Lima Cara Mudah Memilih Ikan Arwana Sri Raja Ikan Hias

Tahukah Anda bahwa selain hobi, ternyata memelihara ikan hias Arwana dipercaya membawa keberuntungan bagi pemilknya. Bahkan ada pula yang percaya bahwa tipe penolak bala telah hadir pada ikan arwana jenis Golden Red Arwana.

Sedangkan untuk ikan arwana jenis Goldn Pino dipercaya mendatangkan banyak rezeki. Bukan hanya itu saja, ada juga jenis ikan Arwana yang diyakini mampu memberikan kesembuhan bagi pemiliknya yang tengah sakit. Benar atau tidaknya hal ini tentu tergantung dari kepercayaan masing-masing.

Dulunya pecinta ikan hias Arwana tumbuh dan berkembang hanya dari kalangan ekonomi menengah atas saja. Namun seiring dengan maraknya internet dan media sosial, sekarang ini pecinta ikan Arwana dari berbagai kalangan sudah banyak bermunculan menggemari jenis ikan hias air tawar yang satu ini. Demikian pula dengan komunitas dan klub pecinta ikan Arwana di media online, serta berbagai kontes di daerah-daerah yang juga ikut ramai.

Di kalangan hobi pecinta ikan hias, ikan Arwana dikenal sangat awet dan stabil untuk masalah trend. Hal ini karena harga ikan hias Arwana terutama tipe Red, selalu stabil di pasaran. Disamping itu, jenis ikan hias Arwana bisa dibilang sangat kuat siklus hidupnya. Maa tak heran jika kebanyakan orang menyebut ikan Arwana ini merupakan ikan hobi sepanjang masa.

Selain hanya sekedar hobi, banyak juga yang memanfaatkannya sebagai barang “investasi”. Ya, banyak sekali orang yang merawat ikan hias Arwana dengan tujuan untuk bisnis jual beli. Biasanya mereka membeli anakan dengan harga jutaan rupiah, ketika sudah dipelihara selama 5 sampai 7 tahun ikan Arwana tersebut harganya bisa mencapai belasan dan bahkan puluhan juta rupiah.

Cara Memilih Ikan Arwana

Langkah awal dalam memilih ikan hias Arwana adalah dengan cara mengetahui jenis dan anatomi fisik ikan arwana. Bagi Anda yang masih pemula, mari langsung saja tips dan cara memilih jenis ikan hias Arwana berikut ini :

Lima Cara Mudah Memilih Ikan Arwana Sri Raja Ikan Hias

  1. Memilih sesuai dengan selera, budget, dan pengalaman pemelihara

Anda dapat memilih jenis ikan Arwana sendiri yang sesuai dengan isi kantong. Untuk bibit ikan Arwan jenis Pino harganya sekitar Rp 250.000, sedangkan untuk ikan Arwana jenis Red dengan ukuran 10 cm harganya bisa mencapai hinggga Rp 2,5 juta.

  1. Memilih ikan Arwana dari sisi ukuran

Ukuran ikan Arwana yang disarankan adalah sekitar 20 sampai 25 cm. Mengapa demikian? Bagi para pemula, ukuran ikan hias Arwana ini jauh lebih mudah dipelihara jika dibandingkan dengan ukuran ikan Arwana yang lebih kecil.

  1. Memilih Tempat Membeli

Meskipun ikan hias Arwana bisa Anda beli dengan mudah melalui online, akan lebih baik jika Anda membelinya secara langsung ke lokasi pembelian. Maka dengan demikian Anda dapat melihat langsung bagaimana sosok ikan hias Arwana yang akan dipilih.

  1. Fisik Ikan

Dalam hal ini Anda harus pastikan bahwa tidak ada sisik ikan Arwana yang lepas atau rusak. Disamping itu, kondisi ikan juga harus sehat. Jangan sampai Anda membeli anakan ikan Arwana dengan bibir cakil.

Hal tersebut dikarenakan ketika ikan sudah dewasa nanti tentu bibir yang cakil akan sangat mengurangi keindahan fisiknya. Maka dari itu, Anda harus perhatikan dengan baik dan cermat saat memilih bibit ikan Arwana yang ingin dipelihara. Lima Cara Mudah Memilih Ikan Arwana Sri Raja Ikan Hias

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here