Kekurangan Memelihara Ikan Di Aquarium

0
496

Kekurangan Memelihara Ikan Di Aquarium

Kekurangan Memelihara Ikan Di Aquarium – Saat ingin memelihara ikan, kita harus mempertimbangkan berbagai hal dalam perawatannya. Banyak yang perlu dipersiapkan terutama adalah jenis ikan yang dipelihara dan masalah tempat tinggal ikan tersebut.

Anda harus benar-benar tahu kelemahan dan kekurangan dari masing-masing tempat yang sekiranya bisa membuat ikan Anda nyaman dan bisa berkembang biak dengan baik. Beberapa orang akan memilih aquarium sebagai tempat untuk memelihara ikan karena dinilai lebih praktis, mudah dipindahkan, meningkatkan dan mendukung nilai kecantikan interior dalam rumah.

Meskipun begitu ada baiknya Anda juga mengetahui kekurangan atau kelemahan jika Anda memutuskan akan memelihara ikan di aquarium. Maka Anda bisa tahu perbandingan aquarium dan kolam ikan seperti berikut ini :

Kekurangan Memelihara Ikan Di Aquarium

  • Dibatasi oleh ukuran ikan yang dipelihara

Kekurangan pertama yang dapat terlihat jelas adalah Anda hanya bisa memelihara ikan dengan ukuran tertentu saja. Ikan yang berukuran besar,dengan bobot yang berat tidak disarankan untuk Anda pelihara di dalam aquarium.

Meskipun ikan yang bisa dipelihara adalah jenis ikan kecil dan sedang tetapi Anda juga harus memperhatikan jumlah ikan yang akan Anda masukan ke dalam kolam. Karena setiap aquarium pasti memiliki takaran kapasitas maksimum untuk menampung ikan dalam aquarium tersebut.

  • Perawatan lebih rumit

Memilih aquarium sebagai media tempat tinggal untuk ikan membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Pasalnya aquarium akan lebih mudah kotor jika dibandingkan dengan kolam.

Hal ini mungkin disebabkan karena ruang dalam aquarium yang cenderung semi tertutup, jadi jika ada lumut yang dibiarkan dan tidak dibersihkan ini akan mengganggu kelangsungan hidup ikan didalamnya.

Berbeda dengan ikan yang ada di kolam lebih memiliki space ruang yang terbuka sehingga saat ada lumut yang tumbuh, ini tidak akan menjadi masalah yang serius bagi kelangsungan hidup ikan.

  • Harga yang lebih mahal saat pembuatan

tanpa kita sadari, sebenarnya biaya pembuatan aquariu lebih mahal jika dibandingkan biaya pembuatan kolam. Dilihat dari bahan yang digunakan, yaitu kaca yang memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan biaya jika kita akan membuat kolam untuk tempat tinggal ikan.

  • Resiko rusak dan pecah

Aquarium kaca memiliki resiko kerusakan yang jauh lebih tinggi. Karena kaca rentan terbenturpada benda yang keras. Mungkin kita bisa mencari bahan kaca yang lebih tebal.

Tetapi pastinya ini berbanding lurus, jika Anda ingin memiliki aquarium dengan kaca yang tebal dan kuat biaya yang Anda butuhkan juga lebih tinggi.

Selain itu saat mencuci atau membersihkan aquarium kita cenderung beresiko bisa membuat aquarium pecah saat kita membawanya dengan tangan basah dan licin.

  • Ruang gerak ikan terbatas

aquarium memiliki space yang terbatas. Sehingga sudah pasti ikan juga tidak bisa lebih leluasa dalam berenang jika dibanding dengan posisi ikan jika di dalam kolam.

Apalagi jika didalam aquarium tersebut terdapat ikan yang jumlahnya banyak, pasti ikan tidak bisa bergerak dengan lega.

Untuk ikan jenis koi yang memiliki gerakan gesit saat berenang tidak baik jika menaruhnya di dalam aquarium yang sudah padat dengan keberadaan ikan lain.

  • Biaya untuk aksesoris dan perlengkapan aquarium

Agar ikan bisa hidup dan berkembang dengan baik kita memerlukan biaya tambahan untuk membeli perlengkapan atau aksesoris yang mendukung aquarium bisa berfungsi dengan baik sebagai tempat tinggal ikan. Seperti alat – alat berikut ini :

  1. Aerator

Aerator adalah alat pertama yang wajib Anda miliki jika memelihara ikan hias dalam aquarium. Aerotor sendiri adalah sebuah alat yang akan memompa udara dari luar afmgar bisa masuk dalam air.

Inilah yang membuat munculnya gelembung – gelembung udara yang banyak dalam sebuah aquarium. Fungsinya aerator ini sangat banyak yaitu untuk meningkatkan kadar oksigen dalam aquarium.

Sehingga kebutuhan akan sirkulasi pernapasan ikan di dalam aquarium bisa tercukupi. Ciri nya bisa dilihat dari semakin sedikit gelembung yang dihasilkan oleh Aerotor, maka semakin cepat oksigen diserap oleh air.

Keuntungan lainnya adalah aerotor unj akan menghasilkan gelumbung arus yang juga disukai oleh beberapa ikan hias. Dan keuntungan terakhir yaitu menyerap kotoran dalam aquarium yang jugaasuk dalam filter.

  1. Filter

Seperti yang saya  sampaikan diatas, filter adalah penyaring kotoran yang masuk dalam aquarium. Kotoran yang dimaksud termasuk sisa makanan ikan yang bisa menjadikan kondisi air dalam aquarium menjadi kotor.

Kotoran yang dibiarkan didalam aquarium bisa mengundang adanya bakteri, oleh karena itu fungsi penyaring ini penting untuk menjaga air biar bisa tetap bersih, dan mengurangi resiko munculnya bakteri yang berbahaya dalam aquarium.

  1. Lampu penerangan

Salah satu perlengkapan yang wajib ada yaitu lampu penerangan atau sinar uv. Mengapa demikian karena kebanyakan aquarium diletakkan didalam ruangan yang memiliki pencahayaan yang kurang.

Oleh karena itu perlu adanya bantuan lampu penerangan agar akan juga bisa mendapatkan sinar cahaya yang cukup. Selain itu lampu juga bisa digunakan sebagai alat yang bisa menstabilkan suhu yang ada dalam aquarium.

Untuk jenis aquarium mode aquascape sangat penting menggunakan lampu ini, sebagai pengganti sinar matahari untuk berbagai tanaman air di aquarium.

  1. Sirkulator

Seperti namanya sirkulatir adalah alat untuk membuat sirkulasi udara dalam aquarium dengan tujuan menjaga air dalam aquarium tetap bersih dan terlihat jernih. Sirkulator sendiri biasanya dijual satu paket dengan filter.

Cara kerja alat ini adalah menyedot air yang berada di sisi bawah aquarium. Kemudian akan dikeluarkan kembali melalui permukaan dasar air dengan melewati filter atau saringan. Bentuk dari alat ini menyerupai warer pump, atau pompa sumur pada umumnya.

Tetapi biasanya dilengkapi dengan baling-baling yang memutar cepat, bagian inilah yang akan mendorong air untuk mencapai permukaan.

Kekurangan Memelihara Ikan Di Aquarium

  1. Aksesoris Tambahan

Sebenarnya untuk dasar yang paling dalam pembuatan aquarium dengan Standart yang baik adalah keempat alat diatas tadi. Yaitu aerator, sirkulator, filter dan lampu penerangan.

Namun terkadang pemilik aquarium merasa aquarium terlihat kosong tanpa adanya aksesoris tambahan dengan fungsi mempercantik penampilan aquarium. Beberapa aksesoris yang sering ditambahkan pada umumnya adalah  rumput sintetis atau rumput tiruan yang biasanya berbahan plastik, kincir angin, kerikil warna dengan fungsi sebagai pengendap kotoran ikan, dan berbagai aksesoris tambahan lainnya.

Tetapi perlu Anda ingat bila ingi menambahkan aksesoris dalam aquarium ada lebih baiknya Anda memperhatikan ukuran dan jumlahnya, karena jangan sampai dengan adanya aksesoris tambahan tersebut akan membuat ruang pada aquarium terlehat lebih sempit sehingga space gerak bagi ikan akan terganggu.

Dan setelah melihat perlengkapan yang dibutuhkan untuk aquarium kita bisa menyimpulkan bahwa kita juga harus mempersiapkan biaya tambahan untuk melengkapi aquarium, agar aquarium kita bisa memiliki fungsi Standart sebagai tempat tinggal ikan.

Itulah beberapa informasi mengenai kekurangan aquarium sebagai media tempat tinggal untuk ikan yang akan Anda pelihara. Semoga informasi ini bisa memberikan informasi kepada Anda, dan menjadi inspirasi untuk mempersiapkan tempat tinggal terbaik baik ikan peliharaan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here