10 Jenis Ikan Terkecil yang Ada di Dunia

0
129
Dwarf Pygmy Goby

Zonaikan.com – Jenis ikan terkecil yang pernah ada di dunia. Di dunia ini ada banyak sekali spesies ikan yang memiliki ukuran sangat mungil. Kebanyakan dari mereka hanya memiliki panjang tubuh 1 cm sampai dengan 10 cm. Bahkan ada juga yang ukuran panjang tubuhnya di bawah 1 cm.

Pada umumnya, spesies ikan kecil ini hidup di lautan lepas dan jarang ditemukan di sungai. Namun spesies ikan terkecil di dunia yang baru ditemukan belakangan ini berada di perairan rawa Pulau Sumatera.

Berikut ini kami akan berbagi info tentang ikan terkecil yang pernah ada di dunia. Jenis-jenis ikan ini akan kami ulas secara urut berdasarkan panjang standar paling minimum ketika mereka sudah dewasa.

Untuk kisaran panjang tubuh beberapa jenis ikan ini sebenarnya bisa dibilang masih belum pasti, ini karena hanya beberapa spesimen saja yang sudah diukur. Berikut di bawah ini kami sajikan ulasan jenis jenis ikan terkecil di dunia versi Zona Ikan.

1. Paedocypris Progenetica

jenis ikan terkecil Paedocypris ProgeneticaJenis ikan kecil pertama adalah Ikan Paedocypris Progenetica disebut-sebut sebagai ikan yang memiliki ukuran tubuh paling kecil di dunia. Para peneliti telah menemukan ikan mungil ini hidup di sekitar rawa-rawa hutan yang berada di Pulau Sumatera, Indonesia.

Ukuran ikan ini memang sangat kecil, bahkan jika sudah dewasa saja ukuran panjang tubuhnya hanya mencapai 7,9 milimeter alias kurang dari 1 cm.

Paedocypris progenetica merupakan ikan air tawar yang masih satu keluarga dengan ikan mas. Tubuh ikan ini sangat unik karena tembus pandang, hingga organ pada bagian dalamnya bisa nampak dari luar.

Para peneliti menyebutkan bahwa ikan kecil yang satu ini memiiki jenis yang sangat beragam. Diketahui juga bahwa rawa-rawa yang berada di hutan Sumatera sendiri sudah menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan unik yang tidak akan bisa kita temukan di tempat lain.

Namun yang menjadi masalah adalah habitat aslinya yang mulai terancam karena aktivitas manusia yang terus-menerus melakukan kerusakan, seperti penebangan hutan secara liar dan pertania. Selain itu, bisa juga dikarenakan oleh kebakaran hutan.

2. Schindleria Brevipinguins

jenis ikan terkecil Schindleria BrevipinguinsSchindleria Brevipinguins merupakan salah satu jenis ikan mungil yang biasa hidup di laut lepas. Spesies ini berasal dari wilayah Karang Penghalang Besar Australia dan perairan Karang Osprey di Laut Koral.

Untuk ikan yang berjenis kelamin betina memiliki panjang 8,4 cm, sedangkan Shindleria Brevipinguins dengan jenis kelamin jantan bisa tumbuh hinggga mencapai panjang 7.7 mm. Sedangkan ukuran panjang maksimum dari ikan laut ini diketahui mencapai 10 mm.

Ikan laut ni memiliki nama lain yang cukup unik, yaitu Stout Infant Fish. Pada tahun 2012 lalu, sebelum ditemukannya kodok paedophryne amauensis, ikan Schindleria Brevipinguins inilah yang memegang rekor sebagai hewan vertebrata terkecil di dunia.

3. Trimmatom Nanus

Trimmatom NanusMidget Dwarft Goby atau Trimmatom Nanus merupakan spesies ikan laut yang berasal dari Samudar Pasifik Barat dan Samudra Hindia. Spesies ikan ini masuk dalam daftar ikan terkecil di dunia yang bisa tumbuh hingga mencapai panjang 10 mm.

Ikan Trimmatom Nanus biasa hidup pada kedalaman 20 sampai 30 meter, bisa juga di area luar terumbu atau laguna pada kedalaman 5 sampai 35 meter. Sebelum ditemukan Paedocypris Progenetica dan Shindleria Brevipinguins, ikan Trimmatom Nanus merupakan vertebrata dan ikan paling kecil di dunia.

