Jenis Ikan Pembersih Akuarium dari Lumut, Alga, dan Kotoran Lain

0
23
Ikan OTO (Otocinclus Affinis)

Zonaikan.com – Jenis Ikan Pembersih Akuarium dari Lumut, Alga, dan Kotoran Lain. Jika anda memiliki sebuah akuarium maka lama kelamaan airnya akan berubah menjadi keruh dan banyak ditumbuhi oleh lumut. Bahkan kotoran pun juga akan menempel di bagian dinding kaca akuarium tersebut.

Maka dari itu, anda bisa mengatasinya dengan mudah. Caranya adalah membersihkan akuarium secara berkala dengan tujuan supaya akuarium tersebut masih tetap terjaga kebersihannya.

Anda juga bisa menambahkan beberapa jenis ikan hias yang bisa digunakan untuk membantu membersihkan akuarium tersebut dari berbagai kotoran dan lumut. Namun tidak semua ikan bisa digunakan untuk melakukan hal ini, yang bisa digunakan hanyalah jenis ikan pembersih kaca.

Lalu ikan jenis apakah yang bisa digunakan untuk pembersih kotoran akuarium? Berikut ini kami akan membahas mengenai beberapa jenis ikan yang bisa anda pilih untuk membersihkan kotoran dalam akuarium.

Beberapa Jenis Ikan Pembersih Akuarium dari Lumut, Alga, dan Kotoran Lain

1. Ikan CAE atau Chinesse Algae Eater

Ikan CAE atau Chinesse Algae EateIkan ini mempunyai warna kuning sedikit keemasan yang terlihat sangat menawan. Dengan memelihara ikan ini pastinya tidak hanya bisa digunakan sebagai ikan pembersih saja, tetapi juga bisa anda jadikan sebagai ikan hias yang cantik.

Ikan CAE sendiri tergolong dalam ikan herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan, mereka biasanya suka memakan lumut dan berbagai kotoran yang ada di dalam akuarium. Sehingga akuarium anda akan selalu terlihat sangat bersih.

Namun meski demikian, ikan CAE juga bisa meganggu ataupun memangsa ikan lain yang memiliki ukuran lebih kecil. Sehingga sangat disarankan untuk ditempatkan dalam sebuah akuarium yang sama.

Tetapi jika ikan lain memiliki ukuran yang sama dengan ikan CAE maka ditempatkan dalam satu akuarium yang sama tidak akan menjadi masalah.
Harga ikan cantik yang satu ini di pasaran bisa dibilang sangat murah, yaitu sekitar Rp 5.000 per ekornya. Anda bisa membelinya dengan mudah di toko ikan hias terdekat.

2. Ikan SAE atau Siamese Alga Eater

Ikan SAE atau Siamese Alga EaterIkan SAE juga merupakan salah satu jenis ikan yang sangat populer untuk dimanfaatkan sebagai ikan pembersih dan pemakan lumut serta berbagai kotoran lainnya yang berada dalam sebuah akuarium.

Baca Juga : Jenis Ikan Hias Yang Hidup Tanpa Oksigen atau Aerator

Berbeda halnya dengan ikan CAE yang seringkali menyerang ikan kecil, ikan SAE ini dapat dipelihara dengan ikan hias lain sehingga aman. Selain pemakan lumut, ikan SAE juga suka memakan cacing pipih yang berada dalam akuarium yang dimana keberadaannya sangat menganggu kesehatan ikan.

Jenis ikan pemakan alga yang satu memiliki harga yang tidak berbeda jauh dengan ikan CAE. Adapun harga ikan SAE yang beredar di pasaran hanya sekitar Rp 7.500 saja.

3. Ikan OTO (Otocinclus Affinis)

Ikan OTO (Otocinclus Affinis)Ikan yang merupakan pemakan lumut ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan ikan CAE ataupun ikan SAE yang sudah kami sebutkan diatas. Ukuran ikan OTO hanya mencapai sekitar 5 cm saja. Namun meskipun ukurannya terbilang sangat kecil tetapi ikan ini multifungsi.

Ikan ini sangat cekatan dalam membersihkan akuarium anda dari berbagai kotoran yang membandel dan hidup didalamnya. Jenis ikan yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai ikan pembersih akuarium.

Ikan OTO (Otocinclus Affinis) ini sendiri juga cinta amai, sehingga bisa anda pelihara dengan berbagai jenis ikan hias yang lainnya. Namun untuk mendapatkan ikan OTO pasaran sangat sulit, terlebih harganya juga cukup mahal.

Harga ikan OTO di pasaran kurang lebih Rp 35.000, bahkan ada yang menjual ikan ini dengan harga yang lebih mahal. Hal ini karena memang untuk mendapatkan ikan OTO sangat sulit sekali.

