Memilih Makanan Terbaik Untuk Cupang

Memilih Makanan Terbaik Untuk Cupang – Siapa yang tidak tahu mengenai ikan hias yang sangat populer ini. Ikan ini memiliki hidup di air tawar dan memiliki habitta asli di beberapa Negara yanda ada di Asia Tenggara. Negara tersebut seperti Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Vietnam, Singapura, dan pastinya Indonesia. Ikan ini memiliki ciki khas fisik dan karakter atau kebiasaan yang unik. Ikan Cupang memiliki sikap yang cenderung agresif yang bertujuan untuk menjaga daerah kekuasaannya. Dan beberapa orang membagi ikan cupang ini kedalam tiga kategori yaitu ikan cupang has, cupang aduan dan cupang liar.

Memilih Makanan Terbaik Untuk Cupang

Sedangkan untuk di Indonesia sendiri memiliki jenis cupang sendiri. Dan ikan Cupang tersebut dikenal di berbagai pecinta cupang dengan sebutan Betta Channoides. Jenis ikan cupang ini kaan banyak kita temukan di salah satu daerah Kalimantan Timur, yaitu Pampang. Ikan Cupang Netta Channoides memiliki keistimewaan yaitu memilki kemampuan dalam bertahan hidup terbaik. Bahkan jenis ikan ini mendapat sebitan sebagai ikan cupang terkuat, karena kemampuananya yang mampu bertahan pada wadah yang memiliki sirkulasi udara yang minim, ataupun di tempat yang memiliki volume air sangat sedikit.

Pada umumnya ikan cupang mampu bertahan hidup tanpa makan kurang lebih selama dua minggu. Tetapi meskipun demikian Anda yang berminat atau sedang memelihara ikan ini jangan sampai telat memberikan makan terhadap cupang Anda. Berikan perawatan yang layak, seperti ikan hias lainnya. Berikan makan secara rutin akan membuat ikan cupang ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi makanan untuk ikan cupang tidak sulit untuk kita dapatkan.

Maka dari itu kami akan memberikan informasi kepada Anda jenis makanan seperti apa yang bisa di konsumsi ikan cupang dan bisa membantu pertumbuhan ikan cupang dengan baik. Sehingga akan memberi referensi bagi Anda dalam memelihara ikan cupang yang terkenal dengan ekor dan warana yang cantik dan menarik ini. Berikut ini makanan yang bisa Anda berikan kepada ikan cupang di rumah Anda :

  1. Cacing Sutera

Bagi Anda yang mengharapkan ikan cupang Anda bisa tumbuh besar dengan cepat maka diasrankan Anda untuk memberi makan ikan cupang dengan cacing sutera atau water worm. Kandungan lemak dan protein tinggi yang ada di cacing sutera sangat baik untuk pakan ikan Cupang Anda.ada sebuah penilitian meunjukan cacing sutera atau water worm memiliki kandungan kemak antara 12% sampai 13,3%, serta memilki kandungan protein tingga yang dikisar antara 40% sampai 50% . tidak hanya itu, cacing sutera juga memiliki kandungan serat sebesar 2% sampai 2,5% yang tentunya akan memberikan dampak yang baik untuk pemenuhan nutrisi pada ikan cupang.

  1. Kutu Air (Water Flea)

Makanan kedua yang bisa Anda berikan ke ikan cupang adalah water flea, dan biasa disebut dengan kutu air. Anda bisa menemukan kutu air di sekitar aliran perairan sungai, parit ataupun kolam. Anda juga bisa menemukan kutu air ini di genangan – genangan air. Hewan kecil yang biasa bergerak di genangan air ini ternyata memiliki kandungan gizi tinggi yang baik untuk semua jenis ikan. Khususnya ikan yang masih burayak yaitu anak cupang yang baru lahir.

Kutu Air memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu antara 20% hingga 50%. Tidak hanya itu kandungan yang ada di kutu air lainnya adalah karbohidrat yaitu antara 0,6% sampai 0,9%. Meskipun dalam angka yang kecil ternyata ada stu kandungan lagi yang ada di kutu air yang baik juga bagi cupang. Kandungan tersebut adalah lemak yaitu sekitar 0,5 – 0,7%. Angka yang di tunjukan memang terbilang jauh dari kandungan lemak pada ikan sutera tetapi kutu air juga bisa membantu pertumbuhan tulang yang baik serta memberikan corak dan warna yang cerah  pada ikan cupang. Jenis kutu air sendir ada dua macam yakni Daphina SP dan Daphina Magna. Sehingga anda juga bisa membagi dua jenis kutu air ini sesuai dengan usia ikan cupang Anda.

Untuk cupang yang berusia 3 sampai 15 hari Anda bisa memberikan burayak ini jenis kutu air Daphina SP. Sedangkan untuk ikan cupang dewasa Anda bisa memberikan ikan cupang jenis Daphina Magna untuk pakannya.

  1. Jentik Nyamuk

Jika jentik nyamuk dapat merugikan manusia ini berbanding terbalik dengan ikan cupang. Jentik nyamuk adalah salah satu makanan terbaik untuk ikan cupang. Jadi saat Anda memelihara ikan cupang, dan di rumah Anda ada banyak jentik nyamuk yang berbahaya bagi maka Anda bisa saling menguntungkan. Berikan jentik nyamuk tersebut ke ikan cupang Anda sehingga jumlah centik nyamuk di rumah Anda bisa berkurang dengan sendirinya.

Hal ini juga yang sudah di terapkan sebagai program pembrantasan jentik nyamuk oleh pemerintah dan dikelola di beberapa puskesmas di daerah – daerah Indonesia. Mereka memberikan ikan cupang ke beberapa tempat atau fasiltas umum. Ada juga yang mulai membegikan ikan cupang ke setiap rumah – rumah warga.

Lalu kandungan apa sajakah yang ada di jentik nyamuk? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini:

Sama seperti dengan kutu air dan ulat sutera, jentik nyamuk juga memiliki kandungan protein sekitar 13 sampai15%, dan ada kandungan lemak juga pada jentik nyamuk. Yaitu sekitar 7 sampai 8%, ada juga kandungan serat yaitu antara 3 sampai 4%. Dari kandungan tersebut jentik ikan bisa membantu mempercepat pertumbuhan ikan cupang Anda. Sehingga ikan Cupang akan bisa tumbuh besar dan sehat. Bahkan cara mendapatkan jentik nyamuk ini juga sangat mudah. Biasanya ada di genangan air ,bak mandi, penampungan air, sungai, ataupun parit.

  1. Mikroworm

Jenis makanan cupang yang lain dan bisa Anda coba adalah Mikroworm atau cacing halus. Mikroworm adalah makanan yang paling sering diberikan oleh para pecinta dan pengoleksi ikan cupang. Ini disebabkan selain ikan cupang menyukai makanan ini, mikroworm juga sangat mudah dan dipelihara. Jadi Anda tidak perlu lagi bingung mencari makan untuk cupang jika sudah bisa mengembang biakan microworm ini sendiri.

Mikroworm dikenal pula dengan cacing halus. Anda bisa membeli bibit cacing halus ini dengan harag amurah. Yaitu seharga Rp 10.000,/per toples kecil. Lalu Anda bisa memindahkan bibit cacing halus tersebut ke wadah di ruangan yang bersuhu 68 derajat sampai 85 derajat celcius. Tak lupa tambahakan pula penerangan pada ruangan atau wadah cacaing halus ini. Maka cacing halus ini akan berkembang biak dengan baik, dan jumlah stok pangan ikan cupang Anda akan terpenuhi dengan sendirinya.

Khasiat atau kandungan yang ada di cacing halus (mikroworm) ini adalah protein, gizi dan nutrisi yang tinggi. Sehingga akan mencukupi semua kebutuhan ikan cupang untuk tumbuh besar dan sehat.

  1. Udang Air (Artemia)

Salah satu jenis makanan yang di rekomendasikan dalam proses pertumbuhan pada ikan cupang adalah udang air ini. Jenis udang air ini tentu berbeda dengan udang yang biasanya dikonsumsi dalam menu seafood.Artemia meupakan udang air yang berukuran kecil dan baru saja menetas. Kurang lebih ukuran yang dimiikinya 0,4mm, dan udang ini juga masih satu famili dengan jenis udang lainnya.

Anda bisa memberikan pakan udang air ini kepada ikan cupang Anda yang masih burayak atau yang memiliki usia 3 sampai 10 hari.

Kandungan di dalam artemia adalah protein dan nutrisi yang tinggi, hanya saja kandungan protein dan gizinya masih kurang banyak dibandingkan dengan jentik nyamuk atau kutu air. Proteinnya saja hanya sekitar 8-10%, dan lemak sekitar 2-2,5%, serta serat sekitar 0,2-0,5%.

  1. kuning telur

mungkin sudah banyak yang tahu bahwa ikan cupang bisa juga diberikam kuning telur untuk mempercepat pertumbuhannya. Bahkan kuning telur ini sudah banyak yang merekomendasikan dari pecinta ikan cupang.

Tetapi telur kuning biasanya hanya diberikan kepada ikan cupang atau burayak yang berusia 3 sampai 8 hari saja. Selain itu ada juga yang kontra tentang pemberian  pakan kuning telur pada ikan cupang. Karena sisa kuning telur tersebut dapat membuat kondisi air pada wadah ikan cupang mudah kotor dan keruh. Yang mengakibatkan habitat ikan cupang tercemar dan ikan cupang cepat mati.

7.    burayak guppy

guppy adalah salah satu jenis ikan yang mudah mengalami perkembang bikan. Bayi ikan guppy ataau burayak guppy bisa menjadi menu pakan untuk ikan cupang Anda. Burayak Guppy banyak dipilih sebagai pakan ikan cupang jenis Giant. Karenakandungan nutrisi yang baik dapat mempercepat pertumbuhan ikan cupang Giant.

  1. Lalat

Lalat ternyata juga bisa kita berikan kepan ikan cupang sbagai panggannya. Karena lalat juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah dengan jenis pakan cupang lainnya. Tetapi saat memberikan pakan lalat kepada cupang Anda, pastikan bagian kepala lalat sudah Anda buang terlebih dahulu. Dan porsi lalat pun jangan terlalu banyak untuk cupang Anda.

Memilih Makanan Terbaik Untuk Cupang

  1. Vinegar Eel

Salah satu makan alami untuk cupang yang bisa Anda sediakan adalah Vinegar Eel. Hewan ini termasuk dalam jenis belut, tetapi untuk ukurannya jauh lebih kecil dari ukuran belut pada umumnya. Ukurang yang sangat kecil ini akan sedikit sulit bagi kita menemukan jenis angan yang satu ini.

  1. Insuforia

Jenis pakan cupang yang terakhir adalah Insuforia, yaitu sejenis inverbrata kecil yang hidup di air dan sangat cocok dijadikan pakan Ikan Cupang deewasa. Untuk mendaptakannya Anda bisa mengembang biakannya sendiri dengan menggunakan kol atau sawi putih yang sudah busuk. Kemudian kol atau sawi tersebut di rebus  dan kemudian diperas hingga Anda mendapatkan sarinya. Lalu campur dengan air dari aquarium. Setelah itu diamkan selama tiga hari sampai muncul hewan – hewan kecil yang berwarana putih. Itulah wujud dari insuforia yang saat ini juga sangat populer sebagai pakan ikan cupang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here