Memastikan Ikan Cupang Yang Anda Pelihara Dalam Kondisi Yang Sehat

0
170

Memastikan Ikan Cupang Yang Anda Pelihara Dalam Kondisi Yang Sehat

Memastikan Ikan Cupang Yang Anda Pelihara Dalam Kondisi Yang Sehat

Memastikan Ikan Cupang Yang Anda Pelihara Dalam Kondisi Yang Sehat – Memelihara ikan cupang memang terlihat gampang, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Jika kondisi ikan cupang Anda baik, maka banyak keuntungan yang Anda dapatkan. Mengingat ikan cupang ini memiliki beberapa keunggulan seperti bisa membantu Anda dalam kompetensi kejuaraan ikan hias baik yang diadu ataupun yang dinilai dari kecantikan ekor dan bentuk ikan ini. Anda juga bisa menjadikan ikan cupang sebagai ladang bisnis yang menjanjikan jika Anda bisa mengembangbiakan ikan ini dengan benar.   Tentunya sarat utama yang harus Anda penuhi adalah kondisi ikan cupang dalam keadaan sehat.

Maka dari itu Anda bisa memastikan ikan cupang Anda dalam kondisi yang sehat jika menunjukan ciri – ciri berikut ini :

  1. Bergerak dengan lincah

Ikan cupang termasuk dalam katagori ikan hias yang aktif. Jika dalam keadaan sehat ikan ini bisa bergerak atau berenang dengan cepat dan cenderung terlihat lincah. Jika Anda rasa pergerakannya mulai lambat dan lebih serang terdiam berarti kondisi ikan cupang Anda sedang tidak baik – baik saja.

  1. Memiliki warna yang tidak pucat

Warna pada tubuh ikan cupang adalah bagian terpenting dari ikan hias ini. Ikan cupang yang memiliki warna yang cerah, menandakan bahwa ikan ini sedang dalam kondisi prima. Namun sebaliknya jika warna ikan terlihat memudar dan cenderung pucat maka Anda harus segera memberikan perawatan ekstra untuk ikan cupang kesayangan Anda.

  1. Merespon lawan ikan cupang lainnya

Jenis ikan cupang aduan memang memiliki sifat yang agresif jika bertemu atau diadu dengan ikan cupang lainnya. Biasanya ditandai dengan cara mengibar-ngibarkan ekornya dan beberapa kali berenang mendekati lawannya. Sehingga jika ikan cupang Anda terlihat kurang memberikan respon pada ikan cupang lainnya berarti ikan Anda sedang mengalami masalah kesehatan dalam dirinya. Atau bisa juga ikan cupang sedang dalam kondisi stres atau depresi.

  1. Tidak ada noda dan jamur pada bagian tubuh ikan

Berhubungan dengan poin yang kedua, Anda dapat melihat kondisi kesehatan ikan cupang Anda dari penampilan ikan terutama pada bagian tubuhnya. Seperti yang kami jelaskan, ikan cupang cenderung mengkonsumsi makanan yang kurang steril, layaknya hewan peliharaan lainnya. Oleh sebab itu sisa makanan yang ditinggalkan dan tidak bisa dihabiskan oleh ikan cupang bisa menyebarkan bakteri dan jamur bagi ikan cupang. Anda harus sering memastikan kondisi air dalam wadah ikan cupang dalam keadaan bersih. Sehingga ikan cupang Anda juga tidak akan ada noda ataupun jamur pada bagian tubuhnya. Dan dapat dipastikan kondisi ikan cupang Anda sehat.

Untuk menjaga kondisi ikan agar selalu sehat bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti pemberi pakan yang baik dan memiliki kandungan gizi yang baik untuk ikan cupang. Selain itu menjaga kebersihan wadah tempat tinggalnya juga perlu dilakukan. Lakukan pengganti air secara teratur dan membuang sisa pakan yang tidak dimakan serta kotoran yang ditinggalkan ikan cupang dalam wadah. Hal ini perlu dilakukan agar dapat memastikan ikan cupang yang Anda miliki akan selalu dalam kondisi yang sehat.

Demikian artikel kami mengenai ciri – ciri ikan cupang dalam kondisi yang sehat. Semiga dari informasi ini bisa berguna bagi Anda. Khususnya bagi Anda pecinta dan kolektor ikan cupang.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here