4. Ikan Corydoras

Ikan Pembersih Akuarium Ikan CorydorasIkan Corydoras memiliki bentuk yang terbilang sangat unik dan menawan. Corydoras terdiri dari dua kata, yang dimana Cory dalam bahasa Yunani memiliki arti helm sedangkan doras artinya adalah kulit.

Jenis ikan yang satu ini termasuk dalam keluarga ikan lele yang merupakan subfamily dari Coradinae. Corydoras bisa dimanfaatkan untuk membantu membersihkan sebuah akuarium, hal ini karena coryodoras sangat suka memakan berbagai kotoran termasuk lumut dan alga.

Baca Juga : Kekurangan Memelihara Ikan di Akuarium

Disamping itu, ikan ini juga seringkali memakan sisa-sisa makanan dari ikan hias lainnya yang berada di dasar akuarium. Ukuran ikan ini juga sangat kecil, pastinya akan sangat cocok jika dimasukkan dalam sebuah akuarium untuk dipelihara dengan berbagai jenis ikan lainnya.

Ikan ini dipastikan tidak akan mengangu ikan lain karena memiliki sifat yang sangat pendiam. Ikan ini di pasaran dijual dengan harga Rp 5.000 untuk ikan biasa, namun untuk ikan jenis lain yang memiliki tampilan lebih menarik biasanya dijual dengan harga Rp 20.000 an.

5. Ikan Pleco atau Bristlenose Plecos

Ikan Pembersih Akuarium Ikan Pleco atau Bristlenose PlecosDi Indonesia, ikan pleco ini biasa disebut sebagai ikan sapu-sapu. Ikan ini sudah lama terkenal sebagai ikan yang bisa memakan berbagai kotoran dan sangat membantu untuk masalah kebersihan akuarium.

Ikan pleco sendiri memiliki sifat yang beragam, ada yang aktif dan ada pula yang aktif. Pastinya untuk menaruh ikan ini tidak boleh sembarangan dan jangan sampai dijadikan satu dengan ikan kecil. Hal ini karena ikan pleco mempunyai sifat yang sangat sensitif terhadap lingkungan sekitar.

6. Ikan Brushmouth

Ikan BrushmouthJenis ikan yang bisa digunakan sebagai pembersih akuarium berikutnya adalah ikan brushmouth. Ikan broushmout merupakan ikan yang masih satu keluarga dengan ikan sapu sapu atau ikan pleco.

Ikan brousmouth sangat bagus untuk anda jadikan sebagai ikan pembersih kotoran dan lumut yang berada dalam akuarium. Bahkan ikan ini juga biasa menempel di bagian dinding serta tumbuh-tumbuhan yang berada dalam akuarium.

Baca Juga : Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Cocok Di Rawat di Akuarium

Jika anda memelihara ikan ini, maka tingkat kebersihan dalam akuarium akan selalu terjamin. Disamping itu, ikan ini memiliki warna yang sangat cantik dan menarik sehingga bisa menambah keindahan akuarium yang anda miliki. Ikan ini umumnya dijual dengan harga kurang lebih sekitar Rp 10.000 untuk per ekornya.

7. Ikan Siamese Flying Fox

Ikan Pembersih Akuarium Ikan Siamese Flying FoxIkan pemakan alga ini juga cocok sekali untuk jika anda jadikan sebagai ikan pembersih kaca aquascape. Selain memiliki ukuran yang kecil, ikan ini juga memiliki warna yang terlihat menarik. Jenis ikan ini bisa anda pelihara menjadi satu dengan jenis ikan hias yang lainnya.

Ikan Siamese Flying Fox sendiri masih satu keluarga dengan ikan SAE. Jika dilihat dari segi harga juga hampir sama, harganya mencapai sekitar Rp 8.000 untuk per ekornya.

8. Ikan Bunglon Pasir

Ikan Pembersih Akuarium Ikan Bunglon PasirBagi anda yang mempunyai sebuah akuarium yang didalamnya terdapat ikan hias air laut, anda bisa menambahkan jenis ikan bunglon pasir ini. Hal ini karena ikan bunglon pasir bisa membantu untuk menjaga kebersihan akuarium anda. Untuk masalah harganya juga cukup murah, sekitar Rp 35.000 saja untuk per ekornya.

Lits Harga Ikan Pembersih Akuarium

Selain menggunakan bantuan dari beberapa ikan hias yang kami sebutkan diatas, sebaiknya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal anda harus tetap menggunakan filter akuarium. Filter ini memiliki peran yang sangat penting karena bisa menyaring kotoran dengan baik.

Pastinya dengan adanya filter akuarium maka akan sangat membantu untuk menjaga kondisi air dalam akuarium supaya dalam keadaan bersih. Jika kondisi akuarium anda selalu bersih maka akan terlihat indah jika dipandang mata. Selain itu, ikan hias yang berada di dalamnya juga akan terhindar dari berbagai penyakit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kali ini mengenai beberapa jenis ikan hias pembersih akuarium. Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here