Kelebihan Memelihara Ikan Kolam

Salah satu hobi yang memiliki banyak penggemar dari dulu dan terus berkembang hingga saat ini adalah memelihara ikan. Baik memelihara ikan di aquarius ataupun di dalam kolam keduanya sama-sama bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi pemilik ikan. Selain nilai kepuasan, adanya aquarium atau kolam di dalam atau diluar ruangan akan bisa menambah nilai keindahan baik untuk sebuah rumah, kantor atau bangunan lainnya.

Kelebihan Memelihara Ikan Kolam

Pada dasarnya habitat untuk ikan yang berada di dalam aquarium ataupun kolam akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing yang bisa dipertimbangkan terlebih dahulu. Seperti pada artikel berikut ini kami akan memberikan referensi bagi Anda tentang kelebihan memelihara ikan di kolam yang perlu Anda perhatikan dengan baik, jika dibandingkan dengan memelihara ikan di aquarium. Berikut ini penjelasan lengkapnya :

  • Dapat memelihara Ikan beruran besar

kelebihan pertama dari memelihara ikan di kolam adalah kita bisa memelihara ikan yang memiliki ukuran besar dengan tempat yang tetap luas tanpa terasa sesak jika dibandingkan dengan memelihara ikan didalam aquarium. Dengan ruang yang masih cukup luas ikan yang berukuran besar pun akan tetap bisa hidup dan berkembangbiak dengan baik dibandingkan dengan ikan yang ada di aquarium.

  • Menambah nilai estetika yang lebih baik

kelebihan lainnya dari memelihara ikan di kolam adalah nilai estetika yang dimiliki. Orang yang lebih suka memilihara ikan di kolam akan lebih memperhatikan design dan tata ruang dalam kolam ya. Mereka akan lebih memastikan kolam ya memeliki pengambilan yang indah tanpa harus mengganggu ekosistem untuk kenyamanan tempat tinggal ikan itu sendiri. Saat ini memang ada aquarium bermode aquascape agar terlihat lebih alami. Tetapi dari kolam justru kita lebih leluasa untuk melakukan perancangan untuk tempat tinggal ikan dengan efek yang lebih natural dengan dukungan ruangan yang terbuka.

  • Lebih hemat dan mudah untuk membuatnya.

Selain dua kelebihan diatas, dengan milih kolam sebagai tempat tinggal untuk ikan, anda tidak perlu dipusingkan dengan masalah budget. Karena biaya pembuatan kolam jauh lebih murah dibandingkan dengan aquarium. Selain itu Anda juga bisa membuatnya lebih sederhana jika Anda ingin lebih mudah dan tidak ribet untuk membuat model kolam yang Anda inginkan.

  • Lebih mudah berinteraksi dengan ikan

Bagi Anda yang juga memiliki hobi untuk interaksi langsung dengan ikan, memilih kolam jauh lebih baik dibandingkan dengan aquarium. Jika melalui aquarium kita memang juga bisa tetap berinteraksi dengan ikan tetapi tidak lebih leluasa dibandingkan dengan pemeliharaan ikan di kolam. Karena pada aquarium, masih terhalang dekat kaca yang mengelilinginya hal ini tentu berbeda dengan kolam yang tidak ada penghalang dekat pada setiap sudutnya.

  • Proses perawatannya lebih mudah

setiap kita memiliki hewan peliharaan pastinya dibutuhkan ketlatenan dalam merawat hewan tersebut dalam jangka waktu yang lama. Begitu juga saat Anda memelihara ikan, Anda juga harus memperhatikan cara perawatan ikan yang baik setiap harinya. Jika ini di lakukan terus menerus pasti adakalanya Anda akan merasa bosan. Jadi saat memutuskan untuk merawat ikan pastikan cara perawatannya tidak akan merepotkan atau menyusahkan Anda.

Untuk itu kolam jauh lebih menguntungkan dari segi kemudahan perawatannya dibandingkan dengan aquarium. Karena aquarium jauh lebih mudah tumbuh lumut dan kotor. Sehingga Anda harus lebih sering melakukan pembersihan, dibandingkan dengan kolam.

