Memilih Makanan Sampingan Untuk Ikan Cupang

0
91

Memilih Makanan Sampingan Untuk Ikan Cupang

Memilih Makanan Sampingan Untuk Ikan Cupang

Memilih Makanan Sampingan Untuk Ikan Cupang – Pada umumnya ikan cupang mampu bertahan hidup tanpa makan kurang lebih selama dua minggu. Tetapi meskipun demikian Anda yang berminat atau sedang memelihara ikan ini jangan sampai telat memberikan makan terhadap cupang Anda. Berikan perawatan yang layak, seperti ikan hias lainnya. Berikan makan secara rutin akan membuat ikan cupang ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi makanan untuk ikan cupang tidak sulit untuk kita dapatkan.

Jika pada artikel sebelumnya kita membahas jenis pakan terbaik untuk ikan cupang. Maka pada artikel kali ini kami akan memberikan referensi jenis makanan sampingan untuk ikan cupang yang bisa Anda jadikan selingan untuk pakan ikan cupang. Adapun jenis makanan tersebut adalah :

  1. Udang Air (Artemia)

Salah satu jenis makanan yang di rekomendasikan dalam proses pertumbuhan pada ikan cupang adalah udang air ini. Jenis udang air ini tentu berbeda dengan udang yang biasanya dikonsumsi dalam menu seafood.Artemia meupakan udang air yang berukuran kecil dan baru saja menetas. Kurang lebih ukuran yang dimiikinya 0,4mm, dan udang ini juga masih satu famili dengan jenis udang lainnya.

Anda bisa memberikan pakan udang air ini kepada ikan cupang Anda yang masih burayak atau yang memiliki usia 3 sampai 10 hari.

Kandungan di dalam artemia adalah protein dan nutrisi yang tinggi, hanya saja kandungan protein dan gizinya masih kurang banyak dibandingkan dengan jentik nyamuk atau kutu air. Proteinnya saja hanya sekitar 8-10%, dan lemak sekitar 2-2,5%, serta serat sekitar 0,2-0,5%.

  1. kuning telur

mungkin sudah banyak yang tahu bahwa ikan cupang bisa juga diberikam kuning telur untuk mempercepat pertumbuhannya. Bahkan kuning telur ini sudah banyak yang merekomendasikan dari pecinta ikan cupang.

Tetapi telur kuning biasanya hanya diberikan kepada ikan cupang atau burayak yang berusia 3 sampai 8 hari saja. Selain itu ada juga yang kontra tentang pemberian  pakan kuning telur pada ikan cupang. Karena sisa kuning telur tersebut dapat membuat kondisi air pada wadah ikan cupang mudah kotor dan keruh. Yang mengakibatkan habitat ikan cupang tercemar dan ikan cupang cepat mati.

3.    burayak guppy

guppy adalah salah satu jenis ikan yang mudah mengalami perkembang bikan. Bayi ikan guppy ataau burayak guppy bisa menjadi menu pakan untuk ikan cupang Anda. Burayak Guppy banyak dipilih sebagai pakan ikan cupang jenis Giant. Karenakandungan nutrisi yang baik dapat mempercepat pertumbuhan ikan cupang Giant.

  1. Lalat

Lalat ternyata juga bisa kita berikan kepan ikan cupang sbagai panggannya. Karena lalat juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah dengan jenis pakan cupang lainnya. Tetapi saat memberikan pakan lalat kepada cupang Anda, pastikan bagian kepala lalat sudah Anda buang terlebih dahulu. Dan porsi lalat pun jangan terlalu banyak untuk cupang Anda.

  1. Insuforia

Jenis pakan cupang yang terakhir adalah Insuforia, yaitu sejenis inverbrata kecil yang hidup di air dan sangat cocok dijadikan pakan Ikan Cupang deewasa. Untuk mendaptakannya Anda bisa mengembang biakannya sendiri dengan menggunakan kol atau sawi putih yang sudah busuk. Kemudian kol atau sawi tersebut di rebus  dan kemudian diperas hingga Anda mendapatkan sarinya. Lalu campur dengan air dari aquarium. Setelah itu diamkan selama tiga hari sampai muncul hewan – hewan kecil yang berwarana putih. Itulah wujud dari insuforia yang saat ini juga sangat populer sebagai pakan ikan cupang.

Demikian informasi mengenai jenis makanan sampingan ikan cupang agar dapat tumbuh sehat. Selamat mencoba, semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda khususnya bagi Anda yang sedang memelihara ikan cupang saat ini.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here