Mengenal Lebih Jauh Jenis Ikan Bala Shark Yang Cantik Dan Layak Di Pelihara

0
101
Ikan Bala Shark

Mengenal Lebih Jauh Jenis Ikan Bala Shark Yang Cantik Dan Layak Di Pelihara

Mengenal Lebih Jauh Jenis Ikan Bala Shark Yang Cantik Dan Layak Di Pelihara

Mengenal Lebih Jauh Jenis Ikan Bala Shark Yang Cantik Dan Layak Di Pelihara – Mendengar namanya mungkin akan sedikit merinding, namun nyatanya ikan bala shark tidak terlalu menyeramkan layaknya jenis ikan hiu yang biasa kita ketahui. Ikan bala shark juga biasa dikenal dengan beberapa sebutan seperti ikan hiu, balasak, hiu bala, hiu tricolor, hiu perak atau silver shark, dan sharkminnow tricolor.

Untuk di Indonesia sendiri ikan ini juga memiliki sebutan yang berbeda-beda pada masaing-masing daerah. Seperti ikan Puntung Kanyut, untuk di daerah Sumatera sedangkan di daerah Jambi ikan ini disebut dengan ikan Ridik Angus, dan di daerah Kalimantan Barat ikan ini disebut dengan Ketutung.

Spesies ikan ini masuk dalam famili Cyprinidae dan juga merupakan salah satu dari dua spesies dalam genus Balantiocheilos yang sangat mirip dengan hiu sungguhan. Ikan ini dijuluki ikan hiu karena bentuk tubuh ikan ini layaknya tirpedo dengan sirip yang berukuran besar.

Jika ikan hiu bias aya bersifat agresif, sebaliknya ikan ini justru bersifat sangat ramah dan dapat bersahabat dengan berbagai jenis ikan tropis.

Ikan hias bala shark digemari karena memiliki penampilan fisik yang sangat indah untuk dipandang. Tubuhnya ramping, kurus, pipih, dan berwarna perak berkilauan dan di setiap siripnya yang berbentuk sabit dan berukuran besar terdapat warna hitam dan kuning. Ikan ini juga memiliki mata yang besar yang berfungsi untuk menemukan dan menangkap mangsa mereka.

Untuk anakan Hiu bala biasanya berukuran 5 cm, dan jika tumbuh di alam bebas dapat tumbuh mencapai panjang maksimum 40 cm dan jika di penangkaran ikan ini hanya dapat tumbuh rata – rata hanya berukuran 25 cm saja.

Ada berbagai jenis ikan bala shark yang bisa ditemui seperti berikut ini :

  1. Albino Rainbow Shark

Seperti namanya ikan bala shark albino ini memiliki tubuh yang berwarna putih dan sedikit warna Orange. Ikan ini memiliki sirip yang panganjang dan lebar. Be tik siripnya yang tinggi bisa menyerupai ikan hiu pada umumnya.

  1. Rainbow Shark

Meski memiliki nama rainbow atau pelangi namun nyatanya ikan inj memiliki warna dominan hitam dengan sirip dan ekor yang berwarna Orange. Ikan ini juga memiliki sirip punggung yang tinggi menyerupai ikan hiu. Di mulut ikan ini terdapat dua gunakan barbel atau sungut yang kecil untuk memangsa mangsanya.

  1. Red Tail Black Shark

Ikan jenis ini sebenarnya hampir sama dengan jenis rainbow shark, namun perbedaannya terletak pada ekornya saja yang berwarna Orange. Sementara siripnya tetap berwarna hitam. Ikan ini juga memiliki dua gunakan barbel atau sungut yang kecil di mulutnya yang digunakan untuk memangsa mangsanya. Ikan jenis ini sangatlah langka dan sangat sulit ditemukan di pasaran.

 

  1. Hi fin Loach

Ikan bala shark selanjutnya adalah hi fin loach atau bisa disebut juga dengan hiafin. Memiliki ciri tubuh berwarna kombinasi yaitu hitam, putih, hijau, dan merah. Hal ini yang menjadikan ikan bala shark satu ini diminati oleh para pecinta ikan. Saat ini ikan haifin sudah sangat jarang ditemukan di pasaran. Bahkan terakhir ada di pasaran adalah sekitar tahun 2005 sampai 2007.

  1. Apollo Shark

Ikan ini memiliki karakter yang menyerupai ikan arwana. Dengan. Tubuh yang panjang dan agak pipih ke samping dan bentuk tubuh lurus dengan sirip punggung dan anal agak ke belakang. Ikan ini berwarna silver dengan beberapa garis hitam yang terdapat di tengah tubuhnya dan membentang dari kepala sampai ekornya.

Itulah beberapa jenis ikan bala shark yang bisa Anda ketahui. Namun sayangnya Ikan Bala Shark kini bisa terancam punah karena populasinya menurun hingga 50% dalam 10 tahun terakhir. Inilah yang menyebabkan ikan Bala Shark ini merupakan jenis ikan langka dan patut untuk dilindungi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here