Mengenal Ikan Molly Balon

0
398

Mengenal Ikan Molly Balon

Bagi Anda para pecinta ikan hias tentu tidak asing lagi dengan ikan molly. Ada banyak sekali jenis ikan molly yang populer, salah satunya adalah ikan molly balon. Nah, kali ini kami akan memberikan informasi secara lengkap mengenai jenis ikan molly balon ini. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengenal Ikan Molly Balon

Ikan molly balon merupakan salah satu jenis ikan molly yang paling populer karena memiliki tampilan yang sangat cantik. Nama latin ikan molly ini adalah Poelicia Latipinna Sailfin molly, tetapi karen memiliki bentuk perut yang buncit seperti balon ketika sudah dewasa maka banyak orang yang menyebutnya dengan ikan molly balon.

Bentuk perut yang buncit dan sangat lucu inilah yang menjadi daya tarik utama ikan molly ini. Maka tak heran jika jenis molly ini banyak diburu oleh masyarakat khususnya para pecinta ikan hias. Dengan corak warna indah yang sangat beragam dan harganya yang bisa dibilang sangat terjangkau, menjadikan ikan molly balon ini banyak diburu oleh penggemar ikan hias dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Ikan molly merupakan salah satu diantara komoditas ikan hias air tawar di negara Indonesia. Jenis ikan hias yang satu ini berasal dari kawasan Meksiko, Florida, Virginia. Jenis ikan molly ini termasuk dalam golongan ikan “live brearer” yaitu ikan yang melahirkan anaknya dan bukan hanya bertelur. Selain itu ikan molly juga tergolong omnivora yang merupakan pemakan segala.

Sampai sekarang ini ada banyak sekali jenis ikan molly dengan berbagai varietas dan banyak macam warna yang sangat indah. Hal ini karena ikan molly sudah banyak dilakukan persilangan dan mutasi.

Keindahan dan kecantikan ikan molly balon akan semakin terlihat pada saat ikan ini sudah cukup besar dan memiliki bentuk bola. Ikan molly akan terlihat benar-benar sangat bagus dan mirip dengan maskoki mini.

Ikan Molly Balon Untuk Akuarium

Ikan molly balon merupakan jenis ikan hias yang sangat mudah untuk dipelihara karena tidak membutuhkan perlakuan secara khusus, hal ini tentu sangat berbeda dengan jenis-jenis ikan hias yang lainnya.

Disamping itu, dalam memelihara ikan molly juga tidak membutuhkan property yang berbagai macam. Cukup Anda pelihara dengan mudah dalam sebuah akuarium, bak semen, ember plastik, atau bisa juga media yang lainnya.

Untuk memelihara ikan ini tidak membutuhkan perawatan secara intensif karena ikan ini memiliki ketebalan badan yang cukup tingi. Ikan molly juga tidak mudah diserang oleh berbagai macam penyakit dan mempunyai ketahanan badan yang sangat baik dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.

Pada habitat aslinya, ikan molly balon adalah di suhu perairan 25 sampai 28 derajat celcius dengan pH 8 dan untuk kekerasan seputar 14 sampai 20 derajat dh. Namun karena sudah lama dipelihara di kawasan dengan pH netral (sekitar 7) maka waktu ini nampaknya pemeliharaan di kawasan ber-pH  netral juga tidak menjadi masalah.

Pemijahan Ikan Molly Balon

Pemijahan ikan molly balon hampir sama dengan pemijahan ikan guppy. Naman akan lebih bagus jika keadaan airnya lumayan kerasa. Maka dari itu dengan menambahkan garam dapur sekitar satu sendok makan untuk per tiga liter air akan membantu untuk semakin memperbanyak produksi anakan ikan molly.

Disamping itu, dibutuhan cahaya matahari yang cukup karena ini menjadi syarat paling penting agar sukses dalam memelihara ataupun membudidayakan ikan molly balon. Ikan molly akan menjadi induk ketika sudah berusia lima bulan lebih. Ukuran jualnya sekitar 2,5 sampai 3,0 cm yang dapat dicapai dalam kurun waktu 3 sampai 4 bulan.

Untuk membedakan jenis kelamin antara jantan dan betina pada ikan molly balon ini bisa dibilang sangat mudah. Jika dibandingkan dengan ikan molly jantan, ikan molly betina umumnya memiliki badan yang lebih gemuk. Sedangkan untuk ikan jantan memiliki sirip punggung yang lebih panjang dan lebar jika dibandingkan dengan molly betina. Selain itu, ukuran badannya juga lebih kecil dan langsing. Mengenal Ikan Molly Balon

Pemijahan ikan molly balon ini memang sangat mudah, namun dibutuhkan pengerjaan dan beberapa persiapan yang baik. Terlebih jika akan dibuat warna dan corak spesifik dari anakan ikan molly balon ini, maka dalam menentukan pasangan sangatlah penting.

Persiapan dalam proses pembudidayaan mencakup beberapa hal mulai dari persiapan wadah, menentukan induk, melakukan pemijahan, perawatan larva ikan molly, dan yang terkahir adalah panen. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:

  • Pastikan induk yang digunakan memiliki kualitas terbaik seperti misalnya mempunyai ukuran yang relatif besar, bentuk tubuh yang mengembungg dan mempunyai warna yang sangat cantik dan indah.
  • Induk-induk yang sudah disiapkan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam sebuah wadah seperti bak untuk sebagian gunakan induk. Namun jika Anda menginginkan keturunan yang lebih spesifik maka bisa juga dilakukan dengan cara memisahkan induk dalam bak sendiri sepasang-sepasang.
  • Bak-bak pemijahan tersebut harus sering Anda kontrol dan bahkan bila perlu kontrolah setiap hari. Ketika sudah lahir, maka anak-anak ikan harus segera diambil dan dipisahkan langsung dari sang induk. Hal ini tak lain bertujuan agar anak-anak tersebut tidak dimakan oleh induknya sendiri.

Larva atau anakan ikan molly balon yang sudah lahir dan Anda pisahkan sendiri di tempat yang berbeda dengan induknya ini bisa Anda berikan makanan kecil. Beberapa jenis makanan yang bisa Anda berikan pada anakan ikan molly balon tersebut adalah cacing sutra, pellet, kutu air, dan makanan ikan kecil lainnya.

Namun makanan ini tidak bisa langsung diberikan pada anakan atau larva ikan molly balon begitu saja, harus melalui beberapa proses terlebih dahulu agar nantinya bisa dicerna dengan mudah oleh anakan tersebut, khusunya pellet halus.

Cara mengolahnya pun sangat mudah, pellet halus yang sudah Anda siapkan tadi harus Anda hancurkan  terlebih dahulu dengan cara direndam menggunakan air panas dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bentuklah menjadi bola-bola kecil

Ketika benih ikan molly balon sudah berusia 3 bulan lebih maka ikan sudah bisa dilakukan pemanenan. Dengan demikian Anda bisa langsung menjual ikan-ikan molly tersebut di tukang ikan hias atau penjual ikan. Membudidayakan ikan molly bisa dibilang sebagai hiburan sekaligus bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Demikian pembahasan kami mengenai ikan molly balon yang sudah kami jelaskan secara lengkap mulai dari pengenalan ikan molly balon, cara membedakan jenis kelamin, hingga sampai cara membudidayakannnya. Semoga informasi yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semua sehingga bisa menambah wawasan, khususnya bagi Anda yang kini sedang ingin memelihara atau membudidayakan jenis ikan molly balon. Mengenal Ikan Molly Balon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here