Jenis-Jenis Ikan Botia

0
185

Jenis-Jenis Ikan Botia

Jenis-Jenis Ikan Botia

Jenis-Jenis Ikan Botia – Sudah banyak kita ketahui mengenai jenis ikan satu ini, yaitu seekor ikan yang memiliki motif pada tubuhnya yang unik dan lucu, Nah akan tetapi tidak banyak orang ketahui bahwa ikan botia ini justru memiliki banyak sekali jenisnya. Dan Ikan Botia sendiri terbagi kedalam berapa jenis ikan yang bisa kita temukan di pasaran. Yaitu diantaranya :

1. Clown Loach Botia

Ikan Botia dengan jenis satu ini memiliki nama latin tersendiri yaitu Chromobotia Macracanthus, yang merupakan jenis ikan Botia paling populer di Indonesia. Selain itu ikan ini memiliki Ukuran yang sangat kecil serta juga memiliki warna yang sangat menarik. Yaitu dengan warna dasar kuning keemasan dan juga dihiasi dengan 3 garis dengan warna hitam. Ikan botia jenis ini juga sangat sering disebut dengan sebutan ikan Botia Badut.

Namun tidak banyak orang yang bisa membedakan jenis ikan Botia Badut Sumatra dengan ikan Botia Badut Kalimantan.

Untuk dapat membedakan ikan Botia tersebut, pada ikan Botia Kalimantan sudah terdapat sepasang sirip pada bagian perutnya dengan warna cerah yaitu oranye kemerahan serta warna hitam.

  1. Blue Botia

Seperti halnya pada nama ikan jenis satu ini, yaitu Blue Botia yang memiliki nama latin yaitu Yasuhikotakia Modesta memiliki warna biru gelap di seluruh tubuhnya dengan sirip dan ekornya yang berwarna merah terang. Hal tersebut menjadikan ikan botia ini disebut juga dengan ikan red finned load, colored botia, dan redtail botia. Kebanyakan Ikan Botia jenis ini biasanya banyak ditemukan di perairan, seperti Vietnam, Kamboja, Laos, Thailand, dan Vietnam.

Ciri khusus pada Ikan ini yaitu memiliki bentuk melengkung serta memanjang, warna siripnya dari ikan ini tidak hanya merah saja namun ada juga yang berwarna oranye yang cenderung  menyala. Namun Saat masih kecil, ikan jenis ini cenderung berwarna seperti abu-abu kehijauan.

3. Dwarf Botia

Ikan jenis Dwarf Botia (Ambastaia Sidhimunki) yang disebut juga dengan Ladderback Loach,  Pygmy dan Chain Loach. Ikan Botia jenis Dwarf Botia ini berasal dari negara Thailand, tepatnya yaitu di perairan lembah Mae Klong, sungai Khwae Noi, dan juga di sungai Utaran. Ikan jenis satu ini memiliki ciri-ciri khusus yaitu terdapat garis dengan pola yang membentuk seperti bentuk rantai dengan warna yang cenderung hitam yang juga terdapat di bagian tubuhnya mulai  dari kepala hingga pada pangkal ekor. Menurut data yang ada, ikan jenis ini populasinya juga sudah sangat menurun dikarena perburuan di alam secara liar yang pada akhirnya saat ini ikan jenis ini termasuk ikan yang dilindungi oleh pemerintah Thailand.

4. Morleti Botia

Ikan jenis Morleti Botia ini (Yasuhikotakia Morleti) juga disebut dengan Skunk Botia, Horae Botia, dan Skunk Loach. Ikan ini ternyata juga berasal dari negara Thailand yaitu tepatnya di sungai Chao Phraya, sungai Mekong, dan juga di sungai Mae Klong. Ikan Botia jenis ini memiliki ciri yaitu memiliki bentuk mulut lebih runcing serta maju jika dibandingkan dengan ikan Botia jenis lainnya. Dan juga Pada bagian rahang, juga terdapat duri yang juga bisa menutup dan membuka. Ikan Skunk Botia ini juga memiliki warna tubuh abu-abu sedikit keperakan dengan garis tebal berwarna hitam di bagian pangkal ekor. Ikan Botia jenis ini juga termasuk ikan yang cukup agresif, jika dibandingkan dengan ikan botia lainnya.

5. Yoyo Botia

Ikan Yoyo Botia (Botia Almorhae) ini juga disebut dengan Botia India, Botia Pakistan, Almora Botia, dan Botia Grandi Gray. Ikan jenis ini berasal dari India tepatnya disungati gangga, dengan arus air yang tenang. serta berasal dari negara Nepal. Ikan Botia ini juga sering dijuluki atau disebut dengan ikan Botia Pakistani atau Pakistani Loach padahal bisa kita ketahui, bahwa ikan ini tidak berasal dari Pakistan.

Ikan Loach ini memiliki ciri – ciri yaitu coraknya putih serta hitam keabu-abuan yang sangat khas dengan bentuknya dan juga tidak beraturan di seluruh tubuhnya.

6. Zebra Botia

Ikan Zebra Botia ini (Botia Striara), Ikan ini juga banyak di temukan di India lebih tepatnya pada bagian Ghats Barat. Ikan Botia Striata ini juga memiliki ciri-ciri khusus seperti garis-garis dengan warna hitam dan coklat pada sekujur tubuhnya, dan juga dibagian ekornya memiliki ekor bergaris hitam serta putih kecoklatan. Ikan Botia jenis ini memiliki sifat yang cenderung pemalu serta lebih suka menghabiskan waktunya untuk bersembunyi, biasanya ikan ini bersembunyi di balik bebatuan atau tanaman air.

7. Bengal Botia

Ikan Bengal Botia (Dario Botia) ternyata banyak juga ditemukan di Bhutan yaitu tepatnya di sungai Gaylegphug, dan juga di Bangladesh yang biasanya ditemukan di bagian utara dan timur Bangladesh. Ikan Bengal Loach ini atau Botia Dario juga sering dikenal dengan nama Diacanthus Zebra, Queen Loach, Diachantus Flavicauda dan Botia Geto. Ikan Botia jenis satu ini masuk juga kedalam jenis ikan omnivora atau pemakan segala.

8. Botia Macan

Botia Macan (Syncrossus Hymenophysa) dikenal juga dengan sebutan Tiger Botia atau Tiger Loach. Ikan ini memiliki ciri khusus badan belang – belang vertikal dan berwarna keperakan. Habitat asli ikan satu ini terdapat di Indonesia, yaitu tepatnya di Sumatra dan Kalimantan.

9. Botia Myanmar

Ikan Botia Myanmar (Botia Kubotai) ini biasa disebut juga dengan Angelicus Botia atau Angelicus Loach yang habitat aslinya berada di sungai Burma, tepatnya di Myanmar.

Ikan ini memiliki ciri khusus yaitu berbentuk memanjang, punggungnya juga melengkung, serta memiliki kepala dengan bentuk tajam serta juga memilki mulut runcing yang dikelilingi dengan duri. Ciri lainnya yaitu Botia Myanmar memiliki warna khas yaitu tubuh coklat dan emas.

Itu tadi beberapa jenis – jenis ikan botia beserta penjelasan singkatnya, dengan info ini semoga lebih meningkatkan minat anda untuk mulai memilih ikan jenis botia ini sebagai ikan hias dikoleksi anda. Semoga bermanfaat. Jenis-Jenis Ikan Botia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here