Manfaat Daun Pepaya Bagi Budidaya Ikan Lele

Manfaat Daun Pepaya Bagi Budidaya Ikan Lele – Budidaya ikan lele adalah usaha untuk menjalankan kegiatan pemeliharaan ikan lele, mulai dari proses penyebaran benih, perawatan, panen dan kemudian dijual. Ikan lele termasuk hewan yang paling mudah dibudidayakan terutama di perairan dengan iklim yang hangat.

Keuntungannya kita bisa memenuhi dan menjadi suplier makanan dengan harga ekonomis bagi kebutuhan pasar disekitar kita. Ikan lele bisa dibudidayakan dengan menempatkan ya didalam kolam, tangki ataupun sungai kecil. Kolam dalam bentuk sederhana seperti kolam dari semen ataupun alas terpal juga bisa menjadi tempat budidaya ikan lele. Jadi bisa terbilang ikan lele bisa hidup di berbagai macam tempat, karena ikan lele yang mudah beradaptasi asalkan PH air dalam kolam tidak terlalu tinggi. Sehingga ikan lele bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik dan tidak mudah merasakan stres.

Manfaat Daun Pepaya Bagi Budidaya Ikan Lele

Sampai saat ini budidaya ikan lele masih sangat diminati oleh peternak ikan, dan semakin meningkat setiap harinya. Hal ini disebabkan karena permintaan pasar yang terus menerus meningkat. Dengan tujuan sebagai pemenuhan kebutuhan ikan lokal untuk masyarakat setempat, harusnya budidaya ikan lele terus mendapatkan dukungan. Karena dengan konsumsi ikan lele bisa membantu meningkatkan gizi masyarakat di daerah tersebut.

Dalam lele ada beberapa kandungan gizi yang baik seperti kandungan protein sebanyak 15,6 gram. Protein jnk sangat baik untuk memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh manusia.

Kandungan lainnya yang ada pada lele adalah vitamin b-12 yang tinggi. Dalam satu ekor lele mengandung 40 persen vitamin B12, yang kita tahu kandungan B-12  bis membantu memecah zat makanan menjadi energi untuk kita.

Selain itu dalam ikan lele juga ada kandungan asam lemak omega 6 sebesar 875 mg, dan lemak omega 3 yang mencapai 220 mg.

Kandungan zat di dalam ikan lele juga sangat rendah merkuri. Asam lemak omega juga terkandung dalam ikan lele, jumlahnya sekitar 875 mg asam lemak omega-6 dan lemak omega-3 sekitar 220 mg.kedua asam lemak tersebut dibutuhkan oleh manusia untuk menjaga kesehatan fungsi jantung setiap harinya. Selain itu ikan lele juga sangat rendah merkuri, sehingga akan sangat aman dikonsumsi.

Perawatan ikan lele juga tidak sulit, terutama untuk penyediaan pakannya. Anda bisa memberi ikan lele pakan seperti pelet, tepung ikan, ataupun beberapa makanan organik lainnya. Salah satu makanan organik yang banyak digunakan oleh peternak Ikan lele adalah daun pepaya.

Kebanyakan orang hanya tahu daun pepaya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia saja. Nyatanya daun pepaya juga memiliki kandungan yang juga sangat baik untuk pertumbuhan dan pengembangbiakan ikan lele. Karena didalam daun pepaya kita bisa menemukan gizi yang sanymgat beragam seperti : vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalori, protein, lemak, hidrat arang, karbohidrat, kalsium dan mineral dalam satu daun pepaya.

Selain aneka vitamin tersebut diatas, daun pepaya juga memiliki fungsi sebagai obat cacing karena kandungan Carposide yang ada didalamnya. Daun pepaya memang terasa pahit karena adanya kandungan zat papain yang tinggi, namun zat papain inilah yang justru dapat merangsang peningkatan nafsu makan. Sehingga tak heran daun pepaya ini tidak hanya kaya manfaat untuk manusia saja, tetapi juga baik untuk memuhi nutrisi ikan lele.

