Jenis-Jenis Ikan Mas Koki Dan Cara Merawatnya

0
228

Jenis-Jenis Ikan Mas Koki Dan Cara Merawatnya

Jenis-Jenis Ikan Mas Koki Dan Cara Merawatnya

Jenis-Jenis Ikan Mas Koki Dan Cara Merawatnya – Ikan hias merupakan hewan yang umum dipelihara di akuarium rumah. Alasanya cukup jelas, yaitu ikan tidak memerlukan perawatan ekstra serta tidak memerluhkan biaya yang mahal. Berbeda dengan memelihara hewan lain, seperti kucing atau anjing, yang memerlukan perawatan khusus seperti suntik vaksin untuk menangani penyakit atau virus pada hewan. Disamping itu masih banyak lagi kelebihan atau keuntungan memelihara ikan hias dalam rumah.

Sangat banyak sekali pilihan jenis-jenis ikan hias yang dapat menjadi penghuni akuarium anda. Salah satunya yaitu ikan mas koki. Ikan yang berasal dari Asia Timur ini sangatlah popular di kalangan masyarakat. Ikan mas koki mempunyai bentuk tubuh yang unik serta warna yang indah dan beragam. Walaupun begitu harganya pun relative terjangkau.
Ikan mas koki mempunyai beberapa jenis, sehingga satu sama lain mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Inilah beberapa jenis ikan mas koki yang popular di Indonesia :

1. Ikan Mas Koki Ranchu
Jenis ini adalah ikan mas yang paling banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias.Ikan ini mempunyai keunikan pada siripnya, karena umumnya ikan mas koki mempunyai sirip yang besar , tapi jenis ranchu ini tidak memiliki sirip. Umumnya ikan ini memiliki kepala berwarna merah dan badan kuning pucat.
2. Ikan Mas Koki Black Moor
Sesuai dengan namanya, jenis ikan ini memiliki badan berwarna hitam bercampur kuning keemasan. Ciri khas ikan ini adalah mempunyai mata yang besar dan melotot.
3. Ikan Mas Koki Shubunkin
Jenis ikan ini mempunyai banyak warna pada tubuhnya. Mereka mempunyai badan ramping dan ekor yang panjang, sangat berbeda sekali dengan ikan mas koki pada umumnya yang berbadan bulat-bulat.
Ikan Mas Koki Ryukin
Apa bila anda pernah melihat ikan mas koki yang mempunyai sirip sangat besar hingga sebesar dua kali lipat dari badanya, ya itu adalah ikan mas koki ryukun. Ikan ini mempunyai warna yang sangat bervariasi, akan tetapi umumnya memiliki warna merah terang.
Itulah beberapa jenis ikan mas koki yang mempunyai keunikan masing-masing.
Umur ikan mas koki dapat mencapai 20 tahun, tergantung bagaimana cara pemeliharaanya, sudah tepat atau belum.
Perlengkapan Ikan Hias
Dalam perawatan dan pemeliharaannya ikan ini terbilang cukup mudah. Sebagaimana memelihara hewan pada umumnya, kita perlu menyiapkan beberapa item untuk merawat ikan ini. Diantaranya adalah :
• Aquarium
Sangat banyak sekali model akuarium yang bisa dipakai untuk memelihara ikan hias ini.
Pilihlah akuarium yang permukaan atasnya lebih leber supaya si ikan lebih mudah medapatkan oksigen untuk kelangsungan hidup mereka. Jangan dengan alasan ikan ini kecil anda menggunakan akuarium bulat yang kecil pula, walaupuun dengan alasan lebih ekonomis dan lebih mudah perawatanya, itu tidak baik untuk si ikan.
Ikan mas koki juga sering mengeluarkan kotoran, sehingga permukaan air akan cepat kotor. Apabila kotoran ini tidak cepat dibersihkan akan menjadi racun bagi si ikan. Jadi solusinya adalah kita harus memasang filter, yang bertujuan untuk meminimalisir kotoran berubah menjadi racun. Gantilah filter ikan ini setidaknya satu minggu sekali, selain itu penggunaan filter ini juga disesuaikan dengan jumlahnya ikan.
• Dekorasi
Banyak sekali perlengkapan yang bisa anda gunakan untuk mempercantik akuarium ikan. Ada bisa memilih tumbuhan air, kerikil, atau pasir dll.
Memakai tumbuhan air sangat bagus untuk pertumbuhan ikan. Itu karena tumbuhan ini dapat menurunkan kadar amonia pada air aquarium. Adanya kadar ammonia pada air sangat membahayakan bagi ikan. Kadar ammonia pada air akuarium harus nol, apabila angka berubah, kita harus sesegera mungkin mengganti air yang ada di dalam akuarium.
• Makanan
Agar si ikan tumbuh sehat dan indah, kita harus memberi makan dengan makanan yang bernutrisi. Biasanya makanan ikan mas koki adalah pellet yang terkandung campuran daging dan tumbuhan. Untuk setiap harinya pemberian makan harus teratur dan terjadwal. Jangan memberi makan ikan terlalu banyak sampai ada sisa makanan, karena endapan sisa makanan akan menjadi bakteri penyakit yang dapat membahayakan bagi si ikan.
Demikian sedikit penjelasan tentang ikan mas koki, semoga bermanfaat. Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here