Makanan Yang Disukai Ikan Peacock Bass

0
234
Jenis Ikan Peacock Bass

Makanan Ikan Peacock Bass (Pbass) – Butterfly peacock bass atau ocellaris peacock bass (Cichla ocellaris) adalah ikan asli dari sungai dan anak sungai di Amerika Selatan bagian utara di Kolombia, Venezuela, Guiana, dan Brasil.

Mereka juga telah diperkenalkan ke daerah di luar habitat asli mereka, meliputi Florida, Hawaii, Puerto Rico, dan Singapura. Ikan ini termasuk dalam spesies cichlid New World (Amerika Selatan,  Tengah, dan Utara).

Ciri Ciri Ikan Peacock Bass

Peacock Bass

Karakteristik utama yang dimiliki oleh Cichla ocellaris meliputi tiga garis transversal yang pudar, tanda bulat di bawah sirip dada, kadang-kadang satu ocellum yang berbeda di luar sirip punggung kedua, dan tidak ada marking hitam pada operculum (pipi).

Sebagai spesies peacock bass yang paling toleran terhadap suhu air, butterfly peacock bass pun menjadi spesies akuarium predator yang semakin populer.

Ikan ini memiliki ukuran yang mirip dengan monoculus peacock bass, di mana ikan dewasa biasanya mencapai ukuran sekitar 60 hingga 70 cm.

Ikan Peacock bass (Pbass) adalah ikan terbesar di antara keluarga ikan cichlidae (cichlid/siklid) dan mereka makan dengan metode yang unik. Mereka menyergap mangsanya sebelum menggunakan mekanisme “suction feeding.”

Mereka biasanya menyerang dengan keras, kemudian melompat dengan penuh semangat, menjadikan mereka spesies yang menarik untuk ditonton di akuarium Anda (tapi tentu saja tak asyik bila mereka memakan ikan lain di akuarium Anda).

Pbass adalah ikan pemakan yang rakus. Mereka berusaha memakan apa saja, dari yang berukuran kecil sampai yang seukuran dengan diri mereka sendiri. Ikan ini bukan pemakan yang pilih-pilih, tetapi mereka lebih suka makanan hidup seperti ikan, serangga, dan bahkan tikus!

Di alam liar, pbass makan dengan cepat dan lahap pada siang hari. Mereka menggunakan kecepatan untuk menangkap mangsanya. Mereka lebih suka memakan sebagian besar ikan dan mereka sebenarnya berandil besar mengurangi banyak spesies eksotik di alam liar, seperti tilapia berbintik

Kondisi air habitat alami mereka bersifat asam dengan kisaran pH 5,0 hingga 6,5 ​​dan kesadahan air antara 5 hingga 15 dH. Aliran airnya sedang dan volume besar air mengalir ke sungai setiap hari.

Cichla telah beradaptasi dengan sempurna hingga pola warna mereka memungkinkan untuk berbaur dengan lingkungan mereka.

Ikan Hias Peacock Bass

Mereka punya tubuh ramping panjang dengan sirip dada dan sirip dubur yang kuat yang mereka gunakan untuk mempertahankan posisi penyergapan di perairan sungai yang mengalir.

Butterfly peacock bass menjadi lebih populer di kalangan penghobi ikan predator yang tertarik memelihara spesies cichlid New World yang lebih besar. Ukuran, pola, warna, dan kebiasaan makan agresif mereka menjadi daya tarik tersendiri.

Karena minat pada pbass semakin besar, peternak sibuk menangkarkan cichla untuk memenuhi permintaan pasar.

Sayangnya sebagian besar peternak tidak berusaha untuk menjaga kemurnian dari masing-masing spesies dan menyilangkan beberapa spesies pbass, sehingga banyak ikan hibrida yang dijual ke penggemar akuarium predator.

Kebiasaan makan ikan Peacock Bass

Pbass akan mencoba memakan apa pun yang bersentuhan dengannya. Ingatlah hal ini saat memelihara pbass dengan spesies ikan lainnya. Saat remaja, ikan ini selalu menunggu untuk diberi makan. Ikan pbass kecil suka memakan cacing darah beku, krill kering beku, guppy, dan ikan kecil.

Beri makan pbass kecil beberapa kali sehari tetapi dengan sedikit makanan. Seiring bertambahnya usia ikan, mereka hanya bisa makan satu atau dua kali setiap hari. Pada usia ini (remaja besar hingga dewasa penuh), Anda juga bisa memberikan makanan seperti udang dan ikan kepala batu pada mereka.

Makanan yang direkomendasikan untuk Peacock Bass

Makanan Ikan Peacock Bass

Seperti yang disebutkan di atas, peacock bass lebih menyukai makanan hidup. Mereka kadang-kadang akan memakan pelet, tetapi makanan hidup seperti ikan komet , udang, cacing, atau bahkan ikan serta tikus juga dapat disantapnya.

Saat merawat dan memberi makan pbass, perhatikan setiap ikan secara cermat untuk mengetahui kebiasaan makan masing-masing individu yang unik.

Peacock bass sangat menyukai makanan hidup karena inilah yang mereka makan di lingkungan alami mereka. Akan tetapi makanan hidup juga dapat menyebabkan kontaminasi akuarium dan/atau penyakit; penting untuk selalu mengingat hal ini.

Jika akuarium Anda mulai mengalami banyak penumpukan sampah atau detritus, Anda mungkin perlu beralih ke makanan ikan komersial dengan pemberian makanan hidup sesekali saja. Makanan hidup umumnya juga lebih mahal dan tak semua penghobi ikan hias menyukainya.

Jika Anda memiliki banyak ruangan di akuarium untuk menampung pbass, mereka adalah ikan yang fantastis untuk dipelihara. Mereka membutuhkan akuarium yang sangat besar dengan banyak ruang untuk berenang dan bersembunyi dan mereka tidak boleh dipelihara dengan spesies ikan lain.

Ikan hias Peacock

Jika Anda dapat mengakomodir persyaratan ini, maka peacock bass akan memberikan kesenangan dan hiburan kepada Anda selama beberapa tahun dan mereka bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Makanan dan gizi

Butterfly peacock bass liar suka memangsa berbagai macam makanan hidup yang ada di ekosistem sungai mereka, meliputi serangga, ikan kecil, cacing, krustasea, dan amfibi.

Butterfly pbass yang dipelihara di dalam lingkungan akuarium akan dengan mudah memakan berbagai jenis makanan hidup yang sama dengan yang mereka makan di alam liar, tetapi seringkali penghobi ingin menghentikan ketergantungannya pada makanan hidup.

Makanan hidup biasanya lebih mahal, membutuhkan tempat penyimpanan khusus, lebih cepat habis, dapat membawa penyakit, dan dapat menciptakan polusi berlebih di air akuarium. Para penghobi umumnya memberi makanan komersial pada peacock bass mereka untuk memudahkan perawatannya.

Namun, tidak jarang para penggemar pbass yang biasa memberi pakan komersial sesekali juga memberikan pakan hidup untuk melihat naluri pemangsa dan teknik makan agresif pbass.

Makanan komersial yang cocok untuk pbass meliputi cacing darah, panan pelet, pakan stik, makanan berdaging beku seperti krill, dan lainnya.

Peacock bass juga akan mengonsumsi berbagai makanan hewani mati seperti udang mentah, ikan mentah, dan makanan berdaging lainnya.

Spesimen individu seringkali memiliki preferensi mereka sendiri-sendiri. Beberapa individu makan paling banyak, sementara yang lain lebih pilih-pilih soal makanan.

Demikian ulasan kami tentang makanan ikan peacock bass, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel kami yang lainnya juga ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here