Selain untuk dikonsumsi ikan lele daun pepaya ini juga merupakan salah satu cara agar PH air di kolam ikan lele bisa stabil. Daun pepaya juga yang bisa menjadi obat alami atau herbal bagi ikan lele yang mengalami stres atau sakit. Apalagi jika memasuki musim hujan. Ini akan mengakibatkan kondisi air dalam kolam lele yang terbuka, akan mengalami penurunan PH yang signifikan. Dan dapat dipastikan ikan lele akan mudah mengalami stres. Tanda ikan lele mengalami stres bisa dilihat dari kebiasaannya untuk meloncat ke atas atau keluar kolam, jika terus dibiarkan akan membuat ikan lele gampang mati. Untuk itu sangat penting bagi anda yang melakukan usaha budidaya ikan lele untuk menggunakan daun pepaya sebagai pakan atau obat bagi ikan lele Anda. Dan berikut ini manfaat lain dari daun pepaya dalam budidaya ikan lele :

  1. Bahan sterilisasi

Untuk ikan lele yang baru saja dipindahkan ke kolam perlu waktu untuk beradaptasi dan terbebas dari berbagai jenis penyakit ikan yang menular. Agar memperkecil terjadinya kerugian yang diakibatkan banyaknya ikan lele yang mati saat proses tebar benih, atau proses pembesaran dan pemeliharaan maka kolam yang akan Anda gunakan harus dalam kondisi yang netral dan steril. Caranya yang bisa Anda gunakan tentunya dengan memanfaatkan daun pepaya. Tahap yang perlu anda lakukan adalah pengambil daun pepaya beserta tangkainya, kemudian tumbuk halus keduanya, setelah halus mulai tebarkan secara merata keseluruhan bagian kolam ikan lele, dengan perbandingan. 1 genggam untuk per 1 m². Dengan proses tersebut maka diharapkan kolam ikan akan terbebas dari berbagai macam penyakit ikan.

Untuk kolam yang menggunakan terpal baru, anda bisa melakukan sterilisasi terpal dengan cara daun pepaya dan tangkainya yang di tumbuk halus tadi, dicampur dengan air dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu masukanke dalam botol semproti dan semproti seluruh permukaan terpal dengan cairan tersebut. Sebelum memasangkan terpal biarkan permukaan terpal kering, kira – kira waktu yang dibutuhkan selama 5 hari, setelah itu bersihkan kembali sisa kotoran daun pepaya yang masih menempel pada terpal dengan membilasnya sampai bersih. Kemudian baru pasang terpal pada kolam, dan mulai isi dengan air. Dapat dipastikan terpal yang Anda gunakan untuk kolam ikan lele sudah steril dan terbebas dari berbagai penyakit.

  1. Sebagai obat penenang

Ikan lele termasuk jenis hewan yang sering mengalami stres.oleh karena itu ikan lele butuh ketenangan layaknya manusia. Contohnya saja Ikan lele yang baru saja Anda dapatkan dan akan Anda masukan ke dalam kolam. Paik saat proses pembenahan atau penyebaran bibit beni yang sudah di steril kan sebelumnya. Agar menjaga ketenangan yang dibutuhkan oleh ikan lele, ada satu cara yang perlu Anda lakukan. Yaitu menggunakan daun pepaya yang sudah dirajang halus sampai menghasilkan air. Air yang keluar dari perasan daun pepaya tersebut bisa Anda tebarkan sebagai pakan ikan lele, yang bermanfaat juga sebagai obat pemenang bagi lele yangada di kolam Anda.

  1. Vitamin Kekebalan tubuh

Ada sebuah penelitian yang menunjukan daun pepaya memiliki banyak sekali manfaat. Hasil dari ekstrak daun pepaya diketahui memiliki kandungan berupa enzim papain yang dengan aktivitas protoelitik serta abtimikroba dan alkaloid carpain yang dapat difungsikan sebagai antibakteri yang sangat baik.

Selain itu ekstrak daun pepaya juga terdapat kandungan Tociphenol dan flavonoid yang memiliki daya antimikroba.

