Mengenal Ikan Molly

0
966

Mengenal Ikan Molly

Mengenal Ikan Molly

Asal Usul dan Habitat Ikan Molly

Mengenal Ikan Molly – Ikan hias lucu yang satu ini adalah ikan yang berasal dari perairan Meksiko, Florida, Virginia.

Di alam liar alias habitat aslinya molly biasa hidup pada suhu 25° hingga 28° Celcius dengan pH sekitar 8. Namun saat ini khususnya di Indonesia molly sudah terbiasa hidup di pH normal yaitu sekitar 7. Molly tergolong ikan yang kurang baik dalam beradaptasi pada perubahan suhu yang cukup tinggi.

Ciri Ciri Ikan Molly

Bentuk tubuh ikan molly ini rata-rata  bulat dan memiliki perut yang buncit. Serta mempunyai mulut maju ke depan lurus dengan matanya.

Mempunyai mata bulat besar tepat di belakang mulutnya. Ciri khas ikan molly yaitu memiliki bintik bintik kecil di tubuhnya.

Sedangkan untuk jenis Molly Hitam / Black Molly warna tubuhnya hitam secara keseluruhan.

Cara Memelihara Ikan Molly di Akuarium

Pilihlah akuarium yang dapat menampung ikan, disesuaiakan dengan banyaknya ikan yang dipelihara, lebih baiknya sediakanlah tempat yang cukup luas dan longgar.

Sebagian ikan molly hidup di perairan payau, maka dari itu beberapa orang sangat menyarankan untuk menaburkan sedikit garam di air akuarium, namun dengan catatan tidak ada ikan hias lain yang tercampur bersama dalam akuarium molly tersebut. Karena ada jenis ikan yang sensitif terhadap air asin dan tidak bisa bertahan alias akan mati.

Pasang juga lampu untuk memberikan pencahayaan pada akuarium tersebut dan nyalakan lampu setidaknya dalam sehari nyalakan 8 – 12 jam, buatlah seperti pada habitat aslinya jika terkena sinar matahari.

Gantilah air akuarium setidaknya 2 sampai 3 minggu sekali atu sampai air terlihat keruh, buanglah seperempat air dari keseluruhan air dalam akuarium, ini dilakukan untuk mengurangi zat berbahaya yang tercemar di dalam air akuarium, yang dapat mempengaruhi kesehatan ikan.

Makanan Ikan Molly Supaya Cepat Besar

Ikan molly adalah tergolong omnivora, yang dapat memakan apa saja yang ada di dalam akuarium, baik makanan alami, buatan, maupun makanan beku.

Selain makanan yang tersebut di atas juga sangat disarankan untuk memberi pakan pabrikan, karena apabila terlalu sering memberikan pakan alami dapat menyebabkan serangan bermacam-macam bakteri berbahaya yang terbawa dari pakan alami.

Jenis Ikan Yang Dapat Digabung dengan Ikan Molly

Karakteristik ikan molly yang damai dapat dicampur dengan bermacam-macam ikan hias kecil yang lain. Usahakan memelihara ikan ini dalam akuarium yang cukup jangan sampai memelihara ikan hias ini dalam akuarium yang terlalu kecil, karena ikan molly ini bisa berubah menjadi lebih agresif.

Karena ikan molly ini adalah tipe ikan yang senag bergerombol maka peliharalah ikan hias molly ini dalam jumlah yang cukup banyak. Ikan molly ini dapat berbaur baik dengan berbagai jenis ikan lain yang mempunyai kesamaan karakteristik tenang dan ukuran yang relatif sama.

Jenis ikan seperti ikan guppy, ikan plati sangat cocok apabila digabungkan dengan ikan molly dan juga ikan-ikan hias kecil lainya. Sehingga jika anda memelihara jenis ikan ini pasti akan lebih bervariasi dan beragam koleksinya.

Ketika anda memelihara jenis ikan molly ini, anda tidak perlu lagi kawatir untuk memisahkan ikan ini dengan jenis ikan hias lainnya, karena kelebihan ikan ini mampu dengan cepat beradaptasi dengan jenis ikan lainnya. Jadi akan sangat mudah untuk merawat ikan jenis satu ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here