Budidaya Ikan Lele : 10 Manfaat Garam Yang Harus Anda Ketahui.

 

Budidaya Ikan Lele : 10 Manfaat Garam Yang Harus Anda Ketahui.  Jika berbicara tentang budidaya ikan tawar yang bisa di konsumsi, jawaban terbanyak sudah pasti budidaya ikan lele. Hal ini karena banyak sekali permintaan pasar untuk pemenuhan stok ikan lele sebagai salah satu bahan konsumsi yang paling laku. Karena harganya yang lebih terjangkau dari jenis ikan lain, banyak yang lebih memilih ikan ini untuk dibeli dan dikonsumsi sendiri ataupun dijual kembali. Ini yang menyebabkan pecinta ikan akan lebih memilih untuk usaha budidaya ikan lele ini dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Karena itu tadi selain bisa di jual ke pedagang atau pasar, ikan lele juga bisa di jual langsung ke ibu rumah tangga atau warung makan disekitaran rumah.

Untuk menghasilkan ikan lele yang memiliki ukuran besar dan sehat Anda harus mulai memperhatikan dari awal benih atau bibit ikan lele yang akan digunakan. Pastikan bibit yang Anda pilih memiliki kondisi yang baik dan sehat untuk dikembangkan. Bukan hanya itu Anda harus memberikan Treatment atau pemeliharaan yang baik. Salah satunya dengan memberikan ikan lele tersebut vitamin tambahan. Dan jenis vitamin tambahan yang bisa Anda gunakan adalah garam. Dengan memberikan air garam pada ikan lele memang sudah banyak yang melakukannya dan menghasilkan hasil yang baik ketika masa panen ikan lele ini. Karena itulah proses pemberian garam ini terus berlangsung dengan tujuan agar ikan lele yang dipelihara dapat menunjukan perkembangan yang signifikan dan hasil yang cukup bagus.

Budidaya Ikan Lele : 10 Manfaat Garam Yang Harus Anda Ketahui.

Oleh karena itu kami ingin menjelaskan secara terperinci 10 Manfaat pemberian garam dalam budidaya ikan lele. Dan berikut adalah penjelasan lengkapnya :

  1. Membuat birahi ikan lele menjadi stabil

Pada saat musim kawin, kita sebagai peternak ikan lele pasti mengharapkan ikan kita memiliki birahi untuk melakukan proses perkembang biakan atau indukan ketika kita melakukan perjodohan sehingga ikan akan mendapatkan anakan dari proses tersebut. Sehingga budidaya ikan lele kita bisa berjalan semestinya.

Hal ini ternyata dapat dijelaskan secara ilmiah, air garam yang diberikan pada alat vital ikan lele akan dapat menstabilkan hormon reproduksi yang ada dalam tubuh ikan lele. Sehingga ikan lele yang terkena air garam tersebut akan memiliki masa birahi yang normal dan dapat menghasilkan anakan atau telur ikan lele yang sehat.

Pemberian air daram pada ikan lele dapat Anda lakukan seminggu dua kali. Baik ketika kondisi musim panas ataupun pada saat musim hujan dengan cara mencampurkan garam kedalam minumannya. Ini bertujuan agar ikan lele miliki daya tahan tubuh yang baik, sehingga ikan lele tidak akan mudah sakit dalam menghadapi cuaca ekstrim

  1. Mengurangi ikan lele yang loyo dan memberikan stamina tubuh yang baik.

Pada saat melihat kondisi ikan lele yang sedang loyo parapeternak ikan lele akan merasa kebingungan. Apalagi ikan lele tersebut sudah diberikan pakan yang cukup. Maka yang sering dilakukan oleh peternak lele adalah memberikan berbagai jenis vitamin dari harga biasa sampai harga jutaan rupiah.

Padahal anda bisa menggunakan cara lain yang lebih efektif dan efisien. Yaitu dengan memberikan garam pada air yang ada di kolam secara berkala. Sehingga garam yang dimasukkan dalam kolam tersebut akan memberikan energi dan menghilangkan rasa loyo pada ikan lele.