4. Dwarf Pygmy Goby

jenis ikan terkecil Dwarf Pygmy GobyPandaka Pygmaea atau Dwarf Pygmy Goby merupakan salah satu jenis ikan terkecil lainnya yang ada di dunia. Spesies ikan yang satu ini biasa hidup di perairan payau dan bakau di wilayah Asia Tenggara, seperti di Indonesia dan Filipina.

Ukuran Dwarf Pygmy Goby dewasa yang berjenis kelamin jantan umumnya hanya memiliki panjang 9 milimeter. Namun sebenarnya ikan Dwarf Pygmy Goby jantan bisa tumbuh hingga mencapai panjang 1,1 cm, sedangkan untuk betinanya bisa mencapai panjang 1,5 cm.

Di Filipina ikan ini sudah mempunyai nama lokal yang unik, yaitu bia dan tabios. Pada awalnya ikan ini diketahui hanya bisa dijumpai di Malabon, Filipina. Namun belakangan ini sudah bisa dijumpai di beberapa lokasi lainnya di kawasan Asia Tenggara seperti Pulau Sulawesi, Pulau Bali, Singapura dan Pulau Culion (Filipina).

Jika dilihat secara sekilas, ikan Dwarf Pygmy Goby memiliki tampilan yang hampir sama seperti Paedocypris Progenetica, yang nampak tidak berwarna dan transparan.

Perlu diketahui bahwa habitat awal saat ditemukannya ikan mungil ini sudah direklamasi, maka IUCN sudah memasukkan ikan Dwarf Pygmy Goby ke dalam spesies langka yang terancam punah.

5. Neon Goby

Neon GobyElacatinus atau Neon Goby merupakan sejenis ikan gobi laut kecil yang bisa ditemukan dengan mudah di perairan Samudra Atlantik Barat, termasuk Teluk Meksiko dan Karibia sampai dengan pesisir Amerika Latin Utara dan Amerika Tengah.

Pada umumnya, ikan ini hanya memiliki ukuran 2,5 cm dan merupakan salah satu spesies ikan paling kecil di dunia. Ikan Nenon Goby mempunyai warna tubuh yang bergaris-garis dan bisa beragama untuk setiap jenis.

6. Royal Gramma

Royal GrammaIkan Royal Gramma juga biasa dikenal dengan nama ikan gramma loreto dan ikan basslet peri. Ikan kecil yang memiliki warna sangat cerah ini aslinya berasal dari perairan Karibia.
Ikan kecil yang satu ini memiliki tampilan yang sangat cantik dan menarik sehingga banyak dijadikan sebagai koleksi ikan hias untuk dipelihara dalam akuarium.

Baca Juga : jenis ikan hias aquarium tanpa oksigen atau aerator

Bagian tubuh ikan Royal Gramma umumnya memiliki warna ungu dan kuning yang sangat cantik. Untuk ukuran tubuhnya bisa mencapai panjang kurang lebih 7,6 cm.

Mereka juga terkenal sangat kuat sehingga akan sangat cocok sekali jika dijadikan sebagai ikan peliharaan bagi para pemula. Akuarium dengan bebatuan, terumbu, atau bisa tumbuh-tumbuhan merupakan tempat yang paling cocok untuk memeliharan ikan hias ini.

7. Firefish Goby

jenis ikan terkecil Firefish GobySama dengan ikan Dartfish, Firefish Goby juga merupakan salah satu ikan air asin yang banyak dijadikan sebagai ikan hias atau ikan peliharaan di dalam akuarium karena memiliki warna tubuh yang sangat indah.

Baca Juga : Jenis ikan air payau yang poluler di budidayakan

Ikan Firefish Goby yang merupakan jenis ikan kecil ini untuk yang sudah dewasa bisa tumbuh hingga mencapai panjang 7,6 cm. Ukuran yang terbilang sangat kecil itulah yang menjadikan Firefish Goby sebagai salah stau ikan terkecil dalam daftar ini.

Firefish Goby adalah ikan yang senang bersembunyi setiap kali merasa ketakutan atau terancam keberadaannya. Maka dari itu, jika Anda ingin memeliharanya dalam akuarium maka sebaiknya sediakan terumbu-terumbu kecil untuk dijadikan sebagai tempat persembunyiannya.

Di Samudera juga mereka merupakan salah satu penghuni terumbu yang biasa hidup pada kedalaman 6 sampai 70 meter.

Ikan mungil ini berasal dari perairan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Di alam bebas, ikan ini biasa hidup secara berkelompok dan berenang-renang di atas terumbu karang yang tidak jauh dari tempat persembunyiannya. Biasanya mereka memangsa planktonik yang telah hanyut dalam arus.

8. Jawfish

jenis ikan terkecil JawfishJawfish atau Opistognathidae merupakan salah satu jenis ikan lainnya yang memiliki tubuh mungil. Hanya saja ukuran spesies ikan yang satu ini jauh lebih besar jika dibandingkan keempat jenis ikan diatas.
Rata-rata ikan Jawfish bisa tumbuh hingga mencapai panjang 10 cm. Tetapi beberapa spesies lainnya ada yang bisa tumbuh lebih besar hingga mencapai 50 cm lebih (disebut sebagai Jawfish raksasa).

Pada umumnya ikan Jawfish bisa ditemukan dengan mudah di perairan Samudera Pasifik, namun juga bisa dijumpai di perairan Samudra Hindia dan Samudera Atlantik yang hangat.
Ikan Jawfish biasa hidup di liang-liang yang seringkali mereka buat sendiri di subtrat yang berpasir. Sedangkan makanan spesies ikan yang satu ini adalah organisme yang memiliki ukuran jauh lebih kecil dan plankton.

9. Dartfish

jenis ikan terkecil DartfishJenis ikan terkecil yang ke 9 adalah ikan Dartfish merupakan sejenis ikan bertubuh mungil lainnya yang sering dimanfaatkan sebagai ikan hias. Ukuran panjang tubuh ikan Dartfish hanya mencapai kurang lebih 10 cm.

Ikan ini sangat menyukai akuarium dengan ukuran yang sangat besar karena sudah pasti bisa digunakan untuk banyak tempat persembunyian dan subtrat lunak yang dimana mereka bisa menggali-gali.

Ikan yang aslinya berasal dari perairan Indo-Pasifik ini merupakan sejenis ikan air asin yang memiliki tubuh warna-warni, seperti kuning, merah, biru, oranye, hijau, ungu, dan hitam.

Dartfish merupakan spesies ikan yang sangat kuat dan mudah sekali beradaptasi dengan kehidupan yang berada di dalam akuarium.

10. Ocellaris Clownfish

jenis ikan terkecil Ocellaris ClownfishOcellaris Clownfish atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan ikan badut Ocellarisz merupakan ikan laut dengan tubuh lainnya yang memiliki tingkat popularitas sangat tinggi.

Ikan ini merupakan karakter utama pada sebuah film animasi anak-anak yang memiliki judul Finding Nemo. Karena memiliki bentuk dan warna yang sangat indah, maka ikan badut ini menjadi ikan hias yang paling populer.

Pada umumnya, ikan badut Ocellaris bisa tumbuh hingga mencapai panjang 11 cm, inilah yang membuatnya menjadi ikan terkecil di dunia. Di alam liar biasanya mereka hidup secara berkelompok di sekitar lereng terumbu bagian luar atau bisa juga di laguna pada kedalaman sekitar 15 meter.

Spesies ikan ini bisa kita jumpai di Samudera Pasifik barat dan Samudera Hindia timur. Mereka juga dapat dijumpai di perairan Asia Tenggara, Australia Utara, dan Jepang.

Itulah beberapa jenis ikan terkecil dengan ukuran terkecil di dunia yang pernah ada. Di alam bebas sana kemungkinan besar masih ada jenis ikan kecil lainnya yang belum kami ulas disini sehingga untuk daftar diatas masih belum bisa dipastikan tingkat keakuratannya.

Nah, jika ada yang ingin Anda tanyakan, silahkan Anda tulis langsung pertanyaan tersebut pada kolom komentar di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here