5 Jenis Ikan Sepat Harga dan Fotonya

0
216

Zonaikan.com – Jenis ikan sepat. Bagi sebagian besar dari anda pasti sudah pernah mengonsumsi ikan sepat asin. Ikan hias air tawar yang satu ini memang cukup populer untuk dijadikan sebagai makanan konsumsi.

Meskipun demikian, banyak juga jenis ikan sepat yang digunakan sebagai ikan hias. Hal ini karena ikan sepat hias mempunyai berbagai warna yang menawan sehingga banyak diburu oleh pecinta ikan hias.

Namun kali ini kita hanya akan membahas berbagai jenis ikan sepat yang bisa dipelihara dan jika misalnya dibudidayakan maka juga bisa mendatangkan keuntungan.

Jenis Jenis Ikan Sepat Hias beserta Harga dan Fotonya

1. Ikan Sepat Siam

Jenis Ikan Sepat SiamIkan sepat siam merupakan jenis ikan sepat yang memiliki nama ilmiah Trichogaster pectoralis. Jenis ikan ini tergolong dalam ikan air tawar dan banyak dijumpai di area Jawa Timur yang dimana biasa disebut dengan Sliper.

Namun ikan ini juga biasa disebut dengan snake skin gouramy atau ikan gurami dengan kulit ular. Hal ini karena memiliki corak pada bagian sisi tubuhnya yang terlihat adanya belang-belang.

Ukurannya tidak begitu besar, memiliki panjang maksimal 20 cm. Ikan sepat siam yang liar biasanya memiliki warna kehitaman. Ada pula di bagian belakang tubuhnya yang memiliki warna lebih terang.

Ikan air tawar yang sering anda konsumsi ini lebih dikenal dengan nama ikan sepat asin. Jenis ikan hias yang satu ini sudah mulai banyak dibudidayakan karena memiliki harga yang sangat mahal. Bahkan satu kilogram ikan sepat asin ini harganya bisa mencapai lebih dari Rp 88.000.

2. Ikan Sepat Mutiara

Ikan Sepat MutiaraDi Inggris, jenis ikan yang satu ini biasa disebut dengan nama mossaic gouramy, lace gouramy, dan pearl gouray. Sesuai namanya, ikan ini mempunyai pola dengan bintuk hitam dan adanya bulatan-bulatan yang memiliki warna cerah.

Pada sisi tubuhnya nampak ada garis lurus, memiliki warna gelap yang lebih cenderung hitam. Ikan air tawar ini biasa hidup di rawa yang memiliki kadar air dengan sedikit asam. Banyak dijumpai di daerah dataran rendah seperti Sumatera dan Kalimantan.

Ikan ini bisa hidup dengan mudah di air yang tergenang dan rawa. Hewan yang merupakan pemakan segala (omnivora) bisa diperoleh dengan harga Rp 10.000 sampai dengan Rp 20.000 untuk per ekornya.

3. Ikan Sepat Madu

Jenis Ikan Sepat MaduIkan sepat madu ini memiliki warna yang terang bagai emas. Keindahannya akan semakin terlihat jika bagian tubuhnya terkena sinar lampu.

Baca Juga : Cara Membedakan Ikan Sepat Hias Jantan dan Betina

Namun ikan sepat madu ini tidak terlalu agresif sehingga sudah pasti aman jika dipelihara bersama dengan ikan hias lainnya. Harganya sangat murah, namun untuk per ekornya hanya sekitar tiga ribu rupiah.

4. Ikan Sepat Biru

Ikan Sepat BiruSesuai namanya, ikan sepat biru memiliki warna yang lebih dominan kebiruan dengan bagian tubuh yang mencapai 12 cm. Jika tidak diberikan makan biasanya ikan ini akan memakan lumut. Namun daya tahan tubuhnya akan berbeda jika hanya memakan lumut.

Untuk membudidayakannya, anda bisa memilih indukan ikan sepat yang berkualitas.
Untuk membedakan jenis kelamin antara ikan jantan dengan betina bisa dilihat dari bentuk tubuh dan warnanya.

Ikan sepat betina mempunyai bentuk tubuh yang gemuk dengan warna lebih kusam dan pekat. Hal ini berbanding terbalik dengan ikan jantan yang memiliki tubuh ramping dengan warna terang.

Harga ikan sepat madu juga memiliki harga yang sama dengan jenis sepat madu, yang dimana untuk per ekornya bisa mencapai tiga ribu saja.

5. Ikan Sepat Rawa atau Padi

Jenis Ikan Sepat RawaJenis ikan sepat yang terakhir adalah ikan sepat ronggeng. Ikan sepat ini bisa anda jadikan sebagai ikan hias atau bisa juga ikan konsumsi. Keunikan yang

oleh ikan ini adalah bentuk pernapasannya yang sama seperti paru-paru milik manusia.
Karena memiliki alat pernapasan seperti demikian maka jenis sepat ini bisa bernapas di luar air. Harganya sangat terjangkau, hanya sekitar 3 ribu dan mencarinya pun tidak begitu sulit. Ikan ini banyak ditemukan di sungai dan bisa dipancing dengan mudah.

Di luaran sana sebenarnya masih banyak yang liar, jadi anda bisa memancingnya dengan bebas. Untuk memancing ikan ini anda bisa menggunakan telur semut atau kroto, daging, cacing yang memiliki warna merah (cacing darah), atau bisa juga cacing biasa yang berukuran kecil.

Perawatan ikan ini sangat mudah untuk dilakukan. Bisa anda tempatkan di air yang memiliki suhu antara 24 sampai dengan 27 derajat. Jangan lupa untuk mengisi tanaman dalam jumlah banyak sebagai tempat bersembunyi.

Makanannya memang sangat mudah dijangkau, seperti pelet, cacing tanah, cacing darah, atau berbagai makanan lain yang bisa diberikan. Sebaiknya memelihara ikan sepat dalam jumlah yang sama baik jantan ataupun betina.

Demikian ulasan kami tentang daftar 5 jenis ikan sepat lengkap dengan harga beserta foto fotonya. Semoga bermanfaat untuk menambah referensi anda dalam dunia ikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here