  1. Menjadikan ikan lele lebih sehat

Kondisi lele yang sehat sangat diperlukan. Baik pada masa pemeliharaan ataupun saat ikan lele mulai di jual. Ciri – ciri ikan lele yang sehat yaitu mata yang tajam, lahap ketika diberi pakan, dan memiliki daging yang empuk saat sudah di masak. Usaha yang bisa Anda lakukan untuk itu semua adalah dengan cara memberi air garam sebagai sumber energi untuk ikan lele yang Anda pelihara. Karena didalam garam ada sumber mineral yang sangat diperlukan untuk ikan lele yang Anda pelihara.

Jadi jangan salah, bukan hanya manusia yang membutuhkan. Sumber mineral, ikan lele punjuga membutuhkan mineral untuk menunjang kegiatan hariannya. Garam bisa menjadi pengganti vitamin atau suplemen untuk ikan dengan lebih efektif dan efisien. Dengan konsumsi air garam ikan lele akan menjadi bertambah sehat, tidak terlihat pucat, dan selalu bertenaga serta tidak mudah loyo.

  1. Menambah bobot daging ikan lele

 Ikan lele akan semakin digemari untuk dikonsumsi apabila memiliki daging yang tebal dan lembut. Maka dari itu dengan daging yang tebal itu,secara otomatis akan menambah bobot ikan lele tersebut. Nah, salah satu jenis vitamin yang bisa membentuk daging dan melakukan proses penggemukan ikan lele secara alami dan aman adalah dengan pemberian air garam.

  1. Mengobati Penyakit kulit pada ikan lele.

Sudah diketahui bahwa garam mengenadung anti bekteri yang alami untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Dan kandungan ini yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah jamur pada ikan lele. Terutam saat musim hujan. Ikan lele akan mudah terkena jamur karena Ph yang tinggi setelah turunnya hujan. Atau bisa juga karena lingkungan yang kotor, atau ketika masa bertelur.

Anda bisa mencoba mengoleskan air garam ke bagian kulit ikan lele yang terkena jamur. Ini akan memberikan penyembuhan pada ikan lele secara cepat dan alami.

  1. Mencegah dehidrasi pada ikan lele

Selain kandungan anti bakteri yang baik, garam juga memiliki kandungan mineral yang tinggi. Kebutuhan mineral dibutuhkan oleh ikan lele untuk membantu proses metabolisme gizi dan cairan dalam tubuh. Pemberian air garam di nilai bisa meningkatkan energi yang baik, dan dan jauh dari dehidrasi. Karena jumlah air yang masuk dalam tubuh akan melalui metabolisme yang baik, sehingga juga bisa dikeluarkan dengan baik.

Budidaya Ikan Lele : 10 Manfaat Garam Yang Harus Anda Ketahui.

Pemberian air garam dengan tepat akan memberikan manfaat yang untuk ikan lele. Saat memberikan air garam Anda harus memperhatikan cara dan takaran atau dosis yang tepat. Air garam hanya cukup diberikan dua kali dalam seminggu. Dan masukan air garam tersebut ke dalam kolam. Ingat jangan memberinya setiap hari. Cukup dua kali dalam sehari.

Karena jika Anda memberikan air garam pada takaran atau dosis yang lebih, hal ini justru akan menciptakan masalah untuk usaha budidaya Anda. Ikan lele akan mudah stres karena dapat mengganggu sistem kerja dalam tubuh ikan lele. Jadi jangan terlalu berlebihan dalam memberikannya, agar manfaat air garam bisa diterima dengan baik oleh penghuni kolam lele Anda.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat air garam dalam usaha budidaya ikan lele yang harus Anda ketahui. Kesimpulan ya banyak manfaat yang akan dapatkan dari garam, yang memiliki kandungan mineral, ant bakteri dan kandungan lainnya yang baik untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan lele. Tetapi Anda harus memberikan dosis yang pas, dengan takaran yang juga tepat. Jangan terlalu berlebih, karena akan bisa menghambat pertumbuhan ikan lele. Sekian info ikan lele hari ini. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda, terutama dalam usaha menjalankan budidaya ikan lele.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here