Bagi ikan lele yang positif terinfeksi bakteri aerominas hydrophila bisa memanfaatkan ekstrak daun pepaya ini. Karena daun pepaya terbukti bisa menjadi antibakteri dan imunostimulan yang bisa mencegah dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

4.mengurangk dan menghilangkan sifat kanibalisme

Seperti yang sudah diketahui, ikan lele termasuk jenis hewan kanibalisme. Ikan lele yang berukuran besar bisa saja memakan ika lele yang masih kecil atau masih berupa benih. Untuk itu banyak yang melakukan pemisahan besar kecilnya ikan lele u tuk menghindari kankbalisme ini.

Ternyata ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi atau menghilangkan sifat kankbalisme pada ikan lele. Yaitu denga. Memberikan daun pepaya yang sudah dicincang halus dan sudah dicampurkan dengan  tetesan tebu atau molase. Kemudian aduk hingga menjadi sebuah ramuan. Setelah itu dia kan ramuan selama kurang lebih 15 menit, lalu ramuan tersebut mulai tebarkan secara merata ke dalam kolam ikan lele.

  1. Pakan alami

Selain beberapa manfaat diatas ikan lele juga bermanfaat sebagai pakan yang alami untuk ikan lele. Tentunya dengan kandungan gizi seperti yang disebutkan di awal, daun pepaya ini sangat baik jika dijadikan pakan untuk lele. Daun pepaya yang mulai Anda sebar didalam kolam, akan memancing tumbuhnya lumut. Dan lumut yang ada pada daun pepaya tersebut akan mulai dimakan oleh ikan lele. Alhasil ikan lele Anda bisa mengkonsumsi pakan yang memiliki kandungan yang baik untuk pertumbuhannya.

Manfaat Daun Pepaya Bagi Budidaya Ikan Lele

  1. Sebagai obat herbal

Seperti yang dijelaskan diata, lumut yang tumbuh di daun pepaya yang tersebar dalam kolam juga akan menjadi obat herbal bagi ikan lele Anda. Sehingga bisa dipastikan ikan lele yang sedang sakit bisa sembuh dengan sendirinya jika mengkosumsi lumut tersebut.

  1. Pemenuhan kebutuhan akan nutrisi

Kandungan Nutrisi yang tinggi pada daun pepaya dinilai sangat baik untuk ikan lele.dan sudah banyak yang melakukan penelitian dan percobaan pada daun pepaya ini. Untuk menguji apakah kandungan yang terdapat pada daun pepaya bisa menjadi pelengkap nutrisi yang dibutuhkan ikan lele atau tidak. Dan sejauh ini hasilnya memang terbukti, bahwa daun pepaya adalah pemenuh kebutuhan nutrisi yang baik untuk ikan lele.

  1. Merangsang proses perkembangbiakan ikan lele

Yang sudah kita bahas adalah kandungan protein yang tinggi pada daun pepaya bisa menjadikan daun pepaya tersebut sebagai salah satu pakan lele terbaik. ikan lele yang rutin mengkonsumsi daun pepaya akan memiliki perkembangan yang baik. Dan hal ini adalah tujuan dalam budidaya ikan lele. Sehingga ikan lele akan terus berkembang dan bertambah banyak jumlahnya setiap hari.

  1. Mudah dikembangbiakkan

Untuk mengembangbiakan pohon pepaya ini tidak sulit, bahkan bisa dibilang tanaman pohon pepaya adalah salah satu tanaman yang sangat mudah ditanam. Saat Anda sudah mulai menanam pohon pepaya ini, sudah bisa dipastikan kebutuhan pakan untuk ikan lele Andaa bisa terpenuhi dengan mudah. Sehingga Anda bisa memastikan pakan yang Anda berikan untuk ikan lele Anda memiliki kualitas yang baik tanpa ada penvamuran zat kimia, seperti pupuk kimia atau semprotan zat kimia lainnya.

  1. Membuka peluang usaha

Jika Anda sudah berhasil melakukan perkembang biakan terhadap tanaman pohon pepaya, selain untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan lele Anda, tanaman pohon pepaya ini juga bisa Anda jadikan peluang usaha baru. Anda bisa menjadi penyedia pakan ikan lele. Sehingga Anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan untuk usaha Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here