  • Sirkulasi udara yang alami

Ikan yang hidup dalam kolam akan mendapatkan sirkulasi yang lebih baik dibandingkan dengan ikan yang hidup di aquarium. Jika pada aquarium biasanya perlu bantuan alat untuk menjamin kadar oksigen dalam aquarium tetap stab, hal ini tidak berlaku bagi ikan yang hidup di kolam. Layaknya manusia, ikan juga pasti lebih senang menikmati udara dan suhu di luar ruangan, dibandingkan harus bertahan dalam Suhu ruangan yang sama setiap harinya.

Nah, itu tadi adalah beberapa kelebihan memelihara ikan di dalam kolam dibandingkan di aquarium yang patut untuk Anda ketahui. Dan sebagai tambahan informasi kami akan memberikan informasi referensi ikan yang bisa Anda pelihara di kolam. Berikut ini macam macam ikan yang biasa dipelihara didalam kolam :

  1. Bala shark

Hiu bala adalah jenis ikan yang cocok Anda pelihara di pekarangan kolam Anda. Meskipun sejenis hiu tetapi ikan ini tidak akan tumbuh sebesar hiu pada umumnya. Alasan diberi nama hiu hanya berdasarkan bentuk fisiknya yang lancip, serta sirip di badannya yang menyerupai hiu, tetapi sebenarnya ikan ini tidak terlalu ganas layaknya hiu.

  1. Kumpai

Kumpai adalah salah satu ikan hias yang mudah dalam perawatan ya. Sehingga menjadikan ikan ini banyak diminati untuk dipelihara. Warna ikan kumpai pada umumnya putih keemasan, putih kelabu dan jingga.

  1. Swordtail

Swordtail lebih dikenal dengan ikan pedang. Ikan ini berwarna merah menyala dengan sirip yang lancip pada perutnya. Ikan ini cukup unik jika Anda pelihara di dalam kolam Anda.

  1. Ikan Koi

Ikan yang paling banyak digemari karena corak warnanya yang warna warni akan menambah kecantikan kolam Anda. Ikan ini memilik kemampuan bertahan hidup yang baik, ikan ini bisa tetap hidup jika kondisi air kolam dalam keadaan kerus sekalipun.

  1. Palmas

Kelebihan Memelihara Ikan Kolam

Nama lain dari ikan palmas adalah ikan bichir. Jenis ikan ini terkenal memiliki sirip yang jumlahnya banyak. Ikan ini awalnya berasal dari benua Afrika. Sehingga di Indonesia sendiri keberadaannya cukup langka. Ikan ini mirip naga tetapi memiliki corak seperti ular. Sedangkan kelebihan yang ikan in miliki adalah kemampuan bertahan hidup diluar air selama beberapa menit.

  1. Ikan Araipama

Ikan Arapaima sangat cocok untuk memiliki tempat tinggal di kolam. Karena ikan ini bisa tumbuh besar dengan panjang 2, 5 meter dengan berat maksimal 100kg. Dengan ukuran seperti itu kolam ikan biasa tidak akan mampu memenuhi kebutuhan ruang untuk ikan ini. Ikan ini juga termasuk jenis ikan yang langka dengan pemeliharaan yang mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya.

  1. Ikan Sapu-Sapu

Yang terakhir bagi rekomendasi dari kami adalah ikan sapu – sapu. Sebenarnya ikan sapu – sapu tidak termasuk dalam ikan hias, tetapi kemampuan Ikan sapu – sapu untuk memakan semua lumut dan alga yang ada didalam kolam. Sehingga ikan sapu -sapu akan sangat menguntungkan bagi Anda untuk bisa membantu menjaga kebersihan kolam.

Itulah beberapa informasi mengenai kelebihan kolam dibanding aquarium, beserta contoh ikan yang bisaAmda pelihara didalam kolam. Kesimpulannya kenali dulu kelebihan masing – masing tempat tinggal untuk ikan Anda. Kemudian lakukan perbandingan, dan putuskan mana yang paling sesuai dengan kondisi yang Anda alami, dan harapan Anda kedepannya. Sehingga  ikan bisa  merasa lebih nyaman untuk hidup dan berkembangbiak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here