Memilih Makanan Terbaik Untuk Ikan Cupang

0
418

Memilih Makanan Terbaik Untuk Ikan Cupang

Memilih Makanan Terbaik Untuk Ikan Cupang

Memilih Makanan Terbaik Untuk Ikan Cupang – Pada umumnya ikan cupang mampu bertahan hidup tanpa makan kurang lebih selama dua minggu. Tetapi meskipun demikian Anda yang berminat atau sedang memelihara ikan ini jangan sampai telat memberikan makan terhadap cupang Anda. Berikan perawatan yang layak, seperti ikan hias lainnya. Berikan makan secara rutin akan membuat ikan cupang ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi makanan untuk ikan cupang tidak sulit untuk kita dapatkan.

Maka dari itu kami akan memberikan informasi kepada Anda jenis makanan seperti apa yang bisa di konsumsi ikan cupang dan bisa membantu pertumbuhan ikan cupang dengan baik. Sehingga akan memberi referensi bagi Anda dalam memelihara ikan cupang yang terkenal dengan ekor dan warana yang cantik dan menarik ini. Berikut ini makanan yang bisa Anda berikan kepada ikan cupang di rumah Anda :

 

  1. Cacing Sutera

Bagi Anda yang mengharapkan ikan cupang Anda bisa tumbuh besar dengan cepat maka diasrankan Anda untuk memberi makan ikan cupang dengan cacing sutera atau water worm. Kandungan lemak dan protein tinggi yang ada di cacing sutera sangat baik untuk pakan ikan Cupang Anda.ada sebuah penilitian meunjukan cacing sutera atau water worm memiliki kandungan kemak antara 12% sampai 13,3%, serta memilki kandungan protein tingga yang dikisar antara 40% sampai 50% . tidak hanya itu, cacing sutera juga memiliki kandungan serat sebesar 2% sampai 2,5% yang tentunya akan memberikan dampak yang baik untuk pemenuhan nutrisi pada ikan cupang.

 

  1. Kutu Air (Water Flea)

Makanan kedua yang bisa Anda berikan ke ikan cupang adalah water flea, dan biasa disebut dengan kutu air. Anda bisa menemukan kutu air di sekitar aliran perairan sungai, parit ataupun kolam. Anda juga bisa menemukan kutu air ini di genangan – genangan air. Kutu Air memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu antara 20% hingga 50%. Tidak hanya itu kandungan yang ada di kutu air lainnya adalah karbohidrat yaitu antara 0,6% sampai 0,9%. Meskipun dalam angka yang kecil ternyata ada stu kandungan lagi yang ada di kutu air yang baik juga bagi cupang. Kandungan tersebut adalah lemak yaitu sekitar 0,5 – 0,7%.

 

  1. Jentik Nyamuk

Jika jentik nyamuk dapat merugikan manusia ini berbanding terbalik dengan ikan cupang. Jentik nyamuk adalah salah satu makanan terbaik untuk ikan cupang. Jadi saat Anda memelihara ikan cupang, dan di rumah Anda ada banyak jentik nyamuk yang berbahaya bagi maka Anda bisa saling menguntungkan. Berikan jentik nyamuk tersebut ke ikan cupang Anda sehingga jumlah centik nyamuk di rumah Anda bisa berkurang dengan sendirinya.

 

Hal ini juga yang sudah di terapkan sebagai program pembrantasan jentik nyamuk oleh pemerintah dan dikelola di beberapa puskesmas di daerah – daerah Indonesia. Mereka memberikan ikan cupang ke beberapa tempat atau fasiltas umum. Ada juga yang mulai membegikan ikan cupang ke setiap rumah – rumah warga.

 

 

  1. Mikroworm

Jenis makanan cupang yang lain dan bisa Anda coba adalah Mikroworm atau cacing halus. Mikroworm adalah makanan yang paling sering diberikan oleh para pecinta dan pengoleksi ikan cupang. Ini disebabkan selain ikan cupang menyukai makanan ini, mikroworm juga sangat mudah dan dipelihara. Jadi Anda tidak perlu lagi bingung mencari makan untuk cupang jika sudah bisa mengembang biakan microworm ini sendiri. Khasiat atau kandungan yang ada di cacing halus (mikroworm) ini adalah protein, gizi dan nutrisi yang tinggi. Sehingga akan mencukupi semua kebutuhan ikan cupang untuk tumbuh besar dan sehat.

 

Itulah berbagai jenis pakan yang bisa Anda berikan untuk ikan cupang Anda. Selamat mencoba.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here