Jenis-Jenis dan Berbagai Tipe Bentuk Tubuh Ikan

0
62
bentuk badan ikan

Zonaikan.com – Jenis-Jenis dan Berbagai Tipe Bentuk Tubuh Ikan. Setiap jenis ikan sudah pasti memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda antara satu sama lain. Bentuk tubuh yang dimiliki sesuai dengan tingkah laku dan kebiasaan hidup ikan tersebut di habitat aslinya.

Ikan yang hidup di bagian dasar perairan biasanya memiliki bentuk perut datar dan bagian punggung mengelembung. Sementara itu, untuk berbagai jenis ikan pelagis memiliki bentuk tubuh yang sedikit mengelembung di bagian perut ataupun punggung.

Bentuk Tubuh Ikan

Ikan memang memiliki berbagai macam bentuk tubuh yang beragam. Berikut ini adalah berbagai macam bentuk tubuh ikan yang paling umum ditemui:

Bentuk pipih, bentuk ini terbagi dalam dua tipe:Koi Angel Fish

Pipih lateral

ikan yang memiliki bentuk pipih lateral menandakan bahwa ikan tersebut mempunyai sifat dengan pergerakan lambat dan santai. Namun juga bisa bergerak cepat ketika mendapat ancaman bahaya.

Pipih Dorsaventral

ikan dengan bentuk pilih dorsaventral memiliki sifat yang suka hidup di bagian dasar perairan.

Bentuk torpedoPemilihan tankmate

ikan dengan bentuk tubuh torpedo memiliki badan yang nampak ramping seperti senjata torpedo. Ikan ini biasanya memiliki kecepatan renang yang sangat cepat, dengan badan elips.

Tubuh ikan secara umum terbagi dalam 3 bagian penting, yakni bagian kepala, bagian tubuh atau badan, dan juga bagian ekor. Batas pada bagian kepala yaitu mulai dari moncong hingga bagian belakang tutup insang, batas tubuh atau badan mulai dari bagian belakang tutup insang hingga dubur, dan batas ekor adalah mulai dubur hingga bagian ujung sirip ekor.

Sementara itu, bentuk tubuh ikan dikelompokkan menjadi 8, yaitu:bentuk badan ikan

Fusiform, memiliki bentuk tubuh yang tampak lebih ramping, bentuk bagian tubuh elips, bagian ekor dengan bentuk yang sempit, sehingga sering disebut dengan bentuk torpedo. Contohnya adalah ikan tuna.

Compressed, memiliki bentuk tubuh yang pipih dengan kecepatan berenang yang konstan. Contohnya adalah ikan mas.

Depressed, memiliki bentuk picak. Contohnya adalah ikan pari.

Anguillform, memiliki bentuk tubuh yang cukup panjang dan bundar. Contohnya adalah ikan belut.

Filiform, memiliki bentuk tubuh panjang seperti benang dan cukup tipis. Contohnya adalah ikan snipe cel.

Taeniform, memiliki bentuk tubuh pipih yang melebar di bagian badan hingga ekor. Contohnya adalah ikan gunmel.

Sagitiform, contohnya adalah ikan pike yang berasal dari famili Esocidae.

Globiform, contoh adalah ikan in sucher.

Itulah sedikit pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai jenis-jenis dan tipe bentuk tubuh ikan secara umum. Semoga apa yang telah apa kami sampaikan ini bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here