 Jenis Ikan Molly Paling Populer Lengkap Beserta Gambarnya

Ikan Hias Air tawar jenis ikan molly – Halo para penggemar ikan hias. Seperti yang ketahui, di Dunia ini banyak sekali jenis ikan hias baik air tawar maupun air laut.

Ikan Molly

Naah untuk jenis ikan hias air tawar sendiri ada banyak sekali jenis ikan hias yang dapat dipelihara, dari yang berukuran besar sampai berukuran kecil. Semuanya bisa kalian pelihara di rumah sesuai selera masing-masing.

Adapun untuk ikan molly sendiri merupakan salah satu daftar ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan berukuran mungil. Makan dari itu ikan ini kelihatan sangat lucu.

Ikan dengan nama latin Poecilia sp ini hanya memiliki ukuran maksimal 12 cm. Meskipun berukuran kecil, ikan molly memiliki bentuk fisik yang unik serta warna yang indah.

Warnanya ikan molly sangat beragam, semua tergantung pada jenisnya masing-masing. Ada yang bintik-bintik, ada yang merah dan ada pula yang hitam. Karena hal ini juga ikan hias air tawar wsatu ini sangat cocok untuk dipelihara di dalam akuarium mini bersamaan ikan ikan kecil lainnya.

selain itu juga kita juga tidak perlu bingung mencampurkan ikan molly bersama ikan kecil lainnya, karena ikan molly memiliki sifat yang pendamai. Tidak suka mengganggu ikan yang lebih lemah. Yang penting jangan dicampur dengan ikan predator, hal ini karna dalam waktu satu menit ikan anda akan habis semua di santap oleh ikan predator.

Perlu kita ketahui bahwa ikan molly ada banyak jenisnya. Lalu apa saja sih jenis ikan molly yang paling bagus?

Jenis Ikan Molly dari yang Termahal sampai Termurah

Ikan Molly

Ikan molly merupakn ikan yang memiliki tubuh unik dan terdapat banyak jenis. Naa… Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang melakukan perkawinan silang dan mutasi genetik. Hal itu membuat adanya jenis jenis baru dari ikan Molly.

Ikan molly merupaka jenis ikan yang mudah beranak pinak. Seperti contoh Jika Anda memiliki Ikan Molly satu pasang. Maka ikan Anda ini akan berkembang biak, sehingga tidak lama kemudian mereka berana k pinak dan tambah banyak. Apakah kerepotan mempunyai banyak ikan molly? Tentu saja tidak.

Hal ini karena ikan molly merupakan salah satu ikan yang mudah dipelihara. Cukup dikasih makan pelet sama cacing doang.

Untuk lebih jelasnya berikut kami Agrokoi farm sudah merangkum semua jenis ikan molly yang bisa dijadikan referensi oleh siapa saja yang ingin memelihara ikan hias molly di rumahnya :

  1. Ikan Molly Wild Green Sailfin

Untuk jenis ikan molly pertama ini merupakan jenis ikan molly wild green. Ikan molly jenis ini memiliki nama latin Poecilia Petenensis. Dan masuk ke dalam kelompok sailfin molly yang artinya, molly bersirip panjang.

Untuk Spesies molly satu ini banyak dijumpai di kawasan Afrika Tengah tepatnya di Danau Peten Guatemala. Memiliki ukuran tubuh yang paling besar di antara molly molly lainnya, yaitu 15 cm.

Sesuai namanya, molly wild green mempunyai warna dasar abu abu kehijauan dengan sirip punggung lebar dan ujungnya berwarna orange.

  1. Jenis Ikan Molly Yucatan Molly

Untuk jenis ikan molly yang kedua adalah ikan Yucatan Molly. Nama latin dari ikan molly ini adalah Poecilia Velifera. Ikan ini juga tergolong saillfin molly.

Ikan hias satu ini hanya mempunyai ukuran maksimal 12 cm. Ikan yucatan molly ini berasal dari San Antonio Texas. Untuk warna yang kerap dijumpai adalah ikan warna merah dan ada sedikit putih di bagian perutnya. Ikan ini terlihat cantik karena bersirip lebar.

  1. Molly Poecilia Latipinna

Masih ke dalam kelompok saillfin molly (sirip panjang). Ikan molly dengan nama latin Poecilia Latipinna merupakan jenis yang terbilang unik. Memiliki pola bintik bintik pada tubuhnya dengan sirip punggung yang agak lebar.

Habitat ikan Poecilia Latipinna berada di sungai San Antonio Texas. Untuk ukuran Ikan ini hanya memiliki besar maksimal 12 cm dan umur rata rata cuman 3 tahun. Biasanya molly betina lebih besar dibanding yang jantan.

  1. Ikan Hias Molly Marbel

berikutnys untuk Ikan molly keempat ini merupakan hasil perkawinan silang yang kemudian menghasilkan jenis bernama molly marbel. Nama tersebut mengikuti warna fisiknya yang cantik, yaitu didominasi warna putih dan disertai bercak bercak hitam di dalamnya.

Untuk Molly marbel ini banyak dijual di toko ikan dan sudah sangat populer di kalangan para penghobi ikan hias air tawar.

  1. Jenis Ikan Molly Balon

Ikan Molly

untuk jenis ikan molly satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para penggemar ikan hias hanya dengan melihat gambar. Iya.., jenis ikan molly tersebut termasuk yang paling populer. Harganya pun sangat murah, cuman 5-6 ribu rupiah dapat 2/3 ekor. Namanya adalah molly baloon.

Ikan molly jenis ini memiliki perut besar dan buncit seperti balon. Warnanya bervariasi, ada yang belang belang, merah, kuning atau jingga.

  1. Ikan Black Molly

Nah untuk ikan mollyjenis ini hampir sama seperti molly balon. Jenis black molly ini juga cukup terkenal dan menjadi primadona bagi pencinta ikan hias air tawar di Indonesia.

Ikan ini disebut black molly karena dia memiliki warna hitam pekat. Harganya juga ekonomis, keluarkan saja uang 10 ribu pasti sudah dapat banyak. Jangan khawatir soal harga, sebab semua jenis ikan molly harganya relatif murah. Paling paling yang termahal tidak sampai ratusan ribu rupiah. Apalagi jutaan. hehe

  1. Molly Golden Black

Untuk jenis ikan molle berikutnya adalah ikan Molly Golden Black. ikan ini memiliki ciri ciri tubuh yang khas. Yaitu berwarna keemasan di bagian kepala sampai perut. Lalu sebagiannya lagi berwarna hitam.

Perpaduan warna seperti inilah yang menjadikannya nampak cantik dan indah. Kalian para ikan hias lovers bisa membelinya di toko ikan hias terdekat. Harganya tidak jauh beda dengan jenis lainnya.

  1. Jenis Ikan Hias Molly Lyretail

Untuk ikan molly jenis Lyretail ini mempunyai bentuk fisik seperti black molly. Hanya saja memiliki ciri khas pada ekornya dan warnanya beragama. Ekornya seperti ada pita di bagian ujung atas dan bawah.

Dan rata rata berwarna belang belang dikombinasikan dengan warna cantik. Ada juga yang Dalmatian Lyretail (mirip marbel) seperti gambar di atas. Jadi sangat cocok dipelihara di akuarium mini di rumah anda.

Ikan Molly
Naaah.. sleain kedelapan jenis molly di atas, masih banyak lagi jenis sebenarnya jenis ikan molly lainnya. Sebab saking banyaknya perkawinan silang, maka akan timbul jenis jenis baru lainnya. Ada juga Lyretail black molly, Platinum. Lalu ada dalmantion molly yang mirip marbel molly namun dia berwarna silver dengan bercak-bercak hitam.

Terus ada juga common molly dan lain lain. Intinya secara global hanya dikelompokkan menjadi dua: Sailfin molly (Sirip Panjang) dan Short-fin molly (Sirip Pendek)

Bagaimana? Menarik kan untuk berbagai jenis ikan molly ini? Apakah Anda ingin memelihara ikan molly di rumah Anda?

Referenai foto : https://www.hobinatang.com/2018/03/jenis-ikan-